Cowok Sering Pakai Tapi Nggak Banyak Yang Tahu Soal Ini

, , 5 comments
lipatan-celana

Gue masih ingat banget saat pertama kali jalan sama gebetan waktu itu gue masih SMP, gue memakai atasan baju kaos berlogo Superman dengan bawahan celana jeans yang kegedean dan bagian kaki nya menutupi setengah dari sepatu yang gue pakai. Waktu itu badan gue pendek – ya sampai sekarang sih – pemilihan celana jeans yang kebesaran dan terlalu panjang, ditambah sepatu yang alasnya rendah, membuat gue baru tersadarkan.

Bahwa untuk berpakian yang baik dan benar saja dulu gue nggak mampu.

Bukan cuman itu. Waktu zaman SD sampai SMP setiap mau lebaran gue pasti dibeliin paman dan tante pakaian lengkap dari atasan sampai bawahan, sebagai upah karena gue sanggup puasa full satu bulan. Dengan iming-iming dibeliin pakaian baru gue dengan semangatnya berpuasa sampai hari yang ditunggu tiba.

Tapi gue kadang suka nggak bebas kalau mau milih pakaian, baik celana atau baju. Karena mereka yang beliin kadang yang dikasih selalu kebesaran.

                “Nggak papa dit sedikit kegedean, biar tetep bisa dipakai kalau kamu udah dege. Hehee...”

Kalimat barusan gue dapat ketika dikasih baju yang panjangnya mau nyentuh lutut... Gue berani jamin kalian pasti pernah merasakan kalimat kayak di atas teman-teman. Gue benar-benar tahu gimana rasanya.

Dan pada akhirnya gue harus membawa ke tukang jahit untuk memperkecil ukuran baju atau celana jeans yang dikasih, terutama bagian kaki yang biasanya selalu lebih panjang dari ukuran kaki gue.
Permasalahan kayak gue pasti juga sering dialami para cowok lain yang sering menggunakan jeans dalam kesehariannya. Cowok mana sih yang nggak punya satu jeans di dalam lemarinya? Dan nggak jarang kita para cowok selalu punya jeans yang kepanjangan.

Nah, ternyata ada cara untuk mengakali celana jeans yang kepanjangan loh, yaitu dengan melakukan lipatan atau isitlah keren para pecinta jeans adalah cuff atau cuffing. Gue yakin kita-kita para cowok keren yang baca ini pasti sering melakukan lipatan pada jeans tapi hanya sedkit yang tahu soal cuff ini.
Cuffing dilakukan bukan hanya untuk mengakali celana jeans yang terlalu panjang agar jeans tidak dipotong, tapi juga bisa menghasilkan efek-efek fashionable yang unik. Jadi intinya cuff tidak sembarangan ya gaes, ada beberapa jenis cuff yang harus kalian kenal.

Karena pada umum nya kita nggak akan memakai jeans yang terlalu panjang, panjang jeans ternyaman sih menurut gue tingginya yang menutupi mata kaki. Kalau panjang jeans kayak gini kita bisa dengan mudah membuat berbagai macam teknik cuff.

Dipostingan kali ini gue bukan hanya akan mengenalkan ke kalian tentang berbagai macam teknik cuff, tapi gue juga akan kasih tahu jenis sepatu kayak apa aja yang cocok digunakan kalau kalian menggunakan jenis-jenis teknik cuff tertentu.

Karena nggak jarang gue lihat cowok suka lipat jeans nya sembarangan lalu menggunakan sepatu yang kurang cocok. Ya... nggak masalah juga sih sebenarnya kalau itu gaya dia, tapi nggak ada salahnya juga untuk sekedar tahu dan menilai kira-kira yang cocoknya seperti apa, bukan?
Kayak milih jodoh juga. Jangan asal cantik dan pinter bikin alis doang tapi lo juga harus mastiin, dia kalau pipis jongkok atau berdiri!

SINGLE CUFF

Teknik cuff yang pertama ini yang paling simpel dan paling mudah dilakukan, yaitu dengan cara melipat 1 kali ke arah luar. Tinggi single cuff sendiri terbagi menjadi tiga macam yaitu; kecil, sedang, dan besar.

