Malam ini sebenarnya mau nulis lanjutan postingan sebelum ini, yaitu tentang startup. Tapi niat itu kayaknya gue urungkan setelah nggak sengaja melihat lima artikel populer terakhir di blog ini. Satu artikel lama dengan judul “Ada Penampakan” yang gue posting pada tahun 2011, mendadak gue jadi kangen dan membaca sebagian tulisan lama yang mungkin seadainya mereka adalah sebatang bunga, tulisan itu mungkin sudah menjadi bangkai.


Rata-rata dari apa yang gue tulis di masa lalu adalah benar-benar tulisan keseharian gue, apa lagi pas tahun 2011 masa di mana gue menjalani magang sebagai anak SMK dan dari sana blog ini mulai ramai dikunjungi. Mendadak gue jadi kangen sama teman seperjuangan ngeblog beberapa tahun lalu, tapi sayangnya sekarang mereka sudah punya jalan masing-masing, lalu meninggalkan blog mereka.

Berhubung lagi kangen-kangen masa dulu, jadi malam ini gue akan curhat aja tentang aktivitas hari ini. Gak penting banget emang hahaa... gue cuman lagi kangen berat, malam ini spesial nulis kayak awal-awal ngeblog aja, nulis tentang kejadian atau aktivitas hari minggu ini.

Dear Diary...

Bentar, bentar... mau keramas dulu.

Hari minggu terakhir di bulan Juli ini di awali dengan bangun pukul sembilan pagi, waktu yang normal menurut gue setelah enam hari harus bangun pagi berturut-turut. Zaman yang sudah berubah, dimana kalau dulu tiap bangun tidur ku – terus – mandi sekarang malah jadi bangun tidur ku – terus – ngecek notification smartphone.

Dengan nyawa yang belum terkumpul dan mata yang cuman sebelah terbuka, gue coba mengingat jadwal hari ini. Gue ingat hari ini harus datang ke undangan kawinan kakak nya si Riski Melinda, teman satu komunitas di Pena Blogger Banua. Lalu gue buka dan scroll LINE ada chat dari teman putih merah gue si Lia, gue baru ingat kalau jauh-jauh hari sudah ada janji barengan datang ke kawinan kakak nya Power Ranger Pink.

Hari minggu adalah hari bahagia untuk perut dan dompet, bisa makan gratis banyak-banyak tanpa keluar duit. #Eh

Btw... pas ke kawinan kakak nya PRP gue ngerasa cukup nyaman. Dimana tamu yang datang dipisah antara cowok dan cewek, nggak ada pelaminan yang biasa gue liat di acara pernikahan pada umum nya. Yang ada malah gue mendapati pengantin pria si Abang nya PRP menyambut tamu dengan senyuman bahagia ala pengantin baru di depan tenda masuk.

Setelah cukup lama di kawinan kakak nya PRP dan ngobrol asik sama pacarnya Lia, gue langsung ngecek grup dan anak-anak yang mau ke acara kawinan kakak nya Riski sudah siap-siap berangkat. Gue, Nuka, Alam, dan Radhian berangat kesana kami ketemuan di persimpangan jalan dekat panti asuhan yang dua tahun lalu kami singgahi buat bikin acara buka puasa bersama. Radhian gue persilahkan memimpin jalan karena gue nggak tau persis dimana lokasi rumah Riski.

Rumah nya berlokasi di Sungai Andai dan disini gue jadi kangen masa-masa gue SMP, dimana gue berangkat sekolah pakai sepede tua ditemani musik mp3 dari HP jadul, dan berangkat setelah orang selesai sholat subuh. Iya, dulu enak banget, gue bisa tidur pukul sepuluh malam dan bangun subuh. Rasanya seneng banget, apa lagi pas subuh-subuh turun hujan. Sepedaan pakai jas hujan menuju sekolah, hahaa.

Setelah selesai menghabiskan piring ke dua di tempat yang berbeda, gue iseng tanya-tanya ke Riski soal perumahan di daerah ini. Gue tanya mulai dari biaya bulanan, uang muka, kondisi rumah, dan lain sebagainya yang Riski sendiri nggak terlalu tau jawabannya.

                “Setau gue sih... kalau daerah sini karena tanah rawa tiang bawah rumah nya kudu yang kuat, kalau nggak bisa berasa banget goyang pas ada truk yang lewat. Paling cocok kayu ulin atau orang luar kalimantan kenal nya kayu besi.” Gue ngomong sambil memperhatikan tiang-tiang bawah salah satu rumah.

                “Iya, sih kak. Berasa banget biasanya, untung nggak rubuh hihi.” Kata Riski.

                “Ya nggak bakalan lah, itu cuman karena tanah disini kan daerah rawa aja.”

Nggak cuman ngejelasin soal itu, gue juga jadi tiba-tiba lancar banget ngomongin soal rumah ke Riski, Nuka, Alam, dan Radhian pas mereka tanya-tanya. Gue juga iseng mengomentari soal perumahan di daerah rumah Nuka yang menurut gue cukup strategis dan punya harga jual cukup tinggi buat investasi.

Di tengah jeda gue yang keasik ngomong soal rumah, Radhian nyeletuk

“Wahh... Adit sudah siap banget kayaknya, buat nyusul kakak Riski.”
Hahahaa... Sial.

Sebenarnya sejak awal tahun tadi gue sudah cukup sering mencari info soal kredit rumah, kadang di waktu senggang gue keliling sendiri naik motor ke komplek orang, ke kantor Developer buat tanya persyaratan dan lain sebagainya soal kredit rumah. Tanpa orang itu ketahui.

Nggak jarang gue juga suka iseng cari di Google soal Perumahan Murah di Indonesia dan suka tanya juga sama Guru-guru yang baru aja ambil kreditan rumah. Bapak Rusdian salah satu guru di tempat gue mengajar yang beberapa bulan lagi mau nikah, cerita soal dia yang baru aja beli pintu dapur.

Gue ketawa sendiri melihat ekspresi muka beliau saat bercerita kalau harga pintu yang nggak terlalu gede itu harganya bisa mahal “Pantesan waktu kecil Bapak saya marah-marah pas tau pintu rumah saya coret pakai krayon.” Ya Allah, gue jadi ngerasa berdosa dulu suka gambar di pintu rumah.
Bukan cuman soal itu, Bapak Rusidan juga cerita pas beli peralatan rumah tangga yang kecil-kecil kayak sapu, ember, gayung, tempat sabun, lampu, dan lain sebagaianya bisa menghabiskan uang cukup banyak.

Menurut gue, punya rumah walau cuman tipe 36 punya kebanggan tersendiri. Punya rumah dengan hasil jeri payah sendiri, ya... walau pun pada akhirnya harus berjuangan untuk diri sendiri, hmm... pendih, ya. Pada akhirnya harus berjuang sendiri tanpa alasan.

Dan akhir pekan di penghujung bulan Juli 2016 gue tutup dengan bersantai di salah satu cafe pinggiran Sungai Siring Martapura. Segelas hot chocolate dan novel 11:11 karya Lucia Priandarini menemani jingga yang berganti dengan gelap.

Jadi minggu terakhir di bulan Juli kalian ngapain?

Belakangan gue sering ketemu teman lama, mulai dari teman sekolah sampai teman yang ketemu karena hobi. Perbincangan remeh temeh mulai dari ngobrolin soal kerjaan, gosipin cewek cantik di sekolah, sampai ngomongin teman-teman yang udah pada merried.

Obrolan a la teman lama baru ketemu pasti asik banget, tapi saat ngobrolin hal serius tentang usaha zaman sekarang yang lagi tren banget, yaitu Startup, malah banyak teman gue yang nggak tau soal bisnis yang lagi tren beberapa tahun ini. Mungkin kalian yang baca ini juga belum tau sama Startup? Tenang gue akan jelaskan.

