Seperti yang kita tahu, cara berpakaian cewek dan cowok itu berbeda jauh banget. Pernah gak sih kalian mengamati teman cowok atau bahkan teman cewek kalian? Memang sih ya keliatannnya cowok dan cewek itu beda banget, cara berpakaian cowok yang terlihat simple berbeda dengan cara berpakaian cewek yang terkadang sedikit ribet.

Bukan hanya soal itu. Waktu yang digunakan untuk dandan pun sudah berbeda banget. Cowok kalau mau dandan nggak ribet, cukup pakai pomade rapiin rambut terus pakai parfume. Lalu cewek? Bikin alis aja bisa sampai dajal datang,

Nah kali ini kita akan sedikit bahas perbedaan cowok dan cewek dalam bergaya pakian. Hmm... apa aja sih perbedaan cowok dan cewek dalam hal pakaian ya, yuk simak dulu:

1.Warna

people kids girls boy children fashion clothing model candy smile happy friends

Pernah gak sih kalian memperhatikan dalam hal warna pakaian, Kebanyakan cowok dan cewek itu beda banget guys! Coba deh kita perhatikan kebanyakan baju cowok warnanya yang netral-netral aja kek warna hitam, cokelat, abu-abu atau bahkan warna biru jeans. Kalo cewek gimana? Kadang ada sih beberapa cewek yang memakai warna kalem juga, tapi juga gak sedikit yang berpakaian dengan menggunakan warna ngejreng mentereng. Mungkin alasanya biar jadi pusat perhatian kayaknya ya. Hmm...

2.Harga

dark tree hand bill money dollar

Dalam hal harga, ternyata juga ada perbedaan loh! Jangan kalian sangka baju cowok yang terlihat simple terkadang ternyata susah untuk mendapatkan harga yang murah. Sedangkan pakaian cewek ternyata banyak banget yang modelnya keren tapi dapat dibeli dengan harga murah. Wih, pantes ajakan kalo cewek sekali belanja langsung banyak. Ya, gue sih kemarin tahu nya dari si mantan. Uhuk...

3.Model Pakaian

people woman girl brown hair reading magazine fashion

Coba kalian perhatikan model pakaian cewek dan cowok. Model pakaian cowok yang paling dikenal kaos, yang membedakan paling cuman warnanya sama desain doang. Kalau cewek banyak modelnya mulai dari dress, blazer, cardigan, dan pokoknya masih banyak sebutan lainnya yang bikin gue bingung sendiri terkadang bedainnya.

4.Mix and Match

people man woman guy girl sitting talking cap fashion clothing

Meskipun pakaian cewek banyak modelnya, warna warni seperti pelangi, tetapi ternyata justru paling susah kalo udah urusan mix matchnya guys! Misalnya nih udah pakai baju warna biru, tentunya para cewek terkadang harus bongkar lemari buat ngecocokin sama jilbab mereka, celana. Ribetkan?

Nah, kalau cowok sih gampang aja. Apalagi dengan baju mereka yang disertai warna-warna simple malah terkadang gak terlalu ribet buat mix and matchnya, karena warna simpel mau dipadu padankan dengan warna apapun patsti cocok ya, hahaha.

Sebenarnya sih masih banyak ya perbedaan cara berpakaian cowok dan cewek selain yang gue sebutin diatas. Menurut gue sih cowok itu gaya berpakaiannya paling simpel. Beda banget sama cewek yang super ribet dan terkadang buat tampil gaya berhijab aja mereka kudu searching diyutub-yutub cara memakai hijab segi empat modern. Kalo menurut kalian sendiri apa aja sih bedanya selain yang gue sebutin? Tuliskan dikolom komentar ya….

Anda pernah mengunjungi Kota Manado? Kota yang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata bertaraf internasional ini seharusnya menjadi salah satu bagian dari daftar rencana liburan Anda kali ini. Apalagi iburan akhir tahun sudah di depan mata. Anda bisa mengawali dengan menyusuri wisata alam yang beragam di wilayah ibu kota propinsi Sulawesi Utara ini.

