Surat Lama Dalam Kotak & Potongan Ceritanya

, , 28 comments

Kita pasti pernah tidak sengaja menemukan satu barang yang terselip diantara kotak yang berdebu. Entah itu foto pacar yang sekarang menjadi sosok orang yang tidak kita kenal, atau lipatan rapi dari bungkus kado yang diberi orang spesial di hari spesial kita, bahkan mungkin kita akan menemukan beberapa potongan surat dari orang yang sekarang entah seperti apa dia sekarang.

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu saat hari libur, gue sengaja tidak membuat agenda mau ngumpul atau jalan-jalan bareng temen, bahkan gue nggak pergi ke cafe buat ngopi-ngopi ganteng sembari membaca novel. Hari libur kali ini gue niatkan untuk nyuci sepatu-sepatu gue. Gue mengambil semua sepatu yang dikotakin di bawah ranjang.

Gue sendiri lupa sudah berapa bulan sepatu-sepatu itu berada di bawah ranjang dan nggak gue pakai, ketebalan debu dipenutup kotak cukup bikin paru-paru burung gereja bisa rusak. Walau punya banyak sepatu, tapi gue lebih memilih satu sepatu aja untuk gue pakai setiap hari.

Sangking banyakanya ada beberapa kotak yang masuk lebih dalam di bawah ranjang gue, terpaksa gue harus masukin kepala dan nahan nafas biar nggak kemasukan debu. Nah disini... saat gue lagi ngambil kotak sepatu yang agak jauhan, mata gue malah tertuju pada satu kotak berwarna putih dengan tutup nya berwarna merah. Gue malah ambil itu kotak dan melupakan kotak sepatu yang jauh tadi.

Dan saat gue buka, gue ngerasain dejavu. Isi dari kotak tersebut adalah barang-barang pemberian dari orang yang pernah dekat dengan gue, ada foto mantan pacar yang dulu sengaja gue cetak lebih buat gue simpan sendiri dan sisanya buat kejutan ulang tahun dia, bahkan barang yang pernah gue kasih lalu dibalikkin juga ada.

Tapi tenang aja, gue bukan tipe orang yang meminta kembali barang yang sudah dikasih. Barang yang dibalikin ke gue ini karena kemarin sempat rusak. Barang itu adalah kipas angin kecil berbentuk kamera SLR.

Gue mengambil satu kipas angin kecil berbentuk kamera berwarna pink yang sudah tidak berbentuk lagi, gue ingat barang itu gue beli di toko mana, waktu kapan, untuk siapa dan kenapa barang itu kembali ke gue lagi. Setelah sempat digunakan kipas angin unyu itu rusak nggak bisa berputar, lalu orang yang gue kasih kipas itu meminta gue untuk coba memperbaikinya.

Dengan kesotoian gue coba bongkar kipas angin kecil itu dan berniat untuk mengembalikan fungsinya biar bisa dipakai lagi, tapi yang ada... jangankan untuk memperbaiki, memasang ke bentuk semula pun gue nggak mampu. Dan ending nya gue beli yang baru. -_____-

Kasian, kasian...

Lalu Soal foto mantan. Kalian yang emang sudah membaca blog gue sejak lama, pasti sudah tahu soal ini. Jadi bulan Januari adalah bulan ulang tahun Dia, saat itu tahun 2012 untuk pertama kalianya gue ngasih kado buat mantan pacar.

Gue bikin 18 origami kupu-kupu, 1 surat awan, dan 96 origami burung sesuai tanggal lahir dia. Gue bikin kado itu satu bulan sebelum ngasih dan diantara beberapa kertas origami itu, ada beberapa lembar foto yang gue cetak dan satu yang gue kasih figura.

Nah, foto yang difigurain pasti foto yang menurut gue paling bagus jadi sengaja gue cetak lebih buat gue simpen sendiri, takutnya kalau gue pas lagi kangen-kangennya dan nggak bisa ketemu Dia gue bisa lihat itu foto.

