AMBIENT MEDIA

, , 20 comments
Bismillah…

Loha kalian yang masih suka mikirin mantan pacar! Masih gak bias move on ya? *pasangemotsetanketawa*  belum apa-apa gue udah ngehina yah he.  Oke untuk post kali ini, gue terinsfirasi dari salah satu temen gue, seorang guru muda juga sama kayak gue, kami punya hobi yang sama, yaitu didunia per-desain-an, kami suka galau bareng, tapi untuk gak saling menyukai. Namanya Fikri.


Beberapa waktu lalu, gue sama tuh anak nongrong.  Ya… sebenarnya sih sambil belajar sikit-sikit gue nya sama Fikri.  Nah karena kami sama-sama suka sama dunia desain, Fikri ngasih tahu gue tentang sebuah iklan yang biasa dibilang unik banget, entah kenapa gue jadi terinsfirasi buat jadi bahan tulisan.  Dan tulisan di awal ini masalah Fikri cuman basa-basi, sengaja biar dia gue promosiin dia, karena… emm… Fikri ini JOMBLO loh.  Mungkin ada cewek yang lagi baca post ini dan jomblo, bisa follow twitter-nya dan kenalan di .  Atau mungkin cowok yang suka sama cowok juga boleh follow Fikri kok, dia suka cowok juga.

Sebelum masuk ketopi, gue mau basa-basi dulu.  Seperti yang kita ketahui, sebentar lagi akan diadakan pergantian Presiden RI, di tahun 2014.  Nah apa yang kalian temukan pas mau Pemilu? Penjual janji, ada bendera Partai dimana-mana, calon Presiden turun kejalan niru gayasi kota-kota, atau calon Presiden yang bakalan ngelarang seluruh Rakyat Indonesia begadang *BacksoundBegadang*.

Diantara itu semua, hal yang paling pasti ada, adalah PROMOSI.  Para calon Presiden atau Partai-partai pasti akan melakukan Promosi diberbagai media.  Seperti TV, media cetak, sampai SPANDUK!  Nah tulisan SPANDUK sengaja gue gedein, walaupun spanduk ini adalah salah satu media portofolio promosi murah, akan tetapi punya dampang cukup NEGATIF untuk keindahan kota.  Ditempat kalian gue yakin, pasti ada spanduk-spanduk yang bikin keindahan kota jadi gak enak dilihat, ini jelas kalau kata Mario Teguh: it’s not good. Apa lagi kalau menaruh spanduknya ditempat yang bukan tempatnya.

Jadi giniya, walaupun waktu dulu masih SMK gue magang di tempat percetakan spanduk, dan gue tahu kalau untungnya cukup gede, gue sempet ada niat mau buka tempat percetakan.  Akan tetapi temen gue Fikri akhirnya menyadarkan gue, kalau media Spanduk sebagai tempat orang berpromosi, adalah salahsatu yang MUNGKIN tidak akan dipakai lagi beberapa tahun kedepan.

Seperti kata Jusuf Kalla “Setiap ada masalah pasti ada jalan keluar”.  Untuk itu semua, Media Promosi seperti spanduk,dll, itu sebarnya bisa dibuat lebih berarti lagi, dan punya nilai lebih.  Contohnya kayak gambar di bawah ini atau gambar kursi taman di atas:

Iklan yang ini di kereta api, seolah-olah kita memakai jam tersebut


Ambient Media

Oke namanya kayak salahsatu penyakit kurang darah… *ITU KREMIAN ANEMIA!!!*.  Ambient Media merupakanjenis Advertising yang sangat unik dan terbilang baru di Indonesia, memiliki nilai seni dan pesan yang lebih interaktif.  Dengan menggabungkan berbagai elemen, seperti: Ilustrasi, desaingrafis, fotografhy, tatacahaya, dan lain-lain. Jenis iklan ini jadi lebih terlihat menarik, dibandingkan iklan-iklan yang bias merusak keindahan kota.

Ambient Media ini, pertamakali muncul pada tahun 1996 oleh agencies Concord di Inggri.
Padadasarnya media ini membuat orang yang melihat nya seolah-olah terlibat di dalam iklan tersebut.

