Yang Membuat Hubungan Rusak

, , 25 comments



Kemarin gue baru aja nonton Cinta Brontosaurus sama PRP.  Dan pas diakhir gue denger kalimat itu rasanya ngena banget.  Emang harus diakuin cinta itu gak selamanya idah, gak selamanya seneng, tapi bagi gue cinta itu kayak FTV.  Ada saat dimana bertemu, PDKT, jadian, konflik, baikan, lalu bahagia.


Sangat wajar dalam hubungan itu terjdi konflik.  Seorang teman di kampus bernama Udin, sering banget curhat ke gue tentang pertengkaran dia sama pacarnya.  Mulai dari hal kecil kayak, telat kasih kabar, ketiduran, gak balas sms atau angkat telpon, sampai cuman gara-gara ribut milih film.



Dan di bawah ini gue punya beberapa hal yang membuat hubungan rusak, berdasarkan curhat si Udin. Parahnya berantemnya ini bisa berujung dengan kalimat “Aku mau putus".  Mari disimak:

1. Pending
Ini hal pertama yang bisa membuat suatu hubungan rusak adalah salah faham.  Komunikasi yang tidak pas atau salah faham bisa membuat hubungan rusak.  Misalnya aja waktu lagi chating di BBM, WhatsApp, We Chat, atau lain lain.



A: Papahh cinta aq kann? ;) (terkirim)

B: Iyahh maahh cayangg, i lope you :* (pending)

A: Paahh kok gak dibales sih? Papah pasti selingkuh ya! (terkirim)

B: Iyahh maahh cayangg, i lope you :* (yang pending tadi baru terkirim)

A: Oke aku akuin kamu emang berani ngaku kalau selingkuh, kalau begitu kita putus aku gak bisa diduian! Jangan hubungin aku lagi atau nenek ku! (terkirim)

B: Sebenarnya kamu yang selingkuhan aku (draf)



Karena pending rusak hubungan sebelah #halah

2. Orang Ke Tiga
Kata pak ustad berdua-duan itu gak baik, karena ada setan yang neminin satunya.  Oke bukan... orang ketiga yang gue maksud disini bukan setan, atau kalian yang baca.  Orang ke tiga yang gue maksud adalah orang, yaa.. orang. *dilemparin batu*.  Sebuah hubungan itu cuman terjalin oleh dua orang insan manusia aja, kenapa gak tiga? Ya karena kalau-kalau akan terjadi kecemburuan yang teramat dalam, atau salah satu pihak merasa tidak dihiraukan a.k.a dimadu.  Kehadiran orang ketiga dalam hubungan bisa membuat sebuah hubungan berakhir, kalau gak percaya coba aja.  Tapi buat yang udah punya pasangan ya kalau para emblo’wers jangan dicoba *dilemparin lembing*

 3. Bohong
Cewek: “Kamu bilang tadi mau ke dokter sendirian, tapi aku liat kamu berduaan sama cewek lain!”

Cowok: “Aku emang sendirian sayang gak sama cewek lain kok, percaya deh.”

Cewek: “Kamu bohong!”
Cowok: “aku gakk...”
Cewek: “JANGAN JAWAB!!!”

Cowok: “*pura-pura mati*”



Siapa aja gak suka dibohongin, dan sebenarnya juga gak ada orang yang pengen bohong.  Karena the pipell of kefefet lah yang membuat seseorang berbuat bohong.  Didalam hubungan jujur itu lebih baik, ya walaupun terkadang sakit tapi percayalah itu jauh lebih baik dari pada menusuk dari belakang #nyess
     
      4. Mantan Pacar

Menurut riset yang sudah gue lakukan: 99,98% cowok paling gak suka kalau ceweknya ngebahas atau ngomongin masalah mantan pacar, baik mantan pacar si cowok atau si cewek-nya.  Sedangkan 95,97% cewek ngerasa biasa-biasa aja kalau ngomongin mantan pacar, baik mantan si cewek atau si cowok-nya.

Kebanyakan cowok langsung panas kalau ceweknya ngebahas masalah mantan pacar, ada banyak alasan.  Tapi intinya maksud dari cowok cuman satu:

Sekarang ya sekarang jangan pernah bahas atau sebut masalalu karena yang terpenting sekarang kamu dan aku.

Dan cewek pun juga punya penjelaskan:

Ini kita bukan mereka lagi, jadi walaupun kita membahas yang lalu aku tetap punya kamu.