Tapi kenyataannya sekarang, teknologi udah makin canggih, tinggal buka instagram Dia aja udah bisa liat. Ya... ini sih kemarin pas lagi gagal move on nya gue, sekarang udah biasa aja. Malahan gue nggak galau atau baper lagi kalau bawa kemana-mana bantal pemberian Dia.

Nggak kok, nggak galau... Gue kuat kok, udah bisa move on.

*Buru-buru chat Dia – Dee, lagi di mana?*

Saat mengeluarkan beberapa barang, gue ketemu beberapa lembar surat dengan pengirim yang berbeda-beda. Gue ambil semuanya dan coba mengingat satu persatu kejadian yang gue alami dengan beberapa orang tersebut.

Emm... Tapi kali ini gue akan ceritain satu orang aja. Ada beberapa surat sebenarnya, tapi gue akan cerita satu surat aja dan satu note singkat dari satu orang ini.


Pertama – Surat Tanpa Amplop

Ka Adit, Mungkin ini udah berapa kali aku nyatain rasa aku ke kamu, mungkin juga kamu udah bosen denger apa yang aku katakan ini. Tapi jujur aku masih suka sama kamu. Susah bagi aku buat ngilangin rasa itu. Aku juga bingung buat ngilangin rasa suka aku ke kamu itu bagaimana. Maybe, i can loving you. But you can’t love me. Because i know you can’t move with “Dia”. But you must still remember. I love you. And i always waiting you to come to me and say, you love me... I hope it be true...
Begitu isi suratnya gue tulis dengan apa adanya. Gue masih ingat, gue mendapatkan surat ini malam hari di dalam tas saat gue mau memasukkan buku pelajaran untuk besok. Sore hari sebelum gue sedang berada di SMPN 26 Banjarmasin – sekolah gue sendiri – untuk melatih PMR.

Saat itu gue sudah kelas 3 SMK dan si penulis surat sebenarnya adalah alumni SMPN 26 Banjarmasin juga, tepatnya dia adalah adik kelas gue. Saat gue kelas 3 dia baru kelas 1. Mungkin biar lebih gampang gue kasih inisial Loli.

Loli adalah pengagum rahasia gue, iya, muka ganteng kayak Ariel Noah ini juga ada yang mengagumi. Tolong kalian yang baca tulisan barusan, jangan muntah di blog gue dan jangan close dulu blog ini, tolong...

Gue bilang dia pengagum rahasia karena setelah kami sering jalan berdua, sedikit demi sedikit dia sendiri mengakuinya. Dia tahu banget detail tentang gue yang kadang gue sendiri lupa, gue baru tahu setelah Loli cerita sendiri pas gue nemenin dia di rumah sakit.

Sampai akhirnya dia – mungkin bosan – menunggu gue peka, dan akhirnya Loli menulis surat itu lalu memasukkannya ke dalam tas ransel gue. Gue akuin waktu itu gue nggak terlalu mengerti bahasa Inggris yang dia tulis, tapi setidaknya gue nggak bego-bego amat buat mengartikan tulisan dan emot senyum itu.

Waktu itu Loli udah kayak mba-mba ojek pribadi gue, kami berbeda sekolah dan jarak nya cukup jauh. Tapi Loli dengan senang hati mau menjemput gue dari sekolah, lalu mengantarkan gue ke SMP buat ngelatih PMR, dia rela menunggu gue sampai selesai ngelatih, dan mengantarkan gue balik ke rumah.

Kegiatan ini rutin banget dilakukannya dengan senang hati disetiap hari rabu, sampai akhirnya gue bilang ke dia nggak usah repot antar jemput gue lagi, setelah gak lama gue mendapatkan surat itu.

Sebenarnya gue sudah tahu apa yang dia mau sebelum surat itu ditulis, hanya saja gue sudah mencoba tapi gue tetap biasa-biasanya aja.