Apa itu Startup ?


Startup adalah sebuah perusahaan rintisan yang berbau teknologi seperti website atau aplikasi yang dapat diunduh pada smartphone. Di Indonesia sendiri bisnis startup sebenarnya sudah cukup lama ada, hanya saja istilah startup baru-baru saja di dengar.

Contoh Bisnis Startup


Sebenarnya kayak apa sih rupa startup ini? Sekarang coba nyalakan smartphone kalian lalu lihat ada aplikasi apa saja yang sudah kalian download, tanpa disadari kalian sudah menggunakan jasa mereka dalam kehesarian kalian. Contoh startup antaralain OLX, BukaLapak, Traveloka, Go-Jek, dan lain sebagainya. Mereka adalah startup yang sudah tidak asing lagi di bumi Pertiwi ini.

Nah, mereka itu adalah sebuah perusahaan bisnis yang awalnya dibangun dengan modal dan karyawan yang pas-pasan, namun seiring berjalannya waktu dan bisnis kecil mereka mulai dilirik perusahaan. Nggak jarang para startup ini mendapatkan modal mulai dari para investor di Indonesia sampai penanaman modal asing yang berani menyuntikkan dana segar kepada mereka sampai ratusan juta.

Tapi perlu kalian ingat, bisnis kreative yang di awali sembuah pemikiran “sederhana” ini dibikin nggak sembarangan. Kenapa gue bilang kayak gitu?

Gini... bikin startup gak kayak bikin warung pisang goreng, dimana lo tinggal pasang tenda di depan rumah, terus menyiapkan peralatan memasaknya,membeli bahan-bahan buat bikin pisang goreng, pisang nya di goreng, lalu bisa dijual dan dapat uang. Enggak segampang itu.

Ditelinga anak muda mungkin bisnis startup terlihat keren banget tapi nggak sedikit loh orang yang mencoba bisnis ini ujung-ujungya bangkrut. Ya, karena itu tadi, bikin startup nggak kayak buka usaha warung pisang goreng. Karena semuanya butuh perencanaan yang matang dan perjuangan yang berlika-liku.

Setelah perkenalan tentang startup ini di postingan selanjutnya gue akan kasih tau beberapa hal yang harus kalian perhatian kalau mau bikin startup, agar kalian yang mau coba bisnis kreative ini bisa mempertimbangkannya lagi. Wait for the next post!

Gue masih ingat, sewaktu masih SMP kado ulang tahun apa yang pertama kali gue kasih untuk cewek yang punya senyuman termanis di kelas. Gue kasih dia boneka kelinci warna pink, ada pita di kepalanya dan bantal berbentuk hati yang dipegang kelinci abis kena penyakit kulit itu. Dan gue juga masih ingat, kemarin belinya nitip sama Mama. Hmm...

Dengan usia yang boleh dibilang kencing aja masih belum bener, gue udah naksir cewek dan kasih kado ulang tahun. Saat itu gue benar-benar nggak tau harus kasih kado apa buat cewek yang gue taksir, sewaktu SD setiap kali ada undangan teman yang ulang tahun gue cuman kasih buku tulis dan pulpen.

Tapi setidaknya masa SMP gue mengalami peningkatan waktu ngasih kado ulang tahun, ya walau pun nitip sama Mama. Lalu saat memasuki bangku SMK di kelas tiga awal tahun 2012 gue bikin sendiri kado ulang tahun, sebulan sebelum ulang tahun Dia gue udah beli perabotan buat kado dan membuat nya sendiri, berharap kado bikinan pertama gue itu bikin si mantan klepek-klepek. Iya, kalian nggak salah baca, gue ngasih kado ulang tahun buat Dia sang mantan pacar yang waktu itu punya pacar. Kado pertama yang dibuat sendiri dan untuk mantan pacar... :’v

Yang penasaran cari aja sendiri artikelnya hehehe.

Kado Ulang Tahun

Makin dewasa gue jaki makin tau dan mengerti kira-kira kado ulang tahun apa yang cocok diberikan untuk orang tersayang. Kali ini gue mau share pengalaman yang gue punya soal kasih kado ulang tahun, karena nggak sedikit teman-teman gue yang bingung mau kasih kado apa buat pacar nya.

Pernah teman gue si Udin tanya tentang kado apa yang bagus buat dikasih ke pacarnya, kalau minta saran sih biasanya gue bakalan kasih tau tapi kalian jangan sampai kayak si Udin. Pacarnya yang ulang tahun gue yang dikasih uang buat beliin kado. Kan kurang ajar. ( “-_-)

Dan harus gue akuin cowok adalah mahluk yang paling bingung kalau mikirin kado apa yang mau dikasih buat orang yang dia sayang, kami akuin itu. Tapi tenang-tenang para kaum cowok, setelah membaca artikel ini gue harap kalian sudah nggak bingung lagi karena gue udah melakukan penelitian dan percobaan juga, agar kado ulang tahun yang akan kalian berikan berkesan buat dia di hari spesial.

Hobi Dia Bisa Jadi Patokan

Seated Woman Pulling Sewing Pins from Box
via www.pexels.com

Kalau kalian bingung harus kasih kado ulang tahun apa buat si pacar, hal paling gampang adalah melihat apa hobi dia. Setiap orang tentu punya hobi yang berbeda-beda, nggak mungkin dong kalian nggak tau kebiasaan dan hal apa yang paling disenangi si dia.

Kalau dia senang jalan-jalan menikmati alam bebas, memberikan kado tas atau sendal khusus traveling pasti sangat beruna buat dia. Setiap kalian mau jalan dia selalu lama di depan cermin, menghadiahkan make up produk wardah pasti dia seneng banget. Dia senang memasak? Bungkus dalam kotak yang cantik satu celemek dengan motif lucu, biar setiap memasak dia selalu ingat lo.

Lihat Tokoh kartun Yang Paling Dia Suka


Nah ini, cewek sedewasa apapun pasti punya tokoh kartu lucu yang dia sukai. Lo yang bingung kasih kado apa, tinggal lihat perabotan dia aja. Biasanya ini bisa dilihat dari case smartphone,  gantungan kunci, atau sarung bantal yang dia punya.

Dari sana lo tinggal mencari barang yang ada tokoh kartun kesukaan dia aja. Misalkan dia seneng sama tokoh kartun lucu kayak Rilakkuma, lo bisa beliin dia baju tidur, boneka, atau sepatu dengan gambar Rilakkuma. Barang-barang lucu kayak gitu kadang emang susah-susah gampang untuk didapat, tapi buat nyenengin hati dia biar tambah sayang memang butuh pengorbanan, broh!

Cari Tau Barang Yang Sedang Dia Butuhkan

via  www.aliexpress.com

                “Kalau aku sih kado paling spesial itu kado yang emang aku butuh, terus ditambah balon warna lucu sama bunga mawar satu hektar. Ihh... pasti so sweet banget!” Icha Khaurunisa – 22th.

Itu bunga mawar satu hektar mau diapain? -..-“

Mau nggak mau kita sebagai cowok wajib hukumnya peka sama apa yang cewek butuh, susah ya cewek mau nya di pekain mulu. kapan kalian peka sama kami juga kapan?! Hmm... Tapi jangan kejebak, lo harus tau apa yang dia mau sama apa yang memang dia butuhkan. Biasanya sih kalau cuman kode itu cuman apa yang dia mau.

