Teruntuk Semua Siswa


Bismillah...

Selama gue menjadi wali kelas terlalu banyak pengalaman yang gue dapat, terutama pengalaman yang gak enak. Bukan cuman masalah dari murid yang kadang bikin gue harus lebih sering elus-elus dada, kadang gue juga sering mendapatkan aduan dari guru-guru lain. Pekerjaan guru menurut gue adalah yang paling kudu ekstra sabar. Ya, jauh haurs lebih ekstra sabar dari pada ngadepin cewek PMS.

Masalah siswa yang biasa gue hadapai adalah saat siswa tidak terlalu memperhatikan pelajaran di kelas, sering tidak masuk sekolah, memainkan HP saat guru menjelaskan, merokok di kelas, dan melamun meratapi kegagalan sebuah hubungan, yang ini terakhir gue banget. Sampai yang cukup parah kayak kemarin siswa di kelas gue berantem sama adik kelasnya, ada juga yang memakai obat-obatan terlarang ketika di kelas, dan bahkan ada yang bawa kondom.

Gue sih udah bisa kalau dengeri masalah seperti ini, memang sudah pernah terjadi ketika gue jadi siswa. Gue sering melihat saat di kelas, satu persatu teman gue di kelas dipanggil ke ruang BK. Waktu itu sih, gue santai aja dan gak heboh karena sudah tahu gimana endingnya. Tapi sekarang walau gue sudah tahu endingnya rasanya bikin pusing kepala juga kalau berada diposisi sekarang, sebagia Wali kelas. Gue harus menyelesaikan masalah orang lain, padahal gue juga punya banyak masalah yang harus gue selesaikan sendiri.

Gue gak tahu apa yang ada dipikiran siswa saat mereka melakukan pelanggaran, gue sendiri paling jarang melakukan pelanggaran di Sekolah, karena waktu itu gue sadar gue sekolah dibayarin.

Sewaktu SMK yang bayarin daftar ulang sampai SPP selama sekolah 3 tahun adalah Kakek gue. Ya, karena sewaktu keluarga gue tinggal di Muara Teweh usaha Ayah gue bangkrut dan gak ada yang tersisa selain baju dan barang-barang di rumah. Beruntung kami punya keluarga yang selalu ada bagaimana pun kondisi kami.

Gue memang bukan anak yang pintar tapi gue berusaha bagaimana caranya bisa buat mereka bangga, karena hanya dengan cara nilai rapot yang bagus dan kelakuan yang baik, orang-orang yang menyekolahkan gue bisa bangga dan merasa tidak sia-sia mengeluarkan uangnya buat sekolah gue.

Dan Alhamdulillah, usaha yang memang kalau ditekuni hasilnya insya Allah bakalan setimpal, kayak yang gue rasakan seakrang, Sekarang gue mengajar di tempat gue bersekolah dulu. Yang dulunya gue duduk di barisan siswa sekarang gue berdiri di depan dan diperhatikan siswa sebagai guru mereka. Mimpi gue jadi guru yang pernah gue tulis di blog ini bisa kesampaian.

Tapi jujur aja, kadang gue sedih melihat anak didik gue, apa lagi mereka yang sering mendapatkan teguran dan gak mau memperbaiki tingkah lakunya. Sudah sering dapat teguran, nilainya rendah semua pula, jarang ngerjain tugas apa lagi. Gimana perasaan orang tua mereka atau orang-orang yang mengeluarkan uang buat menyekolahkan mereka? Uang dicari pakai usaha, butuh tenaga baik fisik dan pikiran. Bukan Bimsalabim terus bisa dapat uang gitu aja.

Baru aja gue membuka buku wali kelas saat jam isterahat di kantor, disana ada keterangan tentang data siswa. Gue melihat satu-satu pekerjaan orang tua mereka. Sekolah gue memang rata-rata dari keluarga kelas menengah kebawah, gue melihat macam-macam pekerjaan orang tua mereka.

Ada yang orang tua nya yang punya pekerjaan bagus, tapi nilai dan kelakuan anaknya gak bagus. Ada yang pekerjaan orang tua nya cuman tukang becak, tapi nilai dan kelakuan anaknya gak bagus juga. Tapi gak semuanya juga sih kayak gitu, ada juga orang tua nya cuman buruh tapi nilai dan sifat anaknya di kelas bagus. Gue paling suka yang terakhir. 

Kelakuan siswa gue di kelas memang macem-macem, walau sebagai wali kelas kadang gue suka cuek dengan mereka tapi sebenarnya diam-diam gue memperhatikan mereka dan merasa sedih, gue coba menyimpan marah gue, gue gak mau di kenal lagi sebagai orang yang pemarah kayak waktu jadi siswa. Ya, waktu jadi siswa gue pemarah banget.

Ketika ada guru di kelas tapi teman-teman gue malah ribut dan asik ngobrol, Kalau udah kayak gitu biasanya gue bisa menampar meja dan menatap rata seisi kelas dengan tatapan marah, hahaa... kalau gue ingat gue songong juga waktu jadi siswa, badan kecil tapi suka marah-marah.

