Ingat Ini Sebelum Bermain Futsal

, , 2 comments

Postingan kali ini khusus buat kalian yang hobi main futsal entah itu cowok atau cewek, bahkan yang setengah dewa. Permainan sepak bola mini ini di kota gue yang paling rame digandrungi para remaja ketimbang olahraga lainnya. Gue termasuk orang yang paling suka olahraga ini.

Dalam seminggu gue biasa main tiga kali dalam seminggu, berbeda tempat dan berbeda lawan. Sebenarnya gue pengen banget bisa main sepak bola. Oiya, beda ya antara futsal dan sepak bola. Paling gampang bedainnya, kalau sepak bola itu lapangan luas terus kalau futsal itu kecil aja. Tapi menurut gue sih futsal yang paling came mainnya walau lapangannya kecil.

Soalnya kalau main futsal lo wajib turun naik, harus bisa bertahan dan menyerang. Berbeda sama sepak bola dimana lo masih bisa agak santai sesuai dengan posisi di lapangan. Waktu masih SMP gue sempat ikut latihan sepak bola, posisi gue waktu itu sayap kanan krispi ngikuti jejak abang gue David Beckham. Oke, jangan pada muntaber.

Karena orang yang ngisi posisi sayap kiri lebih hebat dari gue, jadinya semua serangan diawali dari sebelah sana, sedangkan sayap kanan yang gue tempati jarang banget dapat bola. Akibatnya 2x45 menit bermain gue nggak terlalu capek dari teman-teman gue yang lain. Kasian memang.

Ingat Ini Sebelum Bermain Futsal


Oke, kembali ke futsal. Kali ini gue mau share soal hal yang kadang terlupakan sebelum bermain futsal, hal-hal yang akan gue bahas ini cukup penting tapi kadang suka terlupakan udah kayak kekasih yang nggak dianggap. Hiks.

Usahakan Pakai Bengkap

via www.soccer.com

Apa itu bengkap? Bengkap adalah alat pelindung tungkai bawah atau kaki bagian bawah atau tulang kecing kaki. Bengkap ini berfungsi penting untuk kaki kita saat di tekel lawan, agar meminimalisir cidera. Pemakaian bengkap ini kadang suka tidak dihirau kan saat bermain di lapangan, ya kalau pertandingan resmi sih pasti wajib makai, nanti di periksa.

Tapi kalau latihan biasa sesama teman atau sparing kadang nggak dipakai, ada yang beralasan karena ini cuman main biasa, ada juga yang beralasan karena ngerasa nggak ada yang merhatiin. Makanya pacaran sama wasit!

Kalau gue sendiri biasanya melihat kondisi lawan dulu, kalau main nya biasa aja gue nggak pakai bengkap. Tapi kalau liat lawan nya main kaya gladiator, gue bakalan bawa tameng dan bawa cambuk berapi.

Pemanasan

via jagofutsal.wordpress.com

Nah ini juga, p-e-m-a-n-a-s-a-n. Hal yang perlu diingat saat bermain futsal adalah pemanasan. Gue baru masang tali sepatu dan biasa melihat teman-teman gue udah langsung dilapangan nenda bola, padahal ini bahaya banget.

Gue sendiri pernah karena lama nggak main futsal dan terlalu bersemangat, pas masuk lapangan dan dapat bola langsung nenda bola sekuat tenaga. Akibatnya sedetik kemudian otot urat tiba-tiba jadi kencang dan nggak lama gue tergeletak di tengah lapangan. Belum apa-apa udah ditandu.

Pemanasan sebelum main futsal itu penting banget, nggak usah yang susah kaya lari sambil bawa rice cooker. Cukup lari kecil keliling lapangan sampai beberapa kali, lalu renggangkan otot kaki terutama sih pergelangan kaki diputer-puter gitu, dan jangan lupa bagian tubuh atas juga dikasih pemanasan kecil.

Nggak cuman pas mau deketin cewek, main futsal juga perlu pemanasan. #ApaIni

Ingat Tuhan

via bein sports

Yang ini sih jangan sampai lupa setiap saat. Nggak salah walau cuman olahraga seru-seruan tapi kita ingat Tuhan, berdo’a sebelum bermain minta biar habis olahraga makin sehat jangan sampai ada yang cidera.

Karena walau bagaimana pun olahraga itu biar badan kita makin bugar, yang mau olahraga buat nurunin berat badan cara menurunkan berat badan dengan bermain futsal bisa jadi pilihan yang tepat karena semua badan kita bergerak. Tapi ingat yang terakhir ini ya, selalu ingat Tuhan dan berdo’a apalagi kan sering tuh kalau main futsal kadang ada aja teman kita yang main kasar, kalau udah kayak gitu sih saran gue sabar aja.

Melawan musuh main futsal yang emosi itu gampang banget, asal tadi modalnya sabar dan berfikir tenang. Kalau gue sih ketemu musuh kayak gini seneng banget, sering-sering di kolongin aja hihi.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Mungkin itu aja yang bisa gue share soal hal yang perlu diingat sebelum bermain futsal yang penting tetap pada tujuan olahraga itu sendiri, main futsal buat sehat bukan nyakitin badan.

Punya hal lain yang perlu diingat sebelum bermain futsal versi kalian sendiri? Share di kolom komentar ya biar manfaat buat pembaca lain.

2 comments:

  1. terimakasih sudah mengingatkan, soalnya sejak banyak kejadian di lapangan futsal akibat kecapean saya teh suka rada ngerih kalau pas mau maen futsal teh, takut kaya orang-orang

    ReplyDelete
  2. Hmm... kalo tiba-tiba inget mantan gimana kak?
    duh baper

    ^,^

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D