Menurut gue pemilihan single cuff kecil sangat cocok dipadukan dengan sepatu jenis loafers, boots dan sneakers. Single cuff dengan jenis sepatu loafers akan terlihat simple dan clean, pada sepatu boots sendiri akan terlihat kesan versatie, dan single cuff kecil cukup bagus untuk dipadukan dengan sepatu sneakers akan muncul efek stacking.

single-cuff-kecil
Single Cuff Sedang

Untuk jenis single cuff sedang, gue lebih merekomendasi untuk dipadukan dengan dua jenis sepatu saja yaitu loafers dan boots, karena apa bila dipadukan dengan sneakers tidak cocok. Silahkan kalian coba sendiri dan lihat hasilnya deh. Hihii....

Single Cuff Besar

Dan untuk single cuff besar, jelas banget lebih cocok digunakan untuk sepatu boots saja. Perbaduan single cuff besar dan sepatu boots akan memunculkan efek vintage dan mempunyai sifat heritage yang worker banget. Ets, tapi jangan pakai single cuff besar sembarangan ya.

Karena penggunaan cuff yang terlalu besar malah akan membuat badan terlihat pendek, cuff jenis ini lebih cocok digunakan orang yang berkaki panjang. Jadi yang badanya agak mini gue kasih saran jangan dicoba deh.

DOUBLE CUFF

Kalau single cuff dirasa masih kurang karena celana masih terlalu panjang, solusi kedua bisa menggunakan double cuff. Single cuff dan double cuff memiliki tampilan yang jelas sangat berbeda, kalau menggunakan single cuff hem-line serta warna benang pada celana jeans masih bisa terlihat namun tidak untuk double cuff. Lipatan yang dilakukan sebanyak 2 kali juga membuat cuff lebih tebal.

double-cuff
Double Cuff Sedang

Double cuff sedang cocok digunakan untuk sneakers, loafers dan boots yang bernuansa vintage karena akan memberikan efek simple dan clean seperti single cuff. Sedangkan untuk double cuff besar menurut gue hanya cocok digunakan pada jenis sepatu boots saja, penggunaan ini akan terlihat kesan worker banget deh.

double-cuff
Double Cuff Besar

Para pecinta jeans biasanya hanya akan merekomendasi sampai double cuff saja, karena kalau sampai triple cuff atau seterusnya celana jeans yang dikenakan pasti akan terlihat sangat aneh. Apa lagi sampai kalian melakukan lipatan sampai atas dengkul. Bahahaha...

ROLL CUFF

Mungkin kalau menggulung berantakan lengan baju yang panjang udah biasa ya, tapi bagaimana dengan menggulung berantakan celana? Cuff ini dibuat memang untuk menunjukkan kesan yang berantakan, keliatan kayak yang lagi makai cuff ini seperti orang kebanjiran hihi.

Roll Cuff

Ets... tapi kalian jangan salah, roll cuff nggak sembarangan dilakukan teknik yang dilakukan untuk jenis cuff ini adalah pin roll. Pin roll akan menghasilkan bagian bawah pada jeans akan terlihat sedikit tappered.

Teknik roll cuff cocok banget untuk lo pada yang mau kelihatan santai, maka sepatu yang paling cocok digunakan seperti slip-on atau juga cocok dipadukan dengan sandal.

FAUX SINGLE CUFF

Nah ini teknik yang paling asik menurut gue. Sekarang gini... kalian harus tahu juga nih. Biasanya para pecinta jeans suka memperhatikan hem-line jeans nya, hem-line adalah bagian garis atau benang pada jahitan jeans kayak yang sudah gue jelasin di double cuff. Kebanyakan orang termasuk gue sebenarnya nggak terlalu memperdulikan hem-line namun untuk para pecinta jeans sejati penampakan hem-line cukup menjadi perhatian.

faux-single-cuff
Faux Single Cuff

Teknik faux single cuff ini sebenarnya adalah modifikasi dari double cuff dan caranya pun sama saja, yang membedakan adalah untuk lipatan kedua agak diturunkan sedikit tepat di bawah hem-line dan efek yang didapat sudah jelas berbeda dengan double cuff.