Kedua – Note Singkat

Semangat yah ujiannya! Mudahan ujiannya sukses & lancar! Jangan lupa belajar & sholat!
Ada selotif pada note singkat berwarna pink ini di bagian atas. Oiya, gue ingat... Selotif itu digunakan untuk menempelakn note singkat ini pada beberapa tumpukan novel yang dibungkus kado. Bukan, novel itu bukan kado ulang tahun buat gue.

Loli pernah meminjam beberapa novel gue, lalu beberapa hari sebelum ujian Nasional dia meminta gue ke rumah untuk mengambil novel-novel tersebut yang sudah cukup lama dipijam. Sebenarnya, dia bukan cewek yang suka membaca banyak buku, gue tau tentang hal apa yang dia suka dan dia tidak terlalu suka. Hanya saja ini sebagai alasan untuk bertemu, setelah surat pertama itu gue terima gue memang menjaga jarak dengan Loli. Gue hanya gak mau ini terlalu jauh dan hanya menjadi rasa sakit.

Gue tahu dia pasti kecewa dengan apa yang gue lakukan, tapi gue juga gak bisa memaksakan hati ini kepada siapa gue menaruhnya, apa lagi waktu itu gue lagi sering-seringnya kepikiran sosok Dia. Makanya gue nggak pernah memaksa hal apapun, karena bagi gue; yang dipaksakan tidak akan pernah baik.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Dilain hari mungkin akan gue ceritakan lebih detail tentang Loli. Sosok pengagum rahasia yang rela ngelakuin apa saja buat orang yang dia suka.

Hmm... dan akhirnya gue malah batal mencuci sepatu karena ketemu kotak ini, malah mengingat beberapa cerita yang sudah lama banget. Tapi jujur ini cukup asik, kadang kita memang harus mengingat apa yang sudah kita lewati saat kita sudah terlalu jauh meninggalkan.

Bukan berarti ingin kembali, hanya saja menurut gue moment lama sesekali harus dikenang, biar kita tahu ada hal menarik yang sudah kita lalui dan bisa kita jadikan jawaban untuk permasalah baru.

Kalian sendiri pernah dapat surat dari seseorang di masa lalu? Coba dong cari suratnya dan ceritain ke gue di kolom komentar hihi.

Sekarang, gue udah gak dapat surat-surat cinta lagi. Ya... masih dapat surat sih, tapi surat dari orang tua siswa yang minta izin anak nya gak bisa hadir ke sekolah mengikuti pelajaran, karena alasan sakit atau acara keluarga. Hmm...

Oiya. Selamat September Ceria!

28 comments:

  1. Bicara soal barang yang tiba-tiba ga sengaja kita temuin dan bikin deja vu itu....pas gue nemu foto...pose sama ekspresinya dapet. Tapi sempak gue keliatan. Maaaak...bakaaar!!!

    ReplyDelete
  2. surat di masa lalu, aku g pernah dapet, malahan aku yang ngirim surat, eh ditolak pula. oke fix buka aib masa lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah yahh.... ketahuan deh cinta nya bertepok sebelah tangan hahaha

      Delete
  3. Ngga pernah dapet surat dari mantan mah. Jaman sekarang adanya screenshoot hehe :D dan itu masih disimpen wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaelah... dasar anak zaman gadget hahaha. Ngapain simpen screenshoot nya kan udah bisa backup chat?

      Delete
  4. Duh baca ini rasanya gue dejavu bgt ke tahun 2012 dimana blog elo penuh dengan postingan ttg Dia hahahaha gue jg inget bgt postingan lo ttg kejutan 98 origami dan wkt itu gue mikir yaampu dit niat bgt yaa hahaha. Jd skrg udh gak sama Dia lagi ya dit? Hmmmm. Gue jg pny mantan yg bener2 ngebekas di hati (duileh bahasa gue hahaha) barang2 dr dia msh gue simpen, bahkan boneka besar dr dia masih gue pake buat bantal di kosan. Tapi yah gatau bagaimana, ketika gue nemu pasangan baru yang tentunya jauh lebih baik dari dia, gue gak ngerasa lagi baper baper tiap liat barang barang dr dia ngegeletak di kamar gue, rasanya udh kayak kebas, jadi yah gue gak tau sih gimans rasanya yg namanya mengenang mantan. Karena selama ini rasa rasa cinta gue ke mantan itu berangsur angsur pudar ketika gue punya pasangan baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Dia dong dit, makin lengket bahaha~ :v
      Yaap! Move on itu juga soal waktu kan? Tapi lo komen kayak gini biar dibaca sama si pacar aman2 aja ya? Biar nggak ketahuan masih mikirin mantan?

