Curhat Mantan Blogger Galau Yang Dulu Aktif Ngeblog

Beberapa waktu lalu gue kebetulan membuka instagram, iya kebetulan. Karena sekarang gue udah hampir jarang banget buka akun sendiri. Disana gue melihat pemberitahuan tentang postingan yang gue buat dua tahun lalu, pas gue klik ternyata gue diingatkan oleh postingan stories tahun 2018. Sebuah postingan video dengan tulisan #TemanElegi.



Itu adalah acara kumpul dan sharing pembaca buku antalogi puisi pertama gue bersama Dha'il, Lily Diana dan Sajak Lama; Elegi - Pertemuan Adalah Perpisahan Yang Menunggu Waktu. Ternyata sudah lama berlalu entah gimana kabar mereka yang saat itu hadir, tapi semoga selalu baik-baik aja. Nah, dari sana gue juga sadar kalau sudah lama banget engga bikin sesuatu yang spesial, kayak menerbitkan buku atau bikin film.

Wajar aja sih, dari dulu sebenarnya gue sudah menyadari. Kalau waktu yang gue punya semakin kesini semakin berkurang karena gue punya pekerjaan utama, dan setelah menikah waktu yang gue punya lebih banyak untuk keluarga. Tapi ini bukan sebuah masalah.

Karena memang kita semua akan tumbuh dan berubah.

Oiya, Alhamdulillah Arzan anak gue lagi seneng-senengnya jalan karena baru lancar pas umurnya setahun, suka muter-muter kamar. Kayaknya udah cocok kalau Tawaf di Ka'bah.

Oke kembali ke topi curhat.

Kemana Aja Selama Hiatus Ngeblog?

Jadi setelah 2017 dan sampai sekarang pun dalam setahun gue hanya publish beberapa artikel, terutama kalau lagi pengen banget mengeluarkan isi hati dan pikiran. Tapi untungnya, sehari-hari gue masih dekat dengan hobi ini; Menulis.


Kedekatan gue dengan dunia hitam (Kopi) membawa gue berkenalan dengan orang-orang baru;


2016 pertama kali seorang teman pemilik Office Coffee mengajak berkolaborasi untuk kegiatan mereka yaitu Office Coffee Trip sebuah perjalanan untuk mencari tahu dan mengenal kopi lebih jauh. Gue diminta untuk menuliskan cerita tentang perjalanan mereka selama satu minggu di Bali menjelajahi kedai-kedai kopi disana dengan menggunakan sepeda fixie.

Dan kolaborasi itu berlangsung hingga tahun ke empat (Office Coffe Trip #4) dari sanalah gue jadi lebih banyak tahu tentang orang-orang hilir penghasil kopi, bagai mana prosesnya, tantangan dan kesulitan para petani dalam mengelola perkebunan kopi.

Sebuah pengalaman yang menarik walau gue engga terlibat langsung di lapangan, mungkin kalian bisa kunjungi instagram mereka @office.coffee.official atau bisa baca cerita mereka dipencarian instagaram #officecoffeetrip.

Lalu kopi mengenalkan gue pada teman baru yang juga suka dunia hitam ini dan sekarang menjadi partner kerja. Namanya Helmy berprofesi sebagai photography dan videograper. Helmy ngajak gue buat bantuin dia bikin narasi atau kata-kata buat video preweding. Kalian bisa cek instagram @treeways.visual  disana ada hasil dari rangkaian kata mantan blogger galau. Wkk...

Selain membuat narasi untuk video, gue juga disibukkan dengan memelihara akun instagaram orang, atau mungkin lebih akrab dengan sebutan Sosial Media Marketing. Bikin konsep postingan, branding, merancang konsep visual menarik dan teman-temannya. Ribet tapi seru.

Gue pengen banget kalau ada kesempatan dan waktu bikin konten entah bentuk video, podcast atau tulisan yang ngebahas soal cara konsep konten instagram selama satu bulan ke kalian. Siapa tau disini ada juga teman-teman yang ngurusin akun instagram orang, palingga kita bisa tuker info dan pikiran hhe.

Intinya basic gue ngeblog dari 2010 benar-benar kepake sampai sekarang, sebenarnya masih engga menyangka karena gue engga ngikutin zaman banget.

Mungkin kalian blogger lama pasti merasakan bagaimana naik dan turunya dunia blogger. Dulu rame banget awal mulai yang gue rasa saat 2011. Dan saat dunia instagram dan youtube masuk, blog mulai ditinggalkan karena banyak orang lebih suka menonton dari pada membaca.

