Bismillah…

CafĂ© di Banjarmasin - Udah lama nih gak nulis tentang tempat kuliner di kota tercinta ulun, Banjarmasin.  Oya mau basi-basa dulu… kalian apakabar semua? Sehat kan? Udah bisa move on dari mantan? Haha ngomong-ngomong ulun sudah lama gak buat tulisan fiksi ya, lama juga gak nulis cerita sehari-hari.  Jujur ulun kangen tulisan-tulisan kacau dulu yang kadar typo-nya bisa bikin mata pembaca dan otak jadi rusak itu.  Kangen tulisan dulu… kangen sama mantan juga… Malah Curhat.

Tips Asik Menghadapi UN!Bismillah…
Gak kerasa banget UN sudah di depan mata.  Gue masih ingat banget, dulu waktu mau menghadapi UN baik waktu SMP atau SMK, sering nemu ritual-ritual yang gak penting.  Salahsatu-nya adalah minum air dari orang pintar.  Iya gue juga bingung dimana hubungannya mau menghadapi UN sama minum air, emangnya ngerjain soal entar sambil lari-lari di lapangan apa?

Bahkan gak cukup diminum, gue juga disuruh bilas muka pakai air itu, kata Nenek, itu air dari orang pintar buat penerang hati. Hmm... makin aneh, apa hubunganya bilas muka sama nerangin hati?  Gue pribadi sebenarnya gak terlalu suka sama yang gitu-gituan, tapi gue dulu terpaksa harus ngelakuinnya.

Bahkan ada yang lebih aneh lagi, teman gue pernah sebelum UN dia menjalani ritual mandi kembang di sungai.  Ini benar-benar kampret, bukannya gue ngehina atau ngata-ngatain,  tapi emang aneh gak ada logikanya.  Dari pada minta air ke orang pintar, lebih baik suruh orang pintarnya ngasih jawaban yang bener lewat SMS ya gak? Bukannya dia orang pintar.

Saat detik-detik menghadapi UN perasaan dan pikiran pasti rasanya campur aduh gak karuan jadi satu.  Bisa diumpamakan ngadepin UN itu kayak ngadepin calon mertua.  Tapi selama ini gue menghadapi UN 3X, gue gak pernah takut, apa lagi takut kalau gak lulus.  Gue lebih takut kalau HP gak bisa dibawa masuk ruangan…

Nah pada kesempatan kali ini gue mau bagi-bagi Tips Asik Menghadapi UN buat adik-adik yang mau berperang melawan ketidak lulusan, fersi gue, yeah ini yang gue lakuin saat menghadapi UN. Oke langsung aja kita mulai…

*ngomong-ngomong perumpamaan gue tadi asal-asalan doa, gue belum nikah, jadi gak tahu gimana rasaya ngadepin calon mertua*

Tips Asik Menghadapi UN!

1.Jangan Panik 
Hindari perasaan panik saat menghadapi UN, karena panik malah akan membuat kalian bleng saat mengerjakan soal-soal nanti.  Kalian sudah ikut bimbel, tiap malam mati-matian belajar mengulangi pelajaran dari awal, dan udah minum banyak air dari orang pinter, tapi kalau rasa panik muncul soal yang seharusnya kalian bisa jawab, tiba-tiba lupa cara ngerjainnya gimana.  Maka dari itu jangan pernah panik, woles aja.

2.Jangan Banyak Belajar 
Kalau baca judulnya jangan salah paham dulu.  Maksud gue disini bukan ngajak kalian gak belajar saat menghadapi UN, tapi maksud gue jangan terlalu banyak belajar.  Jangan sampai karena elo kebanyakan belajar, ngapalin banyak rumus, dan bimbel sampai subuh, tapi bisa bikin lo jadi sakit gimana hayo?  Kebanyakan nyerap materi juga gak baik buat otak.  Dan yang pasti jangan belajar saat dipaksa, karena hasilnya bakalan beda dengan belajar saat hati lagi mau.

3.Represing 
Ini ada hubungannya dengan poin 2, kebanyakan belajar emang bisa bikin stress.  Nah maka dari itu ada baiknya untuk meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang bisa bikin otak tenang, bisa dengan berolahraga, jalan-jalan, main game, atau apa aja yang bisa bikin otak dan  hati elo jadi nyaman.  Kalau gue paling suka nulis, biasanya gue akan nulis sepulang dari UN di Sekolah, gue malah nulis-nulis di blog, karena dari situ rasa resah yang gue alami selama berada di ruang UN jadi lebih nyaman.

4.Mulai Dari Yang Sulit
Pengalam gue saat ngerjain UN atau Ulangan-ulangan lainnya di Sekolah, selalu gue mulai dari yang sulit.  Loh kenapa? Karena menurut gue, soal-soal yang mudah akan memakan waktu lebih sedikit daripada yang susah.  Gue lebih suka memulai dari yang sulit, karena jadi punya banyak waktu untuk ngerjainnya.

Atau gak kalian bisa pakai cara absurd gue, gue punya juga kebiasaan ngerjain soal dari nomer terakhir baru ke nomer awal.  Ini tehnik rahasia sebenarnya.  Jadi saat gue ngerjain soal 50-25 misalanya, biasanya teman-teman ngerjain dari satu dulu sampai seterusnya, nah saat itu lah gue tinggal minta jawaban yang sudah mereka kerjain, misalanya nomer 1-25, jadi karena gue udah selesai nomer 50-25, sisanya gue tinggal nyotek dan bisa selesai lebih dulu. Nyehehe

5.Doa dan Usaha
Doa tanpa usaha rasanya kayak makan bubur tanpa sendok, dan Usaha tanpa Doa rasanya kayak mau makan bubur tapi tukang bubur-nya gak ada.  Doa dan Usaha memang saling berhubungan, sepintar-pintarnya orang kalau dia sombong Tuhan bisa aja murka dan sekejam dia bakalan jadi idiot.  Nah jangan lupa kalau udah usaha belajar buat UN udah mati-matian, mendekatlah dan minta bantuan kepada-Nya juga.

Biasanya Sekolah menjelang UN, akan mengadakan sholat berjamaah meminta memohon doa untuk kelancaran UN nanti.  Tapi ingat jangan sok dramatis, gue rasa Tuhan juga tahu apa yang dibutuhkan, gak perlu mewek dibuat-buat.

6.Bingkai Harapan Yang sudah baca tulisan fiksi gue “Bubur Ayam (Dibalik C[D]erita Anak Magang)” Pasti udah tau yang ini.  Kalau belum tau klik aja judulnya dan baca ya. :)

Itu dulu Tips Asik Menjelang UN dari gue.  Gue doa’in nanti UN nya lancer ya, lancer jawab pertanyaan, lancer nyonteknya, lancer buka HP-nya, lancer pencernaannya juga, Amin.  Sebagai Penutup Gue punya Quote buat kalian yang mau menghadapi UN.

UN memang menentukan lulus atau tidak-nya kalian saat Ujian nanti, tapi perlu kalian ingat, UN bukan akhir segalanya. 

Kalau kalian sendiri gimana cara menghadapi UN kemarin? Share dikolom komentar dongsss… :D



Pemilu sudah semakin dekat, pian berataan (kalian semua) jangan sampai gak milih ya.  Karena satu suara kalian bakalan menentukan 5 tahun kedepan negara Indonesia kita ini untuk menjadi negara lebih baik lagi.