Mencari tau barang yang sedang dia butuhkan bisa lo liat dari kesehariannya. Misalnya dia sedang belajar menjahit, kasih kado ulang tahun perlengkapan buat menjahit pasti dia seneng banget. Ulang tahun dia berdekatan dengan waktu sidang skripsi, bantu dia ke perpustakaan cari buku referensi, kalau bisa lo yang gantiin dia sidang sekalian. Tapi kalau dia butuh nya pacar baru, lo tau apa yang harus dibutuhkan? Kasih dia tali, ikat dia, lalu seret di tengah jalan. :v

Bikin kado ulang tahun sendiri

Brown Thank You Card on Pink and Blue Small Bottle
via www.pexels.com

Sesederhana apa pun kado ulang tahun yang lo buat dengan tangan sendiri, cewek yang pasti akan jauh lebih menghargai usaha yang lo kasih buat dia. Nggak usah kasih barang yang mahal, kumpulan foto dia yang dibingkai tersusun acak di tambah sedikit pita warna-warni pasti lebih berkesan.

Atau kalau lo punya banyak waktu, bikin video stop motion menurut gue lucu juga. Ada banyak sebenarnya kado ulang tahun yang bisa lo kasih ke dia, tapi kado piling indah sih biasanya; lo datang ke rumah dia bareng orang tua lo dan bilang mau meminang dia hehee.


~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Jadi kalian punya ide apa soal kasih kado ke orang tersayang? Buat yang cewek boleh dong tulis di kolom komentar kado apa yang kalian butuhin sekarang, kali aja gebetan kalian baca. Hahahaa.

Ngasih kado ulang tahun yang spesial buat orang tersayang emang wajib, biar hubungan kalian jadi tambah romantis. Nggak mesti pas ulang tahun juga sih kalau mau kasih kejutan, biasanya cewek justru lebih suka dapat kejutan-kejutan kecil nggak terduga dari cowok nya.

Terus kalau ngasih kado ulang tahun buat mantan pacar, boleh? Nggak ada yang salah, tapi kalau lo punya pacar, pasti sih dia cemburu berat. Kalau mau kasih diam-diam aja bro... #Eh

Nggak masalah kasih kado ulang tahun ke mantan, asal jangan lo temenin mantan pacar beliin kado buat pacar baru nya aja. Hih! Siapa tuh kayak gitu, dasar cowok! Udah bantuin dia beli kado buat pacar dia, kena tilang lagi.

Ketika Anda tinggal di kota, Anda ingin sebuah rumah yang cocok. Mendaratkan sebuah hunian di Surabaya yang Anda nikmati merupakan pencapaian yang besar, terlepas dari jenis harga mana yang Anda bayar. Apakah Anda menemukan sesuatu yang murah atau mahal dalam rumah impian Anda, faktanya adalah tidak ada yang bisa berkata tidak untuk menabung.

Lebih baik lagi, jika Anda memiliki anggaran, membuat rumah baru Anda kelihatan mewah dari aslinya itu mudah dengan beberapa tips. Dengan pendekatan ruang menggunakan mata yang lihai dan melakukan beberapa penelitian, Anda bisa mengembangkan rumah Anda dengan anggaran untuk keindahan dengan beberapa langkah cerdas. 

1. Pahami Dasarnya

Dasar dari desain cerdas yaitu setan ada dalam detilnya, terlepas di negara mana Anda berada dan tahun berapa. Untuk dekorasi interior berarti sesuatu yang sangat spesifik. Indonesia Design menyarankan bahwa salah satu kunci untuk mendesain sebuah rumah mewah yaitu mengenai perencanaan tata ruang, perhatikan bahwa daerah seperti Surabaya telah mengalami pertumbuhan populasi, tapi belum tentu meningkatkan ruang.

2. Sisihkan Uang saat Berada dalam Kemewahan

Jika Anda memiliki kemewahan belum tentu berarti Anda harus membayar untuk itu. Saat Anda membuka RumahDijual untuk perumahan murah di Surabaya, terlepas dari apa yang Anda temukan, Anda bisa yakin kalau Anda bisa mengubah ruang apapun yang Anda sewa atau beli. Saat Anda mempertimbangkan rumah Anda, ingatlah bahwa style itu mengenai naluri dan intuisi, daripada semata-mata memiliki uang. Sementara kemewahan sering didefinisikan memiliki yang terbaik dari yang terbaik berdasarkan penampilannya, pasar dekor interior saat ini justru memproduksi barang secara masal membuatnya seperti salah satu jenis item. Oleh karenanya, jika Anda tinggal di sebuah rumah murah dan lebih suka sebuah hunian yang bisa membantu menyisihkan dana Anda, maka sebuah pendekatan ruang sederhana dengan desain dalam pikiran merupakan cara terbaik untuk memastikan sekeliling Anda tetap tampak mewah.

3. Sentuhan Sederhana

Mengetahui bagaimana dan dimana menambahkan barang dalam dekor interior Anda sangatlah penting untuk memproyeksikan desain avant-grade. Seperti halnya dengan banyak ekspresi seni, contohnya mode atau dekor, menjadi cerdas lebih penting daripada menjadi kaya. Sebuah contoh dari perumahan mewah yang menggunakan sebuah taktik tipuan sederhana untuk menimbulkan kesan kemewahan adalah sebuah rumah di Bali yang disorot oleh Home Designing, dipilih karena penggunaan cangkang telur putih dan tumbuh-tumbuhan hijau yang menarik. Dalam hal ini, memiliki interior putih dengan sekelompok tumbuh-tumbuhan hijau merupakan hal yang sederhana dan murah. Tampilan ini merupakan hasil perjalanan sederhana ke toko besi untuk mendapatkan cat putih dan pusat taman untuk mendapatkan beberapa tumbuhan hijau. Bahkan jika keindahan ini tidak menarik bagi Anda, hal itu menawarkan sebuah pelajaran berharga: sentuhan sederhana jauh lebih efektif dalam memproyeksikan suasana dan style tertentu daripada furnitur mahal. Taktik pintar lainnya untuk menyelesaikan ruang yang Anda inginkan yaitu dengan pergi ke toko barang bekas atau jalanan untuk menemukan barang-barang vintage. Meskipun tidak selalu dianjurkan untuk mengambil furnitur dari jalanan tanpa mengetahui siapa yang membuangnya atau tanpa meminta ijin, intinya adalah interior pilihan yang benar-benar unik datang dari mengumpulkan furnitur dan dekor dengan cara yang nonkonvensional. 


4. Permadani Merupakan Sesuatu yang Inovatif

Jika semuanya gagal, beralihlah ke permadani. Permadani merupakan salah satu penyelamat terbaik untuk kesalahan interior atau berubah menjadi sesuatu yang hambar. Jangan takut akan warna dan pola, pertimbangkan saja ukuran permadani Anda. Jika Anda sedang menyelesaikan sebuah ruang makan, contohnya, area permadani harus cukup luas untuk menutupi tempat dimana meja berada dengan perkiraan space satu kaki dari tembok ke ujung permadani. Di lain pihak, jika Anda memiliki sebuah kamar tidur dengan kualitas yang nyata, sebuah permadani dapat memberikan keajaiban. Permadani memiliki ukuran dan warna yang berbeda dan dapat dipesan secara online maupun secara langsung. Permadani merupakan contoh sempurna dari detail yang tranformatif untuk ruangan dengan biaya rendah. Tergantung dengan keindahan apa yang ingin Anda dapatkan di sebuah ruangan, apa yang sangat penting yaitu warna. Bahkan jika tembok Anda berwarna putih, mengetahui aksen dan palet apa yang Anda inginkan di sebuah space sangatlah penting untuk mengambil keputusan. Jika Anda tidak ingin sebuah permadani biru besar di ruang makan Anda, contohnya, maka buatlah keputusan lebih dini mengenai jenis permadani apa yang benar-benar Anda inginkan. 

Surabaya merupakan salah satu daerah paling utama untuk tinggal di Malaysia. Kesibukan kota metropolis yang dipenuhi dengan belanja dan restoran ini merupakan salah satu hal bagi penduduk asli maupun penduduk asing dambakan untuk memiliki atau menyewa properti. Bagaimanapun, apa yang Anda bayar untuk sewa tidak berarti setuju bahwa rumah kelihatan jelek. Dengan memilih aksen cerdas, dekor tegas, dan mengekpresikan kepribadian unik Anda dalam space Anda, Anda akan yakin untuk membuat sebuah rumah yang memiliki tampilan tersendiri yang akan Anda nikmati bertahun-tahun ke depan. 

