Gue udah cukup lama punya channel YouTube tapi sayang banget jarang upload video, ya... karena gue emang gak tau harus diisi apaan. Vlog ? Gue berasa aneh kalau bikin vlog soal kegiatan gue sehari-hari dan gue rasa gak ada manfaatnya kalian ngikutin kegiatan gue, hari-hari gue cuman diisi sama kenangan-kenangan indah sama mantan *uhuk*.

Untuk mengisi channel YouTube akhirnya gue punya ide buat bikin video singkat tentang #TanyaBlog yang gue rasa, insya Allah bermanfaat. Gue bikin program ini karena disetiap gue mengisi acara gak jarang gue mendapatkan pertanyaan-pertanyaan yang sama. Kalau udah bikin video terus ada yang tanya dan pertanyaan nya udah pernah gue jawab kan gampang tinggal gue suruh buka channel YouTube gue aja. Nah, kali aja kalian yang baca tulisan ini ada pertanyaan seputar blog, boleh tanya ke gue nanti gue bakalan jawab lewat video.

Lebih lengkapnya tentang #TanyaBlog silahkan tonton dulu video pembukaan nya ya.

 tanya-blog

Misalkan nih kalian mau tanya gimana cara dapetin uang lewat blog :

@adittyaregas Dit gimana sih cara dapetin uang dari blog? #TanyaBlog

atau

@adittyaregas apasih bedanya DA sama PA terus buat apa itu? #TanyaBlog

atau contoh lagi

@adittyaregas pap dong mantan lo yang paling cakep? #TanyaBlog

Oke yang terakhir gue becanda...

Nah semacam itu aja, gampang kan? Gue bakalan jawab sebisa gue sesuai dengan pengalaman yang gue dapat. Gue bukan mastah atau menggurui kalian, tapi gue cuman mau sharing tentang apa yang gue tau tentang blogselama ini dan gue mau berbagi sama kalian semua.

Kalau kalian ada pertanyaan tentang blog langsung aja mention gue ke twitter @adittyaregas dengan hashtag #TanyaBlog atau misalkan pertanyaan kalian panjang banget boleh kirim ke email kontakregas@gmail.com jangan lupa hashtag nya ya.

Soal update #TanyaBlog gue cuman bakalan bikin dan upload pas lagi ada waktu kosong aja, jadi jangan lupa subscribe biar kalian tau video #TanyaBlog yang terbaru.

Gue tunggu pertanyaan kalian!

Wanita merupakan sosok makhluk tuhan yang sangat indah, dan untuk mempertahankan keindahannya tersebut, wanita menggunakan berbagai cara untuk merias dirinya agar tampil lebih menarik dan tetap terlihat cantik. Namun sebagai makhluk Tuhan, tentunya wanita juga mesti mengikuti aturan syariat yang telah ditetapkan seperti menutup aurat. Aurat wanita lebih luas dibanding dengan aurat laki-laki, sehingga wanita harus lebih selektif dalam memilih busana. Namun tidak semua wanita menggunakan pakaian muslimah atau hijab untuk menutupi auratnya, hal tersebut dikarenakan banyak anggapan bahwa menggunakan busana muslimah tidak fashionable dan terkesan kuno. Padahal sekarang ini ada banyak model busana muslimah yang dirancang oleh para desainer ternama dengan gaya yang lebih modern dan trendy seperti busana muslimah karya Dian Pelangi yang sedang populer dan banyak dikenakan oleh para artis tanah air.

Untuk dapat tampil menarik dan lebih cantik menggunakan busana muslimah, tentunya bukan hanya menggunakan busana muslimah dengan model yang terbaru saja, tapi juga mesti mengetahui cara pemakain yang benar serta sesuai dengan situasi dan kondisi. Berikut adalah beberapa tips agar anda bisa tampil lebih menarik dan modis dengan menggunakan busana muslimah yaitu :

1. Pilih busana yang nyaman
Dalam menutup aurat, tentunya busana muslimah yang dikenakan akan panjang dan akan banyak tantangan bagi mereka yang belum terbiasa terutama dalam segi kenyamanan penggunannya. Nah agar hal tersebut mudah, anda dapat memilih bahan busana yang sesuai dengan kondisi suhu udara di daerah yang anda tempati. Seperti memilih bahan yang mudah menyerap keringat dan dingin bagi mereka yang bertampat tinggal di daerah yang berhawa panas. Selain itu, ukuran baju pun mesti diperhatikan, karena akan sangat berpengaruh pada kenyaman saat dipakai.

