Menyisiri Wisata Kota Banjarmasin



Destinasi Wisata KalSel – Ibu kota Kalimantan Selatan memiliki banyak sekali tempat yang wajib dikunjungi para wisatawan. Bukan hanya wisata alam yang sangat mengagumkan, namun juga wisata yang ada di dalam kota. Kali ini gue akan mengajak kalian jalan-jalan ke Banjarmasin, tanah kelahiran gue, menyisiri kawasan wisata Siring Sungai Martapura yang ada di Jl. Kapten Pierre Tendean, Banjarmasin.

Kenapa gue memilih tempat ini? Karena akses menuju kawasan Siring Sungai Martapura sangat mudah dijangkau. Posisinya yang berada di Jantung Kota juga membuat tempat ini sangat mudah untuk diingat apabila suatu saat kalian ingin ke tempat ini lagi.

Eh, tapi apa gunanya akses wisata yang mudah didatangi tanpa diimbangi dengan tempat yang menarik, Dit?

Santai, santai, gue akan ajak kalian untuk menikmati dan mengetahui apa saja yang ada di kawasan wisata Siring Sungai Martapura ini satu-persatu. Yang pasti kalian tidak akan rugi apabila suatu saat berkunjung ke Banjarmasin.

Apa saja yang ada di kawasan wisata Siring Sungai Martapura?


Menikmati Pemandangan Kota Banjarmasin Dari Menara Pandang

 

Pertama, gue akan ajak kalian ke Menara Pandang. Menara ini merupakan salah satu icon menara Kota Banjarmasin yang diresmikan pada Juni 2014 oleh Wali Kota saat itu, Bapak Muhidin.

Dari menara yang memiliki tinggi 21 meter ini, pengunjung bisa langsung melihat pemandangan ke berbagai penjuru kota, dan yang pasti kalian bisa melihat langsung Sungai Martapura dari atas menara. Untuk dapat menikmati pemandangan ini, kalian tidak perlu mengeluarkan uang. Alias gratis!

Gimana? Asik, kan? Bisa melihat pemandangan kota Banjarmasin tanpa harus keluar duit dari lantai empat. Tapi yang perlu kalian tahu, ada jam-jam tertentu yang sudah ditetapkan untuk pengunjung jika mau masuk.

Senin - Jum'at : 10.00 - 21.00 WITA | Sabtu : 10.00 - 22.00 WITA | Minggu : 08.00 - 21.00 WITA



Wisata Kuliner di Pasar Terapung Siring Pierre Tendean


Buat yang sudah menonton TV sejak tahun 2000-an, pasti kalian pernah melihat seorang Nenek yang mengacungkan jempol di atas perahu kecil pada opening salah satu stasiun TV swasta.

Nah, shooting tersebut diambil di Pasar Terapung Banjarmasin. Kota Banjarmasin sendiri memiliki dua pasar terapung yang sangat terkenal, yaitu Pasar Terapung Lok Baintan dan Pasar Terapung Kuin. Beberapa tahun belakangan ini Banjarmasin juga punya satu lagi Pasar Terapung, yaitu di kawasan Siring Pierre Tendean.

Di tempat ini kalian akan menemui para pedagang yang berjualan di atas perahu kecil, atau biasa disebut ‘jukung’ oleh orang Banjarmasin. Para pedagang ini menjual berbagai macam makanan khas Banjar, seperti: Nasi kuning, Lontong, Ketupan Kandangan, lapat, buras, dan lain sebagainya.

Untuk kue, kalian akan menemui bermacam-macam jenis kue basah khas Banjar, seperti: Kue Cincin, Lupis, Putu Mayang, Gegodoh, Pais Pisang, Wajik, dan berbagai kue manis lainnya. Yang pasti, untuk menikmati makanan dan kue khas Banjar tersebut, kalian tidak perlu merogoh uang yang banyak. Hanya dengan modal Rp.5.000 sampai Rp.10.000, perut sudah bisa kenyang dan dompet juga nggak galau.

Selain menjual aneka makanan dan kue khas Banjar, para pedagang juga biasanya menjual buah-buahan dan aneka tanaman di atas perahu kecilnya.

Pasar Terapung ini biasanya sudah buka dari pukul 06.00 WITA pagi dan bubar sekitar pukul 10.00 WITA. Oh iya, kalau mau menikmati makanan dan kue khas Banjar, jangan bangun kesiangan ya! Karena biasanya jualan mereka sudah habis sebelum menjelang siang.



Menikmati Pemandangan Kota Dari Atas Sungai Martapura


Selanjutnya, kita menuju ke pinggiran sungai Martapura. Yang satu ini tidak boleh kalian lewatkan, wisata air sungai Martapura! Kurang afdhol rasanya kalau jalan-jalan ke kota yang dijuluki seribu sungai tapi tidak merasakan sensasi naik Kelotok (kapal bermesin).

Hanya dengan membeli tiket seharga Rp.5.000/orang, kalian sudah bisa menyisiri sungai Martapura. Menikmati hembusan angin yang sejuk dan melihat beberapa tempat dari atas Kelotok.

Dari sini kalian juga akan melihat beberapa tempat menarik lainnya di Banjarmasin, seperti Masjid Sabilal Muhtadin, Menara Pandang, kawasan wisata kuliner, Mitra Plaza yang memiliki sejarah besar di Banjarmasin, serta patung Bakantan yang menyemburkan air dari mulutnya. Patung ini merupakan icon Kota Banjarmasin.

