Ketika Ziarah Ke Negeri Onta


Awal tahun ini adalah tahun yang tidak pernah gue lupakan. Tanggal 12 januari kemarin gue, Ayah, Mama, dan keluarga gue lainnya berangkat ke tanah Harram Al’mukaramah. Perjalanan yang memakan total waktu sebelas jam itu, berbuah pengalaman yang nggak pernah gue lupakan setelah kurang lebih dua minggu di negara seberang.

Gue yakin banget, semua yang beragama muslim pasti pengen banget bisa pergi umroh. Semua orang pasti ingin dan berusaha bagaimana caranya bisa pergi kesana. Tapi percaya, deh, kadang walau duitnya sudah ada untuk pergi umroh, terkadang orang-orang yang punya niat baik ini pasti ada aja kendalanya dan bisa aja nggak jadi berangkat.

Lalu gimana dengan gue? Gue sendiri punya mimpi bisa berangkatin umroh Ayah dan Mama, tapi sekali lagi. Tuhan selalu punya rencana yang jauh lebih manis, gue bisa ikut berangkat bareng mereka semua. Sedangkan adek gue si Nanda, dia ditinggal karena sudah kelas 9 SMP dia lagi sibuk-sibuknya belajar buat persiapan UN.

Padahal, sih, gue mau ajak Nanda buat umroh. Kan lumayan bisa nyuruh-nyuruh dia angkat koper gue. Atau selama dua minggu di sana, si Nanda bisa gue suruh kerja di Arab buat mandiin onta, lumayan uang nya pasti gede, bisa buat beli satu lusin iPhone 6.

Persinggahan pertama kali ini ke kota Jeddah, menuju Madinah, dan beberapa hari setelahnya baru ke Mekkah. Tiga kota yang didatangi ini memberikan gue pengalaman baru dan menyisakan berbagai moment unik yang nggak gue sangka-sangka sebelumnya.

Pedagang Yang Bisa Bahasa Indonesia

pedagang
via flickr.com

Hari pertama gue di Madina, gue dikasih uang Real sama Ayah. Ya, yang pasti nggak mungkin belanja pakai uang Rupiah di negara orang. Ada, sih, sebenernya pas kemarin ke Masjid Apung di pinggiran lau merah, ada orang Madura jual bakso dan bisa beli pakai Rupiah.

Saat selesai sholat subuh di Masjid Nabawi, gue lalu menuju hotel yang jaraknya tidak jauh. Di depan Masjid sudah ada banyak banget pedagang yang berjualan.

Mereka berteriak sambil sesekali mengangkat barang dagangannya. Ada yang jual gamis, mereka angkat-angkat sambil tereak “Isyruuna! Isyruuna... hallal, hallal!”. Ada juga yang jual kerudung, kali ini penutup aurat cewek bagian kepala itu di lempar-lempat ke langit. Ada juga yang jual gerobak, tiba-tiba gerobaknya di lempar ke kerumunan orang banyak. Oke, yang terakhir gue asal.

Gue melihat satu pedagang yang jual kopiah antik berlabel made in Pakistan. Saat gue mencoba di kepala lalu gue tanya “Berapa?” dan saat itu juga gue baru sadar, gue bukan lagi di Tanah Abang. Tapi tiba-tiba pedagang itu berkata “sepuluh real, hallal”.

Gue baru tahu, pedangan di sana sudah bisa berbahasa Indonesia, dan ngomong mereka pun lancar. Sangking lancarnya pas gue selesai beli pedagang itu tawarin ke gue minyak Zaitun “Hallal.. Hallal, minyak syahrini ha."

PEDAGANG MACAM APA INI!!!

Banyak orang selfi dan Video Call Dalam Masjid

selfie
via www.voaindonesia.com

Tren foto selfie ternyata nggak cuman di Indonesia, kalau biasanya gue sering menemukan orang-orang berfoto selfie di cafe atau di tempat-tempat keren. Sedangkan selama di Madinah dan Mekkah, gue lebih sering melihat orang berfoto selfie bahkan video call di dalam Masjid.

