Gue yakin banget kalian yang baca ini sebagian besar pasti punya sepatu Converse, bukan? sepatu yang satu ini emang nggak pernah ada matinya. Seri yang paling populer adalah Converse Chuck Taylor All Star. Gue sendiri punya dua, warna biru dan navy.

Bagi gue converse ini udah kayak celana jeans, makin buluk makin nyaman dipakai dan terlihat makin keren. Sudah seratus tahun lebih Converse All Star diporduksi bahkan modelnya hampir gitu-gitu aja, nggak banyak perubahan pada sepatu ini.

Bahkan perusahaan Converse yang sudah dibeli Nike pada tahun 2003 tidak mengalami perubahan desain yang banyak pada Chuck Taylor All Starr II, masih mempertahankan DNA aslinya. Salah satu ciri khas sepatu converse ini adalah dua lubang yang terdapat di samping sisi kaki.

Nah, pernah nggak kalian berfikir apa sebenarnya fungsi dua lubang tersebut?


Kalau dilihat-lihat bentuknya sama saja kayak lubang buat masukin tali sepatu. Gue sempat mikir fungsinya adalah buat sirkulasi udara, biar para pengguna converse kaki nya nggak bau-bau banget. Eh, tapi ternyata setelah gue telusuri, dua lubang tersebut ada fungsi sebenarnya loh.

Ternyata dua lubang tersebut, gara-gara altel Basket. Sejarahnya sepatu converse diciptakan untuk para altel Basket pada abad 18, modelnya dari tahun ke tahun memang gitu-gitu aja. Kayak aku yang selalu kangen kamuhhh... Plis, jangan close blog gue.

Tahun 1917 sepatu ini menjadi sepatu basket terlaris sepanjang masa, bahkan mungkin menurut gue sampai sekarang sih. Hubungannya dengan dua lubang tersebut adalah, ternyata para atlit sering mengeluh tali sepatu converse sering lepas. Nah, di sini lah dua lubang tersebut berfungsi: Buat memasukan tali sepatu.

https://1.bp.blogspot.com/-tLasLwVCWHE/V6qw5ifA_GI/AAAAAAAAB5s/on7uDWeBaYU96R3LTtYKoyyeIqaPaHeWgCLcB/s1600/indonesia_raja.jpg

Dengan menambah ikatan lagi pada dua lubang tersebut, tali sepatu menjadi lebih kuat dan tidak mudah terlepas. Tapi tetap, dua lubang tersebut ternyata juga berfungsi untuk sirkulasii udara agar converse ini tetap nyaman di gunakan.

Udah pada tahu kan fungsi utamanya? Walau terbilang info nya simpel banget, tapi gue yakin masih banyak orang yang gaya-gayaan makai converse tapi nggak tau apa fungsi sebenarnya dua lubang pada sepatu tersebut.

Gue paling sering makai converse All Star ini pas lagi ngampus dan pergi ngetrip. Yoi, ngetrip! Mungkin karena nyaman dan lumayan ringan dipakai, jadi gue suka bawa ke bukit atau ke jalan yang sesat treknya cukup menantang. Kalau mau nyari sepatu Converse bisa klik ini: Converse Indonesia.

Kalian sendiri yang punya converse sering dipakai kemana? Punya banyak nggak? Kalau punya kasih gue ya hahaa. Jangan lupa di share artikel ini ye, biar teman-teman kalian pada tau.
 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilan uang dari sebuah blog yang gratis. Dimulai dari  Google Ads yang paling terkenal, artikel placement yang belakangan lagi rame banget, atau yang nggak pernah mati sampai sekarang yaitu bisnis onlie.

Kali ini gue mau kasih tau ke kalian tentang wadah untuk bisnis online yang minim modal tapi kalian udah bisa memilih sendiri prodak apa yang ingin kalian jual. Bahasa keren nya jadi reseller. Yuk kenalan dulu sama Kudo.

Apa itu Kudo?


KUDO (Kios Untuk Dagang Online) adalah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan teknologi, sebuah platform yang memberikan peluang kepada seluruh rakyat Indonesia untuk memiliki peluang usaha dengan menjadi reseller jutaan produk dari berbagai merchant ternama dengan sangat mudah.

Jadi di Kudo kalian bisa memilih item apa saja yang ingin dijual pada lapak kalian, tersedia kurang lebih dua juta barang yang bisa kalian jual. Mulai dari barang elektronik, barang fashion, tiket, peralatan rumah tangga, dan banyak lagi.

Nanti disetiap barang yang sudah kalian jual, kalian akan mendapatkan komisi yang di transfer langsung ke atm kalian, bahkan kalian bisa mendapatkan bonus-bonus lainnya dari Kudo. Uhh... keren, keren.

Bagaimana daftar jadi agen Kudo?


Simpel banget, kalian cukup buka www.kudo.co.id dan mengisi data diri dengan lengkap untuk menjadi agen Kudo. Lalu jangan lupa download dan instal aplikasi Kudo yang tersediah pada Playstore. Agar bisa menjual dagangan kalian tersebut.