Mungkin semua cewek pasti sepakat kalau rata-rata cowok adalah mahluk yang paling susah peka. Kalau sudah keluar kalimat kayak gini “Pikir aja sendiri” maka otak para cowok akan mengalami kontraksi cukup berat yang menyebabkan kerusakan di beberapa sel. Sudah tau nggak peka masih aja mau di pacarin sama cowok. Hih dasar cewek!

Buat kalian para cowok walau pun kadang susah memahami kode-kode cewek, karena kadang emang bahasa kode mereka lebih ribet dipahami dari pada bahasa Yunani kuno. Tapi kalian jangan sampai nggak tau kode atau ciri-ciri hubungan akan berakhir.

Sesuai dengan pengalaman dan curahan hati beberapa teman-teman, kali ini gue mau kasih tau ciri-ciri hubungan akan berakhir. Jangan sampai kalian yang sedang menjalani hubungan apa lagi yang baru pertama pacaran, nggak tau kalau lo dan dia akan mengalami fase paling menyakitkan, yaitu; perpisahan.

Ciri-ciri Hubungan Akan Berakhir

Contoh di bawah ini nggak mesti ciri-ciri hubungan akan berakhir yang harus di pahami buat para cowok, tapi juga berlaku buat cewek. Karena seperti yang kita tau, dunia ini sudah hampir kiamat, nggak sedikit cowok yang mulai bertingkah seperti bidadari.

Keluar Kalimat “Kita break dulu ya”

via www.vemale.com

Yang pertam harus kalian tau tentang ciri-ciri hubungan akan berakhir adalah ketika pasangan kalian meminta break. Secara etimologi orang yang meminta break atau pisah sementara waktu adalah salah satu ciri yang harus kalian waspadai.

Break atau pisah sementara waktu cenderung terjadi karena salah satu pihak ada yang mengalami fase bosan, bisa jadi karena hubungan yang monoton. Tapi menurut gue, bosan dalam hubungan yang berakhir perpisahan bukan jadi alasan untuk mempertahan kan sebuah hubungan. Bukan kah cinta harus saling menerima apa ada nya?

Kalau udah pasangan lo minta break mungkin lo bisa kasih, tapi sepakati dulu waktu untuk menjalani hari-hari tanpa dia sampai berapa lama. Jangan kasih waktu break satu tahun atau satu dasawarsa.

Sengaja Membuat Masalah Yang Nggak Penting

via doktercinta.info

Ciri selanjutnya hubungan akan berakhir adalah sengaja membuat masalah yang nggak penting. Mungkin sesekali nyari masalah wajar aja karena biasanya dia minta perhatian, berbeda kalau terlalu seringan.

Misalkan disebuah toko elektroni.

                “Sayang, tolong liatin dong harga tv led samsung aku mau liat mesin cuci dulu.” Kata si cewek meminta ke pacaranya.

                “Iya sayang, bentar ya.”

Setelah selesai melihat harga yang diminta cewek nya, si cowok nyamperin.

                “Sayang... tadi harga nya mulai dari dua jutaan sampai tujuh juta ke atas.”

               “HAH! APA!” si cewek kaget dengan ekspresi mata mau keluar “Kok mahal banget! Kamu tuh ya, nyari yang mahal-mahal harusnya cari yang paling murah biar hemat. Itu tv atau kucing anggora! Mahal banget, pensil alis aku aja nggak nyampe segitu harganya...”

Otak si cowok mulai mengalami kontraksi berat.

                “Kalau jadi cowok itu harus hemat dong, entar kamu gimana beli make up aku hah! Kamu mau aku keliatan jelek. Mau aku pakai spidol buat gambar alis aku?! MAU?!”

Nggak lama si cowok dijemput maha kuasa.

Melanggar Apa Yang Disepakati

via www.bintang.com

Yang terakhir gue nggak akan bahas panjang lebar, karena gue yakin banget kalian pasti tau dan bisa merasakannya sendiri. Dalam sebuah hubungan mau tidak mau suka tidak suka pasti akan ada sebuah perjanjian yang harus disepakati secara tersirat.

Mulai dari yang simpel kayak sepakat nggak akan mention dengan isi rayuan ke orang lain, sampai sepakat nggak akan berhubungan lagi sama mantan pacar. Oke yang nomer dua menurut gue paling menyedihkan. Ya, wajar sih, tapi coba lah dewasa, ini sama artinya kayak lo memaksakan seseorang buat memutus tali silaturahmi. Pasti ngerti dong hukum nya.

Intinya jangan pernah melakukan kesepakatan atau komitmen kalau pada akhirnya kalian tidak bisa menepati. Kasian orang-orang yang punya harapan besar. :’)

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Harusnya ketika merasa sudah tidak nyaman dan kata bertahan tidak bisa dilakukan lagi, maka membicarakan hubungan kalian berdua secara baik-baik adalah pilihan yang menurut gue paling tepat. Karena dalam segi bahasa, hubungan adalah kesinambungan interaksi antara dua orang.

Duh... sory ya, maklum mantan anak Komunikasi. :’v

Bukan kah yang menginginkan sebuah hubungan adalah kalian berdua? Jadi sebaiknya jangan ambil keputusan sendiri ya.

Ada banyak teman gue yang pada akhirnya menyesal setelah mengakhiri hubungan mereka secara sepihak, dengan alasan yang sebenarnya masih bisa dibicarakan lagi berdua dan tentunya harus dalam keadaan kepala yang dingin, karena kita sama-sama tau emosi nggak akan berakhir dengan baik.

Terkadang urusan kantor, kampus, rumah atau teman tongkorngan sedikit banyak pasti akan berdampak pada komunikasi hubungan kalian.

Pernahkan lo kesal gara-gara dosen di kampus, terus malah melimpahkan kekesalan itu ke orang yang kalian sayang? Gue berani jami pasti pernah.

Jangan sampai deh hal yang kayak gitu terjadi lagi, toh kalau emang kalian lagi kesal sama dosen di kampus bilang aja langsung ke dia, insya Allah pasangan yang baik pasti akan mengerti dan paham bagaimana kodisi kalian saat itu. Jangan sampai sebuah “komitmen” rusak hanya gara-gara miscommunication dia juga berhak tau masalah yang lo hadapi.

Lebih baik jujur dari pada membuat alasan konyol dan menyembunyikan masalah yang sebenarnya. Ingat ini; Dia yang sayang kamu pasti akan berfikir keras tentang hubungan yang berakhir dengan kejanggalan.

Karena kedewasaan sangat dibutuhkan dalam sebuah hubungan, biar lo dan dia bisa saling "menghargai" dan mengerti satu sama lain.

Satu hubungan yang diawali dengan baik juga harus diselesaikan dengan baik-baik.

Jadi... Hai, kamu apa kabar? :D

Gue yakin kalian pasti pernah liat meme yang isi nya cita-cita anak kecil dari berbagai negara. Mulai dari anak USA pengen mendarat di planet Mars, anak Jepang pengen buat robot, anak Korea bikin gadget, dan anak China ingin menguasai perdangangan dunia, sedangkan Indonesia? Cita-citanya pengen jadi PNS. Padahal ada banyak jenis pekerjaan masa depan yang harus dicoba.

Dan gue juga harus mengakui, kalau Mama gue juga pengen anak nya ini bisa kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Padahal jadi PNS tidak semudah yang dibayangkan, yang dicari 50 orang dan yang daftar bisa satu provinsi. Sebenarnya gue sendiri sampai sekarang masih nggak terlalu tau gue pengen kerja dimana pada akhirnya, ya walau pun profesi gue sekarang ini cukup bikin kedua orangtua bangga sebagai guru honor.