Gue ngomong kayak gini karena gue sudah membuktikan dan merasa sendiri. Seorang teman di kelas gue dulu yang kerjaannya tidur terus di kelas, jarang ngerjain tugas, bisa aja kok lulus sekolah bareng gue, tapi... jujur nih, beberapa waktu lalu gue ketemu dia di kawinan temen gue yang lain dia ngomong kalau sekarang dia menyesal dulu waktu sekolah suka main-main.

Kedua orang tua nya meninggal setelah gak lama dia lulus sekolah, dan sekarang dia bekerja jadi buruh bangunan. Padahal jurusan kami sewaktu SMK sangat menjanjikan untuk dapat pekerjaan yang bagus, bisa jadi desain grafis, photografer, videografer, dan lain-lain yang pasti bisa lebih baik lagi dari pekerjaannya dia sekarang.

Bukan nya gue sok nasehatin sih, tapi gue cuman mau jujur. Buat kalian yang masih sekolah atau siswa gue yang baca tulisan ini atau pembaca blog gue yang masih sekolah:


“Percaya deh, ilmu dan ahlak yang baik gak akan bisa berbohong bagaimana kalian dimasa depan. Orang yang kerjaannya di kelas cuman tidur apa lagi suka ngelawan guru masa depannya udah bisa ketahuan, kecuali dia sadar. Sadar dari sekarang juga dan merubahnya.”

david beckham smail man smile
Sengaja pakai gif Ayah gue

Gue juga ngomong kayak gini, biar semua anak sekolah sukses dimasa depannya, yang penting bisa bikin orang tua bangga. Gak salah kok kalian dengerin dan nurut apa kata orang yang lebih tua. Oke tapi gue gak tua ya. Jangan sampai kalian siswa gue yang baca ini menyesal kayak temen gue itu sebelum semuanya terlambat.

Hmm~

Kalian yang lagi baca ini punya pesan buat adik-adik kita yang masih sekolah? Boleh tinggalin pesannya di kolom komentar biar jadi motivasi buat mereka yaaa,

Header image: pexels.com
image gif: giphy.com

Comments

  1. andai siswa2 bapak nyadar kalau wali kelasnya perhatian skali. :')

    dianexploredaily.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. barang siapa yang menanam maka dia yg akan menuai hasilnya

    jika yang di tanam pada saat sekolah itu keburukan maka hasilnyapun akan buruk
    namun apabila yang ditanam kebaikan maka hasilnyapun akan baik pula.
    manfaatkanlah masa mudamu sebelum tiba masa tuamu. :)

    Ironis dengan keadaan generasi sekarang.

    kangamar3.blodspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Azeekkk~ dapat ata2 mutiara nih dari kang amar :v

      Terlalu ironis bang hhe semoga gak mengecewakan aja

      Delete
  3. pak guruuuuuuuuu. :')
    bagus deh tulisannya yang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bii jgn panggil gue bapak plis -____-
      Wahh masih banyak biii

      Delete
  4. Siap pak guru.

    Aku janji gak nakal lagi :D

    ReplyDelete
  5. Pesan apa ya, buat adik-adik sekolah, gw pesen aja kalo ada cewek cakep yang jomblo boleh lah gw di kenalin, ciat ciat ciatt.... Btw, keren nih udah jadi guru, profesi yang mulia. Keren lah, profesi yang sekseh beibeh.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm~ masa sekolahnya ngurus cewek orang mulu nih kayaknya
      Guru adalah profesi lebih sering elus2 dada :'v

      Delete
  6. Kerjaan lo mulia yah sebagai guru... salaut
    eh titipbuat anak murid yang beranekaragamitu. Jangan mau mereka diseragamkan. Karena setiap individu itu beda. Guru yang belajar dari murid sebenarnya bukan murid yang dipaksa harus seperti gurunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank bang Dani kata2 mutiaranya semoga bisa jadi motivasi buat siswa

      Delete
  7. gue malah baru tau kalo elu jadi guru, bang. guru smk lagi kan ya berarti?
    yah, terkadang seseorang itu memang seperti itu sih. gue kayak ngomong sama diri gue sendiri banget. masih malas-malasan, semoga sifat inih hilang. gue juga ga mau kecewain orangtua gue.

    tanyain aja, bang ke muridnya.... kira'' hal apa yg pernah dlakukannya sampe membuat orangtuanya bahagia? kyaknya blom sih. sklipun ada, paling ga seberapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes hha~
      Aamiin semoga lo sukses vroh, jgn sampai bikin orang tua kita kecewa itu yang penting.

