Ciyus Miapah?

, , 28 comments



Indonesia adalah Negara yang berkepulauan, memiliki beragam suku dan bahasa. Ngomong-ngomong soal bahasa sangat banyak di Negara kita ini beragam bahasa, ada bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa banjar, dll. Sampai-sampai di daerah pedalaman sendiri memiliki bahasanya sendiri-sendiri, contohnya bahasa Dayak.


Beragam bahasa di Indoensia digunakan, dan seiring berkembangnya jaman ditemukan bahasa 4L@Y. Perpaduan antara huruf, angka dan simbol. Ini semacam bahasa yang digunakan sebelum bahasa romawi kuno akut dikenal. Tentunya dijama sekarang bahasa 4L@Y sendiri sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun karena bahasa 4L@Y dinilai terlalu berlebihan, sekarang bahasa 4L@Y mengalami perubahan. Walaupun sudah tidak menggunakan huruf, angka dan simbol lagi, tapi ini lebih parah dari bahasa 4L@Y sendiri. Contoh bahasa yang belakangan sekarang yang sering digunakan remaja salah gaul adalah ciyus miapah?

Arti dari kata ciyus miapah, ciyus yang artinya serius dan miapa yang artinya demi apa. Kepopuleran kata ciyus miapah sendiri sampai-sampai digunakan oleh provider kartu perdana di Indonesi.

Asal kata ciyus miapah sendiri masih ghoib, gak jelas asal katanya siapa yang memulai. Salah satu teman gue bilang dia pertama kali tahu kata ciyus miapah dari twitter, ada juga teman yang lain bilang dia nemu dari sebuah novel.

Sebuah situ mengatakan, kata ciyus miapah berasal dari salah satu forum terkenal di Indonesia yaitu KASKUS. Yang kemudian merambat didunia sosial media seperti twitter, facebook, dll.
Ini gue punya komik strip yang lumayan lucu tentang ciyus miapah.




FOTO

Adakah yang tahu siapa penemu sebenarnya kata ciyus miapah? huehehe


~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Selamat hari Blogger Nasional (27 Oktober) dan hari Sumpah Pemuda (28 Oktober)

minta pendapat + komentarnya juga tentang tulisan yang ini: Potongan baru (Dibalik C[d]erita Anak Magang) 
 

28 comments:

  1. emang Indonesia orangnya kreatif-kratif semua sampai ketemu kata kayak begituan. Gaul sih gaul, tapi gaul sama gagu bedanya sedikit lo.

    selamat hari blogger nasional.

    ReplyDelete
  2. bahasa musiman paling, ntar juga dilupakan dan berlalu dengan bahasa baru lainnya. :D

    ReplyDelete
  3. Setelah perkawinan huruf, angka, dan simbol. Terus galau, terus wow-wow itu. Sekarang ini. 4lAY emang ngga ada matinya :|

    ReplyDelete
  4. Kalo ada orang yang ngomong ciyus/miapa, rasanya pengin jepret mulutnya pake karet. :))

    ReplyDelete
  5. ciyus? miapah? lol =))))
    yang gambar, yang tengah gak ngerti ._.v tapi ngakak XD *-_-*

    ReplyDelete
  6. aku jg punya pengalamn ttg klaimat ini. beneran gak ngerti awalnya. hahah

    http://www.ajavasisme.com/2012/10/ciyus-miapah.html

    ReplyDelete
  7. Orang Indo memang jagonya bikin istilah alay...buruan dipaten, sebelum diklaim Malaysia...

    ReplyDelete
  8. generasi 4L@Yyyz terkadang harus dibudakan dit buat nambah khazanah kekayaan budaya indonesia #nglantur hehe

    ReplyDelete
  9. kami putra dan putri Indonesia. menjujung bahasa kesatuan. bukan bahasa 4l4y

    ReplyDelete
  10. "Ciyus Miapah?" juga jadi tagline salah satu radio lokal di bandung, yang sering dengerin pasti tauu *ciyusan :p*

    ReplyDelete
  11. assalamu'alaykum
    ada award buat kamu lho...
    cek ya
    http://www.gulunganpita.com/2012/10/double-liebster-award-11-hal-tentang.html

    ReplyDelete
  12. aku nggak tau siapa yang nemu 2 kata itu... benelan deh, ciyus aku nggak tau :p
    haha.. kata itu emang lagi booming banget, jujur, aku juga suka make, tapi buat becandaan doang..

    selamat hari blogger & sumpah pemuda.

    ReplyDelete
  13. Hihi...
    Gue suka nyebut masaaa -___-

    ReplyDelete
  14. kalau setahu gue, itu kayaknya pertama kali terdengar lewat sinetron Putih Abu-Abu deh....

    ReplyDelete
  15. Ciyus miapa? mioyeng, miuah, mimisan... hhee

    ReplyDelete
  16. aku ga gaul kali ya...
    kok ga tau ada istilah itu...
    :P

    ReplyDelete
  17. eeergh, istilah ciyus miapah itu emang malesin hehe.
    minggu depan ikut ke Makassar gak?

    ReplyDelete
  18. kata-kata kaya gitu malah merusak anak bangsa kita,
    adek q aja kalo di suruh malah bilang " CIUS MIAPAh ??"

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D