Kota dengan semboyan Torang Samua Basudara ini tak hanya memiliki pesona alami yang disuguhkan di Taman Laut Bunaken saja lho, masih banyak destinasi wisata indah lainnya yang wajib Anda sambangi. Tak harus mengeluarkan biaya berlebih untuk bisa menikmati semua pesona wisata alamnya. Anda akan bisa tetap menikmati liburan Manado murah dengan menyimak ulasan pilihan tempat menarik di Manado berikut ini:


Danau Tondano

via youtube.com

Danau ini menawarkan keindahan alami yang dihasilkan dari letusan Gunung Purba. Berada di ketinggian 600 mdpl, lokasinya tak terlalu sulit untuk dijangkau. Apalagi lokasinya yang tepat diantara beberapa gugusan pegunungan seperti Gunung Kaweng, Tamusu, juga Gunung Masarang menjadikan wilayahnya semakin eksotis saat melihat pemandangan di sekitarnya. Bahkan keindahan laut Maluku bisa Anda saksikan di sini lho.

Tak hanya menikmati keindahan alamnya saja, Anda bisa mencoba beragam aktivitas di wilayah danau ini. Salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan adalah menyusuri danau dengan sebuah perahu motor. Di sekitar danau akan terlihat beberapa nelayan yang tengah melakukan aktivitas menyebar jaring untuk menangkap ikan, juga di keramba di area danau tersebut. Biaya menaiki perahu motor ini relati terjangkau, yakni hanya sekitar Rp50.000 saja.

Anda juga bisa menikmati olahan Ikan Betutu yang lezat setelah berkeliling danau. Ikan Betutu adalah salah satu jenis ikan paling banyak di wilayah ini. Jika Anda penasaran, langsung saja kunjungi tempat ini segera ya.


Arung Jeram Sawangan


via seputarsulut.com

Arung jeram menjadi satu kegiatan menantang bagi setiap orang saat berwisata. Kota Manado menjadi salah bagian wilayah Indonesia yang menyediakan destinasi wisata yang memicu adrenalin ini. Arung Jeram Sawangan adalah lokasi wisata yang menyediakan wahana jeram dalam tingkatan ke-tiga dengan jarak tempuh sekitar 9 km dengan waktu 2 jam. Adapun spot awal arung jeram ini berada di Desa Sawangan, tepatnya di Resort River Park. Anda harus menempuh jarak sekitar 6 km dari Terminal Airmadidi.

Sebelum mulai melakukan atraksi permainan ini, sebaiknya pastikan semua perlengkapan telah siap, termasuk pelampung, helm dan semua keperluan untuk menopang keselamatan Anda. Semua perlengkapan dan kebutuhan untuk arung jeram ini dapat Anda sewa di kawasan obyek wisata.

Jika Anda tertarik mencobanya, langsung saja menuju ke Desa Sawangan yang ada di Kecamatan Airmadidi. Obyek wisata satu ini buka setiap hari dengan tarif mulai Rp150.000 untuk peserta berjumlah 7 orang dan juga Rp180.000 per orang untuk peserta tim yang berjumlah 4 orang.

Pantai Malalayang

via ardiyanta.com

Pantai yang terletak di ujung bagian selatan Kota Manado ini juga perlu Anda kunjungi. Hal menarik saat Anda mengunjungi laut adalah pesona keindahan taman bawah lautnya. Begitu pun dengan Pantai Malalayang ini, destinasi wisata bahari di Manado semakin lengkap saat mengunjungi lokasi Pantainya. Beragam biota laut, termasuk ikan dan koral aneka jenis dan warna juga bisa Anda temui di sini.

Keunikan lain pantai ini ialah banyaknya batu-batu hitam yang menyerupai tekstur batuan di sungai yang ada di sepanjang bibir pantai. Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga cukup aman dan nyaman untuk melakukan wisata keluarga di sini. Selain tempat yang nyaman, berlibur ke Pantai Malalayang hanya membutuhkan sedikit biaya karena harganya relatif terjangkau.

Harga yang terjangkau juga bisa Anda nikmati saat melakukan diving. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sewa peralatan yang diperlukan untuk diving, sedangkan kebutuhan mengenai perahu tidak diperlukan karena spot dive ada di dekat pantai.