Buat kalian yang tidak bisa berenang tapi ingin mencoba naik kelotok, jangan takut, karena akan disediakan rompi pelampung sehingga keselamatan kalian juga terjaga.

Durasi naik kelotok kurang lebih lima belas menit. Hanya dengan membayar Rp.5.000 kalian sudah bisa merasakan senasi naik kelotok menyisiri Sungai Siring Maratapura dan tentunya dengan fasilitas yang aman. Nyoba yang satu ini wajib, lho!


Foto Bareng Patung Bakantan


Berikutnya, gue ajak kalian melihat icon baru di Banjarmasin, yaitu Patung Bakantan. Bakantan merupakan hewan langka khas Kalimantan Selatan yang dilindungi oleh pemerintah dan masyarakat.

Patung Bakantan terletak tepat di pinggiran Sungai Martapura atau di depan Taher Square, yang juga masih berada di Jl. Kapten Pierre Tendean. Patung Bakantan ini mengeluarkan air dari mulutnya ke arah sungai. Tidak hanya itu, ketika malam hari patung ini akan disinari lampu yang berkelap-kelip.
Nah, kalau ke Banjarmasin rasanya ada yang kurang kalau nggak foto dulu di depan patung yang satu ini. Setelah itu, tinggal upload dan share ke social media kalian, deh!

Di sekitar Patung Bakantan juga terdapat dua lapangan basket yang dapat digunakan untuk umum. Keren banget, kan? Sore-sore bisa main bola basket di pinggiran Siring Sungai Martapura. Dan untuk yang satu ini gratis, kok. Selain berwisata, kalian juga bisa sehat dengan berolahraga basket atau sekedar lari kecil di pinggiran sungai.


Cowok Bungas dan Cewek Langkar

Nah, ini nih, yang wajib kalian tahu. Kalau berada di pinggiran sungai yang panjang di tengah kota dan melihat banyak cowok bungas (ganteng) juga cewek langkar (cantik), kalian sudah bisa dipastikan sesang berada di Banjarmasin!

Banjarmasin tidak hanya memiliki destinasi wisata yang nyaman, tapi juga bisa bikin hati nyaman dan mata jadi sehat. *Uhuk*

Walau Banjarmasin termasuk kota yang panas, tapi percayalah, hati kalian nggak akan panas lagi saat melihat cowok dan cewek Banjarmasin. Selain itu, Kota ini juga terkenal dengan masyarakat yang agamis. Ya, bisa, lah, buat jadi Imam atau Makmum kamu yang baik. ;)

Cowok dan cewek Banjarmasin punya daya tarik tersendiri, apalagi cowok yang berkacamata, seorang blogger, yang juga lagi nulis artikel ini. *pasang kacamata*. Oke, jangan pada muntah.

Gimana? Keren, kan, kawasan wisata Siring Sungai Martapura? Dengan akses yang mudah kalian sudah bisa menikmati Kota Banjarmasin dengan sekali jalan, memanjakan mata dengan pemandangan kota dari atas, menikmati berbagai jenis kuliner khas Banjar, menyisiri sungai Martapura dengan naik kelotok, foto sama Patung Bakantan, dan kali aja bisa dapat jodoh yang sholeh dan sholeha pula. (Kayaknya yang terakhir paling jadi daya tarik wisatawan ke Banjarmasin, deh. Hehehe.)

But, it’s okay. Wisata sekalian nyari teman hidup di Banjarmasin sah-sah aja, kok. Pilih mana? Menghalalkan atau tinggalkan? Ini kenapa gue malah curhat.

Buat kalian yang ingin liburan dan ingin menikmati Destinasi Wisata KalSel, jangan lupa untuk memilih maskapai penerbangan yang tepat ya. Jangan hanya tergiur dengan tiket murah tapi dapat pelayanan yang tidak memuaskan. Yah, syukur-syukur kalau kalian diantar sampai ke Bandara Syamsudin Noor. Kalau diturunin di tengah laut gimana?

Makanya, biar liburan kalian makin berkesan di Banjarmasin, pilih maskpai Garuda Indonesia yang sudah sangat berpengalaman dalam penerbangan. Fasilitas dan pelayanan pun sudah dijamin nyaman. Karena hanya Garuda Indonesia satu-satunya maskapai yang mendukung Destinasi Wisata Banjarmasin, bahkan untuk seluruh Indonesia.

Dan ingat, dimana pun kalian berada, mau di tempat wisata mana pun juga, harus tetap menjaga kebersihan dan keindahannya, ya. Jangan membuang kenangan sampah sembarangan, mencoret-coret keindahan tempat wisata dengan pin BBM atau nomer HP kalian, apalagi nulis nama kamu dan si pacar di tempat wisata.  Konon, orang yang melakukan itu bakalan nggak langgeng sama pacarnya. Hayoloh..


And finally! Setelah berbagai macam ulasan diatas, tentunya lebih meyakinkan kita kalau Banjarmasin menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi wisatawan yang ada di luar Kalimantan Selatan. Jalan-jalan ke mall udah mainstream, sekarang waktunya mencoba menjelajahi dan mengenal lebih jauh tentang kota ini. Sampai bertemu di Banjarmasin, Sanak!

lomba blog wisata kalsel