Langkah terakhir, kalian tinggal isi saldo Rp 10.000 untuk memulai dagangan kalian dan memilih prodak yang diinginkan. Nggak mahal banget kan untuk memulai sebuah bisnis online? Bahkan kalian nggak beresiko kalau dagangan nggak laku, toh kalian nggak beli dulu barangnya untuk dijual. Dan yang pasti Kudo sangat aman untuk kalian yang ingin memulai bisnis online.

Kalau sudah beres proses pendaftaran dan memilih barang, tinggal dipromosiin aja. Saran gue, coba tawarin orang-orang terdekat kalian terlebih dulu. Misalkannya nih, kalian yang sedang kuliah bisa tawarin tas ransel, sepatu, atau brand fashion yang cocok untuk digunakan saat anak kampus sekarang.

Dan jangan lupa untuk pintar-pintar membaca kondisi di sekitar kalian, kira-kira cocok nya jualan apa?

Gunakan smartphone yang kalian punya untuk hal yang lebih bermanfaat, contohnya kayak bisnis online ini, jangan cuman pakai smartphone buat stalking pacar orang. Uhuk~ Ada yang punya tips jualan online? Boleh share di kolom komentar biar pembaca yang lain dapat manfaat juga ya.

Salam Galau! #Halah

Hal lain yang gue lakukan untuk sekedar memanjakan diri sendiri, selain memberikan me time diakhir pekan, biasanya ada satu hal lagi. Yaitu belanja, nggak cuman cewek, cowok juga seneng belanja loh, hanya saja antara belanjanya cewek dan cowok jelas berbeda. Cewek lebih ribet dan banyak mau nya.

*kaburrr*

Biasanya sih belanjanya cowok nggak ribet. Gue sendiri tiap satu atau dua bulan, ada satu barang yang dibeli, sekedar untuk menyenangkan hati biar gue tambah semangat lagi kerja. Nggak usah yang mahal cukup kaya beli satu novel atau sepatu baru aja sudah lebih dari cukup.

4 Tips Aman Belanja Online


Saking nggak pengen ribet nya cowok kalau belanja kadang lebih memilih belanja di toko online. Tinggal duduk manis di depan laptop yang udah konek wifi – buka browser – cari barang di salah satu website – bayar – tunggu barang datang ke rumah. Simpel.

Nggak takut diboongin? Kan belanja online cukup bahaya, dit?

Ya nggak lah, gue punya trik sendiri biar nggak rugi atau kalau suatu saat barang yang gue beli nggak sesuai sama apa yang gue mau, gue tetap bisa minta ganti.

Khusus dipostingan kali ini gue akan kasih tau ke kalian 4 Tips Aman Belanja Online yang wajib banget kalian ikuti, apa lagi yang belum pernah belanja online dan mau coba-coba. Udah jangan takut, baca dulu nih ye sampai habis.

Pastikan Bukan Online Shop Abal-Abalan

via bmag.com.au

Ada banyak sekali online shop mulai dari yang jualan via website yang di desain sedemikian rupa agar memudahkan calon pembelinya, sampai memanfaatkan sosial media. Kayak yang lagi rame sekarang ini, jualan di instagram. Banyak pilihan jangan sampai bikin lo bingung untuk memilih yang mana, pastiin online shop yang lo pilih punya nama yang emang terkenal atau minimal banget untuk online shop yang kecil, lo kenal siapa penjualnnya.

Cara paling mudah untuk memastikan online shop tersebut bisa dipercaya selain dia emang punya nama besar adalah dengan mengecek alamat toko nya, walau online shop mereka pasti akan punya kantor offline nya juga. Bisa juga dengan mengecek info kontak nya dan mereka punya semuanya, kalau kurang lengkap dan saat berkomunikasi agak janggal, susah kalian pahami bahasanya, maka berhati-hati lah. Bisa jadi mereka dari dimensi lain.

Detail Produk Wajib Diperhatikan


via businesstoday.in


Nggak sedikit orang yang suka komplain sama barang yang sudah mereka terima saat belanja online, hal kayak gini kadang bukan salah dipenjualnya, tapi kadang juga bisa salah si pembeli. Karena liat barang bagus di foto doang terus lupa membaca detail produk, pas barang datang, eh marah-marah di akun sosmed official nya, kan konyol.

Jangan malas deh buat baca detail produk terlebih dahulu sebelum membeli, biar nantinya nggak merasa sakit hati sendiri pas liat tampilan barang yang oke punya di foto. Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan bagaimana situs tersebut bisa menjaga data pribadi lo. Pastikan juga kalian benar-benar membaca syarat & ketentuan sebuah toko online. Ada online shop yang menyediakan jasa pengembalian barang secara gratis apa bila barang tidak sesuai dengan pesanan dan ada pula yang tidak memiliki layanan tersebut.

