Belakangan gue sering ketemu teman lama, mulai dari teman sekolah sampai teman yang ketemu karena hobi. Perbincangan remeh temeh mulai dari ngobrolin soal kerjaan, gosipin cewek cantik di sekolah, sampai ngomongin teman-teman yang udah pada merried.

Obrolan a la teman lama baru ketemu pasti asik banget, tapi saat ngobrolin hal serius tentang usaha zaman sekarang yang lagi tren banget, yaitu Startup, malah banyak teman gue yang nggak tau soal bisnis yang lagi tren beberapa tahun ini. Mungkin kalian yang baca ini juga belum tau sama Startup? Tenang gue akan jelaskan.

Apa itu Startup ?


Startup adalah sebuah perusahaan rintisan yang berbau teknologi seperti website atau aplikasi yang dapat diunduh pada smartphone. Di Indonesia sendiri bisnis startup sebenarnya sudah cukup lama ada, hanya saja istilah startup baru-baru saja di dengar.

Contoh Bisnis Startup


Sebenarnya kayak apa sih rupa startup ini? Sekarang coba nyalakan smartphone kalian lalu lihat ada aplikasi apa saja yang sudah kalian download, tanpa disadari kalian sudah menggunakan jasa mereka dalam kehesarian kalian. Contoh startup antaralain OLX, BukaLapak, Traveloka, Go-Jek, dan lain sebagainya. Mereka adalah startup yang sudah tidak asing lagi di bumi Pertiwi ini.

Nah, mereka itu adalah sebuah perusahaan bisnis yang awalnya dibangun dengan modal dan karyawan yang pas-pasan, namun seiring berjalannya waktu dan bisnis kecil mereka mulai dilirik perusahaan. Nggak jarang para startup ini mendapatkan modal mulai dari para investor di Indonesia sampai penanaman modal asing yang berani menyuntikkan dana segar kepada mereka sampai ratusan juta.

Tapi perlu kalian ingat, bisnis kreative yang di awali sembuah pemikiran “sederhana” ini dibikin nggak sembarangan. Kenapa gue bilang kayak gitu?

Gini... bikin startup gak kayak bikin warung pisang goreng, dimana lo tinggal pasang tenda di depan rumah, terus menyiapkan peralatan memasaknya,membeli bahan-bahan buat bikin pisang goreng, pisang nya di goreng, lalu bisa dijual dan dapat uang. Enggak segampang itu.

Ditelinga anak muda mungkin bisnis startup terlihat keren banget tapi nggak sedikit loh orang yang mencoba bisnis ini ujung-ujungya bangkrut. Ya, karena itu tadi, bikin startup nggak kayak buka usaha warung pisang goreng. Karena semuanya butuh perencanaan yang matang dan perjuangan yang berlika-liku.

Setelah perkenalan tentang startup ini di postingan selanjutnya gue akan kasih tau beberapa hal yang harus kalian perhatian kalau mau bikin startup, agar kalian yang mau coba bisnis kreative ini bisa mempertimbangkannya lagi. Wait for the next post!

Gue masih ingat, sewaktu masih SMP kado ulang tahun apa yang pertama kali gue kasih untuk cewek yang punya senyuman termanis di kelas. Gue kasih dia boneka kelinci warna pink, ada pita di kepalanya dan bantal berbentuk hati yang dipegang kelinci abis kena penyakit kulit itu. Dan gue juga masih ingat, kemarin belinya nitip sama Mama. Hmm...

Dengan usia yang boleh dibilang kencing aja masih belum bener, gue udah naksir cewek dan kasih kado ulang tahun. Saat itu gue benar-benar nggak tau harus kasih kado apa buat cewek yang gue taksir, sewaktu SD setiap kali ada undangan teman yang ulang tahun gue cuman kasih buku tulis dan pulpen.

