Sepotong Mimpi Blogger Galau Banjarmasin


Bismillah…

Sebelum gue menulis kalimat ini. Beberapat tab dari postingan gue 3th kebelakang di bulan Desember gue buka satu-satu, gue baca ulang postingan tanggal 23 Desember: Gw dikerjain, Gray December (me and shared memories), Harapan di atas sepotong roti, dan Balon harapan.



Yeah, itu semua adalah postingan hari ulangtahun gue. Hari dimana seoonggok anak ganteng ini lahir. Sedikit flashback, postingan ulangtahun di 2010 gue kelihatan banci banget, tulisanya terlalu najis, tapi gue akuin emang itu yang gue alami kemarin. 2011 malam ulangtahun ditemani sepotong roti, dimana gue nulis quote:

Kehidupan itu seperti roti isi yang tidak ditulis label apa rasa nya, kita tidak akan pernah tau sensasi rasa apa saat gigitan pertama bisa chocolate, vanilla, cheese, strawberry, coconut, peanut atau kosong. Begitu juga kehidupan, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi pada hari besok, besok, besok, dan besoknya lagi. Gue berharap sensasi gigitan selalu baik setahun kedepan.
Adittya Imansyah – 23122011

Dan Alhamdullilah sensasi gigitan gue ditahun selanjutnya baik. Gue berhasil move on. 2012 gak sesuram 2th kebelakang, diusia 18th itu gue berhasil ganti status. Yang awalanya: Manusia galau yang gagal move on, menjadi, MANTAN manusia galau yang gagal move on.

Lalu 2013? Gak jauh beda. Balon harapan yang pernah gue buat, tahun ini tercapai, gue masih bisa merayakan ulangtahun dengan PRP (Power Ranger Pink). Dan doa ulangtahun gue tahun ini sama. Gue pengin rasa gigitan roti yang gue rasa, selalu sama ditahun-tahun berikutnya sampai mau memisahkan kami. #tsehh

FYI, 23 Desember kemarin gue ultah lo, gue gak minta kalian ngucapin selamat ulangtahun, HBD, karena udah mainstream. Gue cuman mau kalian sumbangin dompet kalian aja beserta isinya dengan ikhlas, itu udah cukup ngebahagiain hati gue :). *mulai gila*

Ngomong-ngomong ini sudah akhir tahun aja ya. Umur gue sudah 19th itu artinya gue cuman punya waktu satutahun lagi buat ngejar beberapa impian gue. *loh emang setelah umur 20 lo mati dit?*

Ya enggak lah. Masalah rizki, jodoh, maut itu hanya tuhan yang tahu. Gue cuman punya mimpi aja, mungkin dulu pernah gue tulis disini tapi gue lupa dipostingan yang mana. Gue pernah nulis, kalau gue punya target “semua mimpi-mimpi gue diusia sebelum berkepala dua sudah harus tercapai”.


Dan berikut nominasi dream-nya:

1. Menjadi Pembicara Blog
2. Menjadi Guru Muda
3.Move On!!!
4. Nerbitkan novel #DAM

Tiga dari empat mimpi gue sudah tercapai dengan sempurna. Sayanganya mimpi gue yang satu itu sampai sekarang masih belum tercapai hiks *nangis dipelukan luna maya*. Mimpi atau target gue untuk nerbitkan cerita magang gue itu masih belum kesampaian sampai sekarang.

Gue yakin banget, teman-teman blogger kayak Mas ImanNuel, Made Sukron, dan lain-lainnya pasti sudah sering banget nge-aminin doa gue “Semoga naskah Derita Anak Magang bisa cepat rampung dan diterbitkan”. 

Gue udah nulis naskah #DAM mulai akhir Desember 2011, selesai-perbaikan-selsai, Januari 2012 selesai tapi diterbiaki lagi dan baru mencapai kata sepakat November 2013 tadi. Yeah 2th naskah itu dengan males-malesan gue kerjain, sekarang dengan dukungan teman-teman penulis yang selalu ngasih support ke gue, naskah-naskah itu sudah gue daratkan ke beberapa penerbit.

Haaaaahhhh…. *bau jigong* Sekarang tinggal nunggu hasilnya. Semoga bingkai harapan terkabul sebelum umur gue 20th diakhir tahun 2014 nanti Amin :) mohon doa kalian semua. Lagi.

Nah, sebagai blogger yang sudah terlanjur basah dikenal gagal move on. Gue punya beberapa mimpi baru, mimpi yang gue yakin insya Allah dengan seijin-Nya akan tercapai salahsatunya. Salahsatu mimpinya adalah balikan sama mantan pacar *semoga PRP gak baca*.