Ada Kualitas = Ada Harga

via pesona.co.id

Pengen barang yang bagus tapi harga murah? Gue akan kasih tau jawabannya “NGGAK ADA”. Ada kualitas tentu juga ada harga, broh. Jangan harap kalian akan mendapatkan barang dengan harga miring di toko online yang memang terpercaya. Kalian punya alasan dong kenapa belanja online disana?

Tapi jangan bersedih hati, kalian tetap akan bisa mendapatkan potongan harga kok kalau mau, gini caranya...

Lo bisa gabung sebagai member baru di website tersebut, biasanya mereka akan memberikan potongan harga yang lumayan banyak. Bukan cuman itu, tips lain agar dapat diskon juga bisa kalian lakukan dengan cara jadi pengikut mereka di akun official facebook atau twitter. Jagan segan untuk mengikuti info terbaru mereka di sosial media, biasanya akan ada diskon 50% atau night sale dadakan yang diberikan. Kan lumayan bisa hebat.

Pembayaran Yang Mudah dan Aman

via want.nl

4 Tips Aman Belanja Online yang terakhir ini adalah soal pembayaran, pastikan setelah selesai memilih barang dan akan melakukan pembayaran lo mendapatkan pelayanan untuk membayar barang yang mudah dan aman. Beberapa online shop besar di Indonesia sudah menyediakan jasa Cash on Delivery (COD) dimana pembeli bisa membayar secara langsung saat barang diantar ke rumah lewat kurirnya. Sistem pembayaran kayak gini tentu nggak beresiko besar, kalau-kalau suatu saat barang tak kunjung datang.

Namun apa bila di daerah tempat lo tinggal belum dapat pelayanan COD, pilih aja jenis alat pembayaran non tunai. Yang penting sih, menurut gue jangan sampai ada pembayaran setengah harga barang (DP). Hal kayak gini patut kalian curigai, apa lagi kalau kalian baru pertama belanja disana.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Gue cukup sering melakukan transaksi secara online dan Alhamdulillah nggak pernah ketipu atau kecewa sama barang yang sudah datang. Ya, karena gue emang detail memperhatikan semuanya sebelum memastikan membeli barang tersebut. Gue akan baca bahan dan ukuran yang tersedia.
Apa lagi kalau beli sepatu, jangan sampai salah ukuran deh hhe.

Gimana, gimana... tips yang sudah gue kasih, kira-kira oke aja gak? Kalau kalian punya pengalaman soal belanja online dan punya tips sendiri boleh dong share di kolom komentar, biar yang lain dapat pencerahan dari kalian juga.

Hampir setahun lebih gue sempat jadi mimin. Emm... Maksudnya, gue sempat jadi admin sosmed disalah satu akun informasi seputar kota gue; Banjarmasin. Salah satu pekerjaan yang menurut gue sangat asik digeluti.

Waktu kerja gue 24 jam sih, tapi fleksibel dan cukup menyenangkan. Hal positif nya dari kerjaan unik ini, gue bisa dapat info lebih cepat dari orang kebanyakan, bahkan bisa tau event-event apa saja yang akan berlangsung di kota sendiri. Tapi nggak melulu menyenangkan terus.

Gue juga cukup sering terima komentar dari follower’s yang kurang nyaman, kayak misalnya terlalu sering iklan dan jarang kasih info ke mereka. Dari manis dan pahit nya jadi mimin, kali ini gue mau sedikit berbagi soal 4 Kesalah Yang Harus Dihindari Admin Sosmed.

Siapa tau diantara kalian ada yang berminat kerja freelancer jadi admin sosial media.

Tidak Ada Komunikasi Dengan Follower’s

via mangoesworld.com

Hal sepel kayak gini harus dihindari. Jadi admin di Sosmed kudu banget jaga komunikasi sama follower’s jangan sampai mereka nanti mengira mimin nya sombong dan mereka nge’unfollow akun yang sedang kalian pegang.

Interaksi yang berlangsung lewat sosial media nggak jauh beda kayak kita ngobrol sama teman secara langsung. Dan hal yang perlu banget diingat dalam menjawab pertanyaan atau komentar para follower’s adalah jangan sampai kebawa emosi.

Karena kita nggak akan pernah tau respon atau hal apa yang akan dikasih follower’s ke kita, semisal kita memberikan informasi ke pada mereka atau menjual sebuah prodak. Kalau dapat respon yang kurang bagus solusinya ada dua.

Pertama balas dengan tanggapan yang santai dan nggak bikin follower’s yang lain jadi ilfil. Atau cara kedua paling aman, nggak usah di tanggepin.

Penggunaan Hashtag Yang Tidak Tepat

via jeffbullas.com

Hashtag walau sepel tapi dia punya pengaruh cukup besar dalam sebuah pencarian. Jadi dengan penggunaan hashtag yang tepat dan nggak asal-asalan, sesuatu yang kita posting jadi lebih mudah ditemukan oleh orang.

Sebagai contoh kasus kita akan menjual sebuah mobil, cara menggunakan hashtag yang tepat sebenarnya nggak terlalu susah. Dengan hanya memposisikan diri kita sebagai orang yang mencari mobil tersebut.