Tapi setidaknya masa SMP gue mengalami peningkatan waktu ngasih kado ulang tahun, ya walau pun nitip sama Mama. Lalu saat memasuki bangku SMK di kelas tiga awal tahun 2012 gue bikin sendiri kado ulang tahun, sebulan sebelum ulang tahun Dia gue udah beli perabotan buat kado dan membuat nya sendiri, berharap kado bikinan pertama gue itu bikin si mantan klepek-klepek. Iya, kalian nggak salah baca, gue ngasih kado ulang tahun buat Dia sang mantan pacar yang waktu itu punya pacar. Kado pertama yang dibuat sendiri dan untuk mantan pacar... :’v

Yang penasaran cari aja sendiri artikelnya hehehe.

Kado Ulang Tahun

Makin dewasa gue jaki makin tau dan mengerti kira-kira kado ulang tahun apa yang cocok diberikan untuk orang tersayang. Kali ini gue mau share pengalaman yang gue punya soal kasih kado ulang tahun, karena nggak sedikit teman-teman gue yang bingung mau kasih kado apa buat pacar nya.

Pernah teman gue si Udin tanya tentang kado apa yang bagus buat dikasih ke pacarnya, kalau minta saran sih biasanya gue bakalan kasih tau tapi kalian jangan sampai kayak si Udin. Pacarnya yang ulang tahun gue yang dikasih uang buat beliin kado. Kan kurang ajar. ( “-_-)

Dan harus gue akuin cowok adalah mahluk yang paling bingung kalau mikirin kado apa yang mau dikasih buat orang yang dia sayang, kami akuin itu. Tapi tenang-tenang para kaum cowok, setelah membaca artikel ini gue harap kalian sudah nggak bingung lagi karena gue udah melakukan penelitian dan percobaan juga, agar kado ulang tahun yang akan kalian berikan berkesan buat dia di hari spesial.

Hobi Dia Bisa Jadi Patokan

Seated Woman Pulling Sewing Pins from Box
via www.pexels.com

Kalau kalian bingung harus kasih kado ulang tahun apa buat si pacar, hal paling gampang adalah melihat apa hobi dia. Setiap orang tentu punya hobi yang berbeda-beda, nggak mungkin dong kalian nggak tau kebiasaan dan hal apa yang paling disenangi si dia.

Kalau dia senang jalan-jalan menikmati alam bebas, memberikan kado tas atau sendal khusus traveling pasti sangat beruna buat dia. Setiap kalian mau jalan dia selalu lama di depan cermin, menghadiahkan make up produk wardah pasti dia seneng banget. Dia senang memasak? Bungkus dalam kotak yang cantik satu celemek dengan motif lucu, biar setiap memasak dia selalu ingat lo.

Lihat Tokoh kartun Yang Paling Dia Suka


Nah ini, cewek sedewasa apapun pasti punya tokoh kartu lucu yang dia sukai. Lo yang bingung kasih kado apa, tinggal lihat perabotan dia aja. Biasanya ini bisa dilihat dari case smartphone,  gantungan kunci, atau sarung bantal yang dia punya.

Dari sana lo tinggal mencari barang yang ada tokoh kartun kesukaan dia aja. Misalkan dia seneng sama tokoh kartun lucu kayak Rilakkuma, lo bisa beliin dia baju tidur, boneka, atau sepatu dengan gambar Rilakkuma. Barang-barang lucu kayak gitu kadang emang susah-susah gampang untuk didapat, tapi buat nyenengin hati dia biar tambah sayang memang butuh pengorbanan, broh!

Cari Tau Barang Yang Sedang Dia Butuhkan

via  www.aliexpress.com

                “Kalau aku sih kado paling spesial itu kado yang emang aku butuh, terus ditambah balon warna lucu sama bunga mawar satu hektar. Ihh... pasti so sweet banget!” Icha Khaurunisa – 22th.

