Hal-hal yang boleh dilakukan ketika UN

Dua minggu yang membosankan, tiap hari di tipi gue cuman liat mahasiswa sibuk demo minta diturunkan harga BBM. Oke berdemo memang diperbolehkan di negara ini, tapi yang gue kecewaiin kenapa demo bukan seperti demo, tapi malah seperti tawuran yang terjadi antara mahasiswa melawan anggota keamanan, terjadi kerusuhan perusakan fasilitas umum dimana-mana. Gue sebagai calon mahasiswa, benar-benar kecewa dengan tindakan mereka, apa seperti itu sifat yang baik sebagai orang yang terpelajar dan calon masa depan negeri ini?! Tapi gue juga berharap pemerintah punya jalan yang terbaik agar tidak terjadi demo frontal di negeri ini lagi karna BBM semata, dan gue juga berharap semoga masalah ini nantinya tidak akan sama seperti kejadian mengerikan beberapa tahun silam.

Ngomong-ngomong demo, sebenarnya gue juga lagi demo. Mendemo kapan hati Dia turun ke hati gue #ettssshh


Oke balik ke dua minggu yang lalu tepatnya tanggal 19, apa yang terjadi di tanggal itu?



Yeah ujian nasional untuk soal produktif, gue baru sadar setelah pengawas dari sekolah lain membagikan LJUN (lembar jawaban ujian nasional)  dan melihat cover depan lembar soal yang bertuliskan dengan huruf kapital ”UJIAN NASIONAL”, gue langsung gondok setengah hidup. Muka gue pucet, perut gue mual, rasanya pengin muntah. Temen di samping bukannya perihatin malah ngetawain gue. Gue pikir hari ini UAS eh ternyata UN. Gak ada persiapan sama sekali, nyentuh yang namanya ’kertas’ pun baru hari ini setelah satu minggu gue cuman megang stik pees. Dan setelah membaca jadwal besok baru UAS, gue langsung nelen pensil 2B .

Sebelum UN dimulai, pengawas memberikan penjelasan tentang ”Petunjuk Umum” yang harus kami patuhi ketika mulai mengerjakan soal-soal ujian, dan peraturannya sebagai berikut :

Ini gue ambil dari lembar soal UN matematika soal tahun kemarin.

Setelah membaca petunjuk umum ujian nasional itu, gue jadi mendapatkan pencerahan seputar UN. Dan gue kali ini pengin memberitahukan apa yang tersembuyi dibalik petunjuk umum ujian nasional itu sendiri. Ayo kita mulai.

Nah coba kalian baca benar-benar semua peraturan dari gambar di atas. sebelumnya yang kita ketahui, apabila sedang belajar seperti biasa di sekolah, kita memiliki peraturan tidak tertulis yang tidak boleh dilarang oleh setiap siswa/i oleh guru. Salah satunya ”dilarang mencotek”. Sekarang kita kembali ke dalam ”Petunjuk umum” ujian Nasional gambar di atas.

Disini gue pengin memberikan pencerahan kepada kalian semua, khususnya buat yang mau menjalankan tugas berat yaitu UN baik itu SD, SMP, atau SMA/SMK.  Sebenarnya ada banyak cara untuk mendapatkan jawaban yang akurat dan baik ketika UN, walaupun kalian tidak BELAJAR. Penasaran? coba simak beberapa pemaparan gue baik-baik berikut ini :



Apabila pengawas marah-marah nggak jelas dengan kalian, silahkan tunjukkan ke dia tentang ”Petunjuk umum UN” dan bilang ”Disini tidak tertulis” gue yakin pengawas tidak akan bisa menjawab, tapi kertas LJUN kalain langsung disobek-sobek. Uhm... UN bentar lagi, gue minta do’a-nya ya buat kalian semua, semoga ketika UN nanti gue dan teman-teman seluruh anak Indonesia yang sedang menjalani UN SMA/SMK tanggal 16, 17, 18 dan SMP 23, 24, 25 bisa dimudahkan ketika menjawab soal-soal UN, dan diberikan pengawas yang suka keluar ruangan biar bisa buka HP.

Jum’at kemarin ada three out Matekmatika, selama TO berlangsung gue menghasilkan sebuah karya absurd yang tidak ternilai harganya, karna emang gak ada harganya #nyesek




Nah itu sedikit pencerahan dari gue buat yang mau UN semoga bermanfaat. Apaada tambahan dari kalian tentang: Hal-hal yang boleh dilakukan ketika UN? 

~(^.^~)(~^.^~)(~^.^)~

Baca juga yang ini :

http://www.adittyaregas.com/2012/03/cderita-anak-magang.html
http://www.adittyaregas.com/2012/03/impian-jadi-kenyataan.html



http://www.adittyaregas.com/2012/03/crush-war-between-reality-and-other.html