Contoh dijual mobil baru dari kata itu bisa dibikin hashtag semisal #dijualmobilbaru #jualmobilbaru #jualmobil #mobilbaru #carimobilbaru dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu contoh Cara gampang menentukan hashtag yang tepat. Selamat mencoba!

Jangan Cuman Jual Iklan

via socialmediatoday.com

Ya... mungkin kalau kalian jadi admin online shop hal ini tidak masalah, sih. Karena emang harus menjual sebuah prodak dan kalian juga mempunyai followe’s yang memang butuh jualan kalian. Tapi nih menurut gue harus tetap berimbang.

Ada baik nya sesekali diselipkan info atau tips yang berhubungan dengan iklan. Misalkan jadi admin sosial media dibidang fashion, jangan cuman jual brand tapi juga kasih info atau tips bermanfaat buat follower’s kalian.

Kasih info seputar fashion yang isi nya sederhana aja, kayak bagaimana proses atau bahan-bahan prodak tersebut dibuat, atau contooh lain kayak tips melipat baju dari brand fashion tersebut agar nggak kumal dan lain sebagainya.

Hindari Posting Sembarangan Waktu

via marketingdigest.com

Kadang nggak setiap orang bisa mainin smartphone sesukanya, kadang ada waktu tertentu agar bisa sekedar ngescroll time line. Jadi sebagai admin sosmed kalian kudu pintar membaca waktu, kira-kira follower’s kalian banyak menggunakan smartphone pada pukul berapa.

Beberapa akun sosmed kayak twitter memang masih menggunakan real time sehingga masih mudah untuk mengatur waktu promosi. Berbeda sekarang kayak facebook dan instagram yang sudah nggak menggunakan real time lagi.

Kalau sudah kayak gini kalian kudu benar-benar bisa memperkirakan, kira-kira pukul berapa kalian harus berpromosi atau sekedar menyapa followe’s.


Sebenarnya ada banyak lagi kesalah-kesalah yang harus dihindari saat menjadi seorang admin sosmed, tapi 4 Kesalah Yang Harus Dihindari Admin Sosmed yang sudah gue bagikan di atas, setidaknya harus kalian perhatikan.

Jangan sampai karena merasa fine aja sama brief yang sudah dikasih atasan, kalian bisa santai. Nggak kayak gitu. Tugas admin sosmed bukan cuman sekedar posting dan posting prodak saja, tapi juga harus memberikan manfaat buat follower’s dan bisa menjaga nama baik sosmed yang kalian pegang.
Bagai mana, ada yang punya pengalaman jadi admin sosmed?

Tentu Anda mengetahui kepanjangan dari CCTV. Ia mempunyai kepanjangan Closed Circuit Television Cameras. Alat ini mempunyai fungsi untuk merekam berbagai macam kejadian. Untuk sekolah, sekarang ini ia telah banyak digunakan untuk tempat yang satu ini, biasanya ia digunakan untuk memantau berbagai macam aktivitas dari siswa sekolahnya, untuk kantor tentu mereka menggunakan alat ini untuk memantau karyawan, dan di toko mereka mempergunakannya sebagai pembantu usaha.


Bila kamera pengawas ini terus memantau toko, tentu saja orang yang mempunyai niatan jahat mungkin akan menghindari toko yang telah di lengkapi dengan kamera ini, dan ia pun lebih memilih mencari tempat yang lainnya. Bila Anda mempunyai toko, ada baiknya bila mempergunakan kamera untuk melindungi toko yang Anda miliki, ketika karyawan mengetahui bila mereka terus di awasi oleh kamera pengintai dan di pantau segala aktivitasnya, mereka kemungkinan besar akan terus bersikap sopan bahkan fokus terhadap berbagai macam pekerjaan ketika Anda tidak ada di kantor. Begitu pun ketika di sekolah, bila murid mengetahui ada kamera ini yang merekam berbagai aktivitas mereka ketika ujian, terjadi kemungkinan besar bila hal ini akan mengurangi tindakan mereka untuk mencontek ketika ujian.

Apabila kejahatan berada di suatu tempat serta terekam oleh CCTV ini, alat ini akan memberi kemudahan untuk kita ketika melakukan investasi, bahkan tidak jarang ia bisa menjadi sebuah bukti yang kuat, bila terjadi perbedaan argumen yang terjadi antara si korban dan si pelaku, sebagai seorang pihak yang ke 3, Anda bisa mengambil keputusan dengan melihat pada rekaman video tentang apa sebenarnya yang terjadi.

Pada jaman dahulu, kita mengenal kamera pengintai ini sebagai peralatan yang mempunyai fungsi untuk memantau berbagai macam aktivitas yang berada di sekelilingnya. Closed Circuit Television merupakan televisi yang mempergunakan sirkuit yang tertutup, berarti ia mempergunakan sinyal yang mempunyai sifat tertutup dan terbatas jangkauannya, berbeda dengan televisi seperti biasanya yang mempunyai siaran dengan jangkauan sangat luas. Pada umumnya, ia digunakan untuk melengkapi keamanan, dan banyak di pergunakan untuk industri seperti toko, bandara, militer, pabrik, dan yang lainnya.