Dan biasanya orang yang melakukan ini adalah orang India. Itu bisa gue yakini dari fisiknya dan saat dia berbicara di video call. Pas lagi video call dia sambil nari muter-muter tiang Masjid.

Saat di dalam masjid, gue lagi jalan menuju saf depan tiba-tiba ada orang lagi video call di depan gue, gue bilang dalam hati “India, nih, pasti india” dan nggak lama saat gue melewati dia jalan “Cong! Pidionya gak gerak ini, cong! Bee... bebebehh...”.  (“-_____-}

Jujur, gue bukannya rasis, tapi ini fakta. Kadang susah membedakan mana orang India dan mana orang Madura. Sumpah, nggak jauh beda.

Kartu perdana buat internet mahal

apple, iphone, smartphone
via pexels.com

Sebelum berangkat umroh, gue sempat mikir: Pasti ada wifi di hotel, karena gue nginep di hotel, bukan di bawah jembatan. Tapi di tempat gue menginap di Madinah, ternyata hotel tempat gue tinggal nggak ada wifi nya sama sekali. Gue sempat kecewa, bersimpuh di jendela hotel. Ya... gue tahu, sih, tujuan gue ke sini buat fokus ibadah bukan buat internetan. Tapi kadang bete juga selesai sholat subuh dan makan, gue bingung harus ngapain.

Salah satu pegawai restoran di hotel tempat gue nginep, dia sempat menawarkan kartu perdana dengan kuota internet 2Gb. Gue sempet seneng banget, tapi pas gue tanya harganya niat untuk beli gue batalkan. Harga kartu perdana internet dengan kuota 2Gb adalah 60 RM atau kalau di rupiah kan menjadi RP 240.000, gue bisa dapat kuota berkali-kali lipat kalau di Indonesia dengan harga segitu.

Sebenarnya jaringan kartu Indonesia disana kebaca semua. SMS juga bisa tapi mahal dan untuk paket kuota nggak bisa dipakai. Kecuali kalian memakai Telkomsel dan coba konsultasi ke Telkomsel Center nya langsung kalau-kalau kalian yang mau umroh dan kebetulan pakai kartu Telkomsel, soalnya kemarin Ayah gue bisa internetan dengan kartu Simpati.

Banyak cewek dengan hidung mancung


Kurang lebih dua minggu d isana, gue nggak pernah satu pun nemu cewek Arab atau cewek Timur Tengah yang hidungnya pesek. Harus gue akuin, selama di sana bertebaran cewek-cewek Arab dan Timur Tengah yang cantik. Bukan cuman hidung mereka yang mancung, mata galak-galah sendu *halah*, dagu yang lancip, dan bentuk wajah yang bisa dibilang hampir sempurna.

Kata Mama, dari sekian banyak cewek-cewek turis atau penduduk setempat baik di Mekkah dan Madinah, cewek dari Turki itu yang paling cantik. Entah bagaimana cara Mama gue tahu itu cewek dari Turki, tapi kata Mama cewek Turki putihnya beda terus mata mereka biru.

Bisa dibayangkan, gimana bidadari dari bumi ini rupanya?

Tapi, menurut gue.... cewek yang hidungnya minimalis itu lebih bikin kangen. 

Kangen Indomie

chitato indomie
Via detik.com

Plis, jangan tanya kenapa gue majang Chitato rasa Indomie goreng.

Selama di sana, gue nggak punya alasan untuk bilang laper. Selain itu tiap kali makan juga boleh ambil sepuasnya. Persoalan makanan menjadi hal yang paling sering dibicarakan ketika seseorang pergi ke suatu negara. Alasannya simpel, karena lidah yang tidak terbiasa.

Gue juga mengalami itu. Meski koki yang memasang orang Indonesia tapi semua bahan masakan dari sana juga. Contoh paling simpel soal beras, terjadi perbedaan jelas berasa Indonesia dengan negara orang, nasi di sana, lo nelen aja udah kayak mau sakaratul maut, gede berasnya kayak piji duren. Hmm....

Dari ke-galau-an muncul lah tiba-tiba rasa kangen. Tiba-tiba gue kangen mba-mba KFC yang tiap kali gue mau pesen dia selalu ngasih pertanyaan yang itu itu aja “Makan di sini atau bawa pulang?” gue kangen mocca float. Dan yang paling bikin gue kangen setengah mati adalah mie Indomie goreng.

