Seperti yang kita tahu, cara berpakaian cewek dan cowok itu berbeda jauh banget. Pernah gak sih kalian mengamati teman cowok atau bahkan teman cewek kalian? Memang sih ya keliatannnya cowok dan cewek itu beda banget, cara berpakaian cowok yang terlihat simple berbeda dengan cara berpakaian cewek yang terkadang sedikit ribet.

Bukan hanya soal itu. Waktu yang digunakan untuk dandan pun sudah berbeda banget. Cowok kalau mau dandan nggak ribet, cukup pakai pomade rapiin rambut terus pakai parfume. Lalu cewek? Bikin alis aja bisa sampai dajal datang,

Nah kali ini kita akan sedikit bahas perbedaan cowok dan cewek dalam bergaya pakian. Hmm... apa aja sih perbedaan cowok dan cewek dalam hal pakaian ya, yuk simak dulu:

1.Warna

people kids girls boy children fashion clothing model candy smile happy friends

Pernah gak sih kalian memperhatikan dalam hal warna pakaian, Kebanyakan cowok dan cewek itu beda banget guys! Coba deh kita perhatikan kebanyakan baju cowok warnanya yang netral-netral aja kek warna hitam, cokelat, abu-abu atau bahkan warna biru jeans. Kalo cewek gimana? Kadang ada sih beberapa cewek yang memakai warna kalem juga, tapi juga gak sedikit yang berpakaian dengan menggunakan warna ngejreng mentereng. Mungkin alasanya biar jadi pusat perhatian kayaknya ya. Hmm...

2.Harga

dark tree hand bill money dollar

Dalam hal harga, ternyata juga ada perbedaan loh! Jangan kalian sangka baju cowok yang terlihat simple terkadang ternyata susah untuk mendapatkan harga yang murah. Sedangkan pakaian cewek ternyata banyak banget yang modelnya keren tapi dapat dibeli dengan harga murah. Wih, pantes ajakan kalo cewek sekali belanja langsung banyak. Ya, gue sih kemarin tahu nya dari si mantan. Uhuk...

3.Model Pakaian

people woman girl brown hair reading magazine fashion

Coba kalian perhatikan model pakaian cewek dan cowok. Model pakaian cowok yang paling dikenal kaos, yang membedakan paling cuman warnanya sama desain doang. Kalau cewek banyak modelnya mulai dari dress, blazer, cardigan, dan pokoknya masih banyak sebutan lainnya yang bikin gue bingung sendiri terkadang bedainnya.

4.Mix and Match

people man woman guy girl sitting talking cap fashion clothing

Meskipun pakaian cewek banyak modelnya, warna warni seperti pelangi, tetapi ternyata justru paling susah kalo udah urusan mix matchnya guys! Misalnya nih udah pakai baju warna biru, tentunya para cewek terkadang harus bongkar lemari buat ngecocokin sama jilbab mereka, celana. Ribetkan?

Nah, kalau cowok sih gampang aja. Apalagi dengan baju mereka yang disertai warna-warna simple malah terkadang gak terlalu ribet buat mix and matchnya, karena warna simpel mau dipadu padankan dengan warna apapun patsti cocok ya, hahaha.

Sebenarnya sih masih banyak ya perbedaan cara berpakaian cowok dan cewek selain yang gue sebutin diatas. Menurut gue sih cowok itu gaya berpakaiannya paling simpel. Beda banget sama cewek yang super ribet dan terkadang buat tampil gaya berhijab aja mereka kudu searching diyutub-yutub cara memakai hijab segi empat modern. Kalo menurut kalian sendiri apa aja sih bedanya selain yang gue sebutin? Tuliskan dikolom komentar ya….

Setelah berbulan-bulan gue baru aja bisa bikin video #TanyaBlog hmm... kira-kira ada yang masih ingat sama program yang gue bikin ini nggak ya? Gue sendiri sempat lupa kalau kemarin bikin program ini. Ya mohon dimaklumi, Bapak Guru mudah kalian ini terlalu sibuk di Sekolah dan terlalu sibuk ngebahagiain Dia (mantan pacar). Bahahaha...

Yang belum tau apa itu #TanyaBlog silahkan klik ini.

Seperti yang sudah gue jelaskan sebelumnya di dalam video #TanyaBlog setiap satu orang penanya gue bakalan bikin satu video khusus, biar gue bisa fokus ngejawab satu pertanyaan. Namun berhubung udah hampir basi banget pertanyaannya, jadi di video #TanyaBlog perdana ini gue langsung aja jawab beberapa pertanyaan dari teman-teman blogger di dalam satu video.

Dan di #TanyaBlog yang perdana ini gue ngajak Rizqi Alam salah satu Blogger Banjarmasin yang tergabung dalam Pena Blogger Banua buat bacain beberapa pertanyaan dari teman-teman blogger, yang mengirimkan pertanyaannya langsung dari komentar blog ini beberapa bulan lalu.

Video ini sudah beberapa minggu lalu gue upload tapi baru sekarang sempat bikin postingannya. Maklum, hari-hari gue belakangan terlalu sering buat ngebahagiain Dia. Heheheee....

*BODO AMAT DIT! BODO AMAT!”

Oke, jadi langsung aja. Kira-kira pertanyaan siapa yang gue jawab, apa ada pertanyaan dari kalian?


Nah itu tadi video #TanyaBlog perdana gue. Semoga jawaban yangsudah gue kasih buat kalian yang bertanya cukup jelas dan mudah dipahami ya. Jangan lupa untuk dipratekkan juga.

Dan untuk kalian yang mau tanya soal blog ke gue, bisa tulis pertanyaan kalian ke kolom komentar di bawah ini ya. Bisa juga kirim ke email atau mention gue di twitter dengan hashtag #TanyaBlog nanti insya Allah akan gue jawab pertanyaan-peratanyaan kalian lewat video.

Dari Banjarmasin yang diguyur hujan bersama kenangan yang tak pernah terlupakan. Gue tunggu pertanyaan kalian! (~^^)~


Tulisan ini diikut sertakan dalam:
http://badangsanak.com/

Sudah baca tulisan gue tentang “Teruntuk Kalian Yang Sulit Menabung” belum? Kalau belum baca aja dulu ya, kali aja bisa bermanfaat untuk kalian yang lagi belajar nabung. Dan tulisan kali ini bisa dibilang salah satu cara menabung atau tambahan dari tulisan sebelumnya.