Berikut berbagai macam manfaat dari penggunaan CCTV, antara lain:

  • Untuk pemilik toko, Anda bisa memantau dan merekam berbagai bentuk aktifitas yang terjadi di area atau pun lokasi konsumen dari jarak jauh dan dari mana saja tanpa adanya batasan jarak,
  • Bisa berfungsi sebagai alarm yang nantinya membunyikan suara sirine di komputer Anda atau mendial HP secara otomatis ketika terdapat kejadian yang tidak di kehendaki, jadi ia memiliki fungsi bukan sebagai alat untuk mengawasi saja,
  • Dengan mengkombinasikan berbagai macam fungsi, Anda tidak harus mengawasi secara terus menerus toko, atau rumah yang Anda miliki.

Sudah baca tulisan gue yang Jingga Terakhir di Penghujung Juli belum? kalau belum baca dulu gih, cari di blog archive bulan Juli kemarin. Dari postingan itu gue jadi ada ide mau share soal me time yang bisa gue lakukan di akhir pekan.


Penting nggak sih me time?

Menurut gue penting banget, bayangkan aja baik yang masih sekolah, mahasiswa atau kalian yang sudah kerja. Berkutat dengan kesibukan selama lima sampai enam hari pasti dilanda stres berat, berbagai masalah atau kejadian yang bikin sering elus-elus dada pasti akan terjadi tanpa disangka-sangka.

Kalau udah kayak gitu satu hari di akhir pekan jangan disia-siakan begitu saja, lakukan hal yang membuat kalian merasa nyaman dan siap untuk berperang kembali dengan hari senin. Liburan adalah obat mujarap untuk melepas penat, apa lagi pergi ke tempat yang jauh dari hiruk pikuk kota.

Etsss... akan tetapi liburan yang jauh pasti akan butuh biaya dan waktu tempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Sampai tujuan capek, pas pulang juga pasti capek lagi, yang ada senin nya malah rapuh tu badan. Cukup hati kalian aja yang rapuh anak muda.

Tapi santai-santai, kali ini gue akan kasih tau me time yang biasa gue lakukan diakhir pekan, yang mungkin bisa kalian terapkan salah satunya. Cekidot!

Menghabiskan Akhir Pekan Yang Menyenangkan Bareng Teman


Sebelum berjumpa dengan hari minggu, sabtu malam buat para singel dan malam minggu untuk yang punya pasangan, biasanya gue sendiri akan menghabiskan nya dengan main PES sampai subuh bareng teman atau para kakak sepupu gue ang udah pada nikah.

Kadang nggak sekedar main PES, kami para pria juga biasa sambil curhat di tengah permainan. Waktu satu malam bisa dihabiskan untuk bersenang-senang sambil mencurahkan kegiatan yang melelahkan selama hampir seminggu.

Kalau cewek sih gue tau, tidur di rumah temen – curhat soal cowok – tiduran pakai masker, gitu gitu aja sampai salah satu diantara mereka ada yang berbusa mulutnya. *Di panah pakai pensil alis*

Menikmati Makanan Favorite


Kadang sangking sibuknya sama kerjaan, waktu makan siang pun suka telat dan akhirnya nggak punya banyak waktu buat pilih-pilih makanan. Makan apa aja asal sempat masuk perut, nggak jarang suka lupa cuci tangan sebelum makan. Hih jorok!

Baca dulu nih artikel tentang manfaat cuci tangan sebelum makan biar tau manfaatnya apa aja.

Makan itu itu aja pas selama seminggu pasti enek juga, saran gue coba satu minggu atau satu bulan sekali kalian pergi ke rumah makan yang menyediakan makanan favorite kalian. Karena nih... menurut penelitian sotoi gue, menikmati makanan favorite bisa meningkatkan mood biar kerjanya bisa lancar dan terhindar dari stres. Halah.

Gue sih paling seneng makan ikan bakar, sambal acan (baru suka makan sambal), pakai kuah sayur bening, terus minum nya teh es. Duh, jadi laper...

Berkegiatan sosial Juga Bisa Melepas Sters, Nggak Percaya?


Akhir pekan badan udah remuk dan terlalu males buat kemana-mana. Ketemuan sama temen di cafe terus cerita-cerita soal masalah yang kemarin-kemarin dihadapi, udah merasa diri kayak yang paling tersakiti. Pernah? Pernah dong, nggak usah boong. Hihi.

Gue sendiri sering melakukannya, tapi nih, ada hal yang kadang lebih menarik dan asik biar me time nggak cuman melulu tentang lo sendirian aja. Coba pergi ke panti asuhan atau ke rumah kanker, melakukan kegiatan sosial bermain sama mereka beberapa jam. Percayalah, kalian akan merasa menjadi orang yang paling beruntung di dunia ini. :’)

Kadang kita suka mengeluh, merasa kita yang paling tersakiti, padahal ada orang di luar sana yang mengalami rasa sakit luar biasa.