2. Sesuaikan model dan warna
Seperti halnya memilih pakaian pada umumnya, pemilihan warna dan model ini mesti diperhatikan. Anda mesti mengenal warna dan model yang cocok untuk anda pakai, karena akan sangat berpengaruh pada penampilan anda. Selain itu, pemilihan model juga mesti disesuaikan dengan acara atau kegaitan yang akan anda lakukan.

Itulah 2 tips yang sangat berpengaruh terhadap penampilan agar lebih terlihat cantik dan modis mengenakan busana muslim. Dalam pemilihan warna, anda bisa melihat beberapa model hasil karya Dian Pelangi di hijup.com yang merupakan situs hijab fashion terpercaya dengan kualitas terbaik.


Jadi beberapa waktu lalu gue ngetrip ke wisata alam Tahura Sultan Adam Mandiangin di sana ada banyak tempat wisata alam yang bisa didatangi tapi yang kami pilih (tidak direncanakan) adalah puncak Tengger Tahura.

Berawal dari group chat di siang bolong, Megry dan Fachri ngajak anak-anak ngetrip (wisata alam), recana awal mereka akan pergi tepat disaat malam minggu. Susah emang jomblo, malam mingguan harus ke hutan segala.

Gue yang pengen banget ikutan terpaksa nggak bisa berbuat apa-apa, karena hari minggu nya gue ngisi acara. Layaknya orang yang dapat musibah harus nerima Isyana jadi pacar, akhirnya gue cuman bisa nulis di group chat “Yah... gue gak bisa ikutan. Ganti hari dong, minggu depan kek”.

Dan nggak lama ternyata anak-anak yang lain juga ngirim chat dengan nada yang sama, akhirnya hari ngetrip diganti, gue seneng banget, tapi yang jadi masalah... Ngetrip nya HARI ITU JUGA!

Tapi walau acara ngetrip ini mendadak anak-anak yang pengen ikutan akhirnya bisa semua. Acara ngetrip dadakan ini bikin gue mendadak sibuk harus nyiapin apa aja yang perlu dibawa. Gue emang suka gitu kalau mau pergi, semuanya harus lengkap walau cuman pergi sehari.

Pernah tahun kemarin ngetrip ke Bukit Batu dan gue bawa barang-barang udah kayak buat seminggu sampai-sampai gue nyiapin kotak P3K. Susah emang golongan darah A.

Akhirnya gue, Azmi, Enal, Icit, Megry, dan Fachri pergi dari Banjarmasin pukul 10 malam dan tempat tujuan kami ini letaknya di Banjarbaru. Jarak antara Banjarmasin ke Banjarbaru kurang lebih 45 menit, lalu dari kota Banjarbaru ke wisata alam Tahura Sultan Adam Mandiangin kira-kira menghabiskan waktu 60 menit untuk sampai naik ke puncak Tengger Tahura.

Untuk biaya masuk wisata alam tahura ini cukup dengan mengeluarkan uang Rp 5.000 untuk biaya parkir kendaraan. Tapi malam itu kami memutuskan menggunakan kendaraan saja untuk menuju Tengger Tahura. Dan disini yang ekstrim.

Akses menuju Tengger memang beraspal tapi tanjakan dan minimnya penerangan menjadi tantangan yang bisa bikin nyawa melayang. YAIYALAH DI ATAS BUKIT MANA ADA LAMPU!!! Oke maafin gue.

