20 Faktor untuk Dipertimbangkan Ketika Memutuskan Membeli Rumah

, , 10 comments


Beberapa waktu lalu gue baru aja mampir ke rumah kakak sepupu gue si Andre buat nerima tantangan main PES. Walau Andre sudah berkeluarga, kelakuan kami kadang masih kayak bocah yang doyan main game. Kami gak cuman berdua, ada lagi satu sepupu gue lagi namanya Zantang.

Nah, kami emang suka bertiga biasanya kalau main PES. Kalau kami sudah ngumpul, bisa dipastikan tetangga sebelah pasti bakalan datang ke rumah Andre dan negur kami, karena kalau sudah ngumpul kami suka ribut, ketawa ngakak sampai satu komplek kedengeran. Btw, soal ini serius.

Beruntung mereka punya sepupu kayak gue yang suka ngingetin kalau udah kelewat ribut, bisa-bisa kalau gak kami dipasung dan di arak warga setempat, terus di bakar hidup-hidup.

Di tengah lagi main PES, tiba-tiba Zantang cerita tentang pernikahannya yang akan dilaksanakan beberapa bulan lagi. Pembicaraan mulai dari soal akat nikah, resepsi, makanan, dan lain-lain gak terhindarkan, sampai akhirnya Andri tanya ke Zantang.

                “Entar tinggal di rumah siapa?”

Pertanyaan yang ditunjukkan ke Zantang ini malah memancing gue untuk mikir, tentang perihal salah satu keinginan gue yang belum kesampaian yaitu; punya rumah sendiri. Pada akhirnya pertanyaan Andre ini malah gue bahas cukup panjang, gue tanya-tanya ke mereka soal milih rumah yang tepat. Biar nanti gue gak salah pilih tempat tinggal, buat masa depan gue dan si calon Istri. Hehee...

Apakah kalian berada di pasar untuk mencari rumah? Jika demikian, kalian jelas ingin memastikan bahwa rumah baru Anda memiliki pondasi yang kuat, atap yang tidak bocor dan kabel listrik yang tepat. Mereka adalah segala sesuatu yang dapat Anda menutupi selama pemeriksaan. Namun hal-hal tersebutlah yang membuat pengalaman sehari-hari Anda menyenangkan – seperti kualitas cahaya dan mengalir dari kamar ke kamar?

Kali gue akan share 20 faktor yang harus dipertimbangkan sebelum kalian membeli rumah baru. Ya, itung-itung buat persiapan lah gak ada salahnya walau sekarang masih numpang sama orangtua hhe...

1. Arus Indoor Hingga Outdoor

Kemampuan  Anda untuk dengan mudah berpindah dari luar hingga ke dalam ruang tamu dan sebaliknya merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika memutuskan apakah atau tidak untuk membeli rumah. Sebagai contoh, mungkin layak untuk mencari rumah dengan Perancis, geser atau pintu akordeon kaca yang mengarah dari ruang keluarga Anda ke ruang luar Anda, untuk mastikan kemudahan maksimal dalam arus indoor hingga outdoor.

2. Ukuran Kamar

Sangat penting bahwa kamar Anda tidak terlalu besar tidak terlalu kecil. Sebelum membeli rumah, Anda harus melakukan pengukuran dan pastikan bahwa furnitur Anda akan cocok di kamar Anda. Jika kamar terlalu besar, Anda mungkin ingin mencari di tempat lain juga. Tidak ada gunanya membayar beberapa  persegi tambahan yang tidak Anda pelukan.

3. Tata Letak Interior

Tata letak interior atau denah lantai dapat memiliki dampak besar pada kehidupan sehari-hari Anda. Bayangkan hari biasa Anda ketika Anda berjalan melalui kamar rumah potensial Anda. Apakah ada bagian yang sempit di rumah atau ada aliran yang cukup alami dari kamar ke kamar?

4. Kualitas Tanah

Kecuraman pada tanah Anda  merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Sebuah halaman belakang yang terlalu curam untuk lanskap hampir lebih buruk daripada tidak memiliki halaman belakang sama sekali. Pikirkan tentang apa yang Anda inginkan sekarang serta apa yang akan Anda inginkan di masa depan. Apakah Anda berencana untuk berkebun atau membangun dek belakang atau studio halaman belakang di masa depan? Jika demikian, apakah mungkin untuk membuat mimpi-mimpi menjadi kenyataan?