Cari Tempat Duduk Dengan View Ternyaman, Baca Novel dan Pesan Minuman Hangat


Nah ini, kalau udah baca Jingga di Penghujung Juli sampai habis. Hal yang paling menyenangkan buat me time adalah membaca novel di temani segelas minuman hangat dengan view nyaman di sore hari.

Menghabiskan beberapa bab novel bisa jadi hal yang bisa kalian lakukan untuk menikmati akhir pekan. Nggak harus ke tempat yang rame banyak orang, pokoknya cari aja cafe yang santai dan kalian bisa baca dengan tenang tanpa suara berisik cabe-cabean yang lagi heboh foto pakai yi-cam. Kasian ya, mereka. Hmm... sebenarnya sih, gue lebih kasian sama kameranya, nggak dipakai buat fungsi sebenarnya.

Dan satu lagi yang penting, baca novel atau bacaan yang ringan ya. Jangan bawa buku PR kalian, yang ada malah tambah stres disana.

Beberapa me time di atas adalah yang biasa gue lakukan untuk menikmati akhir pekan. Kalau kalian sendiri ngapain aja?

Tadi pagi ceritanya gue ditraktir sarapan nasi kuning sama Muhammad, salah satu teman kampus gue. Saat ini dia bekerja di salah satu perusahaan tambang yang gue sendiri lupa dimana persis daerahnya, tapi yang pasti untuk menuju kesana memakan waktu beberapa jam kalau berangkat dari Banjarmasin.

Sambil menikmati nasi kuning di pinggian jalan veteran, gue tanya-tanya soal pekerjaan baru nya sekarang sebagai admin di perusahaan tambang tersebut. Gue banyak tanya soal gimana pekerjaannya sekarang, apa aja yang musti di kerjain, kendala apa yang dihadapi, dan pertanyaan lainnya.

Di balik semua pertanyaan itu gue bisa lihat kalau dia nyaman banget kerja disana, namun sampai di satu perbincangan saat gue mau menyendok nasi kuning terakhir dengan tatakan ayam yang sengaja gue sisakan banyak, Muhammad tiba-tiba nyeleuk soal ibu nya.

                “walau digajih gede, kerja jauh dari orangtua ternyata rada nggak enak dit. Pulang ke kosan, kadang gue langsung tidur aja, pagi nya bangun kerja lagi. Dan kadang gue juga mikir, gue kerja buat siapa sebenarnya? Ya, lo paham lah.”

Tenang Mad, lo nggak sendiri. *Kemudian kami pelukan pagi-pagi di warung nasi kuning*
Setelah menyilang sendok dan garpu di atas piring yang kosong, Muhammad juga cerita kalau dia pengan banget punya usaha sendiri, jualan sesuatu atau bikin jasa apa aja yang bisa jadi duit dan yang terpenting halal.

Saat itu juga gue iseng buka browser di smartphone gue dan menuliskan jasa unik gue buka salah satu web dan apa yang gue temukan teman-teman? Beberapa jasa unik yang diluar pikiran gue ternyata ada di dunia ini. Pas baca, gue dan Muhammad nggak habis fikir dengan ide-ide nyeleh tapi kreatif yang dilakukan orang di berbagai belahan dunia ini dalam memberikan sebuah jasa unik.

Dari beberapa jasa unik yang gue temukan, di postingan kali ini gue akan kasih tau ke kalian apa aja jasa unik di dunia ini yang nyeleneh tapi kreatif dan memiliki penghasilan gila-gilaan. Nggak banyak sih, gue cuman milih berdasarkan ketertarikan gue doang hha.

Penyewaan Kambing

Black and White Goat Beside Person in Black Long Sleeve Shirt
via pexels.com

Nah loh? Kok ada ya jasa penyewaan kambing yang ada mah jasa pemotongan kambing. Tapi jangan keliru dulu, ternyata jasa penyewaan hewan pemakan rumput ini pernah disewa jasa nya sama Google loh!

Buset dah, buat apa tuh? Selidik punya selidik, ternyata Google menggunakan jasa ini untuk menghabiskan rumput-rumput di sebuah ladang, yang nantinya ladang tersebut akan dijadikan markas besar Google di California.

Katanya sih alasan menyewa 200 ekor kambing ini biar eco friendly, hmm... Bisa jadi bisa jadi.

Iklan Lewat Tisu Toilet

8
via ngebro.com

Jasa unik yang satu ini mungkin agak susah berkebang di Indonesia, karena kita rata-rata tiap selesai buang hajat pasti pakai air bukan pakai tisu kayak di luar negeri sana. Pada umum nya tisu toilet yang kadang kita temukan di wc umum, tisu nya polos aja nggak ada yang aneh dari sana.

Di luar negeri oleh dua orang kreatif Bryan dan Jordan tisu toilet malah dijadikan bahan untuk berpromosi. Jadi tiap satu rol tisu akan diisi space beraneka ragam iklan yang tertulis, sambil buang hajat sambil baca-baca. Amazing!