Oke itu gak serius. Dan berikut the new crazy dream:

1. Memperkenalkan Kalimantan Selatan Ke Dunia lewat Blog Ini
Yah. Gue gak salah, gue pengin banget memperkenalkan Kalimatan Selatan ke Dunia. Mungkin kalian semua sebagian gak sadar kalau selama ini header blog gue ada foto gue pakai baju Sasirangan, coba scroll lagi ke atas header.
            
Di bagian header itu ada tulisan “Ini kain sasirangan dari Banjarmasin” secara gak langsung sebenarnya gue menyampaikan pesan, kalau disitu gue adalah oleh asli Banjarmasin yang bangga dengan kain Sasirangannya.

Di tahun 2013 ini, gue juga mulai menulis tentang Kota gue. Diantaranya tentang event di Banjarmasin, tempat-tempat penting di Banjarmasin, sampai kuliner di Banjarmasin. Ditahun 2014 nanti gue akan bikin perubahan baru di blog ini, gue cuman ingin blog ini lebih bermanfaat lagi isinya dan lebih berbeda dari kebanyakan blog.

Gue pengin memperkenalkan Budaya Banjarmasin-Kalimantan Selatan dan hal-hal lainnya ke semua orang :D.

Selama ini yang  belum pernah ke Kalimantan sendiri sangat asing dengan Kalimantan selatan, khususnya Banjarmasin. Teman-teman gue cuman tahu di Kalimantan itu Balikpapan atau Samarinda. Padahal kalau yang cowok suka nonton bola ISL peringkan 4 kelasemen 2012/2013 kan Barito Putra Fc dari Banjarmasin.

Kalian tahu kan Chef Agus? Chef juara dua yang ada di RCTI beberapa tahun lalu. Walau dia juara dua gue sedih. Sedihnya karena gak juara satu, tapi emang sedih beneran. Waktu itu Chef Agus guru SMK 4 Banjarmasin jurusan tataboga itu, dikenal lebih awal dengan Agus Batik, karena pakaiannya yang selalu ada nuansa batik di pakaiannya KATA HOST. Padahal itu Sasirangan, bukan batik. Ya tapi beruntunglah sekarnag udah ganti jadi Agus Sasirangan.

Nah kalau Tim sepak bola Barito memperkenalkan Banjarmasin dari sepak bola, dan Chef Agus memperkenalkan Banjarmasin dari masakan. Maka gue akan memperkenalkan Banjarmasin dari tulisan-tulisan galau di blog ini ke Dunia :’).

Sedikit bocoran untuk perubahan blog ini di tahun 2014 nanti insya Allah, kata kepemilikan yang sering dipakai di blog ini, yaitu “Gue dan Elo” bakalan diganti dengan “Ulun dan Pian”.

Gue /Aku/Saya bahasa Banjar-nya Ulun/Unda.
Elo/Kalian bahasa Banjar-nya Pian/Nyawa.

Kemungkinan ini artikel terakhir yang pakai bahasa “Gue dan Elo” yang nemenin 4th ngeblog.


2. Penyebaran Virus ngeBlog di Kalimantan Selatan lewat Sekolah dan Kampus
Bercerminlah sebelum menghakimi orang lain. Dan sesungguhnya menghakimi itu bukan hal yang baik.

Keren ya kalimatnya, *lalu nyambung sama judulnya dimana dit?* gak ada sih, cuman biar kelihatan pinter aja *dilemparin batako*.

Gue pengin semuanya dimulai dari dalam, dari tempat kota gue lahir dulu.
Maksudnya kayak gini, gue punya impian gila yaitu menyebarkan virus ngeblog untuk anak-anak di Kalimantan Selatan, dan target gue anak Sekolah dan lingkungan Kampus. WHY? Jawabanya simpel. Gue pengin waktu muda mereka bisa dimanfaatkan dengan baik, bukannya nongkrong-nongkrong di pinggir jalan duduk di atas motor pretelan, kalau bahasa gaulnya sekarang CABE-CABEAN!.
            
Kalau di Banjarmasin anak-anak alay yang suka nongkrong dipinggir jalan biasanya disebut “Bedaday” atau “Jemur”, iya coba liat mereka duduk berjejer kayak orang jualan motor secen over kredit gitu.

Gue pengin ngajak teman-teman blogger di Banjarmasin yang mau nemenin gue ngelaksaan crazy dream ini. Karena sebenarnya blogger-blogger di Banjarmasin ini punya potensi dan kreativ.

Gue pengin mereka anak-anak sekolah dan mahasiswa kampus di Banjarmasin tahu dengan blog, suka dengan blog, dan kalau bisa pacaran dengan blog. Karena banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan ngeBlog.