Tentu Anda tak ingin melewatkan kesempatan ini bukan? Cukup datangi saja pantai Malalayang ini, apalagi lokasinya sangat dekat dengan pusat kota, hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit dengan berkendara untuk sampai lokasinya.

Pantai Malalayang menjadi pilihan utama saat berwisata bahari di Manado, selain hemat, wilayahnya juga sangat aksesibel untuk dilalui.

Selamat menikmati liburan menyenangkan!

Setelah berbulan-bulan gue baru aja bisa bikin video #TanyaBlog hmm... kira-kira ada yang masih ingat sama program yang gue bikin ini nggak ya? Gue sendiri sempat lupa kalau kemarin bikin program ini. Ya mohon dimaklumi, Bapak Guru mudah kalian ini terlalu sibuk di Sekolah dan terlalu sibuk ngebahagiain Dia (mantan pacar). Bahahaha...

Yang belum tau apa itu #TanyaBlog silahkan klik ini.

Seperti yang sudah gue jelaskan sebelumnya di dalam video #TanyaBlog setiap satu orang penanya gue bakalan bikin satu video khusus, biar gue bisa fokus ngejawab satu pertanyaan. Namun berhubung udah hampir basi banget pertanyaannya, jadi di video #TanyaBlog perdana ini gue langsung aja jawab beberapa pertanyaan dari teman-teman blogger di dalam satu video.

Dan di #TanyaBlog yang perdana ini gue ngajak Rizqi Alam salah satu Blogger Banjarmasin yang tergabung dalam Pena Blogger Banua buat bacain beberapa pertanyaan dari teman-teman blogger, yang mengirimkan pertanyaannya langsung dari komentar blog ini beberapa bulan lalu.

Video ini sudah beberapa minggu lalu gue upload tapi baru sekarang sempat bikin postingannya. Maklum, hari-hari gue belakangan terlalu sering buat ngebahagiain Dia. Heheheee....

*BODO AMAT DIT! BODO AMAT!”

Oke, jadi langsung aja. Kira-kira pertanyaan siapa yang gue jawab, apa ada pertanyaan dari kalian?


Nah itu tadi video #TanyaBlog perdana gue. Semoga jawaban yangsudah gue kasih buat kalian yang bertanya cukup jelas dan mudah dipahami ya. Jangan lupa untuk dipratekkan juga.

Dan untuk kalian yang mau tanya soal blog ke gue, bisa tulis pertanyaan kalian ke kolom komentar di bawah ini ya. Bisa juga kirim ke email atau mention gue di twitter dengan hashtag #TanyaBlog nanti insya Allah akan gue jawab pertanyaan-peratanyaan kalian lewat video.

Dari Banjarmasin yang diguyur hujan bersama kenangan yang tak pernah terlupakan. Gue tunggu pertanyaan kalian! (~^^)~

Sudah baca tulisan gue tentang “Teruntuk Kalian Yang Sulit Menabung” belum? Kalau belum baca aja dulu ya, kali aja bisa bermanfaat untuk kalian yang lagi belajar nabung. Dan tulisan kali ini bisa dibilang salah satu cara menabung atau tambahan dari tulisan sebelumnya.

Jadi ceritanya sabtu kemarin komunitas blogger dari Banjarmasin yaitu Blogger Banua dan Pena Blogger Banua diundang dalam acara Manulife untuk berkenalan dengan MAMI. Etsss... Bukan mami mami yang itu ya haha. MAMI disini adalah Manulife Aset Manajemen Indonesia yang merupakan bagian dari Manulife.

Kebetulan kemarin gue yang ngurus untuk bawa teman-teman blogger ikut diacara itu. Oiya, sebelumnya gue minta maaf ya buat temen-temen blogger, acara kemarin sebenarnya kan mulai jam satu lewat, tuh. Tapi gue bilang acara dimulai pukul dua belas siang. Dan gue sendiri datang baru jam satu hahaha... Maap kan saya.

Acara dibuka oleh mba-mba MC yang gue berasa kenal tapi lupa pernah ketemu dimana, kami diminta untuk ngetwiit acara tersebut dengan hashtag #KlikMAMI dan #SekarangAja. Gue kira setelah acara dibuka langsung ngebahas MAMI tapi ternyata kami dapat hiburan stand up comedy oleh Paris Fatiah.