Nggak ada yang salah juga sih sama PNS, mungkin menurut gue karena orangtua kita-kita sekarang merasa kalau anak nya kerja PNS semuanya bakalan terjamin, kerjaannya jelas, upah sudah bisa dibilang cukup banget untuk bulanan, plus jenjang karir cukup baik. Apa lagi calon mertua kalau tau si calon menantu kerja udah jadi PNS atau pekrja tetap pasti kadang nggak terlalu pikir panjang, asal lo punya etika yang baik.

Karena sejatinya semua orangtua pasti pengen yang terbaik buat anaknya di masa depan.
Itu sudut pandang dari orangtua yang gue tau.

Kalau menurut gue sih, apapun jenis pekerjaan yang kita lakukan selama halal nggak pernah jadi masalah, tapi tetap aja, menurut gue hobi yang jadi pekerjaan itu lebih asik hehee. Siapa yang nggak mau senang-senang sambil dibayar, setuju?

Pekerjaan Masa Depan

Jadi kali ini gue mau share ke kalian soal pekerjaan unik di masa depan yang mungkin bisa jadi pilihan kalian. Pekerjaan unik di masa depan kali ini mungkin sudah menjadi kebiasaan lo pada sehari-hari dan tanpa disadari bisa menjadi salah satu pilihan pekeraan tetap kalian untuk masa depan. Tinggal bagai mana memulai dan mengarahkan.

Suka Berhayal dan Merangkai Kata, Content Writer Kerjaan Yang Asik

via pexels.com

Kalian yang membaca postingan ini sebagian juga seorang blogger bukan? Ada yang nulis memang mau kasih info dan juga tidak sedikit menulis curhat tentang kegelisahannya sehari-hari, mulai dari soal percintaan, sosial, sampai kenapa Pikacu susah ditangkep.

Nah... lo pada yang hobinya menulis bisa banget kok tulisan nya dibayar, menjadi seorang content writer kerjanya asik banget. Kalian nggak harus bagun pagi-pagi lalu dempetan di bus sama orang yang bau ketek buat pergi ke kantor, lalu ketemu teman sekantor yang mulutnya kayak ember bocor. Jadi content writer bisa kerja dimana saja, waktu tinggal atur sendiri asal jangan kelewat deadline, pakai sempak pun jadi tinggal nyalain laptop dan kurung diri di kamar. Dan tolong jangan sesekali lakukan itu di lapangan terbuka.

Soal upah? Semua tergantu dengan kualitas dan waktu yang sudah kalian habiskan dalam pekerjaan sebagai content writer. Kunci nya untuk menjadi seorang content writer yang oke punya, rajin membaca dan menulis. Saran klasik memang tapi cuman itu cara satu-satunya biar racikan kata kalian punya nilai jual yang pantas.


Hobi Traveling dan Menginap di Hotel? Coba Bekerja sebagai Hotel Sleep Tester

via chinadaily.com.cn

Sering traveling ke berbagai tempat pasti juga sering nginap diberbagai jenis hotel, mungkin pekerjaan Hotel sleep tester ini bisa jadi pilihan buat kalian. Pekerjaan yang satu ini memang tergolong sangat baru dan unik banget.

Kerjaannya nginep di hotel, terus review pelayanan dan fasilitas yang ada disana, semua disediakan gratis dan lo akan dibayar. Misalnya nih, lo dapat tugas buat review karma kandara dan harga nya di hotel tersebut. Lo tinggal ngerasain gimana selama semalam tidur disana, mulai dari menilai ada komodo atau nggak di kasur tempat lo tidur, kebersihan kamar mandi, sampai hal detail lainnya di hotel tersebut.

Nantinya hasil review lo akan dimasukkan ke dalam website. Biasanya pekerjaan Hotel sleep tester di bawah naungan website travel gitu. Waduh, sumpah ini pekerjaan masa depan unik banget dan yang pasti nggak perlu ke kantor. Yang terpenting dari pekerjaan ini lo harus detail dan pandai menilai.

Seharian Main Smartphone Berinteraksi Dengan Followers, Jadi Admin Social Media Boleh Juga

via pexels.com

Salah satu pekerjaan yang dulu sempat gue jalani. Pulang habis ngajar di sekolah santai depan tv, twrus main smartphone bisa sampai seharian, orangtua gue mengira anak nya sudah autis sama benda persegi ini, padahal dibalik itu gue lagi kerja.

Buat kalian yang hobi berinteraksi lewat social media semisal facebook dan twitter, jadi mimin disalah satu perusahaan patut kalian coba. Biasanya pekerjaan admin social media disebuah perusahaan atau vendor bukan cuman kasih info terupdate buat followers, menyapa di pagi hari dan menutup interaksi saat malam hari bisa jadi saah satu keharusan, membentuk personal conncetion dengan followers, bahkan juga harus melayani pertanyaan yang kadang nyeleneh, dan lain sebagainya.

Kadang pekerjaan sebagai admin social media walau terlihat mudah karena bisa kerja lewat smartphone aja, tapi ada banyak tantangan dan permasalahan juga yang harus dihadapi. Kadang kerjaan ini nggak bisa dilakukan semua orang, butuh passion dan yang pasti harus menyukainya biar terus aktif.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Beberapa contoh di atas hanya sebagian dari pekerjaan masa depan yang unik bisa gue share, sebenarnya ada banyak lagi pekerjaan unik yang bisa jadi pilihan dan ditimbang-timbang sesuai dengan hobi atau passion yang lo punya. Kalau lo tau pekerjaan unik masa depan lainnya tulis dikolom komentar ya.

Walau pun contoh pekerjaan yang gue kasih tau nggak harus pergi ke kantor dan bisa di kamar doang, tapi kalian tetap harus selalu ingat bersosial sama tetangga ya. Jangan sampai semisal pekerjaan yang kalian jalani di rumah aja tiba-tiba menimbulkan kecurigaan sama tetangga sebelah.

Kerjaan nya cuman di rumah tapi tau-tau bisa beli ferrari, ada kapal pesiar di atap rumah, David Beckham tiba-tiba jadi stapam di rumah lo. Yang ada malah dikira meliara tuyul satu desa.

Postingan kali ini khusus buat kalian yang hobi main futsal entah itu cowok atau cewek, bahkan yang setengah dewa. Permainan sepak bola mini ini di kota gue yang paling rame digandrungi para remaja ketimbang olahraga lainnya. Gue termasuk orang yang paling suka olahraga ini.

Dalam seminggu gue biasa main tiga kali dalam seminggu, berbeda tempat dan berbeda lawan. Sebenarnya gue pengen banget bisa main sepak bola. Oiya, beda ya antara futsal dan sepak bola. Paling gampang bedainnya, kalau sepak bola itu lapangan luas terus kalau futsal itu kecil aja. Tapi menurut gue sih futsal yang paling came mainnya walau lapangannya kecil.

Soalnya kalau main futsal lo wajib turun naik, harus bisa bertahan dan menyerang. Berbeda sama sepak bola dimana lo masih bisa agak santai sesuai dengan posisi di lapangan. Waktu masih SMP gue sempat ikut latihan sepak bola, posisi gue waktu itu sayap kanan krispi ngikuti jejak abang gue David Beckham. Oke, jangan pada muntaber.

Karena orang yang ngisi posisi sayap kiri lebih hebat dari gue, jadinya semua serangan diawali dari sebelah sana, sedangkan sayap kanan yang gue tempati jarang banget dapat bola. Akibatnya 2x45 menit bermain gue nggak terlalu capek dari teman-teman gue yang lain. Kasian memang.

Ingat Ini Sebelum Bermain Futsal


Oke, kembali ke futsal. Kali ini gue mau share soal hal yang kadang terlupakan sebelum bermain futsal, hal-hal yang akan gue bahas ini cukup penting tapi kadang suka terlupakan udah kayak kekasih yang nggak dianggap. Hiks.