Tapi percayalah, seperti apapun tulisan yang kita buat akan membekas dikepala seseorang bahkan saat kita udah mati.

* * *

Btw. Sekarang kayaknya dunia blogger udah kemabali ya? Atau gue sendiri yang baru sadar udah rame dari dulu hihi...

Terima kasih banyak kalian yang membaca sampai akhir paragraf ini, jangan lupa tinggalin komentar ya. Gue mau aktif lagi ngebog Insya Allah. Mungkin nanti mau sharing soal Gaya Hidup Minimalis lagi atau Sosial Media Marketing. Kira-kira yang mana yang duluan gue bahas?


Comments

  1. Sosial media marketing deh keknya menarik hahhaha.

    Alhamdulillah typonya kada hilang hilang jualah 😅🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas ja mun kd dibaca, bulikkan ke Iqro 2 tu pang.

      Maheh ini khasnya sudah kenapa lah, mauk banar cosplay kawin tarus pang.

      Delete
  2. emang semua akan berubah ketika berdekatan dengan dunia hitam bang =))

    RT: @adittyaregas Tapi percayalah, seperti apapun tulisan yang kita buat akan membekas dikepala seseorang bahkan saat kita udah mati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini dunia hitam yang mana ya maksudnya :v

      Apa kabar lu? haha

      Delete
    2. "Kedekatan gue dengan dunia hitam (Kopi) membawa gue berkenalan dengan orang-orang baru;" =))

      Kabar luarbyasa!

      Delete
    3. Ohh kopi toh, kirain...

      Alhamdulillah. Nikah kapan kii?

      Delete
  3. Semangat buat ngeblognya, semoga saya bisa kecipratan untuk terus aktif dalam menulis blog.. Sedang proses membangun dan membuat konten yang relevan :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih bro.

      Haha, insya Allah bisa lah asal rajin ketik aja :v

      Delete
    2. Yesss.. rasanya seneng banget sih kalau dari apa yang kita tulis bisa menjadi pengetahuan yang dibawa kemana-mana oleh pembaca.. Rasanya wah banget deh :D

      Delete
    3. Setuju bang. Apa lagi kalau tulisan lama, terus tiba-tiba ketemu orang baru yang ternyata suka baca artikel-artikel kita, pas ketemu dia ngobrolin tulisan-tulisan kita hihi. Rasanya malu tapi seneng wkk

      Delete
  4. Can relate! Bahkan parahnya, bukan cuma jauh dari blog, dari 'menulis' nya jua sekarang serasa berjarak hiks.

    "Memang kita semua akan tumbuh dan berubah"... jelas banar berubah, tapi semuga benar² bertumbuh, yaa.

    Btw yg paragraf terakhir, Gaya Hidup Minimalis pang ka, hehe. Dibanding sosmed marketing, jangkauannya lebih luas karna kayanya lebih banyak orang yg bisa menerapkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jangan jauh dari yang maha kuasa aja anak muda :V

      Tumbuh ke atas lah Hanum jgn kesamping. Eh, tapi km kdusah ke atas lagi udah tinggi jua...

      Insya Allah. Hhe, tapi ada kalo lah baca tulisan Gaya Hidup Minimalis yang sudah dipublish?

      Delete
  5. Aku ngeblog udh sejak 2004, ganti2 platform, sampe akhirnya setia dgn yg skr :). Walopun banyak yg udh beralih ke YouTube, tp jujur buatku blog masih segalanya mas. Aku tipe orang yg suka membaca dan menulis drpd menonton video. Ga tahan kalo hrs nonton terlalu lama video YouTube gitu :D.

    Jd aku pribadi nih, biar aja orang2 beralih semua, dan mungkin blog jd sepi, Krn buatku blog ttp sarana nyalurin hobi nulis. So aku masih akan trus menulis pengalaman traveling dan kuliner ku di blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset 2004... Saya tahun itu aja engga tau kalau komputer tabung bisa internetan :'v

      Setuju saya hihi. Menulis itu kaya refleksi diri, kalau udah selesai menulis rasanya tenang gitu kaya tiduran di masjid hihi

      Salam kenal ya mba :D

      Delete
  6. Jadi kangen tulisan-tulisan lu yang penuh typo. Sekarang udah kebapakan sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, usia emang engga bisa boong mas nuel :v

      Delete
  7. gw aminin ya dit semoga arzan gedwnya bisa tawah beneran dan sampai tanah suci, amiiiiiiiin :XD

    iya gw ingat banget dulu si adit kan yang pwrnah bikin buku itu hahahhahah...

