Relationship



Agustus //


Beberapa waktu lalu gue berkomentar di satu Instagram seorang teman – yang dulu pernah dekat – namanya Eka. Gue melihat foto dia bersama teman-temannya di depan tugu kota Muara Teweh, kota dimana gue lebih sering menikmati bully’an di Sekolah ketimbang kebahagiaan yang seharunya anak seusia gue waktu itu rasakan.

Eka seorang atlit voli dia sempat mewakili Banjarmasin dalam beberapa pertandingan besar, meski badanya tidak terlalu tinggi tapi dia cukup jago dan punya pukulan cukup keras. Ya, gue pernah jadi korban smash kerasnya, niat mau block bola yang ada muka gue gak selamat. Gue sempat koma tiga jam.

Setelah beberapa kali membalas komentar, Eka menulis satu komentar yang membuat gue diam sejenak dan memilih untuk tidak membalas “Kapan meet up lagi?” gue gak mau muka ini bedarah lagi.

Merubah diri kamu demi seseorang adalah ciri hubungan tidak sehat.


****

Maret //

Waktu gue mengisi acara di Martapura, dua indra di tubuh gue tidak berfungsi sebagai mana mestinya, mulut gue cuap-cuap ke arah seluruh peserta sedangkan mata gue lebih sering menatap seorang perempuan berkerudung coklat dengan baju terusan berwarna hitam menutupi seluruh tubuhnya. Terkecuali wajahnya yang tenang dan sejuk kayak ubin musholah, dia seorang santri namanya Sizka.

Gue sempat tukeran pin BB waktu itu, karena jarak dan keadaan yang gak membungkinkan buat gue ketemu Sizka, akhirnya kami cuman sering bertukar kabar di BBM. Saling mengomentari status atau foto yang di update.

Kegiatan itu terus menerus terjadi sampai beberapa bulan dan sampai akhirnya gue bosan, selalu gue yang memulai obrolan dan akhirnya gue memiliki untuk berhenti menghubunginya.


Hubungan tidak sama seperti permainan catur.

****

Januari //

Sejak ikut ke kondangan seorang teman di SMK, sejak ikut merayakan ulang tahunnya, dan sejak itu juga gue mengumpulkan keberanian untuk menyampaikan sebuah hati yang dulu diam-diam hanya berani menatap Chery yang melewati kelas gue.

Sejak saling bertukar cerita dan bertemu, gue sering menemani dia belanja, gue sering mendengarkan curhatanya yang selalu diulang-ulang, dan gue juga sudah terlalu sering mendengarkan kelabilannya saat belanja. Chery selalu menceritakan hubungannya yang gagal dengan seseorang, tanpa sadar tidak memberikan gue sedikit ruang untuk menyelipkan hati yang pernah terpendam ini.

Setelah berbulan-bulan gue sadar, gue bukan orang terdekat untuk dia, gue sering melihat display pictur Chery yang bergonta ganti. Pasangan.

Pasangan yang baik bukan pasangan yang mirip kartu perdana kuota sekali pakai, habis masa tenggang langsung dibuang.


****

September //

Bantuin mantan pacar beli kado buat pacarnya yang baru, mungkin terdengar sangat bodoh. Gak jarang gue dapat komentar atau ceramah singkat kayak “Ngapain sih masih komunikasi sama mantan, kan dia udah bikin kita sakit hati!”.

Semua orang boleh punya pendapat masing-masing toh yang menjalani ini dia sendiri, terus bagai mana dengan gue? Gue cuman pasang telinga saat mendearkan ocehan mereka dan memberikan senyuman tipis saat mereka selesai berucap.

Bagi gue mantan juga manusia, bukan seperti saat lo menjalin hubungan dengan dirinya lo ngerasa kalian sama-sama dari bumi, dan setelah kalimat putus terucap kalian ngerasa kaya beda dimensi.

