Yang Terjadi Setelah UN

, , 60 comments
 yang-terjadi-setelah-un

Bismillah…

Kemarin baru aja selesai ujian, dan gue juga terlibat dalam ujian itu. Emm… maksudnya, gue jadi pengawas UN.  Kepala Sekolah di tempat gue ngehonor, nunjuk beberapa guru di Sekolah, gue termasuk dalam panitia pengawas UN tersebut.

Ini adalah yang kedua kalianya gue mengawas UN, jadi pengawas UN yang kedua ini menurut gue biasa aja gak ada yang aneh.  Berbeda waktu gue mengawas UN yang pertama. Sewaktu gue lagi ngasih kertas tanda tangan buat absen peserta UN, hal absurd terjadi.

Sembari salah satu anak mengisi absen, gue melihat lembar kerja anak tersebut, untuk memastikan tidak ada yang salah ketika dia membulati lembar kerja tersebut.  Dibagian nama gak ada yang salah, dibagian ttd gak ada yang salah, sampai gue melihat pada bagian tanggal lahir.


Entah mata gue yang rabut atau karena masih ngantuk, gue melihat sesuatu yang bikin harga diri gue jadi merendah.  Umur anak ini lebih tua dari gue.  Gue melihat tahun lahir bertuliskan 91, yang artinya lahir pada tahun 1991, ya anak ini lebih tua 3 tahun. Perlahan gue mengalihkan pandangan ke wajahnya, dan . . . muka itu anak lebih tua dari gue.  Selama gue mengawas, mereka sering ribut, gue gak berani negor karena rata-rata muka mereka kayak Preman yang mukanya habis dilindes mobil, udah serem tambah serem.

Oke.  Terlepas dari pengalaman asem gue mengawas UN. Gue mau kasih tahu buat Siswa atau Siswi, Beberapa hal yang terjadi pasca setelah UN berakhir.  Ini gue tulis berdasarkan pengamatan dan pengalaman gue pribadi sewaktu zaman SMK dulu.

BANGUN SIANG
UN adalah ujian terakhir anak sekolah, dan artinya setelah UN kalian gak ngapa-ngapain lagi, tinggal menunggu pengumuman doang.  Karena gak ada yang perlu dilakuin di Sekolah lagi, maka kalian akan sering BANGUN SIANG.  Kalian yang hobi begadang, pasti akan merasa puas banget karena gak harus bangun pagi lagi dengan kelopak mata yang bisa menyimpan kenagan bareng gebetan.  Bisa main game sampai subuh tanpa takut besok terlabat ke Sekolah.

JADI MISKIN
Sebenarnya gue agak heran, sebagian anak selalu pengen libur Sekolah, kalau perlu dalam seminggu itu ada enam hari tanggal merah, biar gak ada lagi PR atau kegiatan belajar.  Tapi dilain sisi ini juga bakalan bikin mereka rugi.  Gak ada Sekolah artinya gak ada uang jajan!  Dan pada akhirnya mendadak JADI MISKIN, sebagian Siswa atau Siswi bakalan mencari pemasukan tambahan, semacam menjual lem ke anak-anak di gang kecil.

JARANG KETEMU: GEBETAN, PACAR, MANTAN, ATAU KAKAK ADEK MODUS
Buat yang punya tambatan hati di Sekolah, momen setelah selesai UN pasti bakalan ngerasa sedih.  Apalagi yang jadian sama adik kelas, gak bisa lagi nikmatin pacaran di Sekolah.  Yang punya gebetan bisa aja gebetanya malah jadian sama orang lain karena jarang ketemuan di Sekolah.  Yang masih sayang mantan pacar bakalan kangen berat.  Yang Kakak Adek modus jadi gak bisa gerpe-gerpean lagi #apaini
Dan buat yang punya hutang sama Ibu Kantin tolong ya dilunasin, jangan mentang-mentang gak ke Sekolah lagi sok lupa hutang deh.  Tunggu… kayaknya gue masih ada hutang juga kemarin. *Pura-pura lupa ingatan*

MAKIN SERING GALAU
Gak ada kesibukan lagi seperti biasanya saat Sekolah, mengakibatkan kalian jadi rentan galau, rentan baper, dan rentan ingat mantan pacar.  Gue sewaktu dulu jujur ini yang gue rasain, apalagi kalau diingat-ingat waktu zaman SMP dulu pas selesai UN gue jarang ketemu si Dia (waktu kami pacaran) gue jadi jarang liat mata indahnya, gue jarang liat senyuman manis dari bibir tipisnya, dan kami jarang ngobrol secara langsung.  Ini mengakibatkan gue jadi gampang curiga atau cemburu sama Dia.