Usahakan Pakai Bengkap

via www.soccer.com

Apa itu bengkap? Bengkap adalah alat pelindung tungkai bawah atau kaki bagian bawah atau tulang kecing kaki. Bengkap ini berfungsi penting untuk kaki kita saat di tekel lawan, agar meminimalisir cidera. Pemakaian bengkap ini kadang suka tidak dihirau kan saat bermain di lapangan, ya kalau pertandingan resmi sih pasti wajib makai, nanti di periksa.

Tapi kalau latihan biasa sesama teman atau sparing kadang nggak dipakai, ada yang beralasan karena ini cuman main biasa, ada juga yang beralasan karena ngerasa nggak ada yang merhatiin. Makanya pacaran sama wasit!

Kalau gue sendiri biasanya melihat kondisi lawan dulu, kalau main nya biasa aja gue nggak pakai bengkap. Tapi kalau liat lawan nya main kaya gladiator, gue bakalan bawa tameng dan bawa cambuk berapi.

Pemanasan

via jagofutsal.wordpress.com

Nah ini juga, p-e-m-a-n-a-s-a-n. Hal yang perlu diingat saat bermain futsal adalah pemanasan. Gue baru masang tali sepatu dan biasa melihat teman-teman gue udah langsung dilapangan nenda bola, padahal ini bahaya banget.

Gue sendiri pernah karena lama nggak main futsal dan terlalu bersemangat, pas masuk lapangan dan dapat bola langsung nenda bola sekuat tenaga. Akibatnya sedetik kemudian otot urat tiba-tiba jadi kencang dan nggak lama gue tergeletak di tengah lapangan. Belum apa-apa udah ditandu.

Pemanasan sebelum main futsal itu penting banget, nggak usah yang susah kaya lari sambil bawa rice cooker. Cukup lari kecil keliling lapangan sampai beberapa kali, lalu renggangkan otot kaki terutama sih pergelangan kaki diputer-puter gitu, dan jangan lupa bagian tubuh atas juga dikasih pemanasan kecil.

Nggak cuman pas mau deketin cewek, main futsal juga perlu pemanasan. #ApaIni

Ingat Tuhan

via bein sports

Yang ini sih jangan sampai lupa setiap saat. Nggak salah walau cuman olahraga seru-seruan tapi kita ingat Tuhan, berdo’a sebelum bermain minta biar habis olahraga makin sehat jangan sampai ada yang cidera.

Karena walau bagaimana pun olahraga itu biar badan kita makin bugar, yang mau olahraga buat nurunin berat badan cara menurunkan berat badan dengan bermain futsal bisa jadi pilihan yang tepat karena semua badan kita bergerak. Tapi ingat yang terakhir ini ya, selalu ingat Tuhan dan berdo’a apalagi kan sering tuh kalau main futsal kadang ada aja teman kita yang main kasar, kalau udah kayak gitu sih saran gue sabar aja.

Melawan musuh main futsal yang emosi itu gampang banget, asal tadi modalnya sabar dan berfikir tenang. Kalau gue sih ketemu musuh kayak gini seneng banget, sering-sering di kolongin aja hihi.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Mungkin itu aja yang bisa gue share soal hal yang perlu diingat sebelum bermain futsal yang penting tetap pada tujuan olahraga itu sendiri, main futsal buat sehat bukan nyakitin badan.

Punya hal lain yang perlu diingat sebelum bermain futsal versi kalian sendiri? Share di kolom komentar ya biar manfaat buat pembaca lain.

Nggak sedikit gue punya teman yang lama menghabiskan waktunya untuk sendir tanpa ada seorang pasangan mendampingi. Biasanya orang-orang seperti ini punya alasan tersendiri kenapa memilih untuk sendiri. Ada yang beralasan masih memantaskan diri, ada yang beralasan belum move on, dan ada yang beralasan masih menikmati waktu untuk sendiri.

Tidak ada yang salah sebenarnya dengan kesendirian, hanya saja gue melihatnya sebagai sesuatu yang tidak sempurna. Karena sejatinya kita ditakdirkan untuk berpasang-pasangan, bahkan sendal yang fungsinya untuk  diinjak-injak pun punya alasan kenapa mereka diciptakan berpasangan.

Apa lagi terlalu lama sendiri di usia hampir kepala tiga, menurut gue usia kayak gini udah harus disegerakan. Kalau kalian punya teman kayak gini bantu dia mencari jodoh deh, nggak salah kok bantuin teman yang udah hati nya karatan buat nyari pasangan hidup. Dari pada dia main sama gundam terus. #Eh

Kenapa memilih untuk sendiri?


Postingan kali ini gue mau bahas alasan orang memilih untuk sendiri dalam hidupnya, yang menurut gue paling tepat dari pada alasan-alasan di atas.

Masih Asik Sama Teman

via pexels.com

Melepaskan kesendirian bersama teman atau sahabat tentu menjadi pelepas lara paling tepat, tapi kalian juga harus sadar diri. Teman atau sahabat juga punya tujuan hidup sendiri, kayak punya usaha sendiri yang harus di capai, kuliah ke luar negeri, atau hanya sekedar mimpi punya hunian sendiri di Penjualan Perumahan Murah kan buat masa depan juga. kalian nggak mungkin bisa barengan terus kayak jaman sekolah. Sama kayak gue dan sahabat gue si Icha.

Makin usia kami bertambah gue jadi makin males ngurusin urusan Icha, bukan gue nggak peduli lagi sama sahabat gue itu, hanya saja gue ngerasa kita sudah sama-sama dewasa. Sudah bisa memikirkan yang mana terbaik untuk diri sendiri, sudah bisa memilih sendiri keputusan mana yang harus diambil.
Orang-orang yang terbiasa asik sama teman biasanya lupa sama tujuan hidupnya, apa lagi kalau sudah terlalu sering nongkorong bareng tanpa ada tujuan yang jelas, dan biasanya orang-orang seperti ini agak sulit untuk melakukan pendekatan kepada orang baru, karena dia terbiasa dengan teman-temanya doang.

Pada akhirnya orang yang masih asik sama teman terlalu lama, akan lupa bagaimana caranya untuk memulai dengan yang baru.

Belum Ketemu Orang Yang Tepat

via pexels.com

Alasan ini sering banget dipakai untuk orang-orang yang memilih untuk sendiri, ya nggak salah sih. Menyatukan dua kepala yang berbeda pasti sulit banget, apa lagi kalau hubungan itu dipaksakan akhirnya hanya akan membuang-buang waktu. Semua orang punya kriteria masing-masing dalam memilih pasangan hidup, namun terlalu memilih juga nggak baik.

Pengen punya pasangan yang sempurna kayak pangeran di negeri dongeng? Pengen punya cewek cantik kayak Barbie dan tutur katanya selembut Aisya? Mungkin ada, tapi dua berbanding sepuluh. Bayangkan aja ada sejuta cowok juga yang pengen punya cewek kayak gitu, mungkin lo salah satu yang beruntung, tapi bisa jadi bagian dari yang gagal mendapatkan pasangan idaman.

Gue selama empat tahun pernah sendiri setelah hubungan yang gagal karena penghianatan, saat itu gue bukanya nggak mau cari orang yang baru. Maaf sebelumnya, di SMK walau gue dikenal sebagai orang yang asing karena jarang ngomong sama teman sekelas sendiri, banyak kok yang suka mulai dari menyatakan terus terang sampai yang diam-diam, tapi gue nya yang nggak mau mencoba padahal bisa jadi diantara mereka ada yang cocok dengan gue, cuman gue nya aja yang “terlalu” memilih.

Untuk kalian yang belum ketemu orang yang tepat, cobalah buka hati sebelum waktu kalian habis untuk sendiri.