Jadi ceritanya sabtu kemarin komunitas blogger dari Banjarmasin yaitu Blogger Banua dan Pena Blogger Banua diundang dalam acara Manulife untuk berkenalan dengan MAMI. Etsss... Bukan mami mami yang itu ya haha. MAMI disini adalah Manulife Aset Manajemen Indonesia yang merupakan bagian dari Manulife.

Kebetulan kemarin gue yang ngurus untuk bawa teman-teman blogger ikut diacara itu. Oiya, sebelumnya gue minta maaf ya buat temen-temen blogger, acara kemarin sebenarnya kan mulai jam satu lewat, tuh. Tapi gue bilang acara dimulai pukul dua belas siang. Dan gue sendiri datang baru jam satu hahaha... Maap kan saya.

Acara dibuka oleh mba-mba MC yang gue berasa kenal tapi lupa pernah ketemu dimana, kami diminta untuk ngetwiit acara tersebut dengan hashtag #KlikMAMI dan #SekarangAja. Gue kira setelah acara dibuka langsung ngebahas MAMI tapi ternyata kami dapat hiburan stand up comedy oleh Paris Fatiah.


Ngerti aja nih Manulfe kalau siang-siang kami butuh hiburan yang bisa bikin mata melek haha.

Setelah cukup puas dengan jokes kampret dan pecah dari Paris, mba-mba MC memanggil pembicara utama dalam acara tersebut yaitu Pak Putut.

Mungkin kalian yang baca ini sepakat, kalau denger nama Manulife pasti yang terpikir adalah asuransi, bener? Yap, gue juga mikir gitu kemarin. Tapi ternyata acara dari Manulife ini bukan membahas soal asuransi tapi disini kami para blogger belajar tentang investasi dan bagaimana cara berinvestasi lewat Reksa Dana Manulife melalui 3 langkah sadar(Insyaf, Irit, Invest).


Dan kali ini gue akan coba ngasih tau kalian tentang 3 poin tersebut, biar kalian sadar betapa pentingan memiliki investasi untuk masa mendatang.

Sadar Bahwa Grafik Kebutuhan Hidup Semakin Meningkat

Gue masih ingat banget, dulu waktu masih sekolah dasar sekitar dua puluh tahun lalu gue dikasih uang jajan cuman Rp 3.000 dan itu sudah cukup banyak banget, gue bisa jajan apa aja sampai kenyang. Tapi itu udah dua puluh tahun lalu.

Lalu adik gue si Nanda sekarang aja dia sehari disekolah bisa ngabisin uang sampai Rp 30.000 kampret! Selisihnya 100% bro. Mau nggak mau, sadar nggak sadar, semakin lama kita berpijar di dunia maka semakin tinggi juga biaya hidup kita.

Bertambahnya usia kita tentu berbanding terbalik dengan sisa usia produktif yang kita miliki. Jadi untuk mempersiapkan kebutuhan dimasa mendatang kita wajib banget untuk sadar (insyaf) dan mempersiapkan dari sekarang.

Sama Kayak Hubungan Harus Tahu: Mana Yang Kamu Cuman Ingin Dan Yang Mana Kamu Butuhkan

Kita pasti pernah liat satu barang lalu pengen punya, lalu dengan berbagai cara seperti menabung atau minjem uang untuk membeli barang tersebut pun dilakukan. Pas itu barang udah ada, malah nggak terlalu digunakan dalam sehari-hari, lalu pelan-pelan ditinggalkan tanpa kepastian. Sakit tau... sakit...

Oleh sebab itu kata Pak Putut hidup irit penting banget untuk mempersipkan masa depan. Gue bener-bener kesentil ketika beliau kasih contoh soal nongkrong di cafe sambil ngopi-ngopi ganteng. Anggap aja ngopi sehari Rp 30.000 terus dalam seminggu ngopi 5x disana, dan jumlah uang kalau ditotal Rp 150.000 kalikan lagi 4 minggu, Rp 600.000 bro! Buset...

Kata mantan gue sih kemarin ngasih tau “kakak kalau mau ngopi di cafe boleh-boleh aja, tapi jangan keseringan. Kan ngopi di rumah juga bisa.” Ya Allah baek banget punya mantan yang perhatian kayak gini. Uhuk... Irit adalah harga mati!

Memanfaatkan Dana Yang Lain Untuk Menabung di Masa Mendatang

Untuk memperispkan masa depan atau masa tua kita, menggunakan uang tabungan atau memanfaatkan uang pensiun mungkin bisa aja kali ya. Tapi gue berani jamin, pasti ada-ada aja pengeluaran dadakan diluar itu semua. Nggak usah mikir terlalu jauh, kita yang masih muda gini aja sering banget ada pengeluaran dadakan. Hedeh...

Nah acara kemarin gue dapat sedikit pencerahan. Jadi salah satu cara untuk mempersiapkan hari tua bisa dimulai dari sekarang dengan cara investasi bro. Memang sih kalau udah main invest kadang ada untung ruginya, tapi kalau kita tahu cara mengelola dan nggak salah tempat hal kayak gitu pasti bisa banget diminimalisir.

Di mana ya tempat berinvestasi yang mudah, aman, dan lengkap? Reksa Dana Manulife jawabannya. Kalian yang mau belajar investasi bisa banget, bahkan untuk pemula kayak kita-kita ini bisa dimulai dari Rp 100.000 saja. Reksa Dana Manulife dikelola oleh para orang yang ahli dibidangnya, jadi kita nggak harus memantau setiap saat.


Acara Manulife kemarin membuat kita-kita para blogger jadi tahu banget harus gimana mempersipkan masa tua, biar nggak ngerepotin anak juga. Jadi, apa kalian sudah mempersipkan masa depan?

Huaaaahhhhh! Akhirnya gue bisa nulis dengan tenang. Iya, nulis dengan tenang. Karena tulisan-tulisan gue sebelum adalah tulisan deadline, gue ngejar beberapa tulisan dengan waktu yang super sempit di tengah daftar kerjaan yang jerit-jerit minta cepet dikerjain. Hmm... sok sibuk banget.