Lampu motor gue gak terlalu terang dan jalan yang menanjak terus sebelah kiri kami jurang, bikin mata gue harus lebih melek, kalau gue nengok ke belakang bentar aja bisa tinggal nama, mana gue boncengin Fachri lagi. Terus kejadian buruk itu hampir aja kejadian, pas Fachri ajak gue ngobrol dan gue sedikit memalingkan muka, cuman satu setengah meter lagi gue bisa-bisa udah bareng malaikan. -__________-”

Singkat cerita kami sampai di ujung jalan tanpa aspal, di sebelah kiri kami ada beberapa kendaraan parkir dan di sebelah kanan ada jalan setapak di atas nya bertuliskan “Untuk jalan kaki jangan gunakan motor” sebentar lagi kami sampai ditujuan.

Kami lalu memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, untungnya jalan menuju Tengger Tahura ini sudah disemen jadi nggak perlu takut kalau tersesat, karena jalan setapak ini akan mengarah langsung ke puncak Tengger Tahura.

Dan akhirnya kami sampai di puncak Tengger Tahura. Dari atas gue bisa melihat pemandangan gemerlap lampu-lampu kota tanpa ada sedikit pun suara kegelisahan para kaum fakir asmara. #Tsahhh

MAMPUS LO JOMBLO, MAMPUS!

Ini gue ngomong apaan lagi...

Gue sempat mengira yang datang ke tempat ini nggak ada karena kami pergi di hari biasa yaitu rabu, tapi ternyata ada bebera kelompok kecil yang sudah naruh tenda-tenda nya di Tengger Tahura ini. Kami lalu mendirikan tenda yang disewa Megry dan kampret nya ternyata cuman nyewa satu tenda untuk kami enam orang.

Gue yang lagi masang tenda cuman bisa berdo’a semoga malam ini nggak hujan sampai besok pagi kami pulang. Dan nggak cuman masalah tenda yang bikin kampret, ternyata gak ada satu pun yang bawa materas buat rebahan, untungnya gue sempat pinjam sleaping bad punya Pak Rusdian sebelum berangkat, jadi paling nggak gue bisa tidur di mana aja.

Penampakan tenda seadanya

Berhubung gak ada yang bawa matras gue manfaatin lapisan tenda yang biasanya buat ngelapisin biar gak masuk air, dari pada mereka tidur di atas tanah kotor mending lapisan tenda dipakai.

Akhirnya malam itu bisa tenang setelah semuanya beres tinggal menunggu air panas buat ngopi, gue rebahan makai sleaping bag sambil mendengarkan musik pakai headset melihat bintang-bintang bertebaran, pemandangan langit yang sangat jarang akhirnya bisa gue lihat lagi. Walau milky way malam itu gak terlalu keliatan, paling nggak gue bisa lebih tenang di tempat ini jauh dari keramian kota.

Malam itu Megry, Fachri, Enal, dan Icit asik cerita hantu. Sedangkan Azmi asik sendiri motret pemandangan kota dari puncak Tengger Tahura, terus sekali kali dia teriak kecil bangga sama hasil jepretannya. Gue memperhatikan mereka di tengah udara dingin malam itu, beruntung gue sempet pinjem sleaping bag jadi gak terlalu ngerasain gimana dinginnya dicampakan seseorang... Apaan lagi ini.

Pemadangan Banjarmasin malam hari pas mau hujan

Sekali kali lo wajib coba pergi jauh dari mantan kota terus menyatu sama alam. Malam yang tenang kayak gini yang bisa bikin lo bener-bener jujur sama diri lo sendiri tentang perkara siapa yang lo kangenin. Hmm...

Oiya, ngomong-ngomong pas cerita hantu dari Enal tentang Anak Sima, di tengah cerita tiba-tiba kedengeran suara serigala atau anjing yang mengaung. KAMPRET!!! Sumpah itu horror banget, semua langsung diema beberapa detik gak ada yang berani ngeluarin suara -______-

Bayangin aja lo lagi di puncak bukit, tengah malam, terus lagi cerita horror, dan gak lama ada suara Aaaaauuuuu!!! Udah kayak ada mahluk alam sebelah yang manggil. Itu kemarin gue juga mendadak gak bisa ngomong ikutan diema juga.