Itu bunga mawar satu hektar mau diapain? -..-“

Mau nggak mau kita sebagai cowok wajib hukumnya peka sama apa yang cewek butuh, susah ya cewek mau nya di pekain mulu. kapan kalian peka sama kami juga kapan?! Hmm... Tapi jangan kejebak, lo harus tau apa yang dia mau sama apa yang memang dia butuhkan. Biasanya sih kalau cuman kode itu cuman apa yang dia mau.

Mencari tau barang yang sedang dia butuhkan bisa lo liat dari kesehariannya. Misalnya dia sedang belajar menjahit, kasih kado ulang tahun perlengkapan buat menjahit pasti dia seneng banget. Ulang tahun dia berdekatan dengan waktu sidang skripsi, bantu dia ke perpustakaan cari buku referensi, kalau bisa lo yang gantiin dia sidang sekalian. Tapi kalau dia butuh nya pacar baru, lo tau apa yang harus dibutuhkan? Kasih dia tali, ikat dia, lalu seret di tengah jalan. :v

Bikin kado ulang tahun sendiri

Brown Thank You Card on Pink and Blue Small Bottle
via www.pexels.com

Sesederhana apa pun kado ulang tahun yang lo buat dengan tangan sendiri, cewek yang pasti akan jauh lebih menghargai usaha yang lo kasih buat dia. Nggak usah kasih barang yang mahal, kumpulan foto dia yang dibingkai tersusun acak di tambah sedikit pita warna-warni pasti lebih berkesan.

Atau kalau lo punya banyak waktu, bikin video stop motion menurut gue lucu juga. Ada banyak sebenarnya kado ulang tahun yang bisa lo kasih ke dia, tapi kado piling indah sih biasanya; lo datang ke rumah dia bareng orang tua lo dan bilang mau meminang dia hehee.


~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Jadi kalian punya ide apa soal kasih kado ke orang tersayang? Buat yang cewek boleh dong tulis di kolom komentar kado apa yang kalian butuhin sekarang, kali aja gebetan kalian baca. Hahahaa.

Ngasih kado ulang tahun yang spesial buat orang tersayang emang wajib, biar hubungan kalian jadi tambah romantis. Nggak mesti pas ulang tahun juga sih kalau mau kasih kejutan, biasanya cewek justru lebih suka dapat kejutan-kejutan kecil nggak terduga dari cowok nya.

Terus kalau ngasih kado ulang tahun buat mantan pacar, boleh? Nggak ada yang salah, tapi kalau lo punya pacar, pasti sih dia cemburu berat. Kalau mau kasih diam-diam aja bro... #Eh

Nggak masalah kasih kado ulang tahun ke mantan, asal jangan lo temenin mantan pacar beliin kado buat pacar baru nya aja. Hih! Siapa tuh kayak gitu, dasar cowok! Udah bantuin dia beli kado buat pacar dia, kena tilang lagi.

Ketika Anda tinggal di kota, Anda ingin sebuah rumah yang cocok. Mendaratkan sebuah hunian di Surabaya yang Anda nikmati merupakan pencapaian yang besar, terlepas dari jenis harga mana yang Anda bayar. Apakah Anda menemukan sesuatu yang murah atau mahal dalam rumah impian Anda, faktanya adalah tidak ada yang bisa berkata tidak untuk menabung.

Lebih baik lagi, jika Anda memiliki anggaran, membuat rumah baru Anda kelihatan mewah dari aslinya itu mudah dengan beberapa tips. Dengan pendekatan ruang menggunakan mata yang lihai dan melakukan beberapa penelitian, Anda bisa mengembangkan rumah Anda dengan anggaran untuk keindahan dengan beberapa langkah cerdas. 

1. Pahami Dasarnya

Dasar dari desain cerdas yaitu setan ada dalam detilnya, terlepas di negara mana Anda berada dan tahun berapa. Untuk dekorasi interior berarti sesuatu yang sangat spesifik. Indonesia Design menyarankan bahwa salah satu kunci untuk mendesain sebuah rumah mewah yaitu mengenai perencanaan tata ruang, perhatikan bahwa daerah seperti Surabaya telah mengalami pertumbuhan populasi, tapi belum tentu meningkatkan ruang.