Tulisan kali ini murnit curhat, bukan curhat yang ada iklannya. Hehe... Gue sadar sih, blog ini berumbah banget dari apa yang gue inginkan pertama kalin. Dulunya gue berniat ngeblog cuman buat kesenangan tanpa ada keinginan menghasilan duit, itu prinsip yang gue pengang. Dulu.

Dan sekarang gue juga harus jujur, kalau kita sebagai manusia yang punya rasa nafsu juga gak bisa menghindar dari duit. Dan makin kesini juga gue makin sadar, bahwa duit dan mantan adalah hal yang paling sulit untuk dihindari.

Oiya... Btw, kalian apa kabar? Masih musuhan sama mantan? #eh

DASAR PAYAH! DASAR LEMAH!

*Digebukin*

Oke, maap...

Kali ini gue mau curhat tentang kegiatan gue belakangan yang bikin kewalahan, yang bikin gue kadang suka nggak konsen, dan kadang bikin gue jadi nggak bisa ngurus persoalan hati #tsahh. Kalian yang baca ini mungkin pernah mengalami apa yang juga gue alami dan mungkin punya solusinya kayak apa, jadi gue minta saran ya di kolom komentar entar gimana cara mengatasinya.

Kalian Tahu Gimana Rasanya: Lagi Tidur Nyenyang Tiba-tiba di Telepon Orang Pagi-pagi?

tired benedict cumberbatch sleep star trek into darkness you should have let me sleep
via giphy.com

Maksudnya gini... di tempat gue ngehonor gue jadi wali kelas, kadang ada aja siswa yang nggak bisa masuk sekolah tanpa keterangan gara-gara lupa kirim surat. Dan untuk menanganinya gue suruh orangtua mereka (siswa) untuk yang mau izin atau lagi sakit, buat nelepon gue dan ngasih tau mereka nggak bisa masuk sekolah.

Nah disini masalahnya. Jadwal gue masuk mengajar biasanya agak siangan, otomatis kan gue pasti memberdayakan waktu pagi yang indah itu buat tidur nyenyak sampai agak siangan, semenjak menerapkan sistem tersebut, setiap pagi gue harus siap menerima telepon dari orangtua siswa yang anak nya minta izin gak bisa masuk sekolah.

Gue ngomong dengan penuh keramahan dan sok nggak ngantuk. Padahal dibalik itu gue sambil rebahan, iler kemana-mana belum dibersihini, kadang juga sambil garuk-garuk pantat.

                “Halo pak adit?”
                “Iya bu saya sendiri, ada apa ya?”
                “Ini pak anak saya izin nggak bisa masuk sekolah, lagi ada acara keluarga pak.”
                “IBU BUAT APA MINTA IZIN. INI HARI MINGGU IBU. HARI MINGGU...”

Tidur gue nggak pernah bener-bener nyanyak.

Ngerjain Tugas di Dalam Tugas

The Paley Center for Media frustrated type working typing
via giphy.com

Saking banyaknya daftar tugas yang menunggu untuk diselesaikan, belakang gue sering banget ngerjain tugas di dalam tugas. Nah loh gimana tuh?

Jadi gini... gue dapat deadline tulisan yang harus diselesaikan waktu itu juga, sedangkan disaat itu gue juga harus mengajar di kelas. Jadi gue sering banget ngakal kalau udah kayak gini.

Ketika lagi mengajar gue sengaja pakai LCD proyektor dengan memanfaatkan 2 layar disatu laptop gue. Satu layar yang dikonek ke proyektor tampil di depan kelas dan siswa gue suruh nyatet materi dari sana, sedangkan layar satunya lagi gue pakai buat nulis dan tampil di layar laptop gue doang.

Bingung? Jangan kan kalian, gue yang habis nulis dan baca ulang kalimat di atas barusan juga bingung.

Kaya tulisan ini aja, gue kerjain pas lagi ngajar di kelas...

Jadinya belakangan siswa lebih cenderung mencatat materi dari pada praktik pas jam gue. Maaf kan Bapak mu ini nak, Bapak nyari uang tambahan buat segelas kopi dan ngumpulin uang buat ngelamar anak orang.

Ngajarin Siswa Nge-Blog

Di sekolah gue ngasih materi tentang blog, jadi siswa gue tugasin buat bikin blog mereka sendiri dan menulis tentang mereka untuk tulisan yang pertama.

Beberapa dari mereka memang ada yang tertarik buat mendalami blog dan sebagian lagi? Ya, you know lah ada juga yang seadanya doang. Tapi setidaknya dengan gue mengenalkan dan menyuruh mereka bikin blog minimal mereka jadi tahu sedikit tentang blog.

Harapan besar gue sih ada regenerasi dari Pena Blogger Banua haha... Karena jujur aja, khususnya di Banjarmasin susah nemu orang yang bener-bener suka ngeblog, padahal ada banyak banget keuntungannya. Walau kegiatanya cuman nulis tentang kegalauan atau curhat doang.

Oiya, ada salah satu siswa gue bernama Bima yang keliatan tertarik dengan blog. Jadi kemarin tu anak minta diajarin soal desain dan mau belajar khusus, ya gue seneng aja ada siswa yang kayak gini, terus gue suruh ke rumah buat belajar sore-sore.

Dan kalian tahu apa? Gue kira cuman Bima yang datang atau paling-paling dia ngajar temen sebangku buat belajar. Tapi yang terjadi... hampir separuh dari kelas datang, mungkin lebih tepat gue bilangnya satu geng dari mereka datang.

Oke, gue seneng banget dan ngerasa cukup bangga kalau siswa gue datang banyak dan mau belajar lebih jauh lagi tentang blog. Tapi yang kampretnya mereka datang diwaktu yang nggak tepat.

Dia lagi datang ke rumah, kami lama nggak ketemu, kangen? Pasti lah. Kami lagi asik ngobrol dan tiba-tiba mereka datang bergerombol kaya orang demo 4 november kemarin!

Nak... tolong biarkan guru mu ini bahagia ketemu mantannya sebentar.