Dan cerita horror malam itu dari Enal diakhiri dengan gue yang tiba-tiba ngantuk terus ketiduran. Sampai akhirnya gue merasa ada yang basah di selangkangan muka gue.

“Dit! Bangun dit, bangun!”

Gue yang ngerasa baru tidur sebentar langsung kebangun, tiba-tiba mantan ada di samping Megry bangunin gue sambil dorong-dorong.

“Hujan dit! Hujan!”

Panik? GAK USAH TANYA!!! Ternyata hujannya deras, kami semua masuk ke dalam tenda yang sebenarnya cuman muat dua orang, lalu lapisan tenda yang dipakai buat rebahan tadi langsung kami tarik dan nutupin tenda, dipakai sesuai fungsinya.

Gue melihat jam ternyata baru pukul 04.30 pagi, kami semua cuman bisa duduk saling bersender sambil ketawa mengalami kejadian ngenes ini. Untuk pertama kalinya setelah beberapa kali ngetrip ini kali pertama gue kehujanan.

Sambil ngobrol ngetawain kejadian ini tiba-tiba air hujan masuk dari arah gue, bukan cuman dari atas tapi bagian alas ternyata udah kemasukkan air. Ya, tenda kami ternyata bocor, lapisan tenda tadi kayaknya gak cukup menahan air yang masuk. Gue gak bisa duduk cuman bisa jongkok sampai hujan reda.

Sekitar pukul 05.00 pagi hujan sudah berhenti, kami semua ngungsi ke tempat semacam gajebo yang gak jauh dari tenda, kami membawa barang-barang bawaan termasuk kompor portabel yang sudah basah dan meninggalkan tenda begitu saja. Bodoamat soal tenda.

Beruntung banget kompor portabel yang kehujanan tadi masih bisa digunakan, si Enal langsung memasak air buat nyeduh mie dan minum kopi. Walau ini bisa dibilang musibah tapi gue tetep seneng dan menikmati trip kampret ini.

Apa lagi setelah itu nggak lama di sekeliling kami tiba-tiba ada banyak awan berjalan pelan menutupi perbukitan dan puncak Tengger Tahura, lampu-lampu kota yang tadi malam terlihat jelas sekarang tiba-tiba aja nggak terlalu tampak. Yang paling nggak bisa nyembunyiin kagum sama kejadian ini si Azmi, dari malam sampai pagi anak ini kagum banget pas liat awan ada di bawah.

Wajar aja sih, ini pemandangan yang langka banget gue juga mengakui ini awesom banget, apa lagi pas matahari mulai keliatan. KEREN!!! Kalian liat aja tuh foto nya di bawah, si Azmi yang motret.




foto dari Megry

Foto ini diambil kira-kira pukul 06.00 pagi pas matahari mulai keluar. Sayang banget kemarin awan nya terlalu tebal jadi kami nggak bisa dapat moment sunrise, padahal moment itu yang paling kami tunggu.

Kayaknya lain kali perlu ke sini deh ngajak kamu, pas kita udah hallal entar yaa :3
Ini moment keren bercampur kampret lagi yang gue alami setiap ngetrip. Oiya, sepulang dari sana malam nya di group chat, anak-anak ngirim foto lalu gue langsung save foto terbaik dan edit. Ada satu foto favorite gue yang diambil sama Azmi, terus foto itu langsung gue share dan gue pakai jadi DP BBM.

Dan nggak lama banyak temen-temen yang tanya gue abis dari mana. Bahahaa... banyak yang mengira gue di gunung Semeru atau gunung lain di Jawa yang mereka sebut, padahal di Banjar doang. Nggak ketinggalan kakak sepupu gue si Renda yang tinggal di Lombok juga tanya. Gue kasih tau aja kalau ini masih di Banjar dan aksesnya gampang banget.

Si Renda langsung minta diajak kesana kalau entar dia balik ke Banjar. Pas lagi asik chat gue melihat kakak sepupu gue yang kuliah keperawatan itu mengganti DP nya, di sana terlihat pemandangan sunsite dari pantai yang keren banget. Nggak mau kalah juga dia ternyata.