Menurut Sumbo Tinarbuko, DosenKomunikasi Visual ISI Yogyakarta, sejatinya konsep beriklan lewat reklame sudah tidak efektif semenjak munculnya budaya layar.  Di tengah kemacetan, orang tidak lagi mengamati billboard, namun layar gadget-nya.  Lain itu, pada zaman sekarang ini, iklan tidak lagi berat kepada sisi artistik dan komunikasinya, tapi lebih kesisi persepsi atau daya pemahaman seseorang atas pesan yang disampaikan.

Silahkan memahami arti dari ambient media di bawah ini:








Tapi sayanganya, di Indonesia sendiriiklan-iklan seperti ini tidak terlalu banyak digunakan.  Entah ketidak tahuan paras eniman-seniman, atau apa.  Tapi yang pasti kalau menurut gue susah-susah gampang *susah 2x gampang 1x* untuk memikir kan kira-kira ide apa yang bias di aplikasikan untuk sebuah media yang sering di lihat atau dipakai, menjadi sebuah tempat untuk beriklan.

Nah kita-kira kalian punya ide Ambient Media sendiri?

sumber:


20 comments:

  1. wah keren nih ambient media. saya juga baru ngeh kalo bikin iklan bisa se-kreatif itu. yg jam tangan, sama Mc. D itu unik bgt ya. sunsilk jugaa..

    kalo gitu, iklan2 utk pemilu gmn yah biar unik? hihi

    ReplyDelete
  2. keren2 smua, suka, atraktif, emang lebih menarik di mata konsumen :) thanks for sharing!

    ReplyDelete
  3. 1. pembukaannya egak enak banget.
    2. info nya bagus, kagum sama iklan kayak gitu
    3. Hy Fikri !

    ReplyDelete
  4. @kameutia haha iya kah keren kann :D itu dia saya juga coba mikirin

    @asha haha samasamaa

    @arum tp dia suka cowo

    ReplyDelete
  5. Baru tahu soal yang beginia. Fotonya unik ternyata namanya itu to. Ambient media. Bener, semacam penyakit gitu namanya

    ReplyDelete
  6. @bayu emang kayak nama penyakit hahaa

    ReplyDelete
  7. the problem is.... dunia advertising di indonesia "mungkin" belum move on dari mindset lama, yakni konsumen adalah objek pemasaran...alih mendidik pemirsa dngn iklan yg kreatif malah iklan cenderung jadi stagnan n penuh propaganda pembodohan..iklan rokok misalnya... ayo dit, ikam bikin iklan yang unik n cantik dong #eh

    ReplyDelete
  8. @omratodi haha bisa banar pian nih ulun kd kawa memikirkan lagi om :p

    ReplyDelete
  9. Mending kayak gini, daripada yang biasa... Yang biasa terkesan nyampah aja.... Hahaha

    ReplyDelete
  10. @masiman maksudnya apaanya mas yg nyampah? :p hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan2 sekarang, Dit... Mengganggu dan merusak pemandangan ajah... Makanya kubilang nyampah... Hahaha

      Delete
  11. iklan2 kayak gini emang seru banget liatnya :)

    ReplyDelete
  12. emang orang luar negri idenya buat bikin iklan ngeri2 banget. din Indonesia mungkin bukan senimanya yang ga mau bikin tapi kayaknya masyarakat Indonesia belom siap nerima iklab macem gitu
    salam kenal ya

    ReplyDelete
  13. @ombrad bener banget om, di Indonesia masih belum ada ya kayaknya hhe

    @yandhi dan iklan macam ini emang perlu pemikiran dan kreatifitas banget bro. oke salam kenal juga yaa

    ReplyDelete
  14. wuaaa keren dit kereeeen postingannya!!
    kaya di lapangan basket kan biasanya di lukis iklan yang ngesponsorin lapangan itu, itu masuk ambient media gak? soalnya di SMAku dulu gitu :D
    kreatiif!

    visit my little cream button♥ instagram♥ | bloglovin♥

    ReplyDelete
  15. bisa dibilang sih kak, tapi itu cuman gambar iklan biasa aja. orang yang ngelihatnya gak terlibat didalamanya

    ReplyDelete
  16. wahhh ambient media ini keren deh ^^ beriklan tapi gak ngerusak pemandangan!!! keren~

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong haha
      demi ke indahan lingkungan ini hhe

      Delete
  17. di indonesia harus lebih banyak2 kayak gini

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D