Mengembalikan Mood Ngeblog

 Bad Mood

Bismillah...

Sebagai blogger-typo-galau-gagal-move-on sudah cukup banyak pengalaman nge-blog yang gue dapat.  Gue mulai ngeblog dari tahun 2010, waktu itu gue gak terlalu mikirin gimana cara menulis yang enak.  Gue cuman nulis apa yang gue mau, tanpa harus mikir itu baik atau gak.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu gue juga mikir dan pengin blog ini sedikit terarah, ya walaupun masih tetep suka buat tulisan galau sendiri gak jelas.  Selama ngeblog, gue juga sering dapat pertanyaan-pertanyaan di email.  Rata-rata pertanyaannya soal, blog.

Gue benar-benar bersyukur disini, gak pernah ada orang yang tanya di email, gimana caranya biar bisa cepet move on.  Tau sendiri gue masih gak bisa move on… *malah curhat*

Oke abaykan paragraf di atas.  Sekarang gue mau kasih satu tips, tentang pertanyaan yang paling sering ditanyakan ke email gue, yaitu: Mengembalikan mood ngeblog.

Sebagai blogger yang lagi belajar gak typo lagi dan belajar melupakan mantan pacar, gue sendiri pernah ngerasain bad mood ngeblog.  Pernah selama sebulan gue gak ngunjungi blog gue sendiri, karena apa?  Karena gue bingung harus nulis apaan.

Akibatnya visitor di blog berkurang dratis, dan itu bikin gue jadi tambah gak semangat ngeblog lagi.  Tapi, semakin kesini, gue jadi tahu apa yang harus gue lakukan untuk mengembalikan mood ngeblog.

1) Blogwalking dan ikut Kopdar
Blog itu sama kayak manusia, putuh yang namanya berkomunikasi.  Buat apaan?  Ya biar lo ngerasa kalau bukan cuman lo sendiri yang punya blog.  Dengan blogwalking atau jalan-jalan ke blog orang dan meninggalkan komentar, secara gak langsung kita udah menjalin relasi, saat kita menaruh komentar, secara otomatis pasti akan puncul nama akun blog kita.  Dan klik, orang bisa saja mengunjungi blog kalian, dan meninggalkan komenyar di blog kalian.

Dengan cara simpel itu, kadang bisa membangkitkan mood untuk ngeblog lagi, karena ada orang yang berkomentar balik ke blog kita.

2) Membaca tulisan lama
Membaca tulisan-tulisan lama juga bisa mengembalikan mood kita buat ngeblog, kadang saat selesai membaca tulisan lama, kita berceletuk dalam hati “Kampret tulisan gue banci!”  atau “Ini pasti gue nulis waktu sambil ngemut kapur barus!”

Tulisan gue yang berjudul “Kangen Masa Lalu” Nah itu gue buat waktu gue bingung harus nulis apa di blog.  Waktu itu cuman bisa menatap microsoft word yang kosong, bingung mau nulis apaan, gue coba buka blog bang Bena Kribo, lalu melihat ke arah arsip postingan gue buka tulisan gue waktu tahun 2010-2011, gue banyak menemukan tulisan-tulisan yang dulu gue rasa keren tapi sekarang kayak banci.

Nah dengan membaca tulisan-tulisan lama gue jadi bikin tulisan itu “Kangen Masa Lalu”.  Kalian boleh coba, jangan takut tulisan kalian gak bagus karena gak ada mood ngeblog dan nulis.  Ingat, seperti yang pernah gue kasih tahu “Lebih baik kalian buat tulisan yang banci, dari pada gak sama sekali”

3) Buat hand made
Selain menulis di blog, bikin cerpen, cembung (cerita bersambung), curhat, dll.  Blog juga bisa kita gunakan sebagai portofolio dan berjualan.

Gue pernah kehabisan ide untuk menulis yang mengakibatkan jadi malas untuk ngeblog, nah, sewatu SMK dulu gue paling suka bikin kerajinan tangan, contoh: Origami, paper craf, sampul binder, dll.

Gue pernah buat tulisan tentang “Sampul Binder Dari Kain Flanel” nah disana gue coba buat postingannya, dan gue coba-coba untuk ngejualanya di blog, dan Alhamdulillah, ada aja orang yang mention gue di twitter dan mau pesan.  Awal dari ke isengan karena gak ada ide dan mood ngeblog, dan akhirnya malah menambah pundi-pundi penghasilan.

Atau kalian sudah  pernah baca tulisan gue waktu ngasih kado ke Dia (mantan pacar) ? coba deh baca postingan ini “….” Postingan itu berawal dari ke isengan gue bikin origami dan akhirnya jadi kado spesial, lalu gue ceritain di blog, dan dapat tanggapan positif dari teman-teman.  Ahh.. jadi kangen mantan :’)

4) Nongkrong ke tempat gaul
Ini salah satu ritual yang pasti gue lakukan untuk mengembalikan mood ngeblog.  Biasanya setelah jalan-jalan ke Gramedia atau nongkrong di café, gue bakalan menemukan sesuatu yang baru, gue jadi punya cerita baru dan buru-buru ingin menceritakannya di blog.

