Minimalis; Menyelamatkan Weekday Saat Weekend

Minimalis; Menyelamatkan Weekday Saat Weekend - Gue termasuk orang yang pelupa, apa lagi ketika sudah mulai bekerja sama kuliah tahun 2013. Kadang suka lupa kalau gue ada jadwal mengajar, lupa kalau ada tugas dari Dosen dan kadang juga lupa harus mengerjain job tulisan. Akibatnya hari-hari yang gue lalui jadi kacau dan membuat gue jadi tidak produktif. 

Lalu sejak awal 2014 gue mulai membiasakan diri untuk membuat to do lis. Sebauh papan pengingat tentang daftar-daftar kegiatan, event dan kerjaan yang ditempel didinding kamar. Dengan bermodal styrofoam dan poster yang gue buat sendiri dengan desain papan tulis. Disana bertuliskan hari Senin - Minggu, lalu bagian bawah ada Job dan Tugas. Lalu menggunakan note kecil berwarna-warni untuk menulis daftar pekerjaan disana dan menempelkannya dengan pin sesuai posisinya.

 

 
DIY to do list

 

Pernah juga gue membuat to do lits dibuku catatan yang selalu gue bawa kemana-mana, caranya macam-macam. Ada yang langsung gue tulis aja dibuku. Lalu juga bisa ditulis ke notes kecil warna-warni dan ditempelkan lagi dibuku. Tapi masalah akan muncul ketika lupa membawa buku tersebut.

Lalu gue coba merubahnya dengan cara media yang berbeda, yaitu Handphone. Kenapa di handphone? Karena alat ini engga bakalan gue tinggalkan. Dan gue hanya menggunakan aplikasi Notes untuk membuat to do list

Walau ada banyak sekali aplikasi yang membantu kita membuat to do list bahkan memiliki fiture pengingat/alaram, hanya saja gue secara pribadi tidak membutuhkannya. Karena hal pertama yang akan gue lihat dihandphone ketika bangun tidur adalah Notes. Apa lagi di iOS sekarang udah bisa nampilin Notes dihalaman depan. Ya... walaupun Android udah memulai lebih dulu, sih. Hmm.


Notes di HP gue


Jadi mau pakai to do list aplikasi atau kertas sekali pun tidak masalah, tergantung kita nyamannya menggunakan apa.


Membuat to do list ini sangat membantu gue dalam melakukan aktifitas sehari-hari, bukan hanya sebagai pengingat. Kegiatan ini juga bikin gue jadi lebih produktif, terarah dan bisa memikirkan hal yang harus gue lakuin selama satu minggu kedepan. Dan Insya Allah tidak ada lagi alasan untuk lupa mengerjakan. Kecuali waktunya enggak ada hhe.

 

"Selamatkan hari Senin dengan bersikap sedikit curang."


Mulai Membuat To Do Lits di Minggu Malam
Biasanya gue akan membuat catatan kegiatan malam hari sekitar pukul 08.00 malam atau saat anak udah tertidur pulas. Dimulai dari kegiatan apa yang akan diikuti selama satu minggu, lalu menyusul tugas-tugas yang harus diselesaikan selama satu minggu.


Mencicip To Do List di Minggu Malam
Ketika sudah selesai mencatat kegiatan dan tugas selama satu minggu, biasanya gue akan mengecek hal apa yang memungkinkan untuk gue kerjakan disaat itu juga. Entah tugas yang akan dikerjakan di hari Senin atau hari apapun. Curi start tugas bakalan bikin kita jadi sedikit lebih mulus saat menghadapi hari yang orang bilang berat, SENIN.


Centang Kalau Sudah Selesai
Dan jangan lupa apa bila kalian sudah menyelesaikan tiap poin to do list langsung centang, biar keliatan mana yang sudah kalian kerjakan dan mana yang harus kalian kerjakan.

. . .
 
Daftar Bacaan Minimalis :

Comments