Pemanfaatan M-PLIK dan Pameran ICT USO EXPO 2012 Banjarmasin (Urang Banua Informatif)

, , 5 comments
Sangat lucu rasanya apabila melihat teknologi beberapa tahun kebelakang, tentunya kita masih ingat dulu untuk mendapatkan informasi dari berbagai dunia yang cepat sangatlah sulit. Berbeda jauh dengan sekarang, dimana untuk mengakses informasi sangat mudan dan tentunya memiliki kecepat yang tinggi. Saya merasa sangat beruntung bisa menikmati kencanggihan dunia digital di zaman sekarang ini, kemudahan mengakses informasi dimana saja dan kapan saja saya mau. Hanya dengan duduk di depan sebuah laptop dengan jaringan internet, saya bisa menjelejahi dunia dan mendapatkan pengetahuan yang tidak pernah didapat sebelumnya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini tentunya memiliki dampak yang sangat bagus bagi masyarakat dalam perkembangan teknologi, serta perkembangan ekonomi dan kesejahteraan rakyat Indonesia.



Dan Kalimantan Selatan adalah salah satu daerah yang teknologi informasi dan komunikasi-nya sangat pesat berkembang. Ini bisa terlihat dimana internet bisa digunakan berbagai kalangan baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Dan warnet-warnet juga sangat banyak berdiri. Kemudahan untuk mengakses internet bagi yang memiliki laptop atau heandphone berbasis smartphone, kini juga bisa menikmati internet gratis dengan menggunakan wifi yang tersedia diberbagai tempat seperti di cafe, restoran, mall, perpustakaan daerah, dll. Dan kemajuan teknologi informasi dan teknologi di KalSel sendiri bisa terlihat jelas dengan adanya Komunitas Blogger yang hebat-hebat, yaitu Komunitas Blogger Kayuh Baimbai dan Blogger Banua.



Namu kebutuhan untuk berinternet ini hanya bisa di jangkau oleh warga KalSel yang tinggal di daerah perkotaan, lalu bagaimana daerah perdesaan di KalSel yang jauh dari perkotaan?

Terlepas dari itu semua pemerintah Indonesia menginginkan agar teknologi informati dapat dirasakan oleh masyarakat perdesaan yang jauh dari sentuhan teknologi. Sesuai dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 pada alinie empat ”kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa, .......”. Agar menjadi bangsa yang sejahtera dan menjadi cerdas, pemerintah Indonesia juga menginginkan agar rakyarnya bisa adil (merasakan teknologi), agar bisa sama seperti saudara mereka yang tinggal di kota



Demi mewujudkan kemasyarakatan yang adil dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi di daerah perdesaan KalSel, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan selatan (http://dishubkominfo.kalselprov.go.id) memperkenalkan mobil pusat layanan kecamatan atau yang sering disebut dengan M-PLIK. M-PLIK di Banjarmasin diresmikan pada 6 Februari 2012, setelah melakukan uji coba pada awal tahun. MPLIK untuk di Banjarmasin sendiri memiliki 5 unit mobil yang beroperasi tiap harinya, yang tersebar dibeberapa kecamatan di Banjarmasin. Namun sekarang M-PLIK sudah bertambah, dengan total mencapai 84 M-PLIK yang telah tersebar di 13 kabupaten/kota oleh Dishubkominfo Provinsi Kalsel.
Pemanfaatan M-PLIK sudah cukup bagus di Propinsi Kalimantan Selatan, terbukti M-PLIK rutin melakukan kerjasama dalam pelayanan internet kelilingnya dengan sekolah-sekolah di kalimantan Selatan. M-PLIK juga sempat berkerjasama dengan PMI Kota Banjarmasin dalam kegiatan Donor Darah. Selagi menunggu antrian untuk mendonor darah, para pendonor dapat berinternet dengan gratis melalui M-PLIK.

Sungguh tidak bisa dipungkiri lagi, kemajuan teknologi di zaman serba digital sekarang ini sangat cepat berkembangnya. Gadget-gadget pun sudah banyak mengalami perkembangan dalam segi desain dan teknologi di dalamnya. Tidak bisa didustai lagi kalau kita sekarang memang sangat membutuhkan teknologi bukan hanya sebagai hiburan semata tapi juga mempermudah pekerjaan sehari-hari.

Maka dari itu demi terciptanya pemerataan dalam dunia telekomunikasi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan selatan (www.dishubkominfo.kalselprov.go.id ) mengadakan pameran ICT USO EXPO 2012 Propinsi Kalimantan Selatan (www.ictusoexpo2012.com) di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, pada tanggal 7-9 November 2012. Acara ini nantinya akan dibuka langsung oleh Mentri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring. Dalam acara tersebut pemerintah ingin menyampaikan program kerja mereka KPU/USO atau Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation. KPU/USO adalah program pemerintah yang bertujuan untuk membuka akses informasi bagi masyarakat baik di perkotaan sampai ke pedesaan, khususnya yang belum terjangkau aksesibilitas layanan telekomunikasi dan informatika. Di acara itu juga nantinya ada pameran produk-produk gadget terbaru, tapi bukan hanya pameran, disana nanti juga akan ada berbagai macam perlombaan yang disediakan panitia di acara tersebut, seperti lomba blog, lomba photografhy, hiburan Musik, dll. untuk info lebih lebih lengkap bisa mengakses website resminya di www.ictusoexpo2012.com.

Tunggu apalagi jangan sia-siakan kesempatan langka ini datang, saksikan, dan ikutilah lomba-lomba yang diadakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan selatan (www.dishubkominfo.kalselprov.go.id) ini, dalam pameran ICT USO EXPO 2012 Propinsi Kalimantan Selatan (www.ictusoexpo2012.com) . Acara ini gratis tidak dipungut biaya. Ayo jadilah Urang Banua Informatif dengan mengikuti acara ini, agar wawasan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi kita menjadi bertambah sebagai Urang Banua yang Bungas.

Sumber referensi dan gambar: http://relawan-tik.org, http://mplik-banjarmasin.blogspot.com, http://dishubkominfo.kalselprov.go.id, www.ictusoexpo2012.com



5 comments:

  1. memang teknologi jaman sekarang udah ga bisa dianggap remeh lagi. udah merupakan kebutuhan primer kalo ane rasa. Ane juga punya keluarga di kalimantan loh, di banjarmasin. :D

    Salam kenal, ane dari kancut kebelenger, mohon follow backnya di blog ane www.linuxku.com. ane udah follow blog ini. terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. semoga Kalimantan Selatan terus maju bersama dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasinya merata keseluruh masyarakatnya

    ReplyDelete
  3. q Balum suah malihat MPLIK secara langsung nah,

    ReplyDelete
  4. @rizal oh ya mas, tinggal dijalan mana keluarganya? :D maaf nih gak bisa polbek, gak nemu kotak polonya hhe

    @genborneo Aminnn

    @ayed hha aku gin hanyar sekali aja yed ai pas di parak rumah

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D