Buat kalian yang punya pacar Adik kelas, siap-siap ya buat putus.  Gue sih gak nakutin tapi KALAU AJA! *evil lol*

Jadi waktu kalian selesai UN ngapain aja nih?
Kalau gue dulu malah rajin inget mantan ngeblog, dan gue juga coba cari uang tambahan sendiri, kayak bantu Mama gue kerja atau waktu itu juga gue sempat kerja dibagian desain gratif.  Ya… itung-itung cari tambahan buat jajan + nunggu masuk kuliah lah.

Gue berharap buat kalian yang baru aja selesai UN khususnya anak SMA/SMK/Sederajat, gue saranin kalian pikir dari sekarang deh, mau kerja atau kuliah.  Gak ada salahnya kita mikir dari sekarang, kalau kalian mau kerja, bekerja di tempat yang emang kalian akhli dibidangnya.  Dan buat kalian yang Kuliah, gue kasih saran untuk cepet-cepet cari info pendaftaran Kampus yang kalian mau, perbanyak relasi.


Ingat nak.  Setelah lulus SMA/SMK disinilah kehidupan kalian bakalan dimulai.  Jangan siasiain hidup kalian cuman buat seneng-seneng! Kasian kedua orangtua kalian yang udah cape-cape banting tulang cuman buat Sekolahin kalian, udah cukup juga kalian nyusahin orangtua dan guru.
Jiwa Guru gue keluar nih ceramah-ceramah hihiii

Apalagi nyia-nyianin hidup buat mikirin mantan yang udah jadian sama orang lain, terus nulis ceritanya di Blog galau, ada yang kayak gitu? ADA BANYAK!

Oya satu lagi.  Gue kemarin baca dimedia online, kalau setelah UN kemarin beberapa anak Sekolah ngdain konfoy di jalanan, mereka kayak udah ngerasa pasti lulus aja, padahal kan pengalaman belum.  Pengalaman gue dulu, sih.  Temen gue yakin banget bakalan lulus, karena dia udah ikutan bimbel + dapet kunci jawaban, tapi apa? GAK LULUS.

Wasallam…


Postingan ini ada juga di nyunyu.com loh.

60 comments:

  1. Perasaan dulu pas aku UN malah makin sibuk karena persiapan masuk UMB en SNMPTN.. Jadi alesan mulu ke bimbel, biar dapet duit jajan. Mihihi. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue dulu gak belajar pas mau masuk kuliah bahahahaa

      Delete
  2. hahahaa iyaa dulu selesai UN malah sibuk banget bimbel persiapan SNMPTN dan lain-lain hiks.
    eh tapi salut adit gak ikut coret-coret dulu ya *toss*


    visit My Little Cream Button ♥ Instagram ♥ Bloglovin ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, haha sayang bajunya. Sekalian biar jadi yang beda dari teman yang lain kak :3

      Delete
  3. TOLONG GA USAH BAWA-BAWA KATA "PENGANGGGURAN" YAA!! Hahahaha kampretttt

    Keras ya kehidupan di sekolah ente, bro. Ada yang kelahiran 91 masih ikut UN. Untung kaga dibajak jawaban sama dia hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahahahaaa *evil lol* Mampus km mampusss!

      iyaam nah untung pengawasnya kd dibajak wkwk

      Delete
  4. Aih pak guru berbicara nih. :)
    Haha yang paling ngenes ya itu. Udah asik2 libur, eeh malah jadi miskin. Mau ngapa-ngapain jadi ngga bisa deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyehehe pengaman yg sama ya bang
      emang nyesekin tuh, udah gak ada duit gak bisa kemana mana lagi

      Delete
  5. yang paling seru setelah pengumuman hasil UN dan menerima amplop yang berisi pengumuman lulus atau tidaknya. dan setalh lulus baru konvoi hahaha *jangan ditiru kelakuan gue dulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. baah nakal tahu dah azmi ni cucuk ai jomblo

      Delete
  6. Setelah UN pasti liburnya lama tuh, pastinya bisa ngabisin waktu buat nge-blog. Betul ga? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini... ini nih yg bener hahaha
      makin rajin ngeblog karena nganggur, tapi mikir keras mau beli kuota

      Delete
  7. setelah UN terjadi banget tuh miskin
    bukan miskin lagi tapi udah fakir
    :D :D :D

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. waah makasih banyak, kamu yang ke 119.065 loh yg udah bilang

      Delete
  9. Iya pak, kadang bete jua ay mun kelawasan libur. Apalagi kdd duit -__- hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan curhat rizqi ni sabar kii sabar, mantan km kena bakalan sakit hati jua #apaini

      Delete
  10. ngawasin yang lebih tua, mau negur gak enak, diem aja ntar dikira nahan berak. serba salah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih -__-
      takutnya pas pulang malah dicegat pakai gir sepeda depan sekolah

      Delete
  11. wah tulisannya keren part 2,
    but bytheway itu mengingatkan gue dimana saat UN gue bukannya sibuk belajar melainkan sibuk nyari contekan ya itulah kehidupan SMA gue.

    http://litarachman.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaha dasar penerus bangsa, hmm... kok sama ya, gue juga dulu gitu.
      Jangan jangan kita...