Karena penasaran gue langsung tanya dan ternyata itu di Bali, padahal gue sempat mengira itu di Lombok. Pantesan bagus banget pantainya. Gue lalu iseng nanya berapa budget buat ke Bali dan tanya soal penginapan.

Terus Renda ngerekomendasiin aja buat cari tau semuanya di Traveloka mulai dari tiket pesawat sampai Hotel Di Bali http://www.traveloka.com/hotel/indonesia/region/bali-102746.

Hmm... kayaknya Bali tujuan selanjutnya hhe. Aamiin...

Nah, itu dulu pengalaman salah satu ngetrip yang bisa gue share, kalau nggak males ada waktu nanti gue cerita lagi soal cerita ngetrip lainnya ya. Siapa tau dari kalian ada yang mau nikmatin wisata alam di tempat gue.

Btw, Kapan kalian terakhir ngetrip? Boleh cerita dong pengalaman absurd nya di kolom komentar.

Gue yakin banget, kalian semua yang baca tulisan ini pasti waktu kecil pernah punya tabungan. Ada yang tabungannya terbuat dari tanah liat biasanya berbentuk hewan, kayak Ayam, bebek, atau sejenisnya. Ada juga tabungan dari kaleng yang biasanya diberi gambar tokoh kartun. Dan ada juga tabungan berbentuk buku dengan warna merah muda atau hijau, yang ini biasanyan waktu SD nih.


Gue masih ingat, waktu masih SD gue punya tabungan dari tanah liat berwujud siluman Bebek. Uang yang gue tabung biasanya sisa jajan di sekolah, iya, gue waktu kecil suka nabung. Tapi bukan, bukan karena gue emang rajin menyisihkan uang. Tapi zaman SD gue gak terlalu berani jajan ke kantin karena suka dibajak si Riki dan sekongkolannya. Kehidupan SD gue emang menyedihkan, sampai sekarang sih...

Waktu gue masih pakai seragam putih merah PS One adalah satu-satu nya permainan yang paling menyenangkan, sampai akhirnya gue tumbuh menjadi seonggok lelaki dan mengenal namanya permainan hati yang menyakitkan. Oke, maaf.

Untuk menikmati permainan PS One diharuskan beli CD game nya baru lo bisa main, ya iyalah... Nah, biasanya tiap bulan selalu ada game baru yang dijual di toko PS dekat rumah gue. Hal ini membuat gue akhirnya menyadari betapa penting sebuah tabungan. Dari hasil menabung atau gara-gara takut dibajak itu, gue jadi punya simpenan tante uang buat beli CD game PS One.

Itu cerita gue waktu duluuuuuuuuu.... Sekarang? Menabung menjadi hal yang sangat sulit gue lakukan. Selain kerja sebagai guru honor dan kadang suka ngisi acara talkshow atau seminar, uang yang gue dapat sebenernya lumayan banget, belum lagi kalau ada job nulis. Tapi entah kenapa, uang yang sebenarnya lebihan dan seharusnya bisa ditabung itu malah gak ada sisanya ketika akhir bulan.

Dampaknya, ketika ada satu barang yang gue pengen banget beli tapi uang gue udah menghilang tanpa jejak begitu saja, gue cuman bisa gigit katalok.

Lalu gue coba melakukan riset kecil, memikirkan penyebab kepergian gajih-gajih gue itu, akhirnya gue punya beberapa kesimpulan kemana uang itu sebenarnya hilang :

Neraktir 14%
Beli kuota 21%
Bayar parkir 65%

Yang terakhir itu serius... Pergi ke perpustakaan, bayar parkir Rp 2.000,- pergi ke Barber shop, bayar parkir Rp 2.000,- pergi ke Alfamart, bayar parkir Rp 2.000,- Ke tukang fotocopy, bayar parkir Rp 2.000,- pergi ke rumah mantan, bayar parkir juga Rp 2.000,-. Dalam sehari aja misalkan ada lima tempat yang kita datangi dan semua ada tukang parkirnya, uang yang sudah kita keluarkan CUMAN buat parkir bisa sampai Rp 10.000,- dan coba kalikan 15 hari saja. UDAH BERAPA UANG YANG KELUAR BUAT PARKIR DOANGGG!!!!