5. Ukuran Jendela dan Penempatan

Meskipun Anda selalu dapat menambahkan atau mengubah jendela Anda, itu bukan perubahan sederhana atau paling murah untuk membuat rumah. Oleh karena itu, penting bahwa Anda mencari rumah yang sudah memiliki jendela besar, ditempatkan dengan baik.

6. Jumlah Cahaya Alami

Pastikan bahwa Anda memeriksa jumlah cahaya alami yang mengalir di dalam potensi rumah baru Anda saat menghadiri open house. Lihatlah rumah pada waktu yang berbeda untuk benar-benar mendapatkan perasaan  bagaimana cahaya  masuk ke dalam rumah Anda di pagi hari, siang dan sore hari.

7. Pertimbangan Cuaca Regional

Jika Anda tinggal di daerah dengan musim dingin, Anda harus memastikan bahwa rumah baru Anda memiliki garasi, serta pintu masuk tertutup dan sebuah jalan yang cukup mudah untuk disekop. Jika Anda tinggal di iklim hangat, pastikan bahwa Anda memiliki banyak pohon untuk pendinginan di halaman Anda, serta trotoar untuk melindungi Anda dari panas matahari.

8. Orientasi Halaman Rumah

Selain memastikan bahwa rumah Anda tidak memiliki banyak hal-hal curam di belakang, Anda juga harus memastikan bahwa rumah baru Anda benar berorientasi pada tanah, karena orientasi dapat mempengaruhi berapa banyak cahaya alami yang akan didapat, serta tagihan pemanasan dan pendinginan. Sebuah rumah menghadap ke selatan cenderung untuk mendapatkan cahaya yang paling alami, tapi di iklim hangat, Anda mungkin ingin pergi dengan menghadap utara rumah untuk menjaga rumah Anda sekeren mungkin.

9. Ukur Panjang dan Lebar Jalan untuk Mobil

Ukuran jalan penting.  Ini adalah penting bahwa jalan Anda cukup luas untuk dilalui mobil ANda. Namun, Anda mungkin tidak ingin jalan Anda terlalu panjang, terutama jika Anda harus menyekopnya di musim dingin.

10. Parkir di Jalan

Parkir di jalan cenderung lebih dari keprihatinan di kota dan daerah perkotaan. Apapun, pastikan bahwa Anda memiliki jalan parkir yang cukup dekat dengan rumah Anda jika Anda membutuhkannya untuk pengunjung untuk mengunjunginya.

11. Tangga Curam dan Panjang

Tangga curam atau panjang dapat menjadi masalah, terutama jika Anda memiliki penyakit fisik yang mencegah Anda untuk  berjalan naik dan turun tangga curam untuk sehari-hari.

12. Detail Arsitektur

Sementara rincian arsitektur bukanlah faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika datang ke rumah Anda, itu ideal untuk memiliki rincian tersebut, seperti terkena sinar atau molding dan mantels menarik, untuk membuat rumah Anda terlihat cantik.

13. Sistem Pendingin

Jika Anda tinggal di daerah yang menjadi panas saat musim hujan atau bahkan lebih panas di musim panas, Anda harus memiliki sistem pendingin yang baik. Pastikan bahwa rumah baru Anda sudah memiliki pendinginan yang cukup, karena menambahkannya nanti bisa menjadi rumit dan mahal. Seperti yang dikemukakan oleh Expat.or.id, AC biasanya akan mengorbankan listrik terbesar Anda, jadi pastikan untuk mendapatkan tempat tinggal yang dirancang dengan baik.

14. Lokasi Ruang Cuci

Pastikan bahwa Anda memiliki ruang cuci dekat ruang tamu utama, daripada tersembunyi di ruang bawah tanah. Laundry adalah sesuatu yang perlu dilakukan secara teratur, jadi penting bahwa ruang cuci di tempat yang nyaman di rumah.

15. Dapur

Jika Anda atau pasangan Anda suka memasak, memiliki fitur dapur yang baik bisa menjadi barang yang sangat penting dalam checklist Anda. Mencari tahu mana fitur dapur paling signifikan untuk Anda. Misalnya, apakah Anda atau pasangan Anda suka memasak pada kompor gas? Apakah Anda ingin nomor tertentu tenggelam atau lemari untuk penyimpanan? Apakah Anda ingin sebuah pulau untuk mempersiapkan bahan-bahan Anda?