Btw, kunjungin dan tinggalin komentar di blog pertama mereka ya. Maklumin kalau desain sama tulisan masih berantakan bahahaa... Bima, Irfan, Amin, Izmi. Cuman ini yang gue liat lumayan blog nya, entar gue update lagi atau gue kasih tau dipostingan baru kalau ada yang bagus blog nya.

Dan sebenarnya, ada banyak lagi yang bikin gue terlau sibuk kayak contohnya gue yang lagi sibuk kordinasi event, web komunitas, soal ulangan semester belum selesai dibikin, dan ngurus DIKLAT PMR di SMP. Kesibuk-kesibukan ini juga sampai bikin gue jadi lupa, lupa apa yang pengen gue kerjain. Ketika gue mau ngerjain kerjaan A, tiba-tiba kepikiran kerjaan B, gue ngerian kerjaan B dan lupa kalau tadi mau ngerjain kerjaan A. Gitu terus sampai mantan mau putusa sama pacar nya dan balikan lagi ke gue. Mustahil...

Gue sebenarnya udah nggak tahan dari kemarin pengen banget mengarang indah kayak gini, tapi karena deadline artikel job lah yang bikin jadi bingung ngatur jadwal posting, jadwal posting gue jadi berantakan.

Jadinya gue harus nulis ini disela-sela mengajar. Hmm...

Tapi setidaknya disini gue jadi sadar, bahwa kesibukan membuat gue lupa tentang gimana rasanya ditinggal.

Guna menunjang kebutuhan bekerja dan juga belajar, perangkat komputer menjadi bagian penting yang harus dimiliki saat ini. Era modern memang sangat menggantungkan keberadaan dari perangkat teknologi tersebut. Serinya sendiri beragam, mulai dari yang paling lama hingga baru sekarang ini sudah ada. termasuk diantaranya dalam bentuk yang lebih praktis yaitu laptop tau notebook. 

Sedangkan bagi kebutuhan perusahaan umumnya mereka lebih menekankan pada penggunaan PC atau komputer, dengan berbagai pertimbangan mulai dari kualitas dan keamanan. Salah satu bagian yang berperan penting disini tentunya tak lepas dari CPU komputer. 

CPU sendiri bisa dikatakan sebagai otak komputer, karena semua perintah diproses dari sini, keberadaannya sangat penting dan perangkat juga tak akan bisa bekerja tanpa diimbangi dengan alat yang satu ini. Jadi misalnya ia mengalami kerusakan wajib untuk langsung diganti, hal ini diutamakan untuk menghindari kerusakan bagian lainnya agar tak bertambah parah. Dalam 1 unit CPU ini sendiri nantinya juga akan dibagi lagi dalam berbagai komponen penting. 

Bagi Anda yang akan membeli perangkat atau komponen dari CPU computer ini sendiri tentunya tak boleh sembarangan, agar tak salah pilih maka berikut ini sedikit cara untuk memiliki beberapa komponen dukungannya, diantaranya adalah: 

Motherboard

Kerusakan pada bagian ini menyebabkan kerusakan yang sangat vital, hal ini tak hanya berlaku pada laptop Ada saja, melainkan juga PC. Namun dukungan pemilihan motherboard juga tak boleh sembarangan. Setidaknya Anda harus menyesuaikan apakah ia kompatibel digunakan untuk perangkat komputer tersebut atau tidak. Agar soket yang dipasang pada prosesor tersebut nantinya pas. Biasanya Anda harus konsultasi terlebih dahulu pada yang lebih ahli. 

Harddisk

Ini sebagai alat simpan data-data Anda dalam perangkat komputer. Perannya tentu sangatlah penting, khususnya adalah untuk Anda yang gemar dalam koleksi beragam jenis film maupun gambar. Tanpa keberadaannya komputer tak akan mampu menyimpan apapun. Tak menjamin bahwa semakin tinggi memory yang tertera akan semakin bagus bagi komputer. Daya simpannya bisa jadi memang lebih, namun tak jarang pula menyebabkan perangkat Anda mengalami shock. 

RAM

Kurang lebih sama dengan harddisk ia juga dimanfaatkan sebagai daya tampung aplikasi dan juga file-file penting. Hanya saja ukurannya atau kapasitas jauh lebih kecil. Jenisnya ada cukup banyak, sebaiknya hindari juga memilih ukuran RAM yang terlalu besar agar kinerja komputer tak bertambah lemot. Batasi isinya sehingga komputer Anda tak mengalami shock. 

Power supply

Ia difungsikan sebagai tempat mengaliri listrik kedalam perangkat komputer. Tentunya termasuk bagian yang sangat vital, karena komputer memiliki ketergantungan yang sangat terhadap aliran listrik langsung, berbeda dengan laptop yang sudah dibekali dengan baterai. 


Prosesor

Terakhir adalah pemilihan yang sangat penting yaitu prosesor. Nyatanya tak semua seri CPU akan langsung kompatibel digunakan pada perangkat ini, begitu juga untuk mempengaruhi kinerjanya. Untuk kebutuhan pekerjaan umumnya seri dual core lebih dianjurkan. Kinerjanya sudah cukup cepat tanpa sering macet. Namun agak berbeda lagi bagi yang kebutuhannya lebih tinggi untuk gaming dan sejenisnya. 

Itulah setidaknya ada 5 bagian penting dari CPU komputer yang wajib untuk Anda pilah-pilih guna mendukung performa PC lebih baik lagi. Bagi yang belum terlalu mengerti mengenai perangkat ini, alangkah baiknya menanyakan secara langsung ke keempat pembelian. Atau mungkin membawa teman yang lebih tau agar tak salah pilih.

Walau kita kenal sama internet tapi gue tetap nggak yakin, pasti ada aja diantara kita yang nggak terlalu tahu pengertian lengkap tentang internet. Jadi kali ini mari kita berkenalan dulu sedikit tentang internet. Internet merupakan jaringan global komputer dunia, dan cakupannya sangat luas sekali, dimana komputer kamu mampu tersambung ke komputer yang lainnya di seluruh dunia.

Internet ini berisi apa saja yang kamu inginkan, dari mulai text, gambar, audio,video dan masih banyak yang lainnya, Cuma satu yang nggak bisa kalian temuin di internet.