3. Membuat Website Kreativ berbasis daerah Kalimantan Selatan
Gue pernah melihat beberapa website yang isinya tentang berita-berita di daerah mereka, tapi website berita itu tidak sepenuhnya berita. Semuanya dikemas dengan menarik, lebih kreativ, dan fres. Bahasa yang digunakan tidak Indonesia 100%, tapi ada juga bahasa daerahnya, sambil dicelotehi dengan lelucuan khas daerahnya. Menurut gue website seperti itu sangat kreativ.
            
Kebanyakan website berita lokal, menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Dan dari segi tampilan-nya pun terlalu simpel.

Crazy Dream gue yang lain, masih berhubungan dengan Kalimantan Selatan di tempat gue ini. Gue pengin buat website portal berita daerah, tapi dibungkus dengan lebih kreativ, fres, menghibur, tampilan yang moderen, dan tidak menggunakan bahasa baku.

Seperti yang gue kasih tahu di atas, kalau blogger Banjarmasin itu punya potensi dan kreativ. Gue pengin ngajak juga teman-teman blogger gue buat bikin website ginian dan mengembangkannya bersama-sama.

Contohnya kayak teman blogger gue, si Fikti dan Beta. Mereka orang desain grafis, gue sudah sering lihat desain mereka dimana-mana dan mereka juga bisa membuat website. Gue rasa dua anak ini bisa membantu dari pembuatan desain web dan desain lainnya.

Lalu ada Kak Adeayu yang bisa berbagi tentang fashion blogger, Lidya si Galuh Banjar yang bisa memperkenalkan wisata-wisata di Banjarmasin. Penulis buku The Break Up Master si bang Bahdur yang bisa bikin cerita ngakak. Si Eneng Arum, si kembar Rendy dan Randi yang selalu buat postingan kreativ dan harubiru. Dan masih banyak yang gak bisa namanya gue sebutin disini. Mereka blogger Banjarmasin yang punya potensi.


4.Caffe Blogger
Gue sering bedaday nongkorong di café-café, biasanya untuk bersantai dan menghabiskan waktu untuk blogwalking. Soalnya di rumah adek sespupu gue suka berisik, belum lagi konsentrasi gue lagi baca suka keganggu sama suara tv, suara tante-tenta gue lah, dan lain-lain.
            

Nah kalau sudah kayak gitu gue biasanya bakalan ambil kunci motor lalu pergi ke café. Gue termasuk orang yang suka makan di luar rumah, atau sekedar nongkorong lama di café yang wifi-nya cepet.
            
Namun terkadang gue sedikit kurang enak sama pelayannya, gue bisa menghabiskan waktu tiga sampai lima jam unutk duduk di café tersebut, tentunya dengan satu gelas minuman yang gue hemat habis-habisan.
            
Mengambil dari pengalam ini, gue punya crazy dream untuk membangun café khusus para blogger. Dengan konsep yang berbeda tentunya.
           
Gue akan buat Café Blogger di pinggiran Siring Sungai Martapura. Jadi café gue nanti di diatas sungai, dengan teman kayu-kayuan supaya terlihat natural dan santai. Nantinya café blogger itu bakalan gue buat senyaman mungkin. Dengan wifi superkencang, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

kira-kira kayak gini            

Di café blogger itu juga, tidak lupa gue sediakan ruangan-ruangan khusus untuk acara kopdar blogger dan komunitas lainnya yang bisa digunakan. Tentunya dengan fasilitas super lengkap, sampai kasur dan bantal gue bakal sediain. Jadi kalian semua bisa ngeblog sambil berbagi ilmu di atas Sungai Martpura, sepoy-sepoy nikmatin angin tanpa kawatir bayar mahal atau gak enak karena kelamaan.


5. Jadi pembicara Blogger Internasional
Setelah Alhamdullilah pernah beberapakali jadi pembicara blog, pengalaman yang gue dapat cukup banyak. Awalnya gue cuman bilang ke diri gue sendiri lalu merdoa, kalau gue mau jadi pembicara kayak orang di atas panggung itu, pas lagi menghadiri Kopdar Blogger Nusantara 2011 lalu.
            
Berawal dari itu, Allah ngasih gue kesempatan bahkan bukan cuman sekali. Gue sih bersyukur dapat kesempatan gitu, tapi… manusia itu makhluk yang selalu kekurangan.
            
Gue pengin banget jadi pembicara blogger lagi, tapi lebih dari sebelumnya. Gue pengin jadi pembicara di event blog Internasional. Yang hadir diacara itu dari berbagai Negara, dan kemungkinan besar harus berbahasa Inggris, tapi gak jadi masalah. Tinggal pakai jasa pentranslite aja lagi.

  
Jadi itu tadi beberapa harapan gila gue sebagai seorang blogger-yang-gagal-moveon. Apa Mimpi gila kalian sebagai Blogger? move on dari mantan kah... *tetep*

Postingan ini diikut sertakan dalam #Beta_GA :