Besok-besok gue bisnis starup tukang parkir online aja kali ya, gue bikin aplikasinya yang bisa ngelacak orang suka parkir sembarangan dan cuman beberapa menit udah ada tukang parkirnya disana. Iya, sumpah gue kadang suka kesel sendiri.

Lagi fotocopy KTP aja dua lembar paling Rp 500,- gue datang ke tokonya markir motor sendiri rapiian sendiri, tiba-tiba ada bapak-bapak pakai rompi sama peluit, dengan wajah tak berdosa nyamperin dan menengadahkan tangan. BAPAK DATANG DARI MANA!!!

Gue jadi emosi sendiri ini nulisnya -_________-“

Oke kembali ke topik, kali ini gue mau sharing ke kalian, terutama kalian yang sulit nabung. Jadi di sini gue cuman kasih tahu berdasarkan pengalaman atau cara nabung yang sudah gue terapkan, dan Alhamdulillah emang berhasil.

Baca tulisan gue sampai habis ya, ini tulisan murni kok bukan tulisan yang endingnya gue biasa ngiklan Bahahaha!


Kurang-kurangi Ngopi di Cafe

coffee


Coba deh renungin, berapa kali kalian dalam seminggu hange out bareng temen atau cuman ngopi sendirian di coffee shop ? Sekali nongkrong di cafe pasti keluar paling sedikit Rp 15.000,- sampai Rp 30.000,- belum lagi kalau tergiur sama makanan yang bikin ngiler kayak dede gemes. Anggap sekali nongkrong ngeluarin Rp 20.000,- misalkan seminggu kalian pergi ke cafe 3x dan kalikan selama sebulan. Hayo berapa? Banyak banget kan.

Beli kopi saset di warung dan tonton film favorite kalian di rumah, seduh kopi saset tadi di cangkir kesayangan kalian dan nikmati bener-bener moment tersebut.

Rasanya bahkan bisa jadi sama dengan kopi di coffee shop bintang lima, ya biar gue kasih tahu, kadang capuccino yang lo beli di cafe itu bisa jadi dibikin dari kopi sasetan. Boleh lah sesekali ngopi di tempat mahal, tapi jangan terlalu sering juga. Terlalu banyak kafein juga gak sehat.


Bedakan Antara Kebutuhan Atau Nafsu

Setiap bulan, beli barang dari 1 jenis yang sama
via http://www.huffingtonpost.ca/

Ini biasanya lebih ke cewek nih. Ketika mencoba untuk tidak tergoda dengan barang-barang murmer di Instagram.

“Liat ah, gak beli kok.”

Lima menit kemudian

“Ihh lucu, aku belum punya yang ini. Tapi gak beli kok bilang lucu aja.”

15 menit kemudian di personal chat.

“Min barang yang ini masih ada gak?”

Hmm...

Bukan cuman cewek kok, cowok juga kadang kayak gini, gue sendiri sering berada diposisi kalian wahai para kaum murmer garis keras. Tapi gue punya trik sendiri, biasanya kalau gue pengen banget sama satu barang gue pasti mikir, kira-kira gue beneran butuh atau gak ya?

Biasanya gue melihat satu barang, terus gue gak langsung beli walau gue mau banget. Gue biarin itu barang beberapa hari, terus gue coba liat lagi barang tersebut sambil mikir gue bener butuh atau gak itu barang, gitu-gitu terus sampai akhirnya gue ngerasa sendiri ada yang lebih penting yang harus gue beli selain itu barang. Kalau toh barang tersebut sudah dibeli orang gue biasa aja, karena gue udah tahu gue beneran butuh atau cuman nafsu.