Gue sendiri paling sering menggunakan teknik ini dan sepatu yang gue pakai adalah jenis loafers berbahan kulit atau sneakers, kedua jenis sepatu ini paling cocok untuk bersanding dengan faux single cuff. Secocok gue bersanding sama mantan pacar di pelaminan entar. BAHAHAHAHA!!!

*Diludahin*

Oke maap...

Gimana udah cukup kali ya kenalan sama jenis-jenis cuff. Jadi jangan hanya lipat sembarangan jeans kelaian ya, karena cowok juga harus tahu tentang apa yang dia pakai. Dan jangan lupa untuk memperhatikan sepatu apa yang cocok bersanding dengan jenis cuffing yang mau dipakai.

Kalau salah memadukan sudah pasti antara cuffing dan sepatu kalian keliatan banget nggak cocoknya. Iya, nggak cocok, udah kayak lo yang maksa-maksa buat balikan sama mantan. Mau gimana juga gak bakalan cocok!

Hmm... Jadi emosi sendiri.

Dan untuk melengkapi beberapa teknik cuffing di atas gue kasih tahu sepatu apa yang harus lo punya biar selalu cocok dengan cuffing yang lo pakai. Gue rekomendasiin kalian harus pakai sepatu keren dari GUTEN INC bahan yang berkualitas 100% leather (kulit asli) dan model yang mewah tapi tetep santai, pasti cocok banget dipakai dalam aktifitas kita para cowok setiap hari.

Mau pakai single cuff kecil lo bisa padukan dengan sepatu jenis loafers si hitam Poka All Black. Mau double cuff besar dengan nuansa worker? Bisa pasangkan dengan boots Jeune Chukka Pull Up Brown. Atau mau terlihat lebih santai lagi buat jalan-jalan di pantai, lo bisa pakai roll cuff dan padukan dengan Chiba Sandal Black. Bahkan mau kuliah sekalipun bisa pakai faux single cuff dan pakai Cules Tan Sneakers.

GUTEN INC nggak cuman menyediakan footware doang tapi juga ada bag, apparel bahkan aksesoris yang cowok banget yang bikin penampilan kita jadi keliatan lebih keren dan menarik. Etss.. bukan cuman buat cowok, GUTEN INC juga menyediakan fashion buat para cewek kok. Dan yang pasti GUTEN INC punya model yang masa kini banget, jadi jangan ragu.

Jadi... mau apapun jenis cuffing yang kalian pakai, semua koleksi footwear GUTEN INC pasti cocok. Mau liat koleksi lainnya? Nih tinggal klik: http://guteninc.com/.

Oke gimana... Sudah tahu soal lipatan jeans yang ternyata unik dan beragam kan? Udah gue kasih tau juga tuh sepatu apa yang cocok dipakai. Jangan lupa dipraktekin dan jadi keren selalu ya gaes!

//

Website: guteninc.com
Instagran: @guteninc
Store: Jl.Cihampelas No.9 Bandung

5 comments:

  1. Wah hanyar tahu nah ada ngaran2nya kayni..
    Biasanya mun selawar kepanjangan lipat bebarangan ai sekira kd keliatan panjang. Tapi entah kenapa malah meulah awak keliatan lebih pendek hahaha

    Mungkin harus ditatak sebatas ujung mata kaki, habis tu hanyar dilipat sesuai gaya yang km tulis ni lah? Bah ntap tu pangs!

    ReplyDelete
  2. Berarti selama ini suami dirumah sudah fashionable, soalnya aku sering beli jeans yang kepanjangan, makenya harus dilipat :D

    ReplyDelete
  3. akh baru tahu...ternyata ada juga hal seperti ini ya...

    ReplyDelete
  4. mantab gan nice info , saya kalo beli jeans kepanjangan malah kadang suka dipotong di tukang jahit ahahaha.

    titip link jg ya siapatau mau liburan bisa liat info tmpt wisata disni Pariwisata makasih

    ReplyDelete
  5. kurang keren perasa ulun kalo di lipat. kaya kebanjiran... hhaha

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D