Teruntuk Kalian Yang Sulit Menabung


Gue yakin banget, kalian semua yang baca tulisan ini pasti waktu kecil pernah punya tabungan. Ada yang tabungannya terbuat dari tanah liat biasanya berbentuk hewan, kayak Ayam, bebek, atau sejenisnya. Ada juga tabungan dari kaleng yang biasanya diberi gambar tokoh kartun. Dan ada juga tabungan berbentuk buku dengan warna merah muda atau hijau, yang ini biasanyan waktu SD nih.


Gue masih ingat, waktu masih SD gue punya tabungan dari tanah liat berwujud siluman Bebek. Uang yang gue tabung biasanya sisa jajan di sekolah, iya, gue waktu kecil suka nabung. Tapi bukan, bukan karena gue emang rajin menyisihkan uang. Tapi zaman SD gue gak terlalu berani jajan ke kantin karena suka dibajak si Riki dan sekongkolannya. Kehidupan SD gue emang menyedihkan, sampai sekarang sih...

Waktu gue masih pakai seragam putih merah PS One adalah satu-satu nya permainan yang paling menyenangkan, sampai akhirnya gue tumbuh menjadi seonggok lelaki dan mengenal namanya permainan hati yang menyakitkan. Oke, maaf.

Untuk menikmati permainan PS One diharuskan beli CD game nya baru lo bisa main, ya iyalah... Nah, biasanya tiap bulan selalu ada game baru yang dijual di toko PS dekat rumah gue. Hal ini membuat gue akhirnya menyadari betapa penting sebuah tabungan. Dari hasil menabung atau gara-gara takut dibajak itu, gue jadi punya simpenan tante uang buat beli CD game PS One.

Itu cerita gue waktu duluuuuuuuuu.... Sekarang? Menabung menjadi hal yang sangat sulit gue lakukan. Selain kerja sebagai guru honor dan kadang suka ngisi acara talkshow atau seminar, uang yang gue dapat sebenernya lumayan banget, belum lagi kalau ada job nulis. Tapi entah kenapa, uang yang sebenarnya lebihan dan seharusnya bisa ditabung itu malah gak ada sisanya ketika akhir bulan.

Dampaknya, ketika ada satu barang yang gue pengen banget beli tapi uang gue udah menghilang tanpa jejak begitu saja, gue cuman bisa gigit katalok.

Lalu gue coba melakukan riset kecil, memikirkan penyebab kepergian gajih-gajih gue itu, akhirnya gue punya beberapa kesimpulan kemana uang itu sebenarnya hilang :

Neraktir 14%
Beli kuota 21%
Bayar parkir 65%

Yang terakhir itu serius... Pergi ke perpustakaan, bayar parkir Rp 2.000,- pergi ke Barber shop, bayar parkir Rp 2.000,- pergi ke Alfamart, bayar parkir Rp 2.000,- Ke tukang fotocopy, bayar parkir Rp 2.000,- pergi ke rumah mantan, bayar parkir juga Rp 2.000,-. Dalam sehari aja misalkan ada lima tempat yang kita datangi dan semua ada tukang parkirnya, uang yang sudah kita keluarkan CUMAN buat parkir bisa sampai Rp 10.000,- dan coba kalikan 15 hari saja. UDAH BERAPA UANG YANG KELUAR BUAT PARKIR DOANGGG!!!!

Besok-besok gue bisnis starup tukang parkir online aja kali ya, gue bikin aplikasinya yang bisa ngelacak orang suka parkir sembarangan dan cuman beberapa menit udah ada tukang parkirnya disana. Iya, sumpah gue kadang suka kesel sendiri.

Lagi fotocopy KTP aja dua lembar paling Rp 500,- gue datang ke tokonya markir motor sendiri rapiian sendiri, tiba-tiba ada bapak-bapak pakai rompi sama peluit, dengan wajah tak berdosa nyamperin dan menengadahkan tangan. BAPAK DATANG DARI MANA!!!

Gue jadi emosi sendiri ini nulisnya -_________-“

Oke kembali ke topik, kali ini gue mau sharing ke kalian, terutama kalian yang sulit nabung. Jadi di sini gue cuman kasih tahu berdasarkan pengalaman atau cara nabung yang sudah gue terapkan, dan Alhamdulillah emang berhasil.

Baca tulisan gue sampai habis ya, ini tulisan murni kok bukan tulisan yang endingnya gue biasa ngiklan Bahahaha!


Kurang-kurangi Ngopi di Cafe

coffee


Coba deh renungin, berapa kali kalian dalam seminggu hange out bareng temen atau cuman ngopi sendirian di coffee shop ? Sekali nongkrong di cafe pasti keluar paling sedikit Rp 15.000,- sampai Rp 30.000,- belum lagi kalau tergiur sama makanan yang bikin ngiler kayak dede gemes. Anggap sekali nongkrong ngeluarin Rp 20.000,- misalkan seminggu kalian pergi ke cafe 3x dan kalikan selama sebulan. Hayo berapa? Banyak banget kan.

Beli kopi saset di warung dan tonton film favorite kalian di rumah, seduh kopi saset tadi di cangkir kesayangan kalian dan nikmati bener-bener moment tersebut.

Rasanya bahkan bisa jadi sama dengan kopi di coffee shop bintang lima, ya biar gue kasih tahu, kadang capuccino yang lo beli di cafe itu bisa jadi dibikin dari kopi sasetan. Boleh lah sesekali ngopi di tempat mahal, tapi jangan terlalu sering juga. Terlalu banyak kafein juga gak sehat.