*nangis di pojokan*


Bikin Tempat Tabungan Unik

Celengan dari botol minum
via http://theideaking.blogspot.co.id/

Gak harus nabung di Bank, coba deh bikin tabungan kalian sendiri yang unik, ada bayak kok di internet tutorial bikin tabungan yang bikin kalian gak tega ngorek-ngorek isi tabungan. Gak harus juga bahanya yang ribet, sebagai contoh semisal botol bekas, kain flanel, kertas kado, gunting, dan sedikit lem bisa disulap jadi tabungan yang unyu-unyu.

Atau kalian bisa tempelin foto mantan-mantan kalian di tabungan tersebut. Pilih mantan yang paling kalian benci, biar kalian males memandang tabungan tersebut.

Paragraf di atas gue sebenernya ngasal doang. Karena gue tahu man gak ada satu pun mantan yang harus dibenci, karena dari sebuah kegagalan kita tahu. Kalau kita gak baik buat masa depan mereka, ada orang yang lebih pantas buat ngebahagian mereka dari pada kita.


Tabung Uang Dengan Nominal Tertentu

menabung

Selain membuat tabungan yang unik, ada satu lagi cara menabung yang bisa kalian terapkan. Tabung uang dengan nominal tertentu, semisal uang Rp 20.000,- kenapa harus Rp 20.000,- ? karena menurut gue nominal uang ini adalah yang paling jarang didapat selain Rp 5.000,- atau Rp 10.000,-.

Jadi setiap ketemu sama uang yang bergambar Bapak Oto Iskandar Dinata ini, biasanya langsung gue pisah dengan uang-uang yang lain. Pas di rumah langsung gue masukkan dalam tabungan.

Cara ini gue cobain terapin kurang lebih tigapuluh hari, setelah itu karena gue penasaran, gue buka deh tuh tabungan. Dan berapa yang gue dapat? Lumayan bisa makan KFC paket super besar 20x.


Buat Tujuan


Ketika semua hal di atas mungkin masih sulit, cara terakhir adalah buat tujuan. Tujuan di sini bisa kalian buat adalah tujuan yang memang sangat kalian butuhkan di masa depan.

Sebagai contoh tujuan. Menabung dengan tujuan beli rumah, meski cuman buat bayar uang muka doang karena mau mandiri. Menabung dengan tujuan membeli bongkahan emas kecil, untuk dilingkarkan di jari manis dia. Atau menabung dengan tujuan untuk pesta pernikahan, walau sebenarnya acara tersebut gak terlalu penting.

Maaf kalau di contoh ke tiga ada diantara kalian yang kesinggung. Tapi jujur, kalau uang yang kalian kumpulin bertahun-tahun cuman buat acara sehari seru-seruan demi sebuah adat, lebih baik kalian coba pikirin lagi deh.

Ada hal yang lebih penting dari pada sebuah resepsi pernikahan yang gede. Ada hal yang lebih penting harus kalian jalani dan siapkan, setelah nama lo dan dia ada dalam satu buku nikah. Setuju?

Gue sok banget ya, padahal nikah aja belum... Tapi gak salah kok saling mengingatkan hehe.

Dan yang paling penting ada satu lagi, yaitu; NIAT. Ketika lo ingin menabung untuk satu tujuan pastikan lo emang bener-bener niat, jangan setengah-setengah. Pas nabung, karena ngerasa lagi gak ada duit lo comot dari ATM atau ngorek-ngorek tabungan dengan gumaman dalam hati “Ahh, masih ada  kok gak papa ambil limaputuh ribu doang”.

Ya, paragrah di atas adalah pesan yang sangat gue ingat, ketika gue sudah membuat tujuan.

Gue cuman bisa sharing itu aja soal tabung menabung, jujur gue juga bukan orang yang bisa nahan uang lama-lama. Tapi paling nggak dengan gue menulis ini gue ingat pernah coba kasih saran ke orang, tulisan ini juga gue buat sebagai cambuk buat gue sendiri.

Masa gue ngasih tahu orang tapi gue sendiri gak nerapin? Kan famplet...