2. Sisihkan Uang saat Berada dalam Kemewahan

Jika Anda memiliki kemewahan belum tentu berarti Anda harus membayar untuk itu. Saat Anda membuka RumahDijual untuk perumahan murah di Surabaya, terlepas dari apa yang Anda temukan, Anda bisa yakin kalau Anda bisa mengubah ruang apapun yang Anda sewa atau beli. Saat Anda mempertimbangkan rumah Anda, ingatlah bahwa style itu mengenai naluri dan intuisi, daripada semata-mata memiliki uang. Sementara kemewahan sering didefinisikan memiliki yang terbaik dari yang terbaik berdasarkan penampilannya, pasar dekor interior saat ini justru memproduksi barang secara masal membuatnya seperti salah satu jenis item. Oleh karenanya, jika Anda tinggal di sebuah rumah murah dan lebih suka sebuah hunian yang bisa membantu menyisihkan dana Anda, maka sebuah pendekatan ruang sederhana dengan desain dalam pikiran merupakan cara terbaik untuk memastikan sekeliling Anda tetap tampak mewah.

3. Sentuhan Sederhana

Mengetahui bagaimana dan dimana menambahkan barang dalam dekor interior Anda sangatlah penting untuk memproyeksikan desain avant-grade. Seperti halnya dengan banyak ekspresi seni, contohnya mode atau dekor, menjadi cerdas lebih penting daripada menjadi kaya. Sebuah contoh dari perumahan mewah yang menggunakan sebuah taktik tipuan sederhana untuk menimbulkan kesan kemewahan adalah sebuah rumah di Bali yang disorot oleh Home Designing, dipilih karena penggunaan cangkang telur putih dan tumbuh-tumbuhan hijau yang menarik. Dalam hal ini, memiliki interior putih dengan sekelompok tumbuh-tumbuhan hijau merupakan hal yang sederhana dan murah. Tampilan ini merupakan hasil perjalanan sederhana ke toko besi untuk mendapatkan cat putih dan pusat taman untuk mendapatkan beberapa tumbuhan hijau. Bahkan jika keindahan ini tidak menarik bagi Anda, hal itu menawarkan sebuah pelajaran berharga: sentuhan sederhana jauh lebih efektif dalam memproyeksikan suasana dan style tertentu daripada furnitur mahal. Taktik pintar lainnya untuk menyelesaikan ruang yang Anda inginkan yaitu dengan pergi ke toko barang bekas atau jalanan untuk menemukan barang-barang vintage. Meskipun tidak selalu dianjurkan untuk mengambil furnitur dari jalanan tanpa mengetahui siapa yang membuangnya atau tanpa meminta ijin, intinya adalah interior pilihan yang benar-benar unik datang dari mengumpulkan furnitur dan dekor dengan cara yang nonkonvensional. 


4. Permadani Merupakan Sesuatu yang Inovatif

Jika semuanya gagal, beralihlah ke permadani. Permadani merupakan salah satu penyelamat terbaik untuk kesalahan interior atau berubah menjadi sesuatu yang hambar. Jangan takut akan warna dan pola, pertimbangkan saja ukuran permadani Anda. Jika Anda sedang menyelesaikan sebuah ruang makan, contohnya, area permadani harus cukup luas untuk menutupi tempat dimana meja berada dengan perkiraan space satu kaki dari tembok ke ujung permadani. Di lain pihak, jika Anda memiliki sebuah kamar tidur dengan kualitas yang nyata, sebuah permadani dapat memberikan keajaiban. Permadani memiliki ukuran dan warna yang berbeda dan dapat dipesan secara online maupun secara langsung. Permadani merupakan contoh sempurna dari detail yang tranformatif untuk ruangan dengan biaya rendah. Tergantung dengan keindahan apa yang ingin Anda dapatkan di sebuah ruangan, apa yang sangat penting yaitu warna. Bahkan jika tembok Anda berwarna putih, mengetahui aksen dan palet apa yang Anda inginkan di sebuah space sangatlah penting untuk mengambil keputusan. Jika Anda tidak ingin sebuah permadani biru besar di ruang makan Anda, contohnya, maka buatlah keputusan lebih dini mengenai jenis permadani apa yang benar-benar Anda inginkan. 

