Kenalin Namanya Startup

, , 2 comments

Belakangan gue sering ketemu teman lama, mulai dari teman sekolah sampai teman yang ketemu karena hobi. Perbincangan remeh temeh mulai dari ngobrolin soal kerjaan, gosipin cewek cantik di sekolah, sampai ngomongin teman-teman yang udah pada merried.

Obrolan a la teman lama baru ketemu pasti asik banget, tapi saat ngobrolin hal serius tentang usaha zaman sekarang yang lagi tren banget, yaitu Startup, malah banyak teman gue yang nggak tau soal bisnis yang lagi tren beberapa tahun ini. Mungkin kalian yang baca ini juga belum tau sama Startup? Tenang gue akan jelaskan.

Apa itu Startup ?


Startup adalah sebuah perusahaan rintisan yang berbau teknologi seperti website atau aplikasi yang dapat diunduh pada smartphone. Di Indonesia sendiri bisnis startup sebenarnya sudah cukup lama ada, hanya saja istilah startup baru-baru saja di dengar.

Contoh Bisnis Startup


Sebenarnya kayak apa sih rupa startup ini? Sekarang coba nyalakan smartphone kalian lalu lihat ada aplikasi apa saja yang sudah kalian download, tanpa disadari kalian sudah menggunakan jasa mereka dalam kehesarian kalian. Contoh startup antaralain OLX, BukaLapak, Traveloka, Go-Jek, dan lain sebagainya. Mereka adalah startup yang sudah tidak asing lagi di bumi Pertiwi ini.

Nah, mereka itu adalah sebuah perusahaan bisnis yang awalnya dibangun dengan modal dan karyawan yang pas-pasan, namun seiring berjalannya waktu dan bisnis kecil mereka mulai dilirik perusahaan. Nggak jarang para startup ini mendapatkan modal mulai dari para investor di Indonesia sampai penanaman modal asing yang berani menyuntikkan dana segar kepada mereka sampai ratusan juta.

Tapi perlu kalian ingat, bisnis kreative yang di awali sembuah pemikiran “sederhana” ini dibikin nggak sembarangan. Kenapa gue bilang kayak gitu?

Gini... bikin startup gak kayak bikin warung pisang goreng, dimana lo tinggal pasang tenda di depan rumah, terus menyiapkan peralatan memasaknya,membeli bahan-bahan buat bikin pisang goreng, pisang nya di goreng, lalu bisa dijual dan dapat uang. Enggak segampang itu.

Ditelinga anak muda mungkin bisnis startup terlihat keren banget tapi nggak sedikit loh orang yang mencoba bisnis ini ujung-ujungya bangkrut. Ya, karena itu tadi, bikin startup nggak kayak buka usaha warung pisang goreng. Karena semuanya butuh perencanaan yang matang dan perjuangan yang berlika-liku.

Setelah perkenalan tentang startup ini di postingan selanjutnya gue akan kasih tau beberapa hal yang harus kalian perhatian kalau mau bikin startup, agar kalian yang mau coba bisnis kreative ini bisa mempertimbangkannya lagi. Wait for the next post!

2 comments:

  1. gue malah kerja di startup sekarang bang Adit hehe

    Keuntungan kerja di startup tuh kreativitas kita benar-benar bisa keluar karena enggak ada aturan ini itu kayak pekerja kantoran. Mulai dari masuk harus jam 8, pake baju rapi, dan blablabla.

    ReplyDelete
  2. Iya Nih bisnis ini lagi naik daun. Pengen buat bisnis ini juga, semoga realisasi tahun ini. Aamiin

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D