4 Cara Sederhana Mendapatkan Uang Dari Blog

, , 2 comments

Disetiap kesempatan mengisi acara, pertanyaan yang paling sering gue dapat pasti nggak jauh dari gimana cara menghasilkan uang dari blog, gimana cara meningkatkan pengunjung blog, gimana cara move on dari mantan pacar sedangkan sering nulis tentang mantan di blog. Oke, yang terakhir itu salah satu pertanyaan dari peserta yang kadang kurang ajar.

Dari beberapa pertanyaan umum tentang blog yang sering gue dapat, kali ini gue akan share ke kalian salah satu pertanyaanya, yaitu: cara menghasilkan uang dari blog.

Siapa tau nih di antara kalian ada yang sudah bertahun-tahun ngeblog tapi masih nggak tau gimana cara menghasilkan uang dari blog atau kalian yang baru belajar ngeblog juga pengen banget tau. Itung-itung lumayan sih, buat jajan beli ciki.

4 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog


Ada ratusan atau bahkan ribuan cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari sebuah blog. Bisa pakai cara yang benar atau bahkan pakai cara semacam memaksa, untuk dapat pundi-pundi dari internet.

Tapi di postingan kali ini jelas, gue nggak akan kasih tau cara menghasilkan uang dari blog dengan tehnik curang. Pertama kita sudah sama-sama tau kalau dapat uang dari cara gak baik pasti hasilnya juga nggak bakalan sehat dan yang kedua,  gue nya aja yang emang nggak tau gimana cara menghasilan uang dari blog dengan cara curang. Oke, pilihan kedia itu lebih logis sebenarnya.

Taruh Hasil Karya Kalian di Blog

Man in Yellow Shirt and Blue Jeans Sitting on Black Chair While Doing Sketch
via pexels.com

Cara menghasilkan uang dari blog yang pertama ini terbilang paling gampang, yang terpenting adalah kalian sudah punya skil. Semisal kalian hobi memainkan cat air di atas kanvas, dari hasil karya lukisan itu tadi, bisa kalian foto kemudian taruh di blog pribadi kalian. Setelah link postingan di share, orang-orang yang melihat dan tertarik dengan lukisan kalian bisa jadi akan menghubungi dan meminta kalian untuk dibuatkan sebuah lukisan di rumah nya.

Hal senderhana seperti ini tanpa di sadari juga bisa menghasilkan uang. Gue pernah melakukannya ketika libur panjang dan nunggu jadwal masuk kuliah, waktu kosong itu gue manfaatin buat bikin cover binder dari kain flanel. Hasil dari bikinan yang iseng itu gue posting ke dalam blog pribadi dan nggak berlangsung lama ada beberapa orang yang email gue, sebagian ada yang cuman sekedar tanya dan sebagian lagi ada yang mesan dengan motif yang mereka inginkan.

Dari sebuah skil jahit yang – sebenarnya sok tau, gue sempat menghasilkan uang sendiri lewat kain flanel. Kalau mau coba bisa kok, dan jangan lupa untuk menaruh kontak email pada blog kalian ya biar orang gampang ngehubungin.

Jualan Nggak Mesti Pakai Toko

macbook, computer, keyboard
via pexels.com

Harus gue akui, online shop memudahkan siapapun yang ingin berbelanja dan nggak harus repot membuang waktu nya di jalanan. Maka dari itu lah para penjual barang lewat internet sangat dibutuhkan zaman sekarang.

Dengan cara memindahkan jualan kalian dari toko berbentuk fisik ke bentuk visual, yaitu blog. Kalian nggak harus repot sewa toko, apa lagi nih setahu gue sewa toko yang ukurannya cuman tiga kali tiga meter persegi cukup mahal, belum lagi biaya listrik yang kadang bisa nggak satu paket sama bayar toko.

Menjual barang lewat blog selain lebih mudah juga nggak butuh modal yang besar, asal ada laptop dan koneksi internet kalian sudah bisa memasarkan jualan ke siapa saja. Banyak banget kok orang yang sukses jualan online, contoh paling gampang dari teman gue sendiri di komunitas Pena Blogger Banua si Arif Fajar Kurniawan. Dia jualan online sejak kuliah dan sampai sekarang jualnnya laku keras, dengan hanya menjual barang lewat sebuah blog.