Ngerti aja nih Manulfe kalau siang-siang kami butuh hiburan yang bisa bikin mata melek haha.

Setelah cukup puas dengan jokes kampret dan pecah dari Paris, mba-mba MC memanggil pembicara utama dalam acara tersebut yaitu Pak Putut.

Mungkin kalian yang baca ini sepakat, kalau denger nama Manulife pasti yang terpikir adalah asuransi, bener? Yap, gue juga mikir gitu kemarin. Tapi ternyata acara dari Manulife ini bukan membahas soal asuransi tapi disini kami para blogger belajar tentang investasi dan bagaimana cara berinvestasi lewat Reksa Dana Manulife melalui 3 langkah sadar(Insyaf, Irit, Invest).


Dan kali ini gue akan coba ngasih tau kalian tentang 3 poin tersebut, biar kalian sadar betapa pentingan memiliki investasi untuk masa mendatang.

Sadar Bahwa Grafik Kebutuhan Hidup Semakin Meningkat

Gue masih ingat banget, dulu waktu masih sekolah dasar sekitar dua puluh tahun lalu gue dikasih uang jajan cuman Rp 3.000 dan itu sudah cukup banyak banget, gue bisa jajan apa aja sampai kenyang. Tapi itu udah dua puluh tahun lalu.

Lalu adik gue si Nanda sekarang aja dia sehari disekolah bisa ngabisin uang sampai Rp 30.000 kampret! Selisihnya 100% bro. Mau nggak mau, sadar nggak sadar, semakin lama kita berpijar di dunia maka semakin tinggi juga biaya hidup kita.

Bertambahnya usia kita tentu berbanding terbalik dengan sisa usia produktif yang kita miliki. Jadi untuk mempersiapkan kebutuhan dimasa mendatang kita wajib banget untuk sadar (insyaf) dan mempersiapkan dari sekarang.

Sama Kayak Hubungan Harus Tahu: Mana Yang Kamu Cuman Ingin Dan Yang Mana Kamu Butuhkan

Kita pasti pernah liat satu barang lalu pengen punya, lalu dengan berbagai cara seperti menabung atau minjem uang untuk membeli barang tersebut pun dilakukan. Pas itu barang udah ada, malah nggak terlalu digunakan dalam sehari-hari, lalu pelan-pelan ditinggalkan tanpa kepastian. Sakit tau... sakit...

Oleh sebab itu kata Pak Putut hidup irit penting banget untuk mempersipkan masa depan. Gue bener-bener kesentil ketika beliau kasih contoh soal nongkrong di cafe sambil ngopi-ngopi ganteng. Anggap aja ngopi sehari Rp 30.000 terus dalam seminggu ngopi 5x disana, dan jumlah uang kalau ditotal Rp 150.000 kalikan lagi 4 minggu, Rp 600.000 bro! Buset...

Kata mantan gue sih kemarin ngasih tau “kakak kalau mau ngopi di cafe boleh-boleh aja, tapi jangan keseringan. Kan ngopi di rumah juga bisa.” Ya Allah baek banget punya mantan yang perhatian kayak gini. Uhuk... Irit adalah harga mati!

Memanfaatkan Dana Yang Lain Untuk Menabung di Masa Mendatang

Untuk memperispkan masa depan atau masa tua kita, menggunakan uang tabungan atau memanfaatkan uang pensiun mungkin bisa aja kali ya. Tapi gue berani jamin, pasti ada-ada aja pengeluaran dadakan diluar itu semua. Nggak usah mikir terlalu jauh, kita yang masih muda gini aja sering banget ada pengeluaran dadakan. Hedeh...

Nah acara kemarin gue dapat sedikit pencerahan. Jadi salah satu cara untuk mempersiapkan hari tua bisa dimulai dari sekarang dengan cara investasi bro. Memang sih kalau udah main invest kadang ada untung ruginya, tapi kalau kita tahu cara mengelola dan nggak salah tempat hal kayak gitu pasti bisa banget diminimalisir.