Jasa unik iklan lewat tisu toilet ini mungkin bisa disamakan dengan jenis pengiklanan kreatif yang disebut Ambiet Media penasaran gimana jenis pengiklanan yang satu ini? Coba cari di Google dengan kata kunci: Ambient Media Adittya Regas.

Semacam Online Shop Tapi Bukan

Brown Star Print Gift Box
via pexels.com

Jasa unik yang satu ini, sangking uniknya gue sendiri nggak tau harus kasih judul apa.
-____-“

Jadi gini, biasanya kan kalau kita menginginkan barang disitus jasa jual barang atau online shop, kita akan memilih barangnya apa yang memang kita inginkan – bayar – lalu tinggal nunggu barang datang. Namun jasa yang satu ini gue bingung menamakannya apa.

Situs somethingstoredotcom *ya sesuai sih sama namanya* disana bukan tempat untuk membeli barang walau pun kita udah bayar. Jadi jasa unik yang satu ini menawarkan sebuah konsep yang super duper goip, kita akan membayar $10 ke mereka, nah nanti mereka akan mengirimkan barang secara random ke rumah kalian.

Jadi kalian akan mendapatkan barang yang kalian sendiri nggak tau itu barang apa, bisa jadi gadget, aksesoris, sepatu, atau sekotak kenangan manis bersama mantan terindah yang selalu membuat galau di tengah hujan rintik saat malam datang. Oke, yang terakhir itu, gue yang ngarep sendiri kayaknya...


~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Tertarik bikin jasa unik yang gue kasih tau di atas? Atau kalian mau coba sewa jasanya? Hmm... kalau gue kayaknya mau coba jasa yang terakhir. Kali aja bayar $10 dikirimin satu set gadget apel yang kegigit. :v

Ngomongin soal jasa yang bisa dijadikan duit sebenarnya ada banyak banget yang bisa diterapkan buat usaha, semisal jasa cuci aja. Kayak jasa cuci baju, cuci motor, atau jasa cuci sofa jakarta terpercaya salah satu contoh yang paling banyak di cari orang.

Kayak gue yang nggak punya banyak waktu makanya perlu banget jasa cuci *sombong* biasa nyuci di tukang laundrian aja. Hhe... Padahal emang nggak pernah bisa nyuci sendiri, sih.
-_____-“

Pernah ketemu jasa unik di sekitar kalian atau ada ide? Share yow!

Disetiap kesempatan mengisi acara, pertanyaan yang paling sering gue dapat pasti nggak jauh dari gimana cara menghasilkan uang dari blog, gimana cara meningkatkan pengunjung blog, gimana cara move on dari mantan pacar sedangkan sering nulis tentang mantan di blog. Oke, yang terakhir itu salah satu pertanyaan dari peserta yang kadang kurang ajar.

Dari beberapa pertanyaan umum tentang blog yang sering gue dapat, kali ini gue akan share ke kalian salah satu pertanyaanya, yaitu: cara menghasilkan uang dari blog.

Siapa tau nih di antara kalian ada yang sudah bertahun-tahun ngeblog tapi masih nggak tau gimana cara menghasilkan uang dari blog atau kalian yang baru belajar ngeblog juga pengen banget tau. Itung-itung lumayan sih, buat jajan beli ciki.

4 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Ada ratusan atau bahkan ribuan cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari sebuah blog. Bisa pakai cara yang benar atau bahkan pakai cara semacam memaksa, untuk dapat pundi-pundi dari internet.

Tapi di postingan kali ini jelas, gue nggak akan kasih tau cara menghasilkan uang dari blog dengan tehnik curang. Pertama kita sudah sama-sama tau kalau dapat uang dari cara gak baik pasti hasilnya juga nggak bakalan sehat dan yang kedua,  gue nya aja yang emang nggak tau gimana cara menghasilan uang dari blog dengan cara curang. Oke, pilihan kedia itu lebih logis sebenarnya.

Taruh Hasil Karya Kalian di Blog

Man in Yellow Shirt and Blue Jeans Sitting on Black Chair While Doing Sketch
via pexels.com

Cara menghasilkan uang dari blog yang pertama ini terbilang paling gampang, yang terpenting adalah kalian sudah punya skil. Semisal kalian hobi memainkan cat air di atas kanvas, dari hasil karya lukisan itu tadi, bisa kalian foto kemudian taruh di blog pribadi kalian. Setelah link postingan di share, orang-orang yang melihat dan tertarik dengan lukisan kalian bisa jadi akan menghubungi dan meminta kalian untuk dibuatkan sebuah lukisan di rumah nya.

Hal senderhana seperti ini tanpa di sadari juga bisa menghasilkan uang. Gue pernah melakukannya ketika libur panjang dan nunggu jadwal masuk kuliah, waktu kosong itu gue manfaatin buat bikin cover binder dari kain flanel. Hasil dari bikinan yang iseng itu gue posting ke dalam blog pribadi dan nggak berlangsung lama ada beberapa orang yang email gue, sebagian ada yang cuman sekedar tanya dan sebagian lagi ada yang mesan dengan motif yang mereka inginkan.