Terkadang cewek sebenarnya cuman pengen manas-manasin kita aja para cowok untuk dapat perhatian.  Karena cowok adalah pemberi tulang rusuk untuk cewek.  Jadi dia juga akan kembali ke pelukan kita para cowok nantinya. #tsehhh 

Sejatinya manusia itu bukan makhluk yang sempurnah, masing-masing punya kekurangan dan kelebihan.  Disini gue gak bilang kalau cowok paling benar atau cewek yang paling benar, tapi intinya adalah: Coba lah untuk berfikir lebih dewasa ketika ujian dalam sebuah hubungan diuji, suatu ceklis didalam hubungan itu wajar, itu warna dalam hubungan, gak seru kalau terlihat indah melulu, gak ada bumbu didalamnya, kalau lo emang sayang sama dia (baca: pacar) ya buktikan walau dalam keadaan tidak bagus lo tetap sayang dia, tunjukin rasa itu.  Selalu sabar dan ambil hikmahnya.

Lalu bagaimana cara agar suatu hubungan bisa bertahan dalam keadaan ini?


Satu-satunya hal yang bisa membuat hubungan itu tetap bertahan adalah meminta maaf dan memaafkan.  Kalau emang sayang ya walau dalam keadaan apapun ya tetap sayang.  Marah terlalu lama itu gak baik loh.

Rasulullah saw: jika rasa marah telah meyesakkan (menyusahkan) mu, maka hilangkanlah dengan memberi maaf. Sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan ada suara yang memanggilL: berdirilah siapa yang memiliki pahala di sisi Allah! Tidak ada seorang yang berdiri, kecuali orang-orang pemaaf. Tidakkah kamu mendengar firman Allah SWT: “siapa yang memaafkan dan memperbaiki (hubungannya), maka pahala baginya di sisi Allah” (A’lâmuddin hal. 337) Sumber: http://www.katabagus.com/perintah-memaafkan-dalam-al-quran-dan-al-hadits.html


Permasalahan yang paling susah adalah permasalahan hati.
Kata: Guru Agama di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin

25 comments:

  1. Izin copas kalimat2nya.. Bagus. :D

    ReplyDelete
  2. ehem. tips2nya bagus. tapi sudah ada pengalaman belum? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ini pengalaman saya juga kok om :p

      Delete
  3. articles of interest. indeed
    maybe I would often visit here.
    o it I also got the info:
    Ways Assigned the Money from the Internet

    ReplyDelete
  4. Sumpah gue masih nggak nyambung apa maksud cewek yg suka ngungkit2 mantan si cowok, atau masalah cowok dket sm cewek lain yg lalu2. Gue sendiri bingung tujuan mereka apa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. baca blog ini juga bisa bikin rusak hubungan ga?

      Delete
    2. @fadhli tujuannya untuk mencari sensai *halah

      @massukron BISAAA MASS BISAAA BANGETTT!!!

      Delete
  5. he...seru bacanya..
    menarik...
    Banyak juga pelajaran tentang cintanya he...

    ReplyDelete
  6. kalo yang buat hubungan langgeng apa Dit...?
    :-P
    mesti gak tau yaa....
    hehehee....

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya sabar dan harus saling mengerti satu sama lain has :D

      Delete
  7. jiah... udah macam master of romance aja nih si adit... hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... ini tulisan iseng aja kok mas, pemikiran yang absurd

      Delete
  8. Wah, apa ini semacam curhatan pnulisnya ya? Hehehe. Setuju banget itu bisa ngerusak hubungan orang, tapi selama dua-duanya saling menjaga dengan baik hubungan mereka, selalu komunikasi dan ngga gampang meledak amarahnya, pasti bisa lama :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget setuju harus selalu komunikasi x))

      Delete
  9. Yang paling sering emang kesalahpahaman yang berujung nggak ada yang mau ngalah dan minta maaf duluan. Pfft. Haha

    ReplyDelete
  10. terkadang ada pasangan yang sama-sama keras, ga ada yang mau minta maaf duluan, lalu salah satu pasangan pergi meninggalkan kekasihnya , akan tetapi dia masih sangat mencintai kekasihnya , begitu pun yang di tinggalkan tidak ingin di tinggalkan . intinya mereka ber2 saling mencintai , tetapi sama-sama mempunyai ego masing" . bagaimana cara menghadapinya?? haha .. terimakasih sebelumnya gua suka blog ini .

    ReplyDelete
  11. Paling sakit adalah POIN ke-2 yang berjudul "Orang Ke-3"..

    paling sakit itu kena SLEDING dari orang dekat...... sakitnya luar binasa...

    ReplyDelete
  12. quote Cinta brontosaurus dari beberapa sisi tekesan cowok jadi serba pasrah dan tunduk sama cewek ya :D

    ReplyDelete
  13. balik balik ke yang ngejalanin hubungan :D

    ReplyDelete
  14. Ini mah tips buat yang punya pacar, saya kan enggak :(( sial, padahal udah baca sampai habis. tapi kalimat yang ini bener - bener terngiang di pikiran saya : "Ini kita bukan mereka lagi, jadi walaupun kita membahas yang lalu aku tetap punya kamu" *dukung untuk selalu bahas mantan*

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D