Selama gue di sana gue nggak nemu orang yang jualan mie Indomie. Yang ada mie instan yang cup tapi itu bukan Indomie. Jadi, satu hal yang perlu kalian ingat adalah selalu bawa Indomie kemana saja kalian pergi.

Kangen Kerjaan

desk, notebook, pen
via pexels.com

Sebelum pergi gue bikin surat izin nggak masuk kerja, rasanya semangat banget pas ngetik, walau sebelumnya gue memang sudah dapat izin dari Kepala Sekolah. Gue seneng, gue merasa bebas, gue berasa kayak terlahir kembali.

Giman nggak, tiap hari gue selalu disibukkan oleh barbagai urusan dunia, dan sekarang gue benar-benar bisa lepas walau hanya dua minggu. Gue jadi lebih sering ibadah, gue jadi lebih sering bangun subuh, dan yang paling spesial. Gue bisa jauh lebih dekat dengan kedua orang tua gue.

Sayangnya, setelah sepuluh hari berjalan gue nggak bisa boong kalau gue kangen Indonesia. Gue kangen kesibukkan gue, gue kangen siswa gue yang selalu ribut di kelas, gue kangen deadline, dan gue kangen semua hal yang selalu menyita waktu gue. Padahal kadang gue suka ngeluh “Kapan punya waktu santai” dan saat gue udah dapat waktu, gue malah kayak gini.

Yang bikin mata gue agak rusak kemarin.

Kalian pasti pernah medengar istilah yang kurang lebih kayak gini: Merantau lah maka kamu akan tahu untuk siapa kamu pulang.

Di tengah rasa kangen sama indomie semua itu, gue merasa beruntung ada orang yang selalu ada buat gue. Walau gue selalu bikin dia kesel. Gue lupa Eneng bilang itu waktu kapan, tapi gue masih ingat penuh apa yang dia bilang ke gue, saat gue nggak khusyu sholat.

“Kamu fokus ibadah aja ya di sana”

Di sini gue sadar, posisi gue nggak jauh kayak orang yang merantau.

Saat gue menulis ini, gue membuka lagi film pendek pertama gue Fase Orang Patah Hati. Di sana ada satu kalimat "Kamu mulai membayangkan tentang apa yang kamu lakukan selama ini, buat apa, buat siapa?".

Dan Ketika Jiarah Ke Negeri Onta kemarin, membuat gue ingat sesuatu.

Gue tahu untuk apa gue sibuk dan gue tahu untuk siapa gue pulang.

 

Comments

  1. Gak sekalian jadi pelatih onta aja disana bang?

    Kata-kata terakhirnya keren banget bang.

    "Gue tahu untuk apa gue sibuk dan gue tahu untuk siapa gue pulang."

    Karena pulang akan selalu menuju rumah, dan rumah gak selalu berarti Tempat. (lupain gue ngomong apa barusan, gue lagi mabok lem)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada bakat pang...
      Rumah gak selalu berarti tempat. Haha bener banget bang :)

      Delete
  2. Wah keren sekali kakak perjalanannya. Bisa ketemu cewek-cewek Arab yang mancung. Walau jatuhnya tetep kangen sama yang idungnya minim abis. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa... iya nih, awal2 sih asik aja, tapi lama2 gak terlalu menarik banget. Yang minimalis lebih bikin kangen :v

      Delete
  3. kalau ngak ada kerja abis sholat dan makan, yah Dzikir atau baca Alquran dit.

    Buseett 2 GB 200 lebih hrganya. Telan onta aja bang!

    Cie yang idungnya minimalis itu emang sllu ngangenin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hal yg bisa dilakukan tapi nggak musti ditujukkan itu mah bang hhe

      Hahaa... makanya bikin dompet nyeri nyeri~

      Yang pasti bukan lo bang -..-

      Delete
  4. gilee dalam banget qoutenya dit jadi terharu hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kada dalam mi ai biasa aja, mun dalam kalau pina lamas~

      Delete
  5. Subhanallah.
    btw, ini template ganti nih?