Dari sebuah skil jahit yang – sebenarnya sok tau, gue sempat menghasilkan uang sendiri lewat kain flanel. Kalau mau coba bisa kok, dan jangan lupa untuk menaruh kontak email pada blog kalian ya biar orang gampang ngehubungin.

Jualan Nggak Mesti Pakai Toko

macbook, computer, keyboard
via pexels.com

Harus gue akui, online shop memudahkan siapapun yang ingin berbelanja dan nggak harus repot membuang waktu nya di jalanan. Maka dari itu lah para penjual barang lewat internet sangat dibutuhkan zaman sekarang.

Dengan cara memindahkan jualan kalian dari toko berbentuk fisik ke bentuk visual, yaitu blog. Kalian nggak harus repot sewa toko, apa lagi nih setahu gue sewa toko yang ukurannya cuman tiga kali tiga meter persegi cukup mahal, belum lagi biaya listrik yang kadang bisa nggak satu paket sama bayar toko.

Menjual barang lewat blog selain lebih mudah juga nggak butuh modal yang besar, asal ada laptop dan koneksi internet kalian sudah bisa memasarkan jualan ke siapa saja. Banyak banget kok orang yang sukses jualan online, contoh paling gampang dari teman gue sendiri di komunitas Pena Blogger Banua si Arif Fajar Kurniawan. Dia jualan online sejak kuliah dan sampai sekarang jualnnya laku keras, dengan hanya menjual barang lewat sebuah blog.

Tapi untuk memasarkan prodak di sebuah blog tentu ada tehnik dan nggak sembarangan orang benar-benar bisa memahami ini. Tapi untuk kalian yang gak mau ambil pusing ada banyak juga kok orang yang menyediakan jasa cara membuat iklan di google agar prodak yang kalian punya lebih banyak dilihat konsumen dan tepat sasaran.

Punya Blog Dengan Pengunjung Tinggih? Tawirin Aja Space Iklan

apple, iphone, smartphone
via pexels.com

Kalian pasti sudah pada tau soal iklan banner yang sering dijumpai pada sebuah website, bukan? Nah itu adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog, yaitu dengan menyewakan ruang iklan pada blog kalian.

Soal harga, ya terserah kalian berapa mematok tapi yang pasti sesuaikan dengan trafik blog kalian serta yang paling penting, iklan tersebut masih berhubungan dengan blog kalian. Jangan sampai nice blog kalian semisal membahas gadget tapi iklan yang dipasang adalah iklan penumbuh bulu ketiak, misalkan. Emang mau numbuhin bulu di sela-sela tombol home smarphone?

Dan sekali lagi, jangan lupa taruh email kalian pada blog.

Nggak Harus Berbentuk Novel, Membuat Tulisan di Blog Juga Bisa Dapat Bayaran

apple, laptop, typing
via pexels.com

Salah satu hal yang gue tau tentang sebuah novel yang laku di pasaran: novel dengan tulisan yang standar tapi si penulisnya punya banyak folower’s itu novel pasti akan laku, alasannya simpel karena sudah dikenal orang. Lalu bagaimana dengan seorang blogger, hobinya cuman nulis tentang kisah cinta nya yang kandas di tengah jala terus menerus, nulis itu terus tiap hari di blog sampai Isyana renkarnasi jadi Raisa. Apa bisa dapat uang?

Jawabannya, kembali nanya: Kenapa nggak?

Malahan penghasilan seorang blogger bisa sampai jutaan tiap minggu. Nggak jarang orang yang kerjaannya cuman diam di rumah dan kerja di depan laptop – cuman pakai kolor, bisa saja memarkir satu lusin lamborghini di kandang sapi nya sendiri.

Biasanya cara mendapatkan uang dari blog lewat tulisan itu berbentuk seperti review sebuah prodak terbaru, jasa, dan lain sebagainya. Seorang blogger akan mendapatkan ibalan berupa fee atau prodak yang dia review pada blog nya, untuk bisa meghasilkan uang blog tentu bukan hal yang gampang. Perlu pemahaman, riset, dan lain sebagainya agar blog yang dibangun emang bisa buat di komersilkan. Dan yang paling penting kalau mau menghasilan uang lewat tulisan blog, blog kalian harus benar-benar bermanfaat dan dicari banyak orang.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Mungkin itu aja yang bisa gue share soal cara mendapatkan uang dari blog yang pasti ada banyak cara yang bisa kalian lakukan lagi untuk dapat menghasilkan uang pada sebuah blog, sekali pun itu hanya blog pribadi yang isi nya curhat nggak penting dari kalian.

Oke, jadi kalian sendiri ada yang udah dapat apa aja dari blog? Share dan kalau bisa kasih tips nya ya kenapa kalian bisa sampai dapat hhe. Berbagi itu indah, asal jangan berbagi mecin. Enak soalnya. #Eh