Yang Terjadi Setelah UN

 yang-terjadi-setelah-un

Bismillah…

Kemarin baru aja selesai ujian, dan gue juga terlibat dalam ujian itu. Emm… maksudnya, gue jadi pengawas UN.  Kepala Sekolah di tempat gue ngehonor, nunjuk beberapa guru di Sekolah, gue termasuk dalam panitia pengawas UN tersebut.

Ini adalah yang kedua kalianya gue mengawas UN, jadi pengawas UN yang kedua ini menurut gue biasa aja gak ada yang aneh.  Berbeda waktu gue mengawas UN yang pertama. Sewaktu gue lagi ngasih kertas tanda tangan buat absen peserta UN, hal absurd terjadi.

Sembari salah satu anak mengisi absen, gue melihat lembar kerja anak tersebut, untuk memastikan tidak ada yang salah ketika dia membulati lembar kerja tersebut.  Dibagian nama gak ada yang salah, dibagian ttd gak ada yang salah, sampai gue melihat pada bagian tanggal lahir.


Entah mata gue yang rabut atau karena masih ngantuk, gue melihat sesuatu yang bikin harga diri gue jadi merendah.  Umur anak ini lebih tua dari gue.  Gue melihat tahun lahir bertuliskan 91, yang artinya lahir pada tahun 1991, ya anak ini lebih tua 3 tahun. Perlahan gue mengalihkan pandangan ke wajahnya, dan . . . muka itu anak lebih tua dari gue.  Selama gue mengawas, mereka sering ribut, gue gak berani negor karena rata-rata muka mereka kayak Preman yang mukanya habis dilindes mobil, udah serem tambah serem.

Oke.  Terlepas dari pengalaman asem gue mengawas UN. Gue mau kasih tahu buat Siswa atau Siswi, Beberapa hal yang terjadi pasca setelah UN berakhir.  Ini gue tulis berdasarkan pengamatan dan pengalaman gue pribadi sewaktu zaman SMK dulu.

BANGUN SIANG
UN adalah ujian terakhir anak sekolah, dan artinya setelah UN kalian gak ngapa-ngapain lagi, tinggal menunggu pengumuman doang.  Karena gak ada yang perlu dilakuin di Sekolah lagi, maka kalian akan sering BANGUN SIANG.  Kalian yang hobi begadang, pasti akan merasa puas banget karena gak harus bangun pagi lagi dengan kelopak mata yang bisa menyimpan kenagan bareng gebetan.  Bisa main game sampai subuh tanpa takut besok terlabat ke Sekolah.

JADI MISKIN
Sebenarnya gue agak heran, sebagian anak selalu pengen libur Sekolah, kalau perlu dalam seminggu itu ada enam hari tanggal merah, biar gak ada lagi PR atau kegiatan belajar.  Tapi dilain sisi ini juga bakalan bikin mereka rugi.  Gak ada Sekolah artinya gak ada uang jajan!  Dan pada akhirnya mendadak JADI MISKIN, sebagian Siswa atau Siswi bakalan mencari pemasukan tambahan, semacam menjual lem ke anak-anak di gang kecil.

JARANG KETEMU: GEBETAN, PACAR, MANTAN, ATAU KAKAK ADEK MODUS
Buat yang punya tambatan hati di Sekolah, momen setelah selesai UN pasti bakalan ngerasa sedih.  Apalagi yang jadian sama adik kelas, gak bisa lagi nikmatin pacaran di Sekolah.  Yang punya gebetan bisa aja gebetanya malah jadian sama orang lain karena jarang ketemuan di Sekolah.  Yang masih sayang mantan pacar bakalan kangen berat.  Yang Kakak Adek modus jadi gak bisa gerpe-gerpean lagi #apaini
Dan buat yang punya hutang sama Ibu Kantin tolong ya dilunasin, jangan mentang-mentang gak ke Sekolah lagi sok lupa hutang deh.  Tunggu… kayaknya gue masih ada hutang juga kemarin. *Pura-pura lupa ingatan*

MAKIN SERING GALAU
Gak ada kesibukan lagi seperti biasanya saat Sekolah, mengakibatkan kalian jadi rentan galau, rentan baper, dan rentan ingat mantan pacar.  Gue sewaktu dulu jujur ini yang gue rasain, apalagi kalau diingat-ingat waktu zaman SMP dulu pas selesai UN gue jarang ketemu si Dia (waktu kami pacaran) gue jadi jarang liat mata indahnya, gue jarang liat senyuman manis dari bibir tipisnya, dan kami jarang ngobrol secara langsung.  Ini mengakibatkan gue jadi gampang curiga atau cemburu sama Dia.

Buat kalian yang punya pacar Adik kelas, siap-siap ya buat putus.  Gue sih gak nakutin tapi KALAU AJA! *evil lol*

Jadi waktu kalian selesai UN ngapain aja nih?
Kalau gue dulu malah rajin inget mantan ngeblog, dan gue juga coba cari uang tambahan sendiri, kayak bantu Mama gue kerja atau waktu itu juga gue sempat kerja dibagian desain gratif.  Ya… itung-itung cari tambahan buat jajan + nunggu masuk kuliah lah.

Gue berharap buat kalian yang baru aja selesai UN khususnya anak SMA/SMK/Sederajat, gue saranin kalian pikir dari sekarang deh, mau kerja atau kuliah.  Gak ada salahnya kita mikir dari sekarang, kalau kalian mau kerja, bekerja di tempat yang emang kalian akhli dibidangnya.  Dan buat kalian yang Kuliah, gue kasih saran untuk cepet-cepet cari info pendaftaran Kampus yang kalian mau, perbanyak relasi.


Ingat nak.  Setelah lulus SMA/SMK disinilah kehidupan kalian bakalan dimulai.  Jangan siasiain hidup kalian cuman buat seneng-seneng! Kasian kedua orangtua kalian yang udah cape-cape banting tulang cuman buat Sekolahin kalian, udah cukup juga kalian nyusahin orangtua dan guru.
Jiwa Guru gue keluar nih ceramah-ceramah hihiii

Apalagi nyia-nyianin hidup buat mikirin mantan yang udah jadian sama orang lain, terus nulis ceritanya di Blog galau, ada yang kayak gitu? ADA BANYAK!

Oya satu lagi.  Gue kemarin baca dimedia online, kalau setelah UN kemarin beberapa anak Sekolah ngdain konfoy di jalanan, mereka kayak udah ngerasa pasti lulus aja, padahal kan pengalaman belum.  Pengalaman gue dulu, sih.  Temen gue yakin banget bakalan lulus, karena dia udah ikutan bimbel + dapet kunci jawaban, tapi apa? GAK LULUS.

Wasallam…


Postingan ini ada juga di nyunyu.com loh.