      *Kaburrrrr*

      Duh, git. Lo komen blog ini gue jadi kangen sama temen blog seperjuangan :')

      Delete
  5. Bikin iri... nggak pernah ada yang ngirimin gue surat. Beuh. Kirimin gue surat dong, surat apaan aja boleh deh. Surat warisan juga gak apa-apa... *eh loh kok? O_O

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana kalau gue kirim struk utang gue aja? Ada banyak ini, sekalian di transfer uang nya. Oke sip!

      Delete
  6. Di rumah, gua punya sebuah kotak sepatu yg isinya semua surat, foto, dan hadiah dari mantan-mantan gua. Dan udah 3 tahun ga pernah gua buka. Why? Soalnya setiap gua buka...gua bisa diem, termenung berjam-jam di sana. Memandang senyuman gua dan dia di foto waktu itu, mencoba mengingat harum badannya dia, membaca satu persatu asa dan kata yg pernah kita bagi...yah pokoknya gitu deh. Paling parah tuh kalo mendadak kangen dan pengen ngontak mereka lagi.

    Untung mantan gua ngasih hadiahnya kecil-kecil, jadi bisa masuk ke dalem situ. Coba kalo hadiahnya mobil BMW? Ga bisa dimasukin ke dalem kotak kan? Setiap gua liat, pasti baper wkwkwk. Thank you ya buat postingannya, bikin gua jadi mellow...mungkin besok-besok bakal gua tengok isi kotaknya hehehe.

    Btw menurut gua, kenangan yg lebih berbahaya adalah yg ada dalam bentuk digital, dan suka muncul di bagian "On this day" nya FB wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa... persis banget kayak gue ya, kalau udah kebuka pasti bakalan flash back lagi ke masa itu. Eh, lo kan punya banyak mantan vin, jadi banyak banget dong dlm kotak isi nya hihi.

      Bukan besok lagi lo tengoh, udah dari kemarin sejak baca tulisan ini ya haha, lo sampai bikin tulisannya di blog.

      "On This Day in relationship whit ..." Ahh dasar jari tengah buat fb :'v

      Delete
  7. Sama, aku juga suka pake sepatu yang sama mulu, Padahal banyak juga pilihan yang lain. hehehe

    Ciee.. mau cuci sepatu malah nemuin surat cinta jaman dulu dari loli.

    Aku ada sih, dari Ade kelas. Main adek kakak an hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciri orang setia itu biasanya rum haha...

      Iya, gue malah nggak jadi cuci sepatu kemarin, tetibanya ingat cerita itu pas baca2 surat hahaa soalnya raga unik ceritanya sebenarnya.

      Beuh~ Suka yang brondong brondong nih hha

      Delete
  8. Aamiin ya Rabb..

    Jiahahahaaa.. malah g jadi nyuci sepatu, keasikan ngingat kenangan sih.. hahahaha

    Hmm.. bukannya gitu.. kan dianya yang ngirim surat duluan, jadi mungkin dia senang bergaul sama yang lebih tuha, gitu. Tapi emang dasarnya aku seneng temenan sama siapa aja sih hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... *ikutan*

      Gak papa lah sesekali doang hihi

      Ah masa sih~ hahaa terus gimana lanjut sama brondongnya?

      Delete
  9. anjay, udah kayak Cinta AADC2 versi cowok aja nih!
    nemu barang maantan dalam kado..