    ya benar dit, dinamika dunia ngeblog antara dulu dan sekarang kurang lebih bisa gw rasakan..gw kangen jaman itu dimana pada saling kunjung dan haha hihi dwngan tulus tapi rameew...sekarang entah deh...mungkin bagi sebagian blogger yang asyik iya...tapi ada sebagian lagi yang uda robah haluan ga suka saling kunjung kayak dulu...ya masing masing mungkin ada beda pattern ngeblognya kali yak

    btw keren banget loe dit, jadi banyak fawean yang dulunya berangkat dari modal nulis di blog sekarang uda bisa ngrekap projek instagram sesebrand, podcast dan lainnya. Bagus sih...gw masih di sini sini aja blom bisa upgrade akun selain blog, lebih tepatanya uda ga memungkinkan waktunya hahhahaha

    sepeda fixie tuh kek gimana ya. buru buru gw googling langsung

    tapi kalau gw ga bisa nyeblung gw dunia hitam, soalnya lambung gw suka rewel kalau minum kopi kopian...even itu cuma kopi sachetan sih hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah... Makasih loh do'a nya hhe

      Iya hihi. lama banget udah itu buku mah.

      Gue juga sempet kok diposisi masih publikasi tulisan diblog dan engga blogwalking, alasanya lebih karena waktu sih. Tapi kalau sengga gue juga kunjungi blog orang dan tinggal komen, walau engga di koment balik juga :'v

      Alhamdulillah, sambil mengisi waktu luang dan nyalurin hobi juga sih Gus. Lu emang belum bisa upgrade platform karena mungkin waktu yang kurang, tapi bisa update blog terus-terusan gila sih gue kagum banget. Iri gue cuy.

      Itu loh kaya bilah lidi sepedanya.

      Wah perlu gue edukasi nih kayanya hihi.

      Delete
  8. Pantes pas ngeliat nama Adityaregas, otak gue langsung kayak "Kayaknya pernah kenal deh, pernah baca tulisan-tulisannya dulu", yagasi?. Btw, semangat buat ngeblog dan sukses dalam karirnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah, masih ada aja yang inget gue *sujud sukur*

      Happy blogging mas, semoga aktif kembalii juga ngeblognya hehe

      Delete
  9. Bisa dibilang blogger legend ya mas hihi. Salam kenal dari blogger baru masuk SD hihi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka mba haha. Baca komen atas deh ada yang 2004 :'v

      Delete
  10. Salam dr mantan penghuni grup FB Blogger Banua. Dari sisi monetize org juga pada malas. Pejawan dikuasai media besar semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah siapa ne wkwkk

      Makin sulit lah makin kesini. Mudahan ada yang memudahkan pemburu dolar kena. Aamiin...

      Delete
  11. halo dit, aku aja lawas kada update blog hahahahaha

    kangen banar lwn dunia ngeblog dulu wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah Iyakah ku kira aktif aja masih hhe

      Pelan-pelan kayanya kawa aja tapi kd kawa jadi yg utama lagi :v

      Delete
  12. Setelah membaca tulisan ini, makin terasa rindu nulis untuk di blog. Waktu memang membuat kita tumbuh dan berkembang, tapi dunia hitam (kopi) selalu bisa membawa ke dimensi lain.

    Salam dit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat datang pak. Yok nulis lagi yo bisa :v

      Delete
  13. Halo blogger galau senior
    Hahaha

    Aku juga pengen jadi blogger galau, karena biasanya isi tulisan aku di dominasi sama tulisan2 kegelisahan karena mungkin itu topik yang paling gampang untuk dituliskan..

    Welcome back yak

    Blog tambah rame sejak pandemi deh, karena traffic aku melonjak sejak pandemi, tapi sekarang udah mulai turun lagi hikhikhik

    ReplyDelete
  14. ayo nulis lagi pak blognya bagus banget ini

    ReplyDelete
  15. wahhh seneng ya bisa collab dalam sebuah perjalanan dan ada kaitannya sama dunia hitam atau kopi tadi, aku sukaaaa.
    di Jawa sini terutama banyuwangi yang aku tau, ada beberapa temen juga yang pegiat dunia kopi tapi nggak pakai sepeda hehehe
    aku dulu sempet hiatus juga, selama setahun kayaknya. intinya waktu itu lebih ke merasa nggak punya waktu, padahal diisi sama main main terus hahaha
    ayok mas adit balik nulis lagi, biar rame isi blognya

    ReplyDelete
  16. pengen ikutan biar semangat ngeblog lagi

    ReplyDelete

Post a comment

Terima Kasih sudah membaca dan berkunjung, mari berkenalan : Profile Penulis