      Delete
  12. ada yang bisa dimanfaatin setelah lulus UN, bisa bikin kegiatan2 positif, event bahkan hal kreatif lainnya. Soalnya ide akan selalu muncul disaat kita merasa sepi dan rindu melanda.... haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. azeeekkk.... Nah ini baru bujur jar pian bang Andrie ai. Jangan gawian galau aja pas tuntung sekolah. Tapi kalau galau nya terus kreatif gara-gara mantan kdpp aja lo bang? *pembelaan*

      Delete
  13. Pak guru, termasuk Pengawas killer atau Semi killer ni
    hehehe
    ..
    kelamaan libur juga bosen
    bosen bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. semi laki-laki bang... #eh

      Nah kan makanya isi waktu luang buat yang bermanfaat dong

      Delete
  14. Paling stuju ttg 'JADI MISKIN'

    Kalau makin sering galau karena nunggu hasil NEM , kalau ka adt galaunya yaaa karena si 'Dia' doang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. err... bagian yang itu bisa gak ya, gak usah disebutin -____________-

      Delete
  15. semoga aku siap dengan, ancaman yang menanti setelah un, yang akan datanh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu harus siap! tulisan di atas memang sangat penting untuk kamu yang akan menghadapi fase setelah UN. Ayo kita kuasai dunia bersama #apaini

      Delete
  16. Setelah UN dulu saya tambah sibuk. Ya sibuk bersih2 rumah, sibuk bersih2 cucian tiap hari, dan sibuk mikirin lulus atau gak.

    -H2O-

    ReplyDelete
    Replies
    1. kisah sibuk yang positive henry ni, padahal sibuk jualan jinet ke kanakan plestek di daerah pramuka bahaha

      Delete
  17. Ada ja typonya wuahahhahaha

    Sama kaaa, ulun kd umpat coret2an jua semalam *yey*

    Hahaha, wah jadi kangen waktu nganggur habis UN kemaren lebih produktif nulisnya. Kalo sekarang -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya itu kd perlu dibahas pang

      Nah kan nah kan curhat wkwk

      Delete
  18. Lah itu gimana bisa tuaan muridnya daripada gurunya?
    Anyway, yang jadi miskin itu benernya kebangetan deh. Gak sekolah = Gak jajan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Entah lah itu gimana ceritanya =..=
      Bahaha ngalami sendiri kan...

      Delete
  19. Setelah UN itu jadi ngerasain bagaimana rasanay jadi pengangguran itu. Ternyata nggak enak, boring banget -._.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan kerja dong! Jual ayam tetangga kek

      Delete
  20. kalo sekolah libur gak dikasih uang jajan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikasih kerjaan rumah iya mungkin ya

      Delete
  21. nah benar nih mending setelah UN itu ngerjain yang berguna misalnya ya jualan atau apalah yang menghasilkan daripada mikirin mantan iya kan pak guru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener bangetttt! Jangan mikirin mantan mulu, apalagi tuh yg regas regas itu, sula nulisanyan mulu

      Delete
  22. bener banget setelah UN pasti banyak galaunya,mikirin ini mikirin itu,hemz ada baiknya setelah UN harus segera memikirkan kelanjutan hidup kita kedepannya ya mas.kalau mau lanjut kuliah harus rajin belajar lagi dan kalau mau kerja mesti cepat-cepat cari info loker yang sesuai dengan kemampuan kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sethuju pakai banget!

      Kalau gak ngapangapain entah gimana masa depan, bisa ancur dong ya apalagi kalau nganggur gak ada yg dikerjain

      Delete
  23. Buseet. Anak '93 ngawas UN veteran. Bhahahak!
    Songong banget tu anak-anak udah konvoi duluan~
    Cie yang di post di nyunyu. Kamu keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kampret banget, belum juga lulus udah konvoi. Kalau gak lulus baru tau rasa.
      belum di aprove dev ini sama nyunyu nya huhu

      Delete
  24. ehm , saya suka pesan di foto itu, bikin semangat buat kerja keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong, nanti Raisa nya pergi loh kalau gak sukses haha

      Delete
  25. Setela UN dunia terasa lebih kejam
    #macam ibu tiri

    ReplyDelete
  26. saya setuju dengan kata-kata yang di poto itu :D

    ReplyDelete
  27. Adut oh Adit. Tiap hari, dikau selalu saja menghubungkan segala topik ke cinta dan mantan. Ada apakah gerangan? :p

    jadi profesor cinta aja, dit. Hahaha...

    ReplyDelete
  28. aku dulu abs UN trs pengumuman pasti coret2an ahahahaha

    ReplyDelete
  29. setelah UN dulu aq ngapain ya...?
    kayaknya nganggur gitu...
    daftar kuliah gak ada yg diterima krna gak ada niat.... eh gak ada biaya...
    :P

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D