    ReplyDelete
  6. Mahal amat 2 gb ya bang, hahaha
    Sumpah. Gue penasaran sama chitato rasa indomie goreng. Aaaaargg

    Duuuh si eneng, baik banget ngingetin si akang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya, sayang sama duit -__-
      Bahahaa kabarin kalau di tempat lo ada ya.

      Iya nih si eneng hehe, tapi di sana kemarin kangen banget juga walau masih bisa komunikasi -___-

      Delete
  7. nulis surat izin semangat banget ya ka haha. gue sih setuju aja si nanda kerja cuci unta. haha peace

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaam di ai, sayang banar kd umpat. Padahal kawa menambahi kas PBB :v

      Delete
  8. Emang negri impian bagi mat muslim :3 . Oleh oleh nya padahal bawa onta biar bisa jadi partner kerja hehe

    ReplyDelete
  9. Makin sukses aja bang. semua udah di dapet. karir. studi.
    umroh juga udah..

    merit kapan bang ?

    moga makin sukses bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Allah...
      Cuman kebelujuran aja bro ai hhe

      Bahaha sialan, insya Allah secepatnya :D

      Aamiin, sukses jua gasan km nafarin.

      Delete
  10. Jadi pengen ke negeri ontaa...!!

    Ciaa kasian si gak bisa ikut gegara mau UN.. ckckk

    Musim drama turki sih.. jadi idealnya perempuan cantik ya turki.. edew

    Kalimatnya penutup kereenn...!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tuh si Nanda, padahal ikut les tambahan jga gitu aja dia :v
      Bahaha bisajadi bisa jadiii~

      Delete
  11. Kasian juga adek lo gak ikut bang.

    Cie di endorse chitato :D hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi gak bisa nyuruh bawa koper.

      Gak ada gak ada, orang gue nyari dari kemarin :'v

      Delete
  12. Replies
    1. Yaelah baru tau, selama ini kemana aja kamu mas? Kemana aja?! Jawab mas jawab!

      Delete
  13. semoga mabrur ya bang, tahun depan bisa sekalian haji

    ReplyDelete
  14. Saya juga selama umroh kmrn ga berasa di arab, banyak bgt org Indonesia dan yg jualan ratw bisa bhs Indonesia, Alhamdulillah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, mudah2an suatu hari kita bisa dipanggil lagi ya. Aamiin...

      Delete
  15. Wih seru bgt dit. Trus trus dapet kenalan cewek turki yg katenye mata biru gak? Btw hidup lo ga sehat banget sihhh kangen indomie, kangen kfc ckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaha boro2 kenalan git, kalau gue ajak ngomong, gue malah kayak lagi ngobrol sama pinggangnya :v
      Iya iya bu perawat, suseh emang kan gue kangen doang -____-"

      Delete
  16. Gila banget yah kuota inet 240rb buat 2gb disana. Ternyata beruntunglah kita yang hdup di Indonesia yah. Msh lah terjangkau, walo makin lama makin mahal.

    bener tuh, kita bakal berasa siapa kita saat pulang dari rantauan.

    Eh, si masbro ternyat guru yah? Sukses karirnya yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa setuju, makin lama emang makin mahal cuamn kadang sesuai sih sama layanannya beberapa operator.

      Cuman ngehonor kok mas. Aamiin, sukses buat kita semua.

      Delete
  17. Giliran dikasih sibuk minta waktu santai, giliran dikasih waktu santai minta waktu sibuk. Manusia emang gitu yak.

    Btw, seru juga baca ceritanya waktu di negeri onta jadi ada pengalaman baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa, iya namanya juga manusia emang suka labil biar udah kepala dua gak jadi jaminan.

      Alhamdulillah...

      Delete
  18. Ternyata wabah selfie mengglobal ya, gak nyangka juga sih kalau disana juga seheboh itu xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gue jga gak nyangka -____-"
      Mana dlm masjid lagi, hedeh...

      Delete
  19. padahalkan mesjid itu tempat untuk ibadah tapi malah dipake foto selfie, hmm

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah membaca dan berkunjung, mari berkenalan : Profile Penulis