Surabaya merupakan salah satu daerah paling utama untuk tinggal di Malaysia. Kesibukan kota metropolis yang dipenuhi dengan belanja dan restoran ini merupakan salah satu hal bagi penduduk asli maupun penduduk asing dambakan untuk memiliki atau menyewa properti. Bagaimanapun, apa yang Anda bayar untuk sewa tidak berarti setuju bahwa rumah kelihatan jelek. Dengan memilih aksen cerdas, dekor tegas, dan mengekpresikan kepribadian unik Anda dalam space Anda, Anda akan yakin untuk membuat sebuah rumah yang memiliki tampilan tersendiri yang akan Anda nikmati bertahun-tahun ke depan. 

Mungkin semua cewek pasti sepakat kalau rata-rata cowok adalah mahluk yang paling susah peka. Kalau sudah keluar kalimat kayak gini “Pikir aja sendiri” maka otak para cowok akan mengalami kontraksi cukup berat yang menyebabkan kerusakan di beberapa sel. Sudah tau nggak peka masih aja mau di pacarin sama cowok. Hih dasar cewek!

Buat kalian para cowok walau pun kadang susah memahami kode-kode cewek, karena kadang emang bahasa kode mereka lebih ribet dipahami dari pada bahasa Yunani kuno. Tapi kalian jangan sampai nggak tau kode atau ciri-ciri hubungan akan berakhir.

Sesuai dengan pengalaman dan curahan hati beberapa teman-teman, kali ini gue mau kasih tau ciri-ciri hubungan akan berakhir. Jangan sampai kalian yang sedang menjalani hubungan apa lagi yang baru pertama pacaran, nggak tau kalau lo dan dia akan mengalami fase paling menyakitkan, yaitu; perpisahan.

Ciri-ciri Hubungan Akan Berakhir

Contoh di bawah ini nggak mesti ciri-ciri hubungan akan berakhir yang harus di pahami buat para cowok, tapi juga berlaku buat cewek. Karena seperti yang kita tau, dunia ini sudah hampir kiamat, nggak sedikit cowok yang mulai bertingkah seperti bidadari.

Keluar Kalimat “Kita break dulu ya”

via www.vemale.com

Yang pertam harus kalian tau tentang ciri-ciri hubungan akan berakhir adalah ketika pasangan kalian meminta break. Secara etimologi orang yang meminta break atau pisah sementara waktu adalah salah satu ciri yang harus kalian waspadai.

Break atau pisah sementara waktu cenderung terjadi karena salah satu pihak ada yang mengalami fase bosan, bisa jadi karena hubungan yang monoton. Tapi menurut gue, bosan dalam hubungan yang berakhir perpisahan bukan jadi alasan untuk mempertahan kan sebuah hubungan. Bukan kah cinta harus saling menerima apa ada nya?

Kalau udah pasangan lo minta break mungkin lo bisa kasih, tapi sepakati dulu waktu untuk menjalani hari-hari tanpa dia sampai berapa lama. Jangan kasih waktu break satu tahun atau satu dasawarsa.

Sengaja Membuat Masalah Yang Nggak Penting

via doktercinta.info

Ciri selanjutnya hubungan akan berakhir adalah sengaja membuat masalah yang nggak penting. Mungkin sesekali nyari masalah wajar aja karena biasanya dia minta perhatian, berbeda kalau terlalu seringan.

Misalkan disebuah toko elektroni.

                “Sayang, tolong liatin dong harga tv led samsung aku mau liat mesin cuci dulu.” Kata si cewek meminta ke pacaranya.

                “Iya sayang, bentar ya.”