Sebagai generasi muda tahun 2016 ini merasakan keberadan internet ini menjadi media informasi yang cepet banget, dan internet ini ngasih kemudahan buat gue dan pastinya lu juga dalam mennjalankan pekerjaan dimana ajah, dan ngasih kemudahan untuk mengakes informasi apa ajah, selain itu nih bro, internet itu bisa jadi media telekomunikasi loh, dari mulai panggilan suara, voice chat, chat, video call dan banyak jenisnya, dan lagi biaya internet sangat murah untuk melakukan telekomunikasi baik didalam negeri maupun diluar negeri. 

Perkembangan Internet Pada Saat Ini

office work business workspace table desk gadgets macbook laptop computer report statistics journal notebook pen internet

ICT/ Information and Communication Technology adalah salah satu pembangun dari web 2.0, internet adalah yang menjadi generasi kedua dari layanan berbasis web dalam dunia komputer yang dijalankan langsung diatas internet sebagai platformnya.. dan membuatnya menjadi lintas komunikasi social media yang terus berlanjut sampai sekarang ini.

Untuk memenuhi hajat kita akan keperluan informasi, sekarang elu bisa tuh pilih layanan layanan yang sesuai dengan kebutuhan, elu mungkin bisa pilih Internet Provider dari swasta atau BUMN yang pasti bakalan ngasih lu pelayanan ekstra dalam menjalani kehidupan di internet.

Tapi kalo kamu orangnya nggak bisa diem di rumah, dan nggak bisa selalu megandalkan koneksi internet di dalam rumah, kalian bisa juga mengganakan smartphone kalian untuk menjelajah keseruan internet, dengan mengunakan akses gelombang eletromagtenik yang cukup cepat seperti jaringan 4G yang sekarang sudah banyak digunakan atau kalian bisa mencoba menggunakan sinyal Hostpot dimana kalian sekarang bisa punya sendiri hostpot dengan beli wireless portable.


Remaja dan Internet

WordPress blogging writing typing macbook laptop computer technology business creative office desk working internet

Sekarang semua orang kenal sama internet karena aktivitas kita sehari-hari sedikit banyaknya sudah harus menggunakan internet. Apa lagi untuk para pelajar, sekarang mereka harus kenal dan menggunakan yang namanya email, browsing, chatting, website, blog dan sebagainya untuk membantu proses belajar. Menurut analisis data nih bro, hampir 30 % pengguna Internet di Indonesia itu adalah kalang remaja umuran 15-24 tahun, yahh semuuran kita ini lah bro. Tahun 2016 ini internet nggak Cuma buat ngirim email dan terima email atau buat main friendster doang. Iya, friendsters pasti udah banyak yang gak tau. Dan satu lagi yang gak luput dari remaja dan internet kalian tahu apa itu? Game online yang bikin candu udah kayak rindu aku ke kamu... #eaaa Ada banyak banget game jenis dan model game yang diciptakan untuk dimainkan, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, mulai dari game untuk anak-anak sampai untuk dewasa kayak M88 dan sebagainya.

Dampak Positif dan Negatif

people crowd women restaurants blur camera mobile phone hand smile happy

Positif nya internet adalah tentu saja kita dipermudah dalam menjalankan roda kehidupan, dengan banyaknya informasi tentang ini itu atau informasi tentang itu ini, yang membuat kita jadi mengerti apa yang menjadi bahasan utama disekolah, atau kita jadi tahu apa sih yang temen-temen kita bicarakan, dan sekarang sedang update banget. Tapi nih bro, dibalik manfaat internet ada saja orang-orang yang nggak bertanggung jawab untuk merusak manfaatnya tersebut, atau kita nggak bisa menyalahkan orang nggak bertanggung jawab itu, kita sendiri lah yang harus bertanggung jawab untuk tidak tergiur oleh tawaran itu. 

Tawaran apa sih yang negative? Banyak orang-orang yang nggak bertanggung jawab memasukan segala seuatu yang seharusnya menjadi urusan pribadi dan tidak patut dicontohkan. Kebebasan berinternet untuk segala usia dan tidak adanya pengawasan dari orangtua yang anak nya baru sebesar biji kacang misalanya. Udah banyak banget kan kasus nya di facebook sering kita temui. 

Apa nggak miris? Ini akibat dari orang-orang nggak bertanggung jawab juga dan tidak ada pengawasan dari orangtua, tugas kita sekarang sih kudunya menjaga anak-anak untuk tidak membuka situs dimana Barbie dan pacarnya lagi berduaan. 

Kelamaan di depan komputer dan menghabiskan waktu kita bermain komputer juga akan membuat kita lupa bagaimana bersosialisasi di dunia nyata. Jadi kita sebagai remaja yang kece badai ini, harus bisa menjaga hati dan pikiran agar bisa seimbang, antara di dunia nyata dan dunia maya. Carilah yang bermanfaat tinggalkan yang tidak bermanfaat, jadilah warga dunia maya yang kece tapi sopan dan mengerti batasan-batasan diri.

Kenal sama temen blogger gue Ubi? Errgg... maksudnya bukan Ubi ungu, ubi jalar, atau ubi ubian, panggilannya emang Ubi tapi nama aslinya Audrey Subrata. Ya, emang gak terkenal sih *Maapin Gue Bii* *Peace*. Dia adalah temen blogger gue dari zaman tulisan gue masih cengeng banget dan saat itu rambut gue poni alay. Nggak tau juga gimana ceritanya anak yang hobi makan ini bisa nyangkut ke Blog gue.

Jadi Lebih dari setahun lalu, gue sempet ngechat Ubi minta dibikin tutorial buat foto makanan biar kece. Soalnya foto-foto di feed instagram Ubi keren abis! Dan isi nya makanan semua. Gue jadi penasaran lalu memohon dan nyembah minta dibikin tutorial sama Ubi, dan setelah SEKIAN LAMA akhirnya dibikinin sama Ubi. Gue nungu tutorialnya SETAHUN! IYA SETAHUN, KAMBING! KURANG LAMA BII KURANG LAMAAA!!!