Kalau café yang gue pilih biasanya, café yang minuman dan makanannya enak, suasana tenang dan ehem…, banyak bidadari cantik bertebaran di dalamnya.

Kalau kalian berada di Banjarmasin, gue kasih rekomendasi untuk nongkrong di salah satu café di Banjarmasin yaitu: Double Dipps.  Disana ada banyak makanan dan minuman yang enak-enak dan orginal dari Double Dipps sendiri.  Selain itu tempatnya juga cukup nyaman untuk nongkrong bareng teman-teman, rekan bisnis, pacar atau keluarga tercinta.

Di Double Dipps Banjarmasin memakai konsep Coffee Shop yang memiliki varian makanan westren style.  Dan untuk makanan banyak pilihannya seperti berbagai menu fariasi nasi goreng, aneka bakmie, bihun, dan kwetiau.  Semua menu makanan punya aneka fariasi sendiri-sendiri.

Sedangkan untuk minumannya ada, specialty coffee, teas, italian soda, ice blended non coffee atau with coffee atau with tea juga ada.












DD Banjarmasin punya dua ruangan di lantai satu dan dua, untuk di lantai satu dan dua: bagian depan untuk area smoking.  Sedangkan bagian dalam lantai satu dan dua: bagian dalam untuk area non smoking.  Dan asiknya lagi free wifi, untuk kalian yang suka menghabiskan waktu bersantai sambil internetan,  ada juga LCD TV dan Big Screen, jadi kalau mau meeting terus mau prestase kalian bisa pinjem.

Area non smoking lantai dua 

Area non smoking lantai satu

Kalian juga bisa mengadakan acara di DD Banjarmasin seperti acara ulangtahun, meeting, ngadain gathering, arisan, dan lain-lain.  Tapi ingat, kalian harus pesan duluan, ya minimal banget tiga hari sebelum acara.

Selain itu, kalian juga bisa Delivery Menu sama DD Banjarmasin, dengan cara menghubungi kontak ini: 0511-6392652 / 0511-7870921.

DD Banjarmasin berada di Jl. A. Yani KM 4.5 Kelurahan Karang Mekar RT 02, RW 01 Ruko no.5 – Banjar Timur.  Atau paling gampang di samping fly over.

Kalau gue paling suka nongkro ke café siang hari, karena suasana masih sepi gak terlalu banyak orang, jadi selain untuk bersantai juga bisa sambil mencari ide dan menggembalikan mood ngeblog.

Kalau kalian sumpek dan gak ada mood sama sekali untuk ngeblog, coba jalan-jalan ke luar nikmati apa yang ada di sekitar kalian, kalau perlu kalian nongkrong di Double Dipps di kota-kota kalian haha.

Itu dulu beberapa tips atau pengalaman yang pengin gue bagikan untuk kalian-kalian tentang cara “Mengembalikan Mood Ngeblog”.  Semoga bermanfaat, dan kalau kalian ada pertanyaan seputar blog, bisa langsung email gue dikolom kontak dibagian bawah sebelah kiri blog ini, atau bisa juga langsung tanya di kolom komentar.  Insya Allah kalau gue bisa bakalan gue jawab.

Oya, kalau kalian sendiri  punya cara seperti apa untuk mengembalikan mood ngeblog?  Boleh juga bagi tips nya dikolom komentar dong.

Dan satu lagi…, buku gue Diary Anak Magang sudah bisa dibeli berupa buku fisiknya, Alhamdulillah banyak yang sudah pesan.  Dibeli ya!


Seragam ungu yang pernah gue pakai untuk magang, mengingatkan gue akan kejadian-kejadian derita dan hal absurd di beberapa tempat magang yang pernah gue jalani. Dan selama empat bulan menjalani fase penderitaan anak magang saat itu, bukan cuma derita dan hal absurd yang pernah gue alami, tapi juga kegalauan tentang seseorang.

Pelan tapi pasti, waktu seakan kembali ke belakang, seragam ungu membuat gue kembali ke masa lalu itu. Masa dimana gue menjalani fase derita anak magang, fase dimana juga gue mencoba melupakan, membenci, dan move on dari sosok mantan pacar.

Sedetik setelahnya, gue jadi ingat ada sesuatu yang belum selesai dari magang. Bukan kontrak magang gue yang belum selesai, tapi ada sesuatu di balik magang yang masih belum selesai. Benda mati memang bisa menghidupkan kenangan masa lalu yang sempat tertutupi waktu. Dan sekarang, gue kembali ke masa itu.

Judul : Diary Anak Magang
Tebal : Viii + 315 hal
Harga Asli : Rp.49.000
Harga Pre Order : Rp.44.100 (Dis. 10 %)
Penerbit : Raditeens Publisher
ISBN : Dalam Proses

Ongkir ke seluruh Indonesia :
Order 1-2 Ongkir Rp.15.000
Order 3-4 Ongkir Rp.20.000
Order 5-6 Ongkir Rp.25.000
Deadline Pre Order tanggal 1 November 2014

Cara Order Diary Anak Magang:
sms dengan format

nama_judul_jumlah_Alamat lengkap_no hp ke 087757691882
Dan sertakan foto bukti transfer ke inbox facebook: Raditeens Publisher