    Tapi kalo cinta kan emang sengajak ngebuka, sdangkan elu tanpa sengaja..
    Ngebahas mantan emang gak ada habisnya.
    Kalo gw sih udah lewat masanya, mantan-mantan udah pada nikah coy!! kagak seru digalauin lagi, dia udah asik pelukan di bawah selimut sama suaminye. HAHAHAHAHA :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. AADC2 yang pas bagian surat doang :'v

      Bahahaha... kirain kenapa gak mau bahas mantan lagi, ternyata mereka udah pada nikah semua. Sedih aku bang sedih,,,

      Delete
  10. Jadi inget pernah surat-suratan demi nolak pernyataan cinta seseorang :D Ada juga surat dari seseorang yang bikin terharu plus hadiahnya dikirim jauh-jauh pas dia di jepang.#curhatbeneran
    "Bukan berarti ingin kembali, hanya saja menurut gue moment lama sesekali harus dikenang, biar kita tahu ada hal menarik yang sudah kita lalui dan bisa kita jadikan jawaban untuk permasalah baru." Setuju sama ini nih. Tapi itu "permasalah" typo nggak ya? Terkadang mengenang momen lama juga bisa melahirkan ide untuk menulis :)

    Baru pertama kali ke sini, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhh surat penolakan ya ceritanya ini pedih banget yg dapet :'v
      Bahaha curhat beneran dia.Ggak papa, jadi gue tau ceritanya hihi

      Astaga iya itu typo wkwk, maksih loh ya gue edit dulu...

      Semoga gak jadi yang terakhir hhe, oke deh! Sering2 kemari ya

      Delete
  11. Wuaaaa... aku baru tau ini kalo ternyata ada cowok yg menyimpan barang remeh temeh seperti ini. aku kira cuma cewek aja, heheehe...

    aku juga sering nulis surat. tapi jarang dapat surat sih. bahkan ada beberapa surat yang tak tersampaikan, dan wujudnya pun masih ada. surat untuk artis juga masih ada, hehe...

    aku suka ngunjungi blogmu, karena bau-bau galau dewasaaaa gitu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pasti, tapi mungkin gak ketahuan aja atau mungkin juga cuman cowok melankolis yang nyipen haha

      Lah, kok gak dikasih suratnya? Kasih aja, gak asik loh kalau gak dikasih ke orangnya, bisa jadi pikiran.

      bau galau dewasa... bau bacam apa itu hahaha :v

      Delete
  12. Surat dari mantan ya bang.. kalo gue sih kebiasaan mengadakan tradisi bakar membakar. jadi gue gak pernah ketemu yg namanya surat dari mantan bang .. haha

    sukses buat blognya bang :)
    kapan kopdar blogger banjarmasin bang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh dibakar berataan kah haha, aku sebuting aja yang dibakar.

      Aamiin, sukses gasan kita berataan.
      Rancak kami ngumpul sampai dulak dah hha

      Delete
  13. Wih masih disimpenin aja nih, haha
    klo saya masih nyimpen fotonya mantan di lemari kamar. Karena kalau dibuang ga tega saya, apalagi klo dibakar seperti yg di film2 untuk melupakan masa lalu :D

    klo saya ga pernah dpt surat, tapi saya yg dulu kirim surat. Entah surat tsb msh di simpen mantan ato malah udh dibakar, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibakar... gue jadi ingat satu foto ada yang gue bakar jga bahaha.
      Gak tega juga sebenarnya mas, tapi kemarin gue coba cara baru aja buat lupain mantan gimana ya, jadi gitu deh hihi

      Duh~ Moga entar bisa dapat surat yang isi nya naik haji ya mas. Aamiin ya Allah

      Delete
  14. Asik ya ada secret admirernya bhak. Tapi seru sih dapat surat gitu, disimpan rapi. Soalnya aku juga ada dapat surat pas jadi senior mos dan osis hahahaha. Gapernah dibuang, disimpan, karena kl dibaca lucu lucu gimana gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih tau dong kakak osis apa isi suratnya biar seru ni kita2 pada tau :v

      Delete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D