Trauma

via pexels.com

Ini yang paling parah. Kalian pernah menjalin hubungan yang sangat indah, tidak pernah ada pertengkaran apa lagi sampai meneteskan air mata, kedua orang kalian sudah sama tau dengan hubungan kalian, semua masalah bisa terselesaikan dengan baik, sehingga merasa terlalu nyaman dengan pasangan kalian dan rasa percaya bisa kalian berikan sepenuhnya kepada dia. Bukan hanya kepercayaan dari segi hubungan, bahkan kalian sudah mempercayakan masa depan kepada orang itu. Pernah?

Di saat lagi sayang-sayangnya, dia malah ninggalin dengan alasan yang aneh dan nggak masuk akal, padahal dia pernah bilang “Aku nggak akan ninggalin kamu. Kita sama-sama terus ya.” hati siapa yang nggak tersentuk kalau mendengarkan kalian tersebut dari orang yang paling di sayang. Tapi “pergi” tetap akan terasa sakit.

Parah memang, kalau kalian punya teman kayak gini biasanya bakalan susah banget untuk membujuk dia mencoba lagi satu hubungan dengan orang baru. Dan biasanya alasan orang memilih untuk sendiri kayak gini nggak bakalan bilang secara langsung kalau dia sedang trauma, biasanya alasan “gue masih mau sendiri”.

Pada akhirnya kepergian membuat orang merubah pandangannya terhadap cinta.


Oke mungkin itu aja yang bisa gue share soal alasan orang memilih untuk sendiri. Kalian yang baca ini ada yang masih sendiri sampai sekarang? Atau kalian yang sudah berhasil melepaskan kesendirian yang lama boleh dong kasih saran di kolom komentar. Saling bantu hayuk.

Hari ini tadi kakak sepupu gue si Zantang akhirnya meminang pacarnya, setelah kurang lebih empat tahun pacaran. Gue yang bangun kesiangan langsung buru-buru berangkat setelah telepon dari Mama. Demi ke kondangan kakak sepupu tercinta gue ini, gue rela mengorbankan jatah tidur sampai sore.

Sesampai disana sudah ada kakak sepupu gue Andri bersama istrinya. Setelah gue selesai makan nggak lupa kami foto bareng pengantin baru, ihiy! Gue dan Andri foto bareng pengantin baru, sedangkan istrinya di tinggal haha. Baru aja mau salaman tiba-tiba Mama datang.

                “Eh tunggu. Adit, temenin Mama foto.”

Aura-aura nggak enak udah berasa disini. Saat selesai foto, gue akhirnya salaman sama Zantang lalu lanjut salaman sama istrinya, gue yang awalanya memang belum pernah ngobrol sama istri Zantang hari itu dia pertama kalinya bicara ke gue dan bilang.

                “Tadi mama kamu bisikin minta do’a biar kamu cepet nyusul hehee.”

Kan, apa gue bilang...

Oke, cerita absurd di atas cuman pembuka. Sebenarnya gak ada hubungannya sama apa yang pengen gue bahas, biar artikelnya banyak kalimat aja, sih.

Jadi gue dapat email lagi, email yang isi nya curhat, lagi. Tapi pertanyaan dari email ini jelas berbeda dari sebelumnya, makanya gue tulis di blog ini. Email curhat kali ini dari seseorang yang nggak mau nama atau email nya di tulis di blog ini. Isi email nya kayak gini:

Hai dit, aku salah satu pembaca blog kamu cukup lama. Tulisan kamu lumayan keren tapi bukan itu intinya, aku cuman mau curhat tentang masalah yang aku hadapi sekarang dan aku minta solusinya dari kamu.
Aku baru aja putus dari pacar aku tiga minggu, dia ninggalin aku karena dia nemu orang lain, padahal kami sudah jadian tiga tahun. Aku sayang banget sama dia dan aku percaya kalau dia nggak bakalan ninggalin aku. Tapi akhirnya dia pergi dengan alasan bosan dengan hubungan kami yang kayak gini-gini aja.
Disini aku mau tanya gimana caranya ngehindarin rasa galau aku ke dia, aku bingung harus gimana karena dia adalah pacar pertama aku. Kamu bayangin aja hubungan tiga tahun bukan perkara yang mudah menyatukan dua kepala yang berbeda. Belum lagi banyak moment atau hal yang sudah terbiasa aku rasain sama dia, tapi sekarang semuanya sudah beda.

Oke, dari seseorang yang nggak mau nama atau emailnya ditulis terimakasih sudah percaya membagi kisahnya dan minta solusi ke gue. Mungkin andai kalian bisa bertahan satu tahun lagi, bisa aja nikah kayak kakak sepupu gue.

Bagai mana cara menghindari rasa galau saat awal putus?


Buat lo yang ngirim email, gue bakalan bantu jawab permasalah lo. Tapi gue cuman bisa ngasih tau berdasarkan apa yang gue lakukan, buat kalian yang baca ini dan mau kasih solusi buat si pengirim email langsung tulis di kolom komentar ye.

Hindari Lagu Membuat Lo Ingat Dia

black-and-white, person, woman
via pexels.com

Selain benda mati menurut gue musik juga akan membawa kita ingat akan seseorang. Nggak masalah kalau musik nya bikin kita happy kalau bikin gagal move on gimana? Salah satu hal yang gue lakukan saat cinta kandas di tengah jalan adalah menghapus play list yang membuat gue jadi ingat sama mantan.

Mendingan putar lagu hits yang bikin hari-hari lo jadi tambah semangat. Karena jujur aja nih, musik bisa membuat mood seseorang berubah dengan cepat tanpa disadari, gue aja kalau biasa nulis soal ulangan kalau sambil denger lagu kesukaan mantan bisa jadi kacau.

Soal:
Shortcut CTRL + Z berfungsi untuk ...
a. Kembali ke masa lalu
b. Balikan sama mantan
c. Rindu mantan
d. Aku masih sayang kamu


Jadi buat lo gue harap jangan putar lagu-lagu melankolis ya, cari lagu yang lebih semangat, atau lo bisa juga muter lagu SKJ biar sambil olahraga.

Jangan Main Sosial Media

Man in White Shirt Using Macbook Pro
via pexels.com

Salah satu penyebab orang susah move on adalah sering stalking mantannya di sosial media, apa lagi kalau si mantan sudah sama orang baru dan ngeupload foto mesra mereka. BOOM! Pasti udah nggak berbentuk lagi tuh hati.

MAMPUS LO! MAMPUS!!!

Kalau lo bisa sih, saran gue jangan main sosmed dulu. Tunggu sampai hati lo benar-benar sembuh, karena gue yakin banget 101% orang yang baru putus sama pacar nya sudah bisa di pastikan tetap akan membuka sosmed matanya, walaupun dia udah ngaku sudah bisa move on. Karena rasa penasaran kadang bisa mengalahkan dusta.

Yang terpenting adalah JANGAN PERNAH BLOK PERTEMANAN KAMU SAMA MANTAN DI SOSMED. Karena jujur itu menurut gue “lucu” banget! Apa lagi kalau putusnya udah cukup lama dan kalian masih kayak orang asing yang nggak saling kenal, sumpah ini lebih "lucu" lagi.

Segelas Cofe Bukan Teman Yang Baik Saat Patah Hati

hands, coffee, cup
via pexels.com

Cukup perasaan lo aja yang terasa pahit jangan bawa-bawa indra widjaya pengecap lagi. Orang yang baru saja mengalami putus cinta itu nggak beda jauh sama orang yang lagi sakit, apa aja pasti terasa pahit. Jadi saran gue jangan ditambah lagi dengan lo minum kopi hitam di sebuah cafe, apa lagi disana banyak orang pacaran, yang ada entar lo malah kesurupan.