Kalau dalam Agama gue sebagai muslim, silaturahmi tetap harus dijaga, kalau lo emang benci karena perlakuan atau sifatnya yang pernah buat lo sakit hati bencilah karena alasan itu, bukan orangnya. Semua orang berhak mendapatkan maaf, tapi ingat, balikan sama mantan juga bukan hal yang terbaik.

Gue punya beberapa mantan dan sampai sekarang kami baik-baik saja tidak ada perasaan yang harus dihindari atau pura-pura tidak kenal. Saat usia gue masih belasan, gue merasa sakit hati saat melihat mantan pacar pajang foto sama pacar barunya, tapi sekarang gue malah Alhamdulillah. Itu artinya gue iklhas menerima keadaan.

Saat gue menulis ini, gue baru selesai shooting film kedua, ada satu dialog di film itu yang membuat gue benar-benar tersenyum puas. Gue nggak sadar kemarin nulis dialog di naskah kayak gini, lalu gue berbicara dalam hati “kalau saja gue nggak pernah mengalami patah hati berkali-kali, mungkin bukan dialog ini yang gue tulis”.

Setiap kegagalan memang butuh peratapan. Ingat, patah hati itu sebuah royalti.


****

Oktober //

Moca float dan burger di KFC mungkin sama saja rasanya seperti di tempat-tempat KFC lainnya, tapi menurut gue moca float dan burger di KFC kota Jogja malam itu berbeda, karena dari sana gue punya satu rasa, yaitu kenangan yang manis. Oke, paragraf ini gagal romantis.

Udara dingin dan aroma khas aspal yang baru selesai dibasahi hujan, menjadi moment yang gak pernah gue lupakan. Dan satu cover lagu favorite yang gue putar dari SoundCloud Berawal Dari Tatap dari Bellaohyeah membuat malam itu sangat nyaman di antara bisingnya motor yang lalu lalang.




Lucu bagai mana gue bisa lebih sering mention sok akrap dengan orang yang jujur gue gak terlalu kenal dia. Lucu bagai mana gue lebih mementingkan menunggu balasan mention dia ketimbang mengerjakan pekerjaan gue sendiri, yang menjadi alasan kenapa gue diam-diam harus keluar kamar hotel dari Ayead di tengah malam. Maaf ya yead, hihi.

Sebelum pergi ke Jogja, sebenarnya gue punya banyak pertimbangan salah satunya karena anak-anak sudah mau ulangan semester dan project film pendek yang memaksa minta cepat diselesaikan. Tapi bulan itu Tuhan berbisik dan menggoda untuk tetap menyuruh gue pergi ke Jogja.
Ada sedikit rasa bimbang, tapi akhirnya dari sana gue tahu apa skenario Tuhan.

Seandainya gue gak ke Jogja mungkin gue gak akan memaksakan diri untuk membuka laptop di KFC pada tengah malam itu untuk menyelesakan beberapa kerjaan, mungkin gue gak akan membuat mention dengan gambar di tweet itu, dan mungkin saja seadainya sedetik saja gue terlambat mempostingnya, gue nggak akan pernah tahu ada yang memendam lama perasaannya cukup lama. Bahkan terlalu lama.


Jauh sebelum ini dan jauh sebelum kamu mengenal aku.

Aku sudah jatuh cinta sama kamu.



header image: http://www.uthtime.in/

Comments

  1. Wih, mantep nih bikin proyek film pendek. Bener, bener, patah hati adalah royalti. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuman mau cobain yg beda aja bang hhe :v
      Yoiii, harus dibikin royalti haha

      Delete
  2. Ini kayaknya gambar yg pernah diceritakan Deva, hohooo
    Untung lu malam itu ke Jogja ya bang.
    Skenario Tuhan memang indah. hasek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deva yang alay itu ya?
      Hahaa iya untung juga gratis :v

      Delete
  3. Tapi kalo merubah diri dalam hal yang lebih baik kenapa enggak?! :-)

    Bener, mantan juga manusia yang pernah khilaf, sering khilaf bikin salah maksudnya.. emang sebaiknya kita harus berbuat baik sama siapapun termasuk dengan orang yang pernah salah dengan kita... hidup yang baik yah begitulah.. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu sih terkecuali hahaa

      Siip anak pinter. Nama lengkap kamu siapa biar aku kasih nilai A

      Delete
  4. Replies
    1. Nah, Adi... wani banar te suk, jangan bari nilai suk ai jangan.