Di mana ya tempat berinvestasi yang mudah, aman, dan lengkap? Reksa Dana Manulife jawabannya. Kalian yang mau belajar investasi bisa banget, bahkan untuk pemula kayak kita-kita ini bisa dimulai dari Rp 100.000 saja. Reksa Dana Manulife dikelola oleh para orang yang ahli dibidangnya, jadi kita nggak harus memantau setiap saat.


Acara Manulife kemarin membuat kita-kita para blogger jadi tahu banget harus gimana mempersipkan masa tua, biar nggak ngerepotin anak juga. Jadi, apa kalian sudah mempersipkan masa depan?

Huaaaahhhhh! Akhirnya gue bisa nulis dengan tenang. Iya, nulis dengan tenang. Karena tulisan-tulisan gue sebelum adalah tulisan deadline, gue ngejar beberapa tulisan dengan waktu yang super sempit di tengah daftar kerjaan yang jerit-jerit minta cepet dikerjain. Hmm... sok sibuk banget.

Tulisan kali ini murnit curhat, bukan curhat yang ada iklannya. Hehe... Gue sadar sih, blog ini berumbah banget dari apa yang gue inginkan pertama kalin. Dulunya gue berniat ngeblog cuman buat kesenangan tanpa ada keinginan menghasilan duit, itu prinsip yang gue pengang. Dulu.

Dan sekarang gue juga harus jujur, kalau kita sebagai manusia yang punya rasa nafsu juga gak bisa menghindar dari duit. Dan makin kesini juga gue makin sadar, bahwa duit dan mantan adalah hal yang paling sulit untuk dihindari.

Oiya... Btw, kalian apa kabar? Masih musuhan sama mantan? #eh

DASAR PAYAH! DASAR LEMAH!

*Digebukin*

Oke, maap...

Kali ini gue mau curhat tentang kegiatan gue belakangan yang bikin kewalahan, yang bikin gue kadang suka nggak konsen, dan kadang bikin gue jadi nggak bisa ngurus persoalan hati #tsahh. Kalian yang baca ini mungkin pernah mengalami apa yang juga gue alami dan mungkin punya solusinya kayak apa, jadi gue minta saran ya di kolom komentar entar gimana cara mengatasinya.

Kalian Tahu Gimana Rasanya: Lagi Tidur Nyenyang Tiba-tiba di Telepon Orang Pagi-pagi?

tired benedict cumberbatch sleep star trek into darkness you should have let me sleep
via giphy.com

Maksudnya gini... di tempat gue ngehonor gue jadi wali kelas, kadang ada aja siswa yang nggak bisa masuk sekolah tanpa keterangan gara-gara lupa kirim surat. Dan untuk menanganinya gue suruh orangtua mereka (siswa) untuk yang mau izin atau lagi sakit, buat nelepon gue dan ngasih tau mereka nggak bisa masuk sekolah.

Nah disini masalahnya. Jadwal gue masuk mengajar biasanya agak siangan, otomatis kan gue pasti memberdayakan waktu pagi yang indah itu buat tidur nyenyak sampai agak siangan, semenjak menerapkan sistem tersebut, setiap pagi gue harus siap menerima telepon dari orangtua siswa yang anak nya minta izin gak bisa masuk sekolah.

Gue ngomong dengan penuh keramahan dan sok nggak ngantuk. Padahal dibalik itu gue sambil rebahan, iler kemana-mana belum dibersihini, kadang juga sambil garuk-garuk pantat.

                “Halo pak adit?”
                “Iya bu saya sendiri, ada apa ya?”
                “Ini pak anak saya izin nggak bisa masuk sekolah, lagi ada acara keluarga pak.”
                “IBU BUAT APA MINTA IZIN. INI HARI MINGGU IBU. HARI MINGGU...”

Tidur gue nggak pernah bener-bener nyanyak.

Ngerjain Tugas di Dalam Tugas

The Paley Center for Media frustrated type working typing
via giphy.com

Saking banyaknya daftar tugas yang menunggu untuk diselesaikan, belakang gue sering banget ngerjain tugas di dalam tugas. Nah loh gimana tuh?

Jadi gini... gue dapat deadline tulisan yang harus diselesaikan waktu itu juga, sedangkan disaat itu gue juga harus mengajar di kelas. Jadi gue sering banget ngakal kalau udah kayak gini.

