Wisata Labirin Pelaihari

 labirin-pelaihari

Bismillah…

Hallo my big fan’s!  Apa kabar?  Haha…, kalimat pembuka sapaannya terlalu maksa.  Gak kerasa ini udah pertengahan Oktober, sebentar lagi November, dan gak lama juga Desember.  Ahh…, ulangtahun ulun makin deket. #kodekeras

Udah lama banget ya ulun gak cerita soal jalan-jalan, terakhir yang ulun posting cuman “Wisata Pantai Angsana” FYI pantai Angsana makin rame dikunjungin orang, dan kampretnya makin gak kerawat.  Kita do’a kan aja ya, semoga mereka yang pergi ke Angsana bisa sadar diri dan mau tidak membuang sampah sembarangan.  Amin…

Oke, di postingan kali ini ulun mau kasih tahu kalian tentang tempat wisata yang baru-baru ini lagi rame dibicarain anak-anak gaul di Banjarmasin.  Dan sebagai anak yang salah gaul, ulun gak mau ke tinggalan update.  Ulun akan cerita tentang perjalanan kemarin di Pelaihari, ulun pergi ke labirin.

Perjalanan ini berawal dari ulun yang waktu itu selesai ngawas UTS di sekolah.  Sewaktu balik dari kantin dan mau ke ruang guru, ulun ngobrol sama salah satu dari dua orang PPL yang lagi ngejalanin tugasnya di sekolah tempat ulun ngajar.

Awalanya ngebahas masalah acara sekolah, lalu merambat ke tempat-tempat wisata.  Dan singkat cerita, si PPL bernama Intan ngajak jalan-jalan ke Labirin.  Ulun sempat ragu waktu Intan ngajak ke Labirin, di otak kebayang film yang beberapa waktu lalu ulun tonton sama Icha The Maze Runner.

Ceritanya tentang remaja yang terjebak dalam sebuah labirin berbahaya, karena labirin-labirinnya bisa berubah posisi terus ada monster di dalamnya.  Tapi ulun sendiri sadar, gak mungkin labirin yang bakalan kami datangi itu sama kayak di film.

Dan akhirnya ulun beserta rombongan PPL pergi ke Labirin tersebut.  Total ada 7 PPL + 1 guru muda yang ganteng *muji diri sendiri*.  Dan yang pasti kegiatan ini bukan termasuk dalam kegiatan sekolah tapi kegiatan Happy fun’s aja sekedar jalan-jalan dan penasaran sama labirin, dan Alhamdulillah ulun gak dipanggil Bapak Adit kayak biasanya, ( .___. )

FYI usia mereka lebih tua 1-2 tahun dari ulun, haha… dari muka udah bisa ketahuan siapa yang paling tua.  Oya, ulun sempat mengira tempat wisata yang kami datangi itu ada di Banjarbaru, dan ternyata ulun salah besar.  Labirin yang kami mau datangi ternyata di Agrowisata BP3T di Tamabang ulang Kabupaten Tanah Laut, Pelaihari.  Waktu yang ditempuh dari Banjarmasin ke tempat tujuan kira-kira satu setengah jam.

Sedangkan perjalanan kami kemarin 2 jam lebih, karena hujan lebat dan kami harus berteduh.  Di sekolah PPL ini kelihatan kalem dan sopan, tapi ternyata….



Si Ijo kehujanan



Lagi nunggu hujan masih sempet narsisi.

Ini si Una lagi di dandanin sama Vina, nunggu hujan redah masih sempet make up ini baru namanya insting cewek, dimana aja masih sempet dandan.

Hujan yang turun sempat membuat kami harus berteduh dua kali, sempat bosan juga karena perjalanan jadi terganggu.  Tapi beruntung orang-orangnya agak geser semua, jadi di sela-sela menunggu hujan, kami masih sempat bercanda, dan yang paling sering jadi korban adalah Rina *emot setan ngakak*.

Walau perjalanan kami sempat tertunda, tapi kami juga bersyukur, kenapa?  Kalian tahu sendirikan belakangan ini lagi kabut-kabutnya menyelimuti beberapa kota, apalagi Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura deket juga sama daerah kebakaran lahan, yang menyebabakan asap kabut menutupi jalanan.  Paling gak dengan turunnya hujan bisa mengurasi asap kabut yang udah banyak mengganggu orang-orang.