Gue mulai belajar dari tips yang dikasih Ubi, gue peraktikin dan gue upload ke instagram juga hasil-hasilnya. Lalu si Inggit – sama dia temen blog gue dari zaman tulisan gue masih cengeng dan poni alay nutupin separo dari muka– Inggit chat gue dan minta dibikin tutorial foto gara-gara gue sering upload foto di instagram dengan gaya foto dari atas.

Padahal di Blog nya Ubi ada, tapi sengajak nggak gue kasih tau. Biar gue ada bahan tulisan aja, gitu. *Maapin gue lagi ya, Bii* *Sembah Ubi* *Jalar* #Halah

Tapi tips foto makanan kali ini agak berbeda sama punyanya sense Ubi ya. Gue coba lebih sederhanain lagi dan tetep makai cara yang biasa gue pakai, nggak pakai kamera SLR atau miroles juga, cukup pakai smartphone aja untuk pengambilan foto nya.

Sebelum memulai tips dari gue, pastiin dulu kalian hentikan fikiran untuk mikirin mantan yang nggak penting itu, biar kalian bisa fokus ya. Cukup gue aja yang mikirin.

Tips Foto Makanan Pakai Smartphone


Wajib Kenal Sama Gadget Sendiri

Image result for samsung galaxy J5 camera
via dailymotion.com

Gini, gue kadang suka heran sama orang-orang yang suka beli smartphone mahal tapi cuman dipakai buat chatting, update dia lagi dimana, atau cuman buat foto selfie. Gue kasihan sama smartphone yang harganya mahal tapi cuman dipakai buat gitu-gitu doang.

Nggak harus update smartphone yang kameranya setara SLR, karena yang penting adalah siapa orang di balik kamera itu. Lo juga harus paham seluk beluk kamera smartphone lo, kayak hal simpel berapa pixels sampai hal detail kayak soal fitur-fitur manualnya. Atau kalian yang bingung mau pakai smartphone apa buat foto makan yang oke, kalian bisa pakai Samsung Galaxy J terutama seri J5 untuk mendukung aktifitas foto gue sehari-hari, dengan kamera belakang 13MP bisa kebayangkan gimana ketajaman hasilnya? Kalau soal harga samsung J jangan takut, harganya cukup terjangkau sesuai dengan kualitas yang dikasih.

Manfaatkan Cahaya Matahari dan Usahakan Banget Jangan Pakai Flash


Karena cuman pakai kamera dari smartphone maka pencahayaan sangat penting dalam pengambilan foto makanan. Foto makanan kalian dekat jendela yag punya cahaya banyak dan ingat jangan pernah membelakangi cahaya kalau mau hasil foto kalian Oke.

Gue sendiri paling seneng ambil foto pada pukul simbilan pagi sampai duabelas siang dan pukul tigas sore sampai lima sore. Menurut gue itu adalah waktu yang paling cocok untuk menganbil foto dengan cahaya alami dari matahari, karena biasanya kalau kita memoto dalam keadaan malam hari, warna asli dari makanan sudah bisa dipastikan kurang jelas. Mau pakai flash? Ahh, gak usah deh. Jelek hasilnya bro.

Ambil Foto dari Berbagai Posisi Termasuk Dari Atas

via audreysubrata.blogspot.co.id

Jangan cuman ambil foto dari satu posisi saja, kalian harus coba posisi lain juga. Misalkan kalian biasa ambil foto dari samping dengan jarak agak jauh, nah kalian wajib coba ambil yang detail, deketin kamera kalian pada makanan, apa lagi kalau foto nasi goreng spesial yang ada telur setengah matanya, pecahin telurnya biar keluar lumer-lumernya gitu. Duh bisa goyah iman.

Atau ambil foto dari atas, ala ala instagram gitu pasti sering liat dong. Tapi kalau mau dapet foto kayak gitu kalian wajib berdiri, bahkan kalau perlu naik ke atas kursi biar makin maksimal hasilnya. Malu sih pasti, apa lagi kalau cuman sendirian. Jadi coba ajak temen kalian aja. Hihii.

Taruh Hiasan Tapi Jangan Terlalu Penuh


Kalau cuman makanan keliatan flat banget, coba tambahin tisu, serbet, atau tangan. Foto makanan juga perlu pendukung, nggak cuman makanan yang jadi objek utama dalam foto lo nanti tapi hiasan juga perlu biar objek nya gak sendiri. Kan kasian dia ngejomblo. :(

Contohnya kayak foto gue di atas, gue ambil foto itu pas International Coffee Day gue foto kopi tubruk dengan alasan buku tentang kopi. Selain itu gue juga sengaja pakai baju dengan bahan kain Sasirangan (khas Banjarmasin) Berhubung International Coffee day gue juga tetep nggak meninggalkan Nasionalisme. *Alesan* *Padahal emang kemarin nggak sengaja aja* Kalau hiasan yang kalian tata dalam foto kurang bagus, kalian harus coba ganti-ganti terus posisi hiasan sampai kalian merasa cukup.

Poles Hasil Foto Dengan Aplikasi Editting

Image result for editing vsco
via kellypurkey.com

Langkah terakhir kalau sudah foto yang diinginkan didapat maka proses yang satu ini nggak boleh kelewat, biar hasil jepretan makin maksimal. Waktunya editi foto lo! Gue sendiri biasanya cuman menggunakan dua jenis editting foto pada smartphone, yaitu VSCO dan Snapseed, udah dua doang.

Gue bisa pakai salah satu editing atau keduanya sekaligus pada satu foto. Edit di VSCO kalau udah pindah dan edit ke Snapseed, kalau dirasa ada yang kurang pindahkan lagi ke VSCO gitu terus sampai dapat hasil yang diinginkan.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Ada juga beberapa masukan yang bagus nih dari para master sense nya Ubi, kayak: Jangan taroh makanan di lantai entar bisa kesepak kan mubazir sayang makanannya kalau hancur dan kotor. Jangan rusak properti walau kadang di cafe tertentu ngasih hiasan bunga asli di atas meja tangan tetep nggak boleh jahil ngehamburn bungannya ya, apa lagi bawa pulang. Resepek sama karyawan ada beberapa cafe yang nggak ngebolehin pelanggan foto makanan pakai SLR, kalau udah gitu tolong dipatuhi ya sebagai warga negara Indonesia yang baik dan saling menghormati.