      Delete
  5. Meski kau kini jauh di sana.. Kita memandang langit yang sama.. Jauh di mata namun dekat di hati.. hahahahahaha..

    ReplyDelete
  6. Balikan ama mantan bukan pilihan terbaik. Nyeseuk~~

    Ok gue mundur. Kesindir gue ╯︿╰

    ReplyDelete
  7. Wah ceritanya bagus, tapi masih banyak typonya. Kan sedih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ciri khas adit itu typo-nya yang bikin sediiih *LOL*

      Delete
    2. Typo sudah jadi bagian dari gaya hidup saya, jadi biasakan lah :v

      Delete
  8. euleheuleeh..
    ini jadiin ftv aja nih rame.
    "Cinta Ku Kesangkut Mention -Mu"

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Nba kalau komen yg bener cape ini nulis, kamu siapa lagi?

      Delete
  10. ternyata panjang juga perjalanan cinta nya ka adit ya. walau panjang yg gagal tapi akhirnya bisa ketemu sama yg pas. sama hubungan yg sehat

    semoga langgeng ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panjang yg gagal...
      Apa itu di maksudnya, jgn umpat2an typo nah sensi aku -___-

      Delete
  11. Semoga langgeng sama yang terakhir..... wuhuhuhuhu

    ReplyDelete
  12. siapapun yg pernah kita kenal lewat pandangan mata ataupun lewat buah bibir semata apalagi pernah singgah di hati semuanya pasti meninggalkan kenangan yg berarti, masalah baik atau buruknya tergantung kita yg menyikapinya

    ReplyDelete
  13. Yang terakhir kok kayak kenal ya. Sama kayak cerita aku soalnya. Jangan-jangan... jangan-jangan lagi :3

    ReplyDelete
  14. iya ya

    kenapa kartu perdana kuota sekali pakai habis langsung ganti ya, nggak di perpanjang?

    hmmmmmmmm

    *Ya elah dibahas*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih menjadi misteri ilahi. Biarkan jimy newtron yang memecahkannya bang...

      Delete
  15. Si adit sekalinya bikin postingan dalem kok dalem amat amat gini yak jadi ikutan baper -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan dalem....
      Maksudnya ini dalem baju, dalem celana, atau dalem apa bang :v

      Kak ayu santai kak santai... yg di komunikasi kah kak? #eh

      Delete
  16. Oh jd ini ya pacarnya Deva yg baru. Emmmm baru tau, smg langgeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue nggak kenal broh, itu deva mana sncak baru ya? :v

      Delete
  17. gue setuju sama yang terakhir :)

    ReplyDelete
  18. Jauh sebelum ini dan jauh sebelum kamu mengenal aku.
    Aku sudah jatuh cinta sama kamu.

    Jadi pengen ngelirik seseorang deh. Tapi sulit..

    ReplyDelete
  19. Dit kata-kata di postingan ini dalam bangeeet siih. Jadi pengen juga bikin tulisan relationship yang pasang surut selama 2015 hahahahahaa *lah ini ngetawain kesengsaraan diri sendiri*
    sukaa quote terakhir "Jauh sebelum ini dan jauh sebelum kamu mengenal aku.
    Aku sudah jatuh cinta sama kamu."
    Selamat menjalankan ibadah umroh adiit.



    My Little Cream Button ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olah kak olah bahahahaa
      Knp papa mengatawakan kegagalan dari pada ditangisi :v
      Itu lain quote dari ulun sebujurnya hihii tp kata2 dari orangnya langsung.
      Makasih kak, doa kan mudahan sampai banjar selamat sekeluarga lah

      Delete
  20. sumpah bikin galau om.
    agustus terus ke maret terus ke januari lagi...
    bang mau dong mesin waktunya :(

    dari komen2 di atas^^^^ kayaknya Deva itu pacarnya ya? baru tau hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kii, lo kalau mau ngejek gue gak harus panggil om juga dong, gue jepit pake gunting juga nih telinga -_-

      Deva itu sncak baru kii...