Hujan emang penuh berkah, apalagi kalau hujannya malam minggu + badai topan.  Yang jomblo pasti seneng banget karena matanya gak keluar nanah kalau jalan-jalan liat orang pacaran.




And finally!  Kami sampai di tempat tujuan.  Oya, kalau kalian ke Tambang Ulang ini dan mau menikmati fasilitasnya kalian tinggal bayar Rp 3.000,- aja dan udah bisa nikmatin semuanya.  Kecuali makan di warung.








Sesampai disana kami gak langusng menikmati pemandangan disana, tapi makan-minum dulu, cuaca yang berubah-ubah membuat kami udah kayak busung lapar.  Setelah selesai mengisi perut kami langsung masuk ke dalam labirin, dan yang pasti gak ketinggalan, foto-foto.


Agrowisata BP3T di Tamabang ulang Kabupaten Tanah Laut-Pelaihari, ulun gak sempet mendatangi tempat-tempat disana, hanya beberapa yang ulun sempat datango, yaitu: Labirin, danau pemancingan, lapangan bola, terus kandang rusa, ngomong-ngomong kasian rusa-nya cuman sendirian. Backsound : Kunto Aji – Sudah terlalu lama sendiri.

Kasian Rusa-nya sendirian.


Rina bisa jadi penunggu Tambang Ulang nih...

Ulun kasih saran kalau kalian mau ke tempat ini, lebih baik waktu siang menuju sore, karena kalau siang panassss.


Kira-kira jam 16.00 WITA kami lalu pulang dari tempat wisata itu, tapi gak langsung pulang sih.  Karena masih kelaparan, kami memutuskan untuk mampir di salah satu warung di daerah Gambut, memcicipi hidangan khas disana,yaitu Nasi Itik Gambut.

Salah satu warung Nasi Itik Gambut yang kami datangi.

Nasi Itik Gambut.

Makanan Nasi Itik Gambut ini sangat terkenal di daerah ulun, bukan cuman ada Itik sih sebenarnya iwak-nya (baca: lauk), tapi juga bisa pesan iwak haruan (ikan gabus), hintalu (telur), ayam, dan empedal juga ada.

Makanan khas gambut atau paling sering disebut Nasi Itik Gambut ini, enak banget atau bahasa banjarnya nyaman banar!  Tekstur daging yang empung membuat selera makan bertambah dan rasanya pengin lagi ke tempat itu.

Nasi Itik Gambut paling gampang dicari di pinggiran jalan daerah Gambut sendiri, kalau di Banjarmasin ulun sendiri belum nemu warungnya.

Nah segitu dulu jalan-jalan ulun bareng PPL, dan insya Allah kami ada planning mau jalan-jalan lagi ke salah satu tempat yang keren abis di Kalimatan Selatan ini.  Jangan lupa mampir ke Pelaihari ya kalau ke Banjarmasin, ada banyak tempat wisata alam yang harus kalian kunjungi disini, pokoknya cocok banget untuk kalian yang mempunyai jiwa travelling alam.  And next time’s, ulun berharap bisa jalan-jalan lagi ke lain tempat bareng anak-anak PPL ini Arif, Intan, Una, Rina, Karina, Ina, dan Raimah.

Di tempat kalian ada juga gak tempat wisata semacam kayak gini?  share di kolom komentar dong wahai fans.

Baca juga artikel wisata lainnya: Jalan-jalan

Ngomong bentar lagi hari Blogger Nasional, ulun dan sanak (keluarga) PBB (Pena Blogger Banua) insya Allah akan melaksanakan kopdar lagi, namun berhubung Hari Blogger Nasional tgl 27 Oktober 2014 ini jatuh pada hari Selasa.  Jadi acara kopdar Blogger Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 1 November 20124 atau hari minggu, do’a kan aja moga acaranya tambah rame ya!


Dan setelah pulang dari labirin itu ulun jadi tahu satu hal.  Terjebak dalam sebuah labirin mungkin masih bisa keluar.  Tapi…, kalau terjebak dalam ikatan rindu si mantan pacar mungkin gak bisa kemana-mana.  #apaini
Salam Seper-Galau-an….