Setelah selesai melihat harga yang diminta cewek nya, si cowok nyamperin.

                “Sayang... tadi harga nya mulai dari dua jutaan sampai tujuh juta ke atas.”

               “HAH! APA!” si cewek kaget dengan ekspresi mata mau keluar “Kok mahal banget! Kamu tuh ya, nyari yang mahal-mahal harusnya cari yang paling murah biar hemat. Itu tv atau kucing anggora! Mahal banget, pensil alis aku aja nggak nyampe segitu harganya...”

Otak si cowok mulai mengalami kontraksi berat.

                “Kalau jadi cowok itu harus hemat dong, entar kamu gimana beli make up aku hah! Kamu mau aku keliatan jelek. Mau aku pakai spidol buat gambar alis aku?! MAU?!”

Nggak lama si cowok dijemput maha kuasa.

Melanggar Apa Yang Disepakati

via www.bintang.com

Yang terakhir gue nggak akan bahas panjang lebar, karena gue yakin banget kalian pasti tau dan bisa merasakannya sendiri. Dalam sebuah hubungan mau tidak mau suka tidak suka pasti akan ada sebuah perjanjian yang harus disepakati secara tersirat.

Mulai dari yang simpel kayak sepakat nggak akan mention dengan isi rayuan ke orang lain, sampai sepakat nggak akan berhubungan lagi sama mantan pacar. Oke yang nomer dua menurut gue paling menyedihkan. Ya, wajar sih, tapi coba lah dewasa, ini sama artinya kayak lo memaksakan seseorang buat memutus tali silaturahmi. Pasti ngerti dong hukum nya.

Intinya jangan pernah melakukan kesepakatan atau komitmen kalau pada akhirnya kalian tidak bisa menepati. Kasian orang-orang yang punya harapan besar. :’)

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Harusnya ketika merasa sudah tidak nyaman dan kata bertahan tidak bisa dilakukan lagi, maka membicarakan hubungan kalian berdua secara baik-baik adalah pilihan yang menurut gue paling tepat. Karena dalam segi bahasa, hubungan adalah kesinambungan interaksi antara dua orang.

Duh... sory ya, maklum mantan anak Komunikasi. :’v

Bukan kah yang menginginkan sebuah hubungan adalah kalian berdua? Jadi sebaiknya jangan ambil keputusan sendiri ya.

Ada banyak teman gue yang pada akhirnya menyesal setelah mengakhiri hubungan mereka secara sepihak, dengan alasan yang sebenarnya masih bisa dibicarakan lagi berdua dan tentunya harus dalam keadaan kepala yang dingin, karena kita sama-sama tau emosi nggak akan berakhir dengan baik.

Terkadang urusan kantor, kampus, rumah atau teman tongkorngan sedikit banyak pasti akan berdampak pada komunikasi hubungan kalian.

Pernahkan lo kesal gara-gara dosen di kampus, terus malah melimpahkan kekesalan itu ke orang yang kalian sayang? Gue berani jami pasti pernah.

Jangan sampai deh hal yang kayak gitu terjadi lagi, toh kalau emang kalian lagi kesal sama dosen di kampus bilang aja langsung ke dia, insya Allah pasangan yang baik pasti akan mengerti dan paham bagaimana kodisi kalian saat itu. Jangan sampai sebuah “komitmen” rusak hanya gara-gara miscommunication dia juga berhak tau masalah yang lo hadapi.

Lebih baik jujur dari pada membuat alasan konyol dan menyembunyikan masalah yang sebenarnya. Ingat ini; Dia yang sayang kamu pasti akan berfikir keras tentang hubungan yang berakhir dengan kejanggalan.

Karena kedewasaan sangat dibutuhkan dalam sebuah hubungan, biar lo dan dia bisa saling "menghargai" dan mengerti satu sama lain.

Satu hubungan yang diawali dengan baik juga harus diselesaikan dengan baik-baik.

Jadi... Hai, kamu apa kabar? :D