Meratapi hati yang sudah terkubur nggak harus minum yang pahit juga dan menurut gue nggak musti harus pergi ke cafe. Lo bisa bikin sendiri minuman yang enak dari bahan sederhana kayak teh, tinggal cari di mbah Google resep minuman dari teh. Pasti banyak banget cara untuk menyajigan segelas teh dengan rasa yang unik.

Nggak mesti awal putus aja sih buat nikmatin teh. Setiap sore biasanya gue suka bikin mint tea ala ala gue sendiri, duduk di atap rumah sambil mandangin langit jingga, beuhh... sumpah nikmat banget. Coba deh minum teh hangat di atas genteng pas sore-sore. Dan pastikan genteng kalian masih kuat, cukup hati kalian yang sudah rapuh, genteng jangan sampai juga.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Ketika awal putus ini sih yang gue lakukan. Jadi buat lo yang ngirim email, santai aja semua pasti berlalu hidup terlalu singkat kalau lo mikirin dia terus-terusan, lagian nggak ada jaminan kalau dia juga mikirin lo kan?

Karena hati yang patah butuh waktu untuk sembuh.

Masih ingat tulisan tentang Kenapa Harus Move on ? Ketika membaca poin tentang Ada Teman Yang Menunggu Untuk Gila-gilaan gue jadi ingat pengalaman kemping pertama gue ke alam bebas. Saat itu bulan November 2014 untuk pertama kalinya gue pergi ke Bukit Batu salah satu tempat wisata alam bebas di Riam Kanan Banjarbaru. Gue pergi bersama teman baru dan bersama hati yang sedang dipulihkan.

Sebagai orang yang bergolongan darah A persiapan gue untuk kemping pertama ini udah kayak orang mau pindahan rumah, padahal gue tau kami cuman semalam di tempat ini tapi barang yang gue siapkan udah kayak mau pergi buat satu minggu. Sampai-sampai gue bawa P3K di dalam tas, jaga-jaga kali aja ada yang terluka karena digigit beruang.

Singkat cerita saat tengah malam tiba, kami yang saat itu berjumlah empat belas orang. Empat diantaranya adalah cewek mereka tidur di dalam tenda, sedangkan tiga orang cowok lainnya juga udah tidur dan sisa kami bertujuh. Gue dan teman-teman yang masih belum tidur saat itu rebahan di samping api unggung. Hembusan angin yang super dingin membuat kami terpaksa harus dekat-dekat dengan api unggun.

Walau udara yang terlalu dingin tetapi gue sangat menikmati pemandangan langit malam itu, ya iyalah untuk pertama kalianya gue benar-benar melihat milky way (kumpulan jutaan bintang) yang tepat berada di depan pandangan gue. Saat itu juga gue merasa kayak benar-benar menikmati hidup, nggak ada email yang masuk, nggak ada suara motor, nggak ada satu pun teman gue yang asik main HP sendiri. Dan yang paling menyenangkan gue bisa mendengarkan kejujuran-kejujuran dari semua teman gue malam itu. Ya, kami curhat haha.

Tebak gue yang mana.

Malam itu gue juga ikut-ikutan curhat tentang apa yang sedang gue alami, saat itu gue mengira gue lah orang yang paling patah hati namun setelah gue mendengar cerita dari salah satu teman, gue jadi sadar.

Terkadang kita suka mengeluh kita lah yang paling patah, tapi sebenarnya ada orang yang jauh lebih sakit dari apa yang sedang kita alami.

Hal pertama yang biasa dilakukan orang ketika patah hati adalah mengeluh. Ya, itu bukan hal yang salah tapi kita juga harus tau bahwa ada skenario Tuhan yang indah menunggu kita. Dari patah hati yang gue alami beberapa tahun lalu membawa gue untuk mengenal teman baru, membawa gue kemping ke alam bebas pertama kalinya, dan yang paling penting setelahnya gue jadi tau harus apa setelah hubungan gagal.

Hmm... Jadi dipostingan kali ini, gue akan menuliskan beberapa tempat wisata yang akan gue kunjungi, gue menamakanya Tempat Untuk Kabur Dari Patah Hati versi gue sendiri yang insya Allah akan gue datangi haha.


PULAU SAMBER GELAP

via www.indonesia-tourism.com

Oke mungkin kalau dari nama kelihatan cukup seram, tapi kalau kalian sudah liat tempatnya mungkin kalian nggak bakalan pengen pulang. Pulau Samber Gelap adalah satu pulang yang berada di Kota Baru, pulau ini masih berada di Kalimantan Selatan tapi kalau pergi nya dari Banjarmasin bisa memakan waktu seharian untuk sampai ke Kota Baru.

Nah, nanti dari Kota Baru naik speedboat lagi kira-kira memakan waktu sekitar 2 atau 3 jam perjalanan laut, tergantu cuaca. Walau perjalannya sangat lama tapi pasti terbayarkan oleh pemandangan laut yang keren abis. Di Samber Gelap selain pemandangan laut yang nauzubillah bagusnya juga terdapat penangkaran penyu, spot-spot untuk diving yang memanjakan mata, terus masih banyak lagi deh pokoknya.


TELAGA WARNA

via indonesiana.merahputih.com

Salah satu alasan untuk pergi traveling selain mendatangi tempat baru adalah mencari ketenangan. Selanjutnya pilihan tempat yang pengen banget gue datangi adalah Telaga Warna yang merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata alam yang tersedia di Bogor.

Nggak makan waktu lama untuk sampai ke tempat ini, dari kota Bogor cukup memakan waktu sekitar empat puluh lima menit saja. Danau Telaga Warna ini bisa berubah-ubah warna sesuai dengan kondisi alamnya, waduh-waduh unik banget. Kalau mau ke Bogor dan tinggal di hotel kalian jangan takut mahal karena di Bogor ada banyak promo hotel di puncak yang dapat kalian pilih sesuai dengan budget.


DANAU LAMBUAN CERMIN

via www.instagaram.com/mataangin_

Ini yang paling bikin gue penasaran. Danau Labuan Cermin, gue pertama kali melihat foto nya di instagram teman gue si Anjas. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Kalau mau kesini akan menempuh perjalanan seitar enam sampai tujuh jam dari ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Di Danau Labuan Cermin mata kita akan dihiasi pemandangan air danau yang sangat cantik berwarna biru kehijauan. Danau yang luasnya lebih dari lapangan bola ini ternyata punya keunikan juga loh kayak Telaga Warna, yaitu kandungan air di dalamnya dimana air tawar dan air laut berdampingan. Jadi kalau ngerasain permukaan atas nya air di Dauani Labuan Cermin ini akan berasa tawar dan kalau kita ngerasain di dalamnya akan terasa asin. Subhanallah...

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Untuk sementara ada tiga Tempat Untuk Kabur Dari Patah Hati yang pengen banget gue datangi. Semoga salah satu diantara ketiganya bisa gue datangi tahun ini. Aamiin ya Allah.

Ini hanya bagian dari rencana dari gue sisa nya Tuhan yang menentukan apakah gue diizinkan atau tidak untuk pergi kesana. Karena walau seperti apapun gue berusaha tapi Tuhan tidak mengizinkan gue tetap gak bisa apa-apa.

Sama kayak menjalani hubungan yang gagal padahal sudah berjuang mati-matian sampai menyiapkan masa depan.

Meratapi rencana yang hancur? Boleh saja, tapi jangan terlalu lama. Ingat ini; alam Indonesia menunggu mu untuk menyembuhkan hati yang patah. Patah hati membawa gue untuk pergi keping pertama kali dan dari keping pertama itu, gue jadi lumayan sering pergi ke beberapa tempat menarik, dan dari sana gue jadi pengen banget mendatangi beberapa tempat baru yang keren lainnya di Indonesia ini.
Ketika patah hati datanglah kepada; Tuhan dan bersahabat dengan alam. Bukan ke mantan.