Blogger Galau di SMAN 7 Banjarmasin

Bismillah…

Kemarin, tepatnya tanggal 12 Maret 2014 ulun mendapat kesempatan berharga lagi, yaitu menjadi pemateri atau pembicara, salah satu sekolah favorit di Banjarmasin, yaitu SMAN 7 Banjarmasin dalam rangka memperingati Hut ke-28 yang bertema Endelweiss 2014. Mengundang ulun untuk menjadi pembicara seminar IPTEK, dengan pembahasan tentang “Menulis Kreatif di Blog & Cara Desain Blog”.


Oke sedikit cerita sebelum acara dimulai. Kira-kira pertengahan bulan januari tadi, ulun dapet mention dari anak cewek bernama @hanifafu kurang lebih isinya kayak abege labil, minta followback. Tapi karena isi mentionya dia bilang ada sesuatu yang penting dan bersifat pribadi mau dibahas lewat DM aja. Ulun pun penasaran dan nge-followback itu anak. Ulun mengira awalnya, dia cuman anak labil yang terpesona dengan wajah yang mirip Marco Reus ini, akan tetapi ternyata dugaan ulun salah. Isi DM nya adalah.



Ulun benar-benar kaget, berasa di acara gak nyanga *iklan*. Tanpa banyak mikir lagi lamaran tawaran dari anak itu ulun terima. Beberapa hari sesudahnya kami janjian untuk ketemu di sekolahnya SMAN 7 Banjarmasin. Di pertemuan itu ternyata kami tidak berdua, ada satu anak cowok menemani kami dengan pakaian seragam yang rami + kancing yang terpasang semua sampai leher, namanya @Eric_To_Wise. Ternyata Eric adalah yang mengurus seminar IPTEK ini.

Dipertemuan itu kami membahas tentang apa saja materi yang akan di sampaikan dan curhat2 seputar pengalaman ngeblog ulun. Ya agak menyipang memang, ulun malah curhat -_____-. Oke tapi ini masih dalam batas nomal, asal jangan perilaku menyimpang.  Setelah Adzan Ashar berkumandang pertemuan itu kami akhiri, dan tgl 12 Maret 2014 ulun  tampil.



Singkat cerita tepat tgl 12 Maret 2014 jam 10 pagi acara dimulai, jujur walaupun ini bukan yang pertama ulun menjadi pembicara tapi masih ada rasa gugup waktu memulai. Sesi pertama tentang perkenalan singkat dari ulun, perkenalan blog, lalu mulai masuk ke tema yaitu “Menulis Kreatif di Blog & Cara Desain Blog”.

Dan gak lupa, ulun juga mengenalkan komunitas Blogger Banua, pengenalan singkat tentang Idblognetwork salah satu advertising Indonesia, dan juga pengenalan singkat tentang komunitas online terbesar yaitu Kancut Keblenger, yang ulun ikuti. Maaf ya kak Irvina ulun gak bilang2 (“^-^)v.

Acara yang berlangsung kurang lebih 2 jam itu berasa sangat singat, walaupun peserta agak sedikit malu-malu tapi antusiasme siswa yang ikut seminat IPTEK kemarin sangat besar. Muktinya aja semua slod yang disediakan panitia terisi penuh, gak ada yang kosong.

Oya, ulun sempat malu waktu disesi kuis dengan hadiah 2 kaos Blogger Banua. Kebetulan ulun buat dua kaos Blogger Banua, yang sengaja dikasih buat peserta. Satu kaos buat cowok & satu lagi buat cewek.


Ulun ngasih pertanyaan yang gampang buat cewek dulu, pertanyaannya: Siapa nama gubernur Banjarmasin? Ulun bertanya dengan yakin. Lalu terjadi jeda, anak-anak pada bingung. Dalam hati sih mikir, masa mereka gak tahu? Tapi setelah itu ada yang menjawab. Seorang anak cewek bertubuh gempal sambil megang kamera, terus dia bilang “Drs. H. Rudy Arifin, MM”. Terus suasana jadi agak ricuh.

Ternyata ulun salah memberikan pertanyaan. Jawaban anak cewek itu benar, sesuai dengan apa yang ulun maksud, tapi salahnya di ulun. Seharusnya pertanyaan yang benar: Siapa nama gubernur Kalimantan Selatan? Bukan Banjarmasin -______-.

Asli keliatan banget begonya… #abaikan

Nah lalu selanjutnya pertanyaan diganti. Cewek gempal yang tadinya sudah mau ngambil baju karena jawabannya sesuai dengan apa yang ulun mau, terpaksa masang muka asem hhe maaf ya ding.

Pertanyaan pun ulun ganti: Siapa bintang tamu saat malam penutupan Endelweiss ke-28 tgl 15 nanti? Sontak anak-anak cewek angkat tangan, terutama panitia haha. Lalu seorang anak cewek berkacamata menjawab: @babecabiita, @ficocacola, @nantarizki, dan @indrawidjaya. Dan jawabanya tepat banget.

Lalu khusus untuk cowok sengaja gak ulun kasih pertanyaan tapi ulun kasih game. Dua orang cowok ulun tunjuk. Nama game nya adalah, koin celana, cara mainnya: setiap cowok megang satu koin, terus koin itu dimasukkan ke dalam salah satu kaki celananya, misalkan kaki celana sebelah kanan, nah nantinya koin itu harus di keluarkan di kaki celana sebelah kirinya. Game ini gampang2 susah karena kalau udah nyampe di selangkangan bisa salah pegang, apalagi kalau koinnya nyangkut di kancut bahaya haha *emotsetan*.



Setelah sesi game freak itu berakhir, ulun meminta waktu 5menit kepada panitia untuk menyampaikan sesuatu ke peserta. Ulun mau ngasih tahu apa aja yang didapat dari ngeblog selama ini, tujuannya sudah pasti bukan untuk sombong, kalau bahasa Banjarmasin Koyo-koyoan (bukan koyo yang di tempel itu).

Ulun cuman mau memotivasi mereka, kalau blogger yang isi tulisannya galau-galau’an seputar mantan + typo abis aja bisa lumayan terkenal, menghasilkan uang dan jadi pembicara, kenapa mereka gak bisa? Ulun cuman mau blogger dari Banjarmasin bisa eksis dan terkenal kayak blogger di luar Kalimantan kebanyakan.

Oya tahun ini misi ulun untuk menyebarkan virus ngeblog kayaknya sudah dimulai hhe masih ingetkan tulisan yang ini Sepotong Mimpi Blogger Galau Banjarmasin  . Dan insya Allah ulun mau menyebarkan virus ngeblog ke anak-anak di Sekolah ulun, yaitu SMK Muhmmadiyah 3 Banjarmasin. Kalau bisa sih ada yang ngasih sponsor buat misi ini hhe semoga aja ya Amin.

Gak lupa ulun ucapkan terimakasih banyak buat semua ading-ading (baca: Adik-adik) paniti Endelweiss 2014 yang sudah mempercayai ulun mengisi acara Seminar IPTEK yang pertama ini di SMAN 7 Banjarmasin. Dan gak lupa juga terimakasih buat Ketua Blogger Banua Muhammad Rudy & Muhammad Firdaus yang menemani kemarin. Semoga tahun depan bisa bertemu lagi! :D

Dan sebagai penutup ada info buat teman-teman pecinta Stand Up di Banjarmasin.



Nah kebetulan banget, bang Indra Widjaya ini dulunya Sekolah di SMAN 7 Banjarmasin loh, tapi sayanganya gak terlalu lama hhe Nanti bang Indra akan nyanyi di Closing Edelweiss hut ke-28 ini loh.