Tips Asik Menghadapi UN

, , 42 comments

Tips Asik Menghadapi UN!Bismillah…
Gak kerasa banget UN sudah di depan mata.  Gue masih ingat banget, dulu waktu mau menghadapi UN baik waktu SMP atau SMK, sering nemu ritual-ritual yang gak penting.  Salahsatu-nya adalah minum air dari orang pintar.  Iya gue juga bingung dimana hubungannya mau menghadapi UN sama minum air, emangnya ngerjain soal entar sambil lari-lari di lapangan apa?

Bahkan gak cukup diminum, gue juga disuruh bilas muka pakai air itu, kata Nenek, itu air dari orang pintar buat penerang hati. Hmm... makin aneh, apa hubunganya bilas muka sama nerangin hati?  Gue pribadi sebenarnya gak terlalu suka sama yang gitu-gituan, tapi gue dulu terpaksa harus ngelakuinnya.

Bahkan ada yang lebih aneh lagi, teman gue pernah sebelum UN dia menjalani ritual mandi kembang di sungai.  Ini benar-benar kampret, bukannya gue ngehina atau ngata-ngatain,  tapi emang aneh gak ada logikanya.  Dari pada minta air ke orang pintar, lebih baik suruh orang pintarnya ngasih jawaban yang bener lewat SMS ya gak? Bukannya dia orang pintar.

Saat detik-detik menghadapi UN perasaan dan pikiran pasti rasanya campur aduh gak karuan jadi satu.  Bisa diumpamakan ngadepin UN itu kayak ngadepin calon mertua.  Tapi selama ini gue menghadapi UN 3X, gue gak pernah takut, apa lagi takut kalau gak lulus.  Gue lebih takut kalau HP gak bisa dibawa masuk ruangan…

Nah pada kesempatan kali ini gue mau bagi-bagi Tips Asik Menghadapi UN buat adik-adik yang mau berperang melawan ketidak lulusan, fersi gue, yeah ini yang gue lakuin saat menghadapi UN. Oke langsung aja kita mulai…

*ngomong-ngomong perumpamaan gue tadi asal-asalan doa, gue belum nikah, jadi gak tahu gimana rasaya ngadepin calon mertua*

Tips Asik Menghadapi UN!

1.Jangan Panik 
Hindari perasaan panik saat menghadapi UN, karena panik malah akan membuat kalian bleng saat mengerjakan soal-soal nanti.  Kalian sudah ikut bimbel, tiap malam mati-matian belajar mengulangi pelajaran dari awal, dan udah minum banyak air dari orang pinter, tapi kalau rasa panik muncul soal yang seharusnya kalian bisa jawab, tiba-tiba lupa cara ngerjainnya gimana.  Maka dari itu jangan pernah panik, woles aja.

2.Jangan Banyak Belajar 
Kalau baca judulnya jangan salah paham dulu.  Maksud gue disini bukan ngajak kalian gak belajar saat menghadapi UN, tapi maksud gue jangan terlalu banyak belajar.  Jangan sampai karena elo kebanyakan belajar, ngapalin banyak rumus, dan bimbel sampai subuh, tapi bisa bikin lo jadi sakit gimana hayo?  Kebanyakan nyerap materi juga gak baik buat otak.  Dan yang pasti jangan belajar saat dipaksa, karena hasilnya bakalan beda dengan belajar saat hati lagi mau.

3.Represing 
Ini ada hubungannya dengan poin 2, kebanyakan belajar emang bisa bikin stress.  Nah maka dari itu ada baiknya untuk meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang bisa bikin otak tenang, bisa dengan berolahraga, jalan-jalan, main game, atau apa aja yang bisa bikin otak dan  hati elo jadi nyaman.  Kalau gue paling suka nulis, biasanya gue akan nulis sepulang dari UN di Sekolah, gue malah nulis-nulis di blog, karena dari situ rasa resah yang gue alami selama berada di ruang UN jadi lebih nyaman.

4.Mulai Dari Yang Sulit
Pengalam gue saat ngerjain UN atau Ulangan-ulangan lainnya di Sekolah, selalu gue mulai dari yang sulit.  Loh kenapa? Karena menurut gue, soal-soal yang mudah akan memakan waktu lebih sedikit daripada yang susah.  Gue lebih suka memulai dari yang sulit, karena jadi punya banyak waktu untuk ngerjainnya.

Atau gak kalian bisa pakai cara absurd gue, gue punya juga kebiasaan ngerjain soal dari nomer terakhir baru ke nomer awal.  Ini tehnik rahasia sebenarnya.  Jadi saat gue ngerjain soal 50-25 misalanya, biasanya teman-teman ngerjain dari satu dulu sampai seterusnya, nah saat itu lah gue tinggal minta jawaban yang sudah mereka kerjain, misalanya nomer 1-25, jadi karena gue udah selesai nomer 50-25, sisanya gue tinggal nyotek dan bisa selesai lebih dulu. Nyehehe

5.Doa dan Usaha
Doa tanpa usaha rasanya kayak makan bubur tanpa sendok, dan Usaha tanpa Doa rasanya kayak mau makan bubur tapi tukang bubur-nya gak ada.  Doa dan Usaha memang saling berhubungan, sepintar-pintarnya orang kalau dia sombong Tuhan bisa aja murka dan sekejam dia bakalan jadi idiot.  Nah jangan lupa kalau udah usaha belajar buat UN udah mati-matian, mendekatlah dan minta bantuan kepada-Nya juga.