Bedakan Antara Kebutuhan Atau Nafsu

Setiap bulan, beli barang dari 1 jenis yang sama
via http://www.huffingtonpost.ca/

Ini biasanya lebih ke cewek nih. Ketika mencoba untuk tidak tergoda dengan barang-barang murmer di Instagram.

“Liat ah, gak beli kok.”

Lima menit kemudian

“Ihh lucu, aku belum punya yang ini. Tapi gak beli kok bilang lucu aja.”

15 menit kemudian di personal chat.

“Min barang yang ini masih ada gak?”

Hmm...

Bukan cuman cewek kok, cowok juga kadang kayak gini, gue sendiri sering berada diposisi kalian wahai para kaum murmer garis keras. Tapi gue punya trik sendiri, biasanya kalau gue pengen banget sama satu barang gue pasti mikir, kira-kira gue beneran butuh atau gak ya?

Biasanya gue melihat satu barang, terus gue gak langsung beli walau gue mau banget. Gue biarin itu barang beberapa hari, terus gue coba liat lagi barang tersebut sambil mikir gue bener butuh atau gak itu barang, gitu-gitu terus sampai akhirnya gue ngerasa sendiri ada yang lebih penting yang harus gue beli selain itu barang. Kalau toh barang tersebut sudah dibeli orang gue biasa aja, karena gue udah tahu gue beneran butuh atau cuman nafsu.

*nangis di pojokan*


Bikin Tempat Tabungan Unik

Celengan dari botol minum
via http://theideaking.blogspot.co.id/

Gak harus nabung di Bank, coba deh bikin tabungan kalian sendiri yang unik, ada bayak kok di internet tutorial bikin tabungan yang bikin kalian gak tega ngorek-ngorek isi tabungan. Gak harus juga bahanya yang ribet, sebagai contoh semisal botol bekas, kain flanel, kertas kado, gunting, dan sedikit lem bisa disulap jadi tabungan yang unyu-unyu.

Atau kalian bisa tempelin foto mantan-mantan kalian di tabungan tersebut. Pilih mantan yang paling kalian benci, biar kalian males memandang tabungan tersebut.

Paragraf di atas gue sebenernya ngasal doang. Karena gue tahu man gak ada satu pun mantan yang harus dibenci, karena dari sebuah kegagalan kita tahu. Kalau kita gak baik buat masa depan mereka, ada orang yang lebih pantas buat ngebahagian mereka dari pada kita.


Tabung Uang Dengan Nominal Tertentu

menabung

Selain membuat tabungan yang unik, ada satu lagi cara menabung yang bisa kalian terapkan. Tabung uang dengan nominal tertentu, semisal uang Rp 20.000,- kenapa harus Rp 20.000,- ? karena menurut gue nominal uang ini adalah yang paling jarang didapat selain Rp 5.000,- atau Rp 10.000,-.

Jadi setiap ketemu sama uang yang bergambar Bapak Oto Iskandar Dinata ini, biasanya langsung gue pisah dengan uang-uang yang lain. Pas di rumah langsung gue masukkan dalam tabungan.

Cara ini gue cobain terapin kurang lebih tigapuluh hari, setelah itu karena gue penasaran, gue buka deh tuh tabungan. Dan berapa yang gue dapat? Lumayan bisa makan KFC paket super besar 20x.


Buat Tujuan


Ketika semua hal di atas mungkin masih sulit, cara terakhir adalah buat tujuan. Tujuan di sini bisa kalian buat adalah tujuan yang memang sangat kalian butuhkan di masa depan.

Sebagai contoh tujuan. Menabung dengan tujuan beli rumah, meski cuman buat bayar uang muka doang karena mau mandiri. Menabung dengan tujuan membeli bongkahan emas kecil, untuk dilingkarkan di jari manis dia. Atau menabung dengan tujuan untuk pesta pernikahan, walau sebenarnya acara tersebut gak terlalu penting.

Maaf kalau di contoh ke tiga ada diantara kalian yang kesinggung. Tapi jujur, kalau uang yang kalian kumpulin bertahun-tahun cuman buat acara sehari seru-seruan demi sebuah adat, lebih baik kalian coba pikirin lagi deh.

Ada hal yang lebih penting dari pada sebuah resepsi pernikahan yang gede. Ada hal yang lebih penting harus kalian jalani dan siapkan, setelah nama lo dan dia ada dalam satu buku nikah. Setuju?

Gue sok banget ya, padahal nikah aja belum... Tapi gak salah kok saling mengingatkan hehe.

Dan yang paling penting ada satu lagi, yaitu; NIAT. Ketika lo ingin menabung untuk satu tujuan pastikan lo emang bener-bener niat, jangan setengah-setengah. Pas nabung, karena ngerasa lagi gak ada duit lo comot dari ATM atau ngorek-ngorek tabungan dengan gumaman dalam hati “Ahh, masih ada  kok gak papa ambil limaputuh ribu doang”.

Ya, paragrah di atas adalah pesan yang sangat gue ingat, ketika gue sudah membuat tujuan.

Gue cuman bisa sharing itu aja soal tabung menabung, jujur gue juga bukan orang yang bisa nahan uang lama-lama. Tapi paling nggak dengan gue menulis ini gue ingat pernah coba kasih saran ke orang, tulisan ini juga gue buat sebagai cambuk buat gue sendiri.

Masa gue ngasih tahu orang tapi gue sendiri gak nerapin? Kan famplet...

Ada punya cara sendiri atau mau curhat soal nabung? Tulis aja di kolom komentar yaaa!