Dannn.... kalau hasil foto kalian masih jelek, JANGAN MENYERAH!!! Kalian harus coba terus menerus dan lahitan yang banyak yee. Karena tanpa mencoba terus menerus dan salah, kita nggak bakalan bisa jadi lebih bagus lagi. Eaaa~

Udah deh, gue cuman bisa kasih Tips Foto Makanan Pakai Smartphone segitu doang, ilmu gue masih seketek, udah pendek, kejepit pula. Gue yakin yang baca ini juga pasti ada yang lebih expert dibidang foto memoto, jadi yuk tinggalin tips ala kalian di kolom komentar di bawah ya!

Kota Yogyakarta – Ada yang sudah pernah ke Jogja atau kalian yang baca ini sedang tinggal di Jogja? Kita yang pernah sekali saja tinggal atau sekedar berkunjung ke Jogja pasti sepakat, kalau Jogja diciptakan Tuhan saat kata “Pulang” jatuh ke kota pelajar ini. Jogja yang menawarkan keramahan dan kesederhanaan, membuat kita selalu rindu dan ingin pulang.

Meski gue bukan orang Jogja, tapi entah kenapa selalu ada kata pulang ketika gue ingat Jogja. Rasanya gue pengen kesana terus, merasa Jogja seperti kampung halaman dan setiap tahun wajib banget balik kesana.

Nggak salah kalau seorang sastrawan kayak om Joko Pinurbo bilang.

“Jogja itu terbut dari rindu, pulang dan angkringan.”

Waktu dua tahun lalu gue pertama kali ke Jogja teman gue bilang kalau Jogja udah rame banget nggak kayak dulu. Dulu Jogja nggak pernah macet, sekarang banyak orang luar daerah berdatangan mulai dari yang cuman mau sekolah sampai yang mengadu nasip. Ditambah lagi para investor mulai berdatangan, namun kehadiran orang-orang baru tersebut nggak membuat kota ini berubah dan dilupakan begitu aja.

Buktinya aja gue. Rasanya pengen banget pulang.

Ada beberapa alasan kenapa gue selalu kangen Jogja yang mungkin sama kayak apa yang kalian yang pernah tinggal disana juga merasakan, di luar dari kesederhanaan dan keramahannya.

Alasan Kenapa Gue Selalu Kangen Jogja


Surganya Makanan Enak dan Murah

Image result for angkringan jogja
via qraved.com

Siapa sih yang nggak tau sama nasi kucing? Sebongkah nasi yang pulen yang dibungkus daun pisang dan sangat nikmat ini biasanya bersanding dengan sambal dengan isi suwiran ayam, ikan teri, atau potongan hati empedal. Namun yang pasti nggak bakalan cukup kalau cuman makan sebungkus aja. :v

Harganya yang murah meriah bikin mahasiswa nggak bakalan dibikin galau dompetnya walau di bulan tua hihi. Bukan cuman makanan enak dan murah bisa didapat kalau berkunjung ke Jogja, tapi minuman juga. Pas tahun kemarin kesana gue mampir ke salah satu cafe deket hotel, gue kira harganya 30rb ke atas sama kayak di Banjarmasin tapi ternyata cuman 10rb. Kampret jauh banget bedanya padahal brand nya sama aja.


Malioboro Bukan Cuman Untuk Belanja

via indonesia.travel

Mampir ke Jogja rasanya mustahil banget kalau nggak ada wisatawan yang mampir ke Malioboro. Walau gue udah dua kali kesana gue selalu mampir ke sana, nggak harus belanja kadang gue suka iseng aja mampir kesana sambil liat-liat. Keramahan pedagang di sana membuat gue nyaman setiap kali menyisiri parapedagang.

Gue selalu ditawarin tanpa ada pemaksaan, di kota lain kadang suka dipaksa beli kalau lagi liat-liat doang. Kadang juga nggak jarang nemu pedagang yang judes banget, tapi di Jogja kesana kayak gitu nggak pernah gue dapat sekalipun. Menurut gue Malioboro adalah kompleks. Dia adalah sejarah, kenang-kenangan dan rindu untuk siapa saja yang datang.

Alun-alun Kidul dan Kenangan



Yang pernah mencoba melewati dua pohon beringin kembar atau ringin kurung pasti pernah kesal sendiri bercampur bingung kenapa susah melewati dua pohon besar itu. Padahal udah jalan lurus tapi malah belok kemana-mana.

Tips dari gue sebelum mulai menutup mata dan berjalanan melewati dua pohon kembar tersebut, kalian coba bayangin gerbang yang ada di depan kalian. Gerbang keluar alun-alun yang konon kalau ditarik lurus akan menuju pantai parangtritis, bisa membantu siapa saja yang ingin melewati dua pohon kembar tersebut. Mitos aja sih, tapi gue udah coba sampai tiga kali pakai cara itu dan berhasil.

Ada Cerita Hati Yang Tertinggal

via diasporaiqbal.blogspot.com

Jogja bukan hanya soal pulang, bukan hanya soal makanan enak dan murah, bukan hanya soal masyarakat yang ramah, tapi juga menyimpan kenangan manis tentang cerita hati yang belum sempat tersampaikan. Ada senyum manis yang terlukis di antara keramaian Malioboro, ada mata indah yang ramah di antara kerlap-kerlip lampu pasar.

Ahh... Jogja. Jadi hati-hati ya kalau kalian udah ke Jogja dan pergi gitu aja dengan alasan nggak jelas siap-siap hati nya dibikin galau. Haha.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Kayak orang yang gagal move on, gue selalu membanding-bandingkan Jogja dengan kota lain yang sudah gue kunjungi. Kota kecil Jogja selalu istimewa buat gue pribadi, walau kota lain selalu menawarkan wisata yang menakjubkan, namun keramahan dan kesederhanaan Jogja lah yang selalu bikin hati ini rindu dibuatnya.

Kadang nggak harus cantik, perempuan yang sederhana bisa jadi jauh lebih menenangkan.

Kalian ada yang pernah ke Jogja, share di kolom komentar tentang pengalaman menarik atau hal yang bikin kalian suka Jogja dong. Hehe...