Tapi untuk memasarkan prodak di sebuah blog tentu ada tehnik dan nggak sembarangan orang benar-benar bisa memahami ini. Tapi untuk kalian yang gak mau ambil pusing ada banyak juga kok orang yang menyediakan jasa cara membuat iklan di google agar prodak yang kalian punya lebih banyak dilihat konsumen dan tepat sasaran.

Punya Blog Dengan Pengunjung Tinggih? Tawirin Aja Space Iklan

apple, iphone, smartphone
via pexels.com

Kalian pasti sudah pada tau soal iklan banner yang sering dijumpai pada sebuah website, bukan? Nah itu adalah salah satu cara mendapatkan uang dari blog, yaitu dengan menyewakan ruang iklan pada blog kalian.

Soal harga, ya terserah kalian berapa mematok tapi yang pasti sesuaikan dengan trafik blog kalian serta yang paling penting, iklan tersebut masih berhubungan dengan blog kalian. Jangan sampai nice blog kalian semisal membahas gadget tapi iklan yang dipasang adalah iklan penumbuh bulu ketiak, misalkan. Emang mau numbuhin bulu di sela-sela tombol home smarphone?

Dan sekali lagi, jangan lupa taruh email kalian pada blog.

Nggak Harus Berbentuk Novel, Membuat Tulisan di Blog Juga Bisa Dapat Bayaran

apple, laptop, typing
via pexels.com

Salah satu hal yang gue tau tentang sebuah novel yang laku di pasaran: novel dengan tulisan yang standar tapi si penulisnya punya banyak folower’s itu novel pasti akan laku, alasannya simpel karena sudah dikenal orang. Lalu bagaimana dengan seorang blogger, hobinya cuman nulis tentang kisah cinta nya yang kandas di tengah jala terus menerus, nulis itu terus tiap hari di blog sampai Isyana renkarnasi jadi Raisa. Apa bisa dapat uang?

Jawabannya, kembali nanya: Kenapa nggak?

Malahan penghasilan seorang blogger bisa sampai jutaan tiap minggu. Nggak jarang orang yang kerjaannya cuman diam di rumah dan kerja di depan laptop – cuman pakai kolor, bisa saja memarkir satu lusin lamborghini di kandang sapi nya sendiri.

Biasanya cara mendapatkan uang dari blog lewat tulisan itu berbentuk seperti review sebuah prodak terbaru, jasa, dan lain sebagainya. Seorang blogger akan mendapatkan ibalan berupa fee atau prodak yang dia review pada blog nya, untuk bisa meghasilkan uang blog tentu bukan hal yang gampang. Perlu pemahaman, riset, dan lain sebagainya agar blog yang dibangun emang bisa buat di komersilkan. Dan yang paling penting kalau mau menghasilan uang lewat tulisan blog, blog kalian harus benar-benar bermanfaat dan dicari banyak orang.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Mungkin itu aja yang bisa gue share soal cara mendapatkan uang dari blog yang pasti ada banyak cara yang bisa kalian lakukan lagi untuk dapat menghasilkan uang pada sebuah blog, sekali pun itu hanya blog pribadi yang isi nya curhat nggak penting dari kalian.

Oke, jadi kalian sendiri ada yang udah dapat apa aja dari blog? Share dan kalau bisa kasih tips nya ya kenapa kalian bisa sampai dapat hhe. Berbagi itu indah, asal jangan berbagi mecin. Enak soalnya. #Eh

2 comments:

  1. Tapi kalo sebuah blog isinya iklan semua dan terlalu dimonetisasi dengan cara yang nggak wajar, itu membosankan loh kak. Apalagi pengunjung udah tau kalo yang punya blog orientasinya udah monetisasi blognya, bukan berbagi lagi :'(

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih. Ternyata memang dari hobi ngeblog pun bisa jadi duit kalau ditekuni. Tapi selain berpikir menghasilkam uang dari blog, pemilik blognya juga harus lebih mikirin gimana caranya bikin konten yang bagus juga. Soalnya konten yang bagus itu yang bikin pengunjung betah balik lagi ke blog kita.

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D