Biasanya Sekolah menjelang UN, akan mengadakan sholat berjamaah meminta memohon doa untuk kelancaran UN nanti.  Tapi ingat jangan sok dramatis, gue rasa Tuhan juga tahu apa yang dibutuhkan, gak perlu mewek dibuat-buat.

6.Bingkai Harapan Yang sudah baca tulisan fiksi gue “Bubur Ayam (Dibalik C[D]erita Anak Magang)” Pasti udah tau yang ini.  Kalau belum tau klik aja judulnya dan baca ya. :)

Itu dulu Tips Asik Menjelang UN dari gue.  Gue doa’in nanti UN nya lancer ya, lancer jawab pertanyaan, lancer nyonteknya, lancer buka HP-nya, lancer pencernaannya juga, Amin.  Sebagai Penutup Gue punya Quote buat kalian yang mau menghadapi UN.

UN memang menentukan lulus atau tidak-nya kalian saat Ujian nanti, tapi perlu kalian ingat, UN bukan akhir segalanya. 

Kalau kalian sendiri gimana cara menghadapi UN kemarin? Share dikolom komentar dongsss… :D


42 comments:

  1. Hahahha, makasih ka adit tipsnya. Eh tp ka yg namanya ngerjakan soal sulit makan waktu? artinya namanya aja sulit, sulit itu terkadang gak bisa ngerjain. Yaudah jawab yg mudah aja sih :D

    Kalo aku sih persiapannya belajar yg maksimal. Betul tuh apalagi kalo udah ngantuk, jangan dipaksakan belajarnya. Yup, UN bukan akhir dr segalanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa bujur banar, tapi itu tergantung aja sih haha

      semangatt yaa UN senin ini :D

      Delete
  2. Itu seriusan yang temen elu sampe nyelem di air kembang? Astaga Dit ._.
    Gue sih dulu, ritualnya dateng pagi ngumpul di tempat temen... melakukan misi rahasia yang orang lain juga udah tahu. Walaupun gue ujungnya ngga pake contekan. Hohoho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalau saya dulu juga gitu, tukang bagi2 :))

      Delete
  3. Seenggaknya ada persiapan buat contek mencontek buat UN tahun depan. Karena gue masih kelas XI ngehehe.

    ReplyDelete
  4. beruntunglah generasi kita yang terlahir tidak menghadapi 20 paket. :|

    ReplyDelete
  5. beruntunglah gw udah ga bebas dari yang namanya UN :D

    ReplyDelete
  6. Kalo gue, dasar dari semua tips itu tetep cuma dua hal: 1. Minta maaf dan doa restu sama orang tua. 2. Belajar :))

    ReplyDelete
  7. Jangan forsir tenaga, bukannya UN tambah sukses ntar malah sakit.. oiya, sebelum mengerjakan soal, minumlah air putih terlebih dahulu :))

    ReplyDelete
  8. hahaha bener juga ya, kerjain dari yang belakang dulu.. duh nggak bisa diterapin di kuliah sih, ancamannya nilai langsung E hahhaha

    ReplyDelete
  9. terimakasih kak dika,semoga kita semua lulus 100%...

    ReplyDelete
  10. hmmm dulu saya sebelum menghadapi UN cuma liat2 aja buku soal, nyobain inget2 lagi.. trus rileks aja seharian belajarnya nyantai aja. Dari pada minum air dari orang pinter, mendingan banyak doa, shalat tahajjud. lebih manjur, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh setuju bangettt kakkk. tahajuddd :))

      Delete
  11. keren tipsnya, untung saya masih kelas VII jadinya masih lama UN, bisa santai ke salon dulu rebonding bulu ketek.

    Tapi paling penting sih bedoa, sama LJKSnya harus ada, kalo gak pasti bakalan bingung jawabnya gimana. Gak mungkinkan dipundaknya pengawas, cowok kumisan lagi

    Oh, iya kayaknya dibagian awalnya ada kata yang kurang deh, bagian minum air pintar itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm .___.

      asal jgn disilang juga jawabannya yaa

      ohh iya haha makasih bang bayu :D

      Delete
  12. Bener juga. Karena mau UN, bukan berarti kita jadi belajar mati-matian sampai lupa sama kesehatan sendiri. Kan gak baik ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi sampai lupa mantan pacar #eh

      Delete
  13. biarin mengalir apa adanya ntar juga dapet contekan....
    wakakakkakaa......

    ReplyDelete
  14. first, kata menghadapi di gambarnya jadi menghadapai ituhh
    second, congrats buat post ke 200 nya.

    Keep it up!

    ReplyDelete
  15. Saran yang buakakak..... Lol. Btw gimana yang soal mau desainin gue itu. Gue tunggu lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tenang saya lagi ada kerjaan mas, kalau udah kelar baru punya mas iman :p

      Delete
  16. Bismillah, semoga tips lo manjur bang. hahahaha.

    ReplyDelete
  17. Gue paling setuju dengan yang Jangan banyak belajar dan Doa&usaha! Karena itu yang gue praktekin hahaha

    ReplyDelete
  18. Good luck, deh buat adek-adek yang UN, hehehe :D

    ReplyDelete
  19. Smangat buat tmen2 yang UN
    jika usahanya sudah maksimal,serahkan hasilnya sama yg diatas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, kita do'a kan moga2 adik2 kita pada lulus ujian nya semua :D

      Delete
  20. aku ga bisa UN, belum cukup umur :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... tapi udah mimpi basah berkali2 kan? -.-

      Delete
  21. biasa ae menghadapi un haha ..biar pun 50 paket amun kita belajar wayyyyoo hahaha ..
    waluh rubuh am kisah nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya, biar kd rubuh dibari lem nasi waluh nya itu nak aii

      Delete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D