Ketika lagi mengajar gue sengaja pakai LCD proyektor dengan memanfaatkan 2 layar disatu laptop gue. Satu layar yang dikonek ke proyektor tampil di depan kelas dan siswa gue suruh nyatet materi dari sana, sedangkan layar satunya lagi gue pakai buat nulis dan tampil di layar laptop gue doang.

Bingung? Jangan kan kalian, gue yang habis nulis dan baca ulang kalimat di atas barusan juga bingung.

Kaya tulisan ini aja, gue kerjain pas lagi ngajar di kelas...

Jadinya belakangan siswa lebih cenderung mencatat materi dari pada praktik pas jam gue. Maaf kan Bapak mu ini nak, Bapak nyari uang tambahan buat segelas kopi dan ngumpulin uang buat ngelamar anak orang.

Ngajarin Siswa Nge-Blog

Di sekolah gue ngasih materi tentang blog, jadi siswa gue tugasin buat bikin blog mereka sendiri dan menulis tentang mereka untuk tulisan yang pertama.

Beberapa dari mereka memang ada yang tertarik buat mendalami blog dan sebagian lagi? Ya, you know lah ada juga yang seadanya doang. Tapi setidaknya dengan gue mengenalkan dan menyuruh mereka bikin blog minimal mereka jadi tahu sedikit tentang blog.

Harapan besar gue sih ada regenerasi dari Pena Blogger Banua haha... Karena jujur aja, khususnya di Banjarmasin susah nemu orang yang bener-bener suka ngeblog, padahal ada banyak banget keuntungannya. Walau kegiatanya cuman nulis tentang kegalauan atau curhat doang.

Oiya, ada salah satu siswa gue bernama Bima yang keliatan tertarik dengan blog. Jadi kemarin tu anak minta diajarin soal desain dan mau belajar khusus, ya gue seneng aja ada siswa yang kayak gini, terus gue suruh ke rumah buat belajar sore-sore.

Dan kalian tahu apa? Gue kira cuman Bima yang datang atau paling-paling dia ngajar temen sebangku buat belajar. Tapi yang terjadi... hampir separuh dari kelas datang, mungkin lebih tepat gue bilangnya satu geng dari mereka datang.

Oke, gue seneng banget dan ngerasa cukup bangga kalau siswa gue datang banyak dan mau belajar lebih jauh lagi tentang blog. Tapi yang kampretnya mereka datang diwaktu yang nggak tepat.

Dia lagi datang ke rumah, kami lama nggak ketemu, kangen? Pasti lah. Kami lagi asik ngobrol dan tiba-tiba mereka datang bergerombol kaya orang demo 4 november kemarin!

Nak... tolong biarkan guru mu ini bahagia ketemu mantannya sebentar.

Btw, kunjungin dan tinggalin komentar di blog pertama mereka ya. Maklumin kalau desain sama tulisan masih berantakan bahahaa... Bima, Irfan, Amin, Izmi. Cuman ini yang gue liat lumayan blog nya, entar gue update lagi atau gue kasih tau dipostingan baru kalau ada yang bagus blog nya.

Dan sebenarnya, ada banyak lagi yang bikin gue terlau sibuk kayak contohnya gue yang lagi sibuk kordinasi event, web komunitas, soal ulangan semester belum selesai dibikin, dan ngurus DIKLAT PMR di SMP. Kesibuk-kesibukan ini juga sampai bikin gue jadi lupa, lupa apa yang pengen gue kerjain. Ketika gue mau ngerjain kerjaan A, tiba-tiba kepikiran kerjaan B, gue ngerian kerjaan B dan lupa kalau tadi mau ngerjain kerjaan A. Gitu terus sampai mantan mau putusa sama pacar nya dan balikan lagi ke gue. Mustahil...

Gue sebenarnya udah nggak tahan dari kemarin pengen banget mengarang indah kayak gini, tapi karena deadline artikel job lah yang bikin jadi bingung ngatur jadwal posting, jadwal posting gue jadi berantakan.

Jadinya gue harus nulis ini disela-sela mengajar. Hmm...

Tapi setidaknya disini gue jadi sadar, bahwa kesibukan membuat gue lupa tentang gimana rasanya ditinggal.