Reportase Pameran ICT USO EXPO 2012 Banjarmasin (Urang Banua Informatif)

, , 10 comments


Banjarmasin – Pelaksanaan ICT USO EXPO 2012 yang diadakan di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin Sangat meriah. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang ke tempat acara. Pengunjung yang hadirpun dari berbagai kalangan yaitu masyarakat sekitar, Siswa/i SMA dan SMK di Banjarmasin , para Mahasiswa/i diberbagai Kampus, bahkan anak-anak Sekolah Dasar juga mengikuti acara ini.



Event ICT USO EXPO 2012 diadaka bukan hanya untuk menyampaikan program kerja Pemerintah yaitu KPU/USO atau Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation, tapi acara ini juga sebagai sarana untuk menunjukkan kreasi dan kreatifitas anak-anak SMA dan SMK di Banjarmasin. Terlihat di beberapa stand yang disediakan panitia terisi penuh oleh sekolah-sekolah yang mendapatkan undangan dari panitia. Mereka diberikan kesempatan untuk menunjukkan hasil karya sekolah nya masing-masing kepada pengunjung.





Aksi para anak SMK melakukan Dancs


Panitia penyelenggara acara juga menyediakan berbagai macam lomba yang dapat diikuti oleh berbagai kalangan, seperti lomba Blog, Musik Phtografhy, dll. Bukan hanya lomba untuk umum, para panitia pelaksana juga mengadakan lomba untuk Relawan TIK yang ada di Banjarmasin.


Lomba untuk Relawan TIK diadakan untuk menambah semarak acara ITC EXPO 2012 Banjarmasin yang diadakan oleh KOMINFO. ”Lomba untuk Relawan TIK ini diadakan bukan hanya untuk mengetahui sampai mana kecepatan, keterampilan, dan ketangkasan para Relawan TIK dalam pengoperasian M-PLIK sendiri, tapi juga sebagai saran untuk menjalin tali silaturahmi sesama Relawan TIK diberbagai daerah.” Ujar Ari Rahman, S.Com salah satu panitia lomba M-PLIK.

M-PLIK yang tersediah di acara ICT USO EXPO 2012 ini sangat dimanfaatkan para pengunjung, untuk merasakan bagaimana berinternet disebuah mobil. Dan tentunya berinternet di M-PLIK ini gratis. Para pengunjung M-PLIK bukan hanya dimanjangan dengan berinternet dengan gratis, tapi juga dapat memprint file dengan gratis karena para Relawan TIK sudah menyediakan semuanya, mulai dari Printer, Scand, hingga kertas untuk memprin tersediah untuk melayani pengunjung.

Namun ini semua bukan tanpa kendala. Ihsan Mustari menyampaikan kendala M-PLIK yang beroperasi selama ini ”Kesulitan M-PLIK selama ini adalah mendapatkan jaringan, atau yang sering kami sebut dengan POINTER.” jelas Insan dari TELKOM.

Mobil Internet yang beroperasi minimal 4 jam ini juga memiliki kendala lain selain POINTER yang paling utama, tapi bisa juga karena cuaca yang tidak mendukung, karena M-PLIK tidak dapat beroperasi ketika hujan.



Masukan saya M-PLIK harus lebih lebih lama lagi beroperasi mungkin 5-6 jam perhari, dan harus lebih melakukan promosi lagi ke berbagai sekolah, dan kalau bisa diadakan penyuluhan diberbagai kecamatan dan perdesaan agar  M-PLIK lebih dikenal masyarakan dan pemanfaatanya lebih maksimal lagi, karena masih banyak warga yang tidak mengetahui keberadaan M-PLIK.

Akan tetapi acara yang diadakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan selatan (www.dishubkominfo.kalselprov.go.id ) ini yaitu pameran ICT USO EXPO 2012 Propinsi Kalimantan Selatan (www.ictusoexpo2012.com) sudah sangat bagus dalam pengenalan M-PLIK, dan sudah sukses menjalankan misinya dalam penyampaian program kerja mereka dihadapan Masyarakat Banjarmasin. KPU/USO atau Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation menyampaikan program pemerintah yang bertujuan untuk membuka akses informasi bagi masyarakat baik di perkotaan sampai ke pedesaan, khususnya yang belum terjangkau aksesibilitas layanan telekomunikasi dan informatika.


Dan perkembangan Teknolgi informatika dan komunikasi di Prov.KalSel sangatlah bagus, ini bisa dilihat dari komunitas Blogger di Kalimantan Selatan yang aktif, dan sudah sering mengikuti event-event besar, berbagai macam lomba, serta perkembangan TIK dari sekolah-sekolah di KalSel yaitu penemuan-penemuan para Siswa/i SMA dan SMK yang dapat dilihat di stand pameran acara ICT USO EXPO 2012.

Sukses untuk KOMINFO dan pameran ICT USO EXPO 2012 Banjarmasin, semoga dengan diselenggarakannya acara ini bisa terlaksana program kerjanya untuk memajukan Kalimatan Selatan dibidang Teknologi Informatika dan Komunikasi. Amin.

10 comments:

  1. wah belum sempat nyobain MPLIK ni.
    ternyata MPLIK tidak bisa dioperasikan ya saat hujan, tapi bisa buat payung tu parabolanya kalau hujan. wkwk..

    ReplyDelete
  2. senang ya melihat suatu program terlaksana dengan sukses, saya juga rencananya akan membuat sebuah acara, seminar tepatnya, mengenai bisnis berbasis teknologi, do'akan ya semoga lancar juga hehe ^^

    ReplyDelete
  3. @genborneo hahaha bisa juga bisa tuh sekalian aja mobil nya buat jualan es ronde, dingin2 enak yg angett :p

    @siti weew lancar apanih sitii?

    ReplyDelete
  4. mantap gan, semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  5. sudah aku follow gan sukses 335, kalo bisa di follback,hehe

    ReplyDelete
  6. Sya dtng Pameran'a jum'at llu tpi udh pada tutup ...

    Pas ndak bulik eh, ada Yoda IDOL yg Konser ,,,,

    ReplyDelete
  7. bagus nih acaranya. Mendukung anak muda. Semoga rutin acaranya.

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D