      Delete
  21. Duh bikin baper tulisan ini :')

    Bujur banar kalimat yg ini "Jangan benci orangnya, tapi benci sifatnya..."

    "Balikan sama mantan bukan hal yang terbaik"...Logikanya sih kalo balikan "udah siap kecewa untuk kedua kalinya? udah siap kehilangan untuk kedua kalinya?"

    Mungkin ada baiknya hubungan sama mantan hanya berteman saja. Kalo jodoh ditangan Tuhan, apa boleh buat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak rapat sawat aja lah mengomen. Baraka'Allah *tebar baras kuning*

      Delete
  22. bang, ane baru pertama kali ni liat nih blog, berarti udah ketemu jodoh tuh bang ceritanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jodoh lo biar kecepetan internet yang nentuin...

      Delete
  23. enak ga sih kena smash bola voli ..????

    ReplyDelete
  24. "Hubungan tidak sama seperti permainan catur."

    Yang itu gagal paham bang :(

    ReplyDelete
  25. ga bisa komen apa-apa nih
    nyentuh banget postingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset nyentuh. Jangan gila ya abis baca ini -___-

      Delete
  26. Replies

    1. G C
      Asmara memisahkan kita
      Dm E Am
      Mengingatkanku pada dirimu
      G C F
      Gelora mengingatkanku
      Dm E
      Bahwa cintamu tlah merasuk jantungku

      Reff:
      Am Dm
      Sejujurnya kutak bisa
      G C.. E
      Hidup tanpa ada kamu aku gila
      Am Dm
      Seandainya kamu bisa
      G C
      mengulang kembali lagi cinta kita
      Dm E Am
      Takkan kusia-siakan kamu lagi...

      Delete
  27. Hazzzekkk
    Dalem benerrr

    Galau mulu lo dit ya ampun
    Lanjutkan!

    :)))))

    P.S.
    is it just me, or you're indeed developing?
    Makin kesini makin bagus diksi sama perumpamaannya dit. Like it. three tuhumbs up ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang ull... lupa pernah komen di postingan ini atau emang sengaja nih :v

      Oke, makasih banyak banggg! :v

      Delete
  28. memang hubungan...tidak sama dengan permainan catur. apalagi permaianan karambol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya... Anda sangat benar, nggak salah, dan emang nggak salah beneran... :v :v :v

      Delete
  29. Postingannya ala bujang banget dit..hehehe.. someday, pian bakal memaknai relationship dalam sudut pandang yang berbeda saat sudah menemukan pasangan abadi #eaaaa #sotoybeud

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aselole~
      Hehhee inggih, mumpung masih bujang. Kaina mun sudah bebini mgalih menulis kaya ngini ulun :v

      Makasih kunjungan nya om ratodi :D

      Delete
  30. oh ternyata selama ini lelaki itu ya dit yang masuk ke kehidupan asmara lo, selamat ya dit akhirnya lo menemukan seorang lelaki yg kelak bisa jd imam lo d masa depan.

    ReplyDelete
  31. Wuhuuuy, untung aja kamu ke Jogja mas :D skenario Tuhan ada-ada aja ya :D

    Langgeng mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuhan memang sutradara tebriak.
      Aamiin, makasih ya bro

      Delete
  32. Pacar deva yang baru ni
    selamat yaa semoga langgeng sampai nikah ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh ini yang sering dibilang kokoh kokoh ya? :v

      Delete
  33. Endingnya bahagia juga ka adit :)

    ReplyDelete
  34. Dit, bidadari nya masih status magang kah ini? Belum pegawai tetap? :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah membaca dan berkunjung, mari berkenalan : Profile Penulis