      Gue tanyain entar ya kalau momentnya pas

      Delete
  8. Setiap sekolah pasti dah ada siswa nengkaya itu dit ay, amun di sekolah ku dahulu ngarannya Buhan Kehancuran. Hahaha :))

    ReplyDelete
  9. Inspiring banget pak guluu

    :')

    Semoga banyak siswa yang baca postingan ini ya
    sama (maha)siswa juga
    wkwkwkwk

    *mentang-mentang udah mau sarjana*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin~

      Hahaa kok ada mahasiswa. Sialan bawa2 sajrna -__-

      Delete
  10. Hmmm nasihat dari pak guru mulia. :)
    Anyway, itu serius dit ada yang make obat-obatan di kelas? Serem abis. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank bang hhe, tapi plis jangan pakai bapak -__-
      Iya bang, tapi paling sering makainya di wc

      Delete
  11. iyaa banget. :')
    kalo siswa nya tau gurunya se perhatian ini, bisa di cubit cubit gemes anak satu kelas lu bang. :D

    ReplyDelete
  12. Aaaa ke sini dapat pesan dari pak guru. Nggak kebayang gimana lu nampar meja trus marah-marah pas jadi siswa dulu bang. Huahahaa :D

    bener bang. Usaha yang ditekuni, hasilnya pasti setimpal. :))
    Itu caption gifnya apa banget. Nggak ikhlas gue bang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah ketawa ini orang -____-

      Nah kan kan lo pasti ngerasain juga
      Eh itu beneran kok gue masih waras kali :'v

      btw, plis jangan bawa bapak

      Delete
  13. kayaknya artikel ini bagus banget ka dan cocok bagi aku yang anak sekolahan dan galau2 an tentang masa depan.
    jadi tetes air mata waktu baca kalimat ttg perjuangan orang tua tadi *tisuu tolong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal jgn galaui matan kena ngalih lagi~
      *kasih taplak meja*

      Delete
  14. entah kenapa nda merasa postinga neh aditya regas banar tp versi sudah jd bapa guru, bukan sebagai anak magang galau yg susah move on dari mantan,

    oke lanjuutkan mantan eh maksudnya lanjutkan dit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dasar mantap agung aritanto ni, sung ke gardu gardan

      Delete
  15. Pak Guru.. selamat hari guru, ya. ^^ *salim*

    Serem banget ada yang bawa kondom sama pake narkoba. Narkoba beneran ya? Bukan yang level ngelem-ngelem lagi? Ya Allah. :(

    Buat teman-teman yang masih bersekolah. Dengerin apa kata bapak dan Ibu guru. Meskipun bukan mereka yang membuat kalian, tapi mereka yang menjadi pengganti orangtua kalian selama di Sekolah. Patuhi. Hormati. Biar nggak ada kata menyesal di kemudian hari.

    Gitu.

    Asik, ya. Habis kesambet apaan kali si Rima. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sadar, di sini nggak terlalu baNyak bawa kata mantan. Atau malah kayak ya gaada tadi, ya. Hmm. Pak guru lagi serius. :')

      Delete
    2. Kesambet apa lo -__-

      Yaelah malah dibahas...

      Delete
  16. Asik ya punya guru perhatian.
    guru gue dulu galak2...
    cih. Murid nggak ngerti ya mbok dijelasin bukan diomelin..
    eh curhat..

    Ehhh tunggu... ayah siapa?
    Dih... -__-

    ReplyDelete
  17. Nyelesain masalah gue bisa ga? masalahnya ngga punya uang.... gkgkgk

    ReplyDelete
  18. Gue udah amaze baca postingan lu. Tapi mendadak ngilu gitu baca komen2nya. Kayak nggak siap gitu lu dipanggil bapak. Kok kayaknya ga pantes ya? Haha. Abaikan. Anggep aja cuma komentar orang sirik. •_•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahaa saya lebih suka yg ini, nasi padang makan gsk mas iman

      Delete
  19. Sebagai orang yang sempat memiliki profesi yang sama, iya gue juga sedih.
    Apalagi, teknologi ngebuat entah kenapa, hidup mereka jadi lebih selow. Semakin gampang terbuai dengan kemudahan dan pergaulan yang ada. Padahal semua kesenangan itu cuma sementara aja.

    Banyak juga yang kayak gini karena memang kurang komunikasi di dalam keluarga. Alhasil, anak didik nggak ngerasa kalau orangtuanya-lah sahabat terbaik. Miris sih ya. Sebagai guru, hanya bisa mengingatkan dan membimbing. Mau menyalahkan atau membenarkan juga kita kan tau porsi kita ya, Pak. :)


    ❀ Diary Khansa by Funy ❀ www.diarykhansa.com ❀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii bener banget ibu guru, bisa berjam jan ngabisi waktu cuman main smartphone.

      Kadang anak nya juga sih gak bisa memilih temen asal pilih aja makanya bisa salah pergaulan Hmm~

      Jgn panggil bapak -..-

      Delete
  20. kalau zaman dulu sih takut sama guru jadi semuanya pada nurut meskipun guru gak ada, tapi kalau zaman sekarang gak ada takut-takutnya sama guru, malah pada ngelunjak.. semoga aja para siswa dan siswi sekarang pada sadar dan banyak belajar buat masa depan mereka bukan malah mainin smartphone dan main-main terus..

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah membaca dan berkunjung, mari berkenalan : Profile Penulis