Takut Buat Belanja Online? Perhatikan Dulu Ini

, , 1 comment

Hal lain yang gue lakukan untuk sekedar memanjakan diri sendiri, selain memberikan me time diakhir pekan, biasanya ada satu hal lagi. Yaitu belanja, nggak cuman cewek, cowok juga seneng belanja loh, hanya saja antara belanjanya cewek dan cowok jelas berbeda. Cewek lebih ribet dan banyak mau nya.

*kaburrr*

Biasanya sih belanjanya cowok nggak ribet. Gue sendiri tiap satu atau dua bulan, ada satu barang yang dibeli, sekedar untuk menyenangkan hati biar gue tambah semangat lagi kerja. Nggak usah yang mahal cukup kaya beli satu novel atau sepatu baru aja sudah lebih dari cukup.

4 Tips Aman Belanja Online


Saking nggak pengen ribet nya cowok kalau belanja kadang lebih memilih belanja di toko online. Tinggal duduk manis di depan laptop yang udah konek wifi – buka browser – cari barang di salah satu website – bayar – tunggu barang datang ke rumah. Simpel.

Nggak takut diboongin? Kan belanja online cukup bahaya, dit?

Ya nggak lah, gue punya trik sendiri biar nggak rugi atau kalau suatu saat barang yang gue beli nggak sesuai sama apa yang gue mau, gue tetap bisa minta ganti.

Khusus dipostingan kali ini gue akan kasih tau ke kalian 4 Tips Aman Belanja Online yang wajib banget kalian ikuti, apa lagi yang belum pernah belanja online dan mau coba-coba. Udah jangan takut, baca dulu nih ye sampai habis.

Pastikan Bukan Online Shop Abal-Abalan

via bmag.com.au

Ada banyak sekali online shop mulai dari yang jualan via website yang di desain sedemikian rupa agar memudahkan calon pembelinya, sampai memanfaatkan sosial media. Kayak yang lagi rame sekarang ini, jualan di instagram. Banyak pilihan jangan sampai bikin lo bingung untuk memilih yang mana, pastiin online shop yang lo pilih punya nama yang emang terkenal atau minimal banget untuk online shop yang kecil, lo kenal siapa penjualnnya.

Cara paling mudah untuk memastikan online shop tersebut bisa dipercaya selain dia emang punya nama besar adalah dengan mengecek alamat toko nya, walau online shop mereka pasti akan punya kantor offline nya juga. Bisa juga dengan mengecek info kontak nya dan mereka punya semuanya, kalau kurang lengkap dan saat berkomunikasi agak janggal, susah kalian pahami bahasanya, maka berhati-hati lah. Bisa jadi mereka dari dimensi lain.

Detail Produk Wajib Diperhatikan


via businesstoday.in


Nggak sedikit orang yang suka komplain sama barang yang sudah mereka terima saat belanja online, hal kayak gini kadang bukan salah dipenjualnya, tapi kadang juga bisa salah si pembeli. Karena liat barang bagus di foto doang terus lupa membaca detail produk, pas barang datang, eh marah-marah di akun sosmed official nya, kan konyol.

Jangan malas deh buat baca detail produk terlebih dahulu sebelum membeli, biar nantinya nggak merasa sakit hati sendiri pas liat tampilan barang yang oke punya di foto. Dan jangan lupa juga untuk memperhatikan bagaimana situs tersebut bisa menjaga data pribadi lo. Pastikan juga kalian benar-benar membaca syarat & ketentuan sebuah toko online. Ada online shop yang menyediakan jasa pengembalian barang secara gratis apa bila barang tidak sesuai dengan pesanan dan ada pula yang tidak memiliki layanan tersebut.

Ada Kualitas = Ada Harga

via pesona.co.id

Pengen barang yang bagus tapi harga murah? Gue akan kasih tau jawabannya “NGGAK ADA”. Ada kualitas tentu juga ada harga, broh. Jangan harap kalian akan mendapatkan barang dengan harga miring di toko online yang memang terpercaya. Kalian punya alasan dong kenapa belanja online disana?

Tapi jangan bersedih hati, kalian tetap akan bisa mendapatkan potongan harga kok kalau mau, gini caranya...

Lo bisa gabung sebagai member baru di website tersebut, biasanya mereka akan memberikan potongan harga yang lumayan banyak. Bukan cuman itu, tips lain agar dapat diskon juga bisa kalian lakukan dengan cara jadi pengikut mereka di akun official facebook atau twitter. Jagan segan untuk mengikuti info terbaru mereka di sosial media, biasanya akan ada diskon 50% atau night sale dadakan yang diberikan. Kan lumayan bisa hebat.

Pembayaran Yang Mudah dan Aman

via want.nl

4 Tips Aman Belanja Online yang terakhir ini adalah soal pembayaran, pastikan setelah selesai memilih barang dan akan melakukan pembayaran lo mendapatkan pelayanan untuk membayar barang yang mudah dan aman. Beberapa online shop besar di Indonesia sudah menyediakan jasa Cash on Delivery (COD) dimana pembeli bisa membayar secara langsung saat barang diantar ke rumah lewat kurirnya. Sistem pembayaran kayak gini tentu nggak beresiko besar, kalau-kalau suatu saat barang tak kunjung datang.

Namun apa bila di daerah tempat lo tinggal belum dapat pelayanan COD, pilih aja jenis alat pembayaran non tunai. Yang penting sih, menurut gue jangan sampai ada pembayaran setengah harga barang (DP). Hal kayak gini patut kalian curigai, apa lagi kalau kalian baru pertama belanja disana.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Gue cukup sering melakukan transaksi secara online dan Alhamdulillah nggak pernah ketipu atau kecewa sama barang yang sudah datang. Ya, karena gue emang detail memperhatikan semuanya sebelum memastikan membeli barang tersebut. Gue akan baca bahan dan ukuran yang tersedia.
Apa lagi kalau beli sepatu, jangan sampai salah ukuran deh hhe.

Gimana, gimana... tips yang sudah gue kasih, kira-kira oke aja gak? Kalau kalian punya pengalaman soal belanja online dan punya tips sendiri boleh dong share di kolom komentar, biar yang lain dapat pencerahan dari kalian juga.

1 comment:

  1. aku salah satu orang yang gila belanja online satu hal yang pasti aku lakuin kalo mau belanja itu baca testimoni pembeli kalo bagus semua aku berani deh beli, tapi kalo ada yang kecewa aku lebih baik mundur sebelum beli
    nice info! :D

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D