Ada punya cara sendiri atau mau curhat soal nabung? Tulis aja di kolom komentar yaaa!

Jadi 2 April 2016 kemarin, Komunitas Blogger Kalimantan Selatan yaitu Blogger Banua bekerjasama dengan Excite Indonesia mengadakan event blog kece yaitu Seminat & Workshop Excite Indonesia RoadBlog 10 Cities. Dan Banjarmasin menjadi kota ke tiga yang mengadakan event blog kece ini.

Sebelum lanjutin ini cerita gue mau kenalin kalian dulu sama Excite. Excite Indoensia adalah program internet yang memberikan point kepada penggunanya yang dapat ditukarkan dengan barang atau layanan. Kalian bisa mendapatkan point dengan cara registrasi keanggotaan, berbelanja, mengisi survei dan berbagi hal lainnya secara online. Nah, kalau point udah ke kumpul bisa kalian tukar dengan pulsa gratis.

Oke, kita balik ke event kece Excite RoadBlog. Dengan persiapan yang sangat teramat singkat ini, ternyata tidak berimbas pada keseruan Excite RoadBlog di Banjarmasin. Baru juga dua jam pendaftaran onlien dibuka kuota sudah full! Wew... Banjarmasin bisa patut diperhitungkan kalau mau ada event blog lagi nih.

Excite RoadBlog di Banjarmasin diramaikan oleh beberapa sponsor besar selain Excite Indonesia kayak Traveloka, Lembaga Sensor Film, dan Pegadaian. Bukan cuman empat sponsor besar yang sharing soal blog tapi ada juga dua pembicara lokal yang mengisi event kali ini.

Pembicara lokal ada Bang Muhammad Februrianto (Ebo) yang ngisi materi tentang SEO, lalu pemateri ke dua Alhamdulillah gue dikasih kepercayaan buat ngisi acara besar ini. Ya... blogger typo ini dapet kesempatan lagi ngisi acara blog bahahaha... *gue harap mereka gak nyesal milih gue kemarin* Gue sendiri ngisi materi tentang Content Writing, gimana caranya bikin tulisan di Blog yang menarik.

Malam sebelum acara, para panitia mengira yang akan berhadir adalah blogger-blogger dari Banjarmasin yang emang sudah pada kenal satu sama lain, tapi ternyata yang datang rata-rata malah orang yang nggak pernah kami kenal. Para pelaku bisnis online dan Mahasiswa adalah peserta yang paling banyak hadir di event blog kali ini.

Oiya, gue udah cukup sering ngisi acara tapi cuman ngasih foto doang ya. Kali ini gue mau kasih video gue pas tampil kemarin, sory ye kalau video nya kepotong-potong.

 excite-roadblog-10-cities

Akhirnya gue bisa memberdayakan siswa gue buat ngerekam guru nya ini tampil. Iya gue nyuruh siswa gue dengan sengaja, gue ancem pakai nilai, emang enak banget jadi guru. :v

Oiya, sebelum masuk ke sesi gue dan bang Ebo kemarin. Gue sempet-sempetin buat muter film pendek gue yang Move On – Mawar Merah #MOMM mumpung banyak peserta yang lagi nunggu sesi selanjutnya jadi bisa gue manfaatin. Hitung-hitung buat hiburan peserta lah – padahal promosi – maaf kan saya.

Dan akhir kisah, Excite RoadBlog Banjarmasin kemarin ditutup dengan pengumuman pemenang lomba twitter yang dimenangkan Agung Aritanto mendapatkan satu modem mifi, yang gak boleh disebut mereknya kata Bang Terren, eaaa! Gung, kalau ketemu bagi-bagi tetring internet nya yee.

Terimakasih banyak buat Ecxite Indonesia dan Blogger Banua yang mempercayai gue ngisi materi blog di event kece ini. Semoga tahun depan acara kayak gini ada lagi dan lebih meriah, dan jangan lupa ajak gue lagi hehe...

Buat kalian para blogger, jaga-jaga noh kali aja ada event nya di kota kalian, lumayan bisa nambah ilmu soal blog. Salam typo!