16. Jumlah Kamar mandi

Pastikan bahwa Anda memiliki cukup kamar mandi agar sesuai dengan ukuran keluarga Anda, karena menambahkan kamar mandi nanti bisa menjadi proses yang mahal dan panjang. Apakah Anda seorang dua orang rumah tangga atau keluarga enam orang, memiliki jumlah yang tepat dari kamar mandi sangat penting.

17. Tinggi Langgit-langit

Pastikan bahwa langit-langit yang cukup tinggi, terutama jika Anda memiliki orang yang tinggi dalam rumah tangga Anda. bBarkan orang tertinggi di keluarga atau rumah tangga Anda berjalan melalui rumah untuk memastikan bahwa semua langit-langit dari ketinggian yang nyaman.

18. Zonasi dan Tata Letak Kota untuk Hewan dan Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki atau akhirnya ingin ayam atau hewan peliharaan yang tidak biasa lainnya, pastikan bahwa tata letak kota setempat Anda memungkinkan untuk hewan peliharaan.  Di Indonesia, hukum zonasi relatif longgar seperti yang dikemukakan oleh  IndonesiaExpat – sehingga Anda tidak perlu khawatir selama Anda memeriksa kota setempat atau balai kota.

19. Kedekatan pada Tetangga

Lihat seberapa dekat Anda dengan tetangga sebelah dan jika privasi penting bagi Anda, pastikan bahwa tetangga Anda tidak dapat melihat melalui jendela Anda. Juga, berjalan di sekitar halaman Anda untuk mendapatkan ide yang lebih baik dari seberapa dekat Anda sebenarnya dengan tetangga Anda.

20. Lingkungan Sekitar

Lingkungan sekitarnya juga merupakan faktor yang signifikan untuk dipertimbangkan ketika memutuskan untuk membeli rumah. Misalnya, Anda harus memastikan bahwa Anda menyukai  distrik sekolah jika Anda memiliki keluarga dengan anak-anak dan bahwa kantor Anda berada di dekatnya. Anda juga dapat memeriksa fasilitas masyarakat setempat, seperti perpustakaan terdekat dan taman, serta angkutan umum. Jika Anda sedang mencari rumah di lingkungan tertentu, itu mungkin ide yang baik untuk memeriksa baris lokal mereka. Atau, Anda dapat menggunakan direktori online seperti Rumah untuk menemukan rumah dijual di Tangerang dan wilayah lainnya.

Nah, itu tadi beberapa faktor yang harus dipertimbangkan kalau kalian mau membeli rumah. Gak ada salahnya menurut gue kalau kita fikirkan dari sekarang, apa lagi makin tahun harga rumah makin tinggi dan kita harus pintar-pintar memilih rumah biar gak menyesal dikemudian hari.

Kalian sendiri punya saran? Boleh tulis dikolom komentar dong, kita share bareng.

10 comments:

  1. Kondisi sekitar juga berpengaruh bang. Kadang kita menemukan letak yang strategis, namun disekitar itu lingkungannya kumuh. Gak baik juga buat kesehatan.

    Juga faktor masyarakat sekitar, nyokap pernah gak jadi beli rumah karena ada seseorang disekitaran rumah tersebut yang kayak gak nerima nyokap gue saat berada disana. Terpaksa deh nyari tempat lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, jangan sampai dapat rumah bagus tapi dikelilingin zamban ya :v

      Maksudnya siapa nih yang gak nerima? Mahluk sosial atau tak kasat mata?

      Delete
  2. yang nomer 19 sama 20 penting banget si asli. kalo tetangga baik-baik rasanya betah dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa lagi kalau tetangga kanan tempat produksi iphone terus di kiri produksi jco, terus dikasih tiap hari. Khan enak mba :v

      Delete
  3. Harga juga kayaknya bisa jadi pertimbangan. Worth it aja nggak sama rumah dan fasilitas serta kenyamanan. Halah, ini aku gaya banget sih. Kayak udah mau beli rumah beneran aja :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak papa mba, rencanain dulu dari pada gak sama sekali entar malah bingung sendiri kalau mau yang mana :v

      Delete
  4. Poin lingkungan sekitar paling berpengaruh banget sih menurut aku.
    Habis baca poin poin apa yg harus dipertimbangan ini, gue jadi inget kalo wish gue yang ini belum tercapai. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, kalau bisa jangan sampai tinggal di kawasan tuyul ya :v
      Duh iya ini, gue juga pakai banget. Udah dari kemarin-kemarin mau banget punya rumah sendiri, tpai palinggak ini bisa bantu sebelum milih rumah ya

      Delete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D