Lahir di Solo,sekitar tahun 1963 Himawan Arief Sugono mempunyai berbagai prestasi yang membanggakan, ehh sebentar, Himawan Arief Sugonon itu siapa ? kenalan dulu yuk. Himawan Arief Sugono adalah direktur utama dari Perusahaan di BUMN yaitu Perumnas, mulai memegang kemudi Perumnas pada tahun 2007.

Dibawah kepemimpinannya Perumnas mengalami perubahan yang bisa dibilang drastis. Dimana sebelumnya citra negative melekat erat di Badan Pembangunan Rumah Nasional itu, kini mulai menunjukan citra positifnya sebagai badan yang menjadi penyedia rumah di Indonesia itu, mau kenal lebih dekat dengan Bapak yang satu ini? Oke perhatikan baik-baik yah, karena kita akan menilik lebih dalam untuk mengenal Bapak Himawan Arief Sugoto (profil track record visi misi positif) ini.

Kenal dengan Himawan Arief Sugoto ? kalau belum yuk kenalan dulu, perhatikan biodata dibawah ini yah.

PT. Lenggogeni adalah tempat pertamanya menginjakan kaki untuk memulai karir, menjabat sebagai Drainage Enginer pada project Botabek Urban Development, pada awal karirnya itu Hiwaman berhasil mendapatkan Overseas Experience sebagai Repsesentative & Civil Enggine di Siraishi Corporation Japan General Contruction pada tahun 1990 bulan September sampai pada tahun 1995.

Setelah itu Himawan bergabung dengan PT Prosys Bangun Nusantara pada tahun 2000, sampai akhirnya nih Himawan sampe deh dipuncak kegemilangannya, dengan berhasil menjadi President Director CEO pada tahun 2000 sampai dengan 2007, di Prosys Persada atau Prosys Group, rupanya rupanya kesuksesan nya ini terus berlanjut sampai akhirnya dia menjadi Direktur Utama dari Perum Perumnas. Himawan berhasil membuat Perumnas membaik, dan kepercayaam mayarakat kembali pulih, itu cukup membuat kita memperhitungkan Himawan.

Owh iyah sebagai catatan penting nih, Himawan Arie Sugoto ini ternyata adalah Lulusan dati Institut Teknologi Bandung pada tahun 1990 sebagai Sarjana Teknik Sipil dan mendapat gelar Master in Project Management Universitas Indonesia pada tahun 2001 dengan predikat Cum Laude.

Oke, ingin seperti Himawan Arief Sugitu? Kalap begitu kalian nggak boleh berdiam sendiri saja, dan menanti sesuatu yang sebenarnya nggak pantas dinanti baik disengaja maupun disengaja, misalnya nungguin gajian dipertengahan bulan, yang ada kasbon kali yah, bukan gaji namanya, untuk bisa menjadi manusia yang hebat tentu saya bakalan memerlukan usaha dan keuletan yang tingg, Karena kesuksesan seseorang nggak bisa langsung bim sala bim, tapi ada prosesnya, jatuh bangunnya dan pahit manisnya.

Pernah nggak kepikiran gimana para pnyedia jasa Laundry mendapat keuntungan dari jasanya? Baju kalo dikilo kan bisa sampe berpuluh-puluh tumpuk loh untuk bisa mencapai beratan 1 kilo, jika dicermati lagi, ternyata kebutuhan para penyedia jasa laundry ini yang utama adalah bahan kimia, loh ko bahan kimia? Berbahaya nggak tuh?

Bentar dulu, Bahan kimia disini bertugas hanya untuk membersihkan dan memberi wangi saja, bukan untuk dituangkan di kop pagi hari kamu yah, hehehhe. Owhh iyah Bahan kimia yang dipake sama tukan laundry ini ada 2, yaitu main chemicals sama additive chemicals, atau bisa diartikan sebagai bahan kimia utama dan bahan kimia tambahan,

kegunaannya kalo yang main chemials adalah sebagai deterjen laundry, pelembut juga pewangi, nahh yang berperan menghilangkan noda mebandel ini adalah additive chemicals 

Kamu tau nggak ? ternyata beda loh, detergen yang kita pake sehari-hari sama yang di laundry, apa sih bedanya ? perhatikan yah. 

Kalo di rumah detergen kita banyak mengeluarkan busa, detergen laundry nggak loh. Malah nggak boleh terlalu banyak busa, karena proses pembilasannya tentu saja akan berkali-kali karena busa yang masih banyak menempel, boros air, boros tenaga dan boros waktu juga. Jadi untuk detergen di laundry nggak bisa tuh pake yang banyak busanya. Lagian juga pernah perhatiin nggak harga detergen yang busanya banyak sama yang sedikit? Lebih mahal yang banyak busanya loh. Dan faktor lingkungan juga bisa menjadi alasan kenapa penyedia jasa laundry nggak mau pake detergen yang banyak busanya. 

Kandungan Surfaktan sama Alkali, menurut yang penulis baca sih, semakin banyak jumlah kandungan Surfaktan sama alkalinya, bakalan membuat proses pembersihan semakin cepat, dengan begitu takaran untuk detergen juga bisa lebih hemat loh, dengan sedikit Detergen dari Rinso yang khusus buat Laundry ajah udah dijamin bisa bersihin bertumpuk-tumpuk cucian, ini akan menekan pengeluaran. 

Detergen dari Rinso ini bisa deh membuat para pemilik Laundry mendapatkan keuntangan dari jerih usahanya, karena Detergen Rinso Khusus Laundry ini juga bisa dicampurkan dengan bahan kimia dari Laundry, jadi bisa semakin menghemat, berminat untuk membuka Jasa Launddry ? sedikit Tips untuk memajukan usaha laundry kalian, sebaiknya Main chemicals nya ditambahkan pas finishing ajah biar wanginya berasa gimana gitu, jadi lebih mesra, untuk hasil yang maksimal juga disarankan memakai detergen khusus yang sudah berpengalaman dibidangnya, seperti Detergen Rinso Khusus Laundry ini, Oke deh,sekian dulu artikel dari saya, semoga membantu yah, jangan lupa share.