4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Admin Sosmed

, , 1 comment

Hampir setahun lebih gue sempat jadi mimin. Emm... Maksudnya, gue sempat jadi admin sosmed disalah satu akun informasi seputar kota gue; Banjarmasin. Salah satu pekerjaan yang menurut gue sangat asik digeluti.

Waktu kerja gue 24 jam sih, tapi fleksibel dan cukup menyenangkan. Hal positif nya dari kerjaan unik ini, gue bisa dapat info lebih cepat dari orang kebanyakan, bahkan bisa tau event-event apa saja yang akan berlangsung di kota sendiri. Tapi nggak melulu menyenangkan terus.

Gue juga cukup sering terima komentar dari follower’s yang kurang nyaman, kayak misalnya terlalu sering iklan dan jarang kasih info ke mereka. Dari manis dan pahit nya jadi mimin, kali ini gue mau sedikit berbagi soal 4 Kesalah Yang Harus Dihindari Admin Sosmed.

Siapa tau diantara kalian ada yang berminat kerja freelancer jadi admin sosial media.

Tidak Ada Komunikasi Dengan Follower’s

via mangoesworld.com

Hal sepel kayak gini harus dihindari. Jadi admin di Sosmed kudu banget jaga komunikasi sama follower’s jangan sampai mereka nanti mengira mimin nya sombong dan mereka nge’unfollow akun yang sedang kalian pegang.

Interaksi yang berlangsung lewat sosial media nggak jauh beda kayak kita ngobrol sama teman secara langsung. Dan hal yang perlu banget diingat dalam menjawab pertanyaan atau komentar para follower’s adalah jangan sampai kebawa emosi.

Karena kita nggak akan pernah tau respon atau hal apa yang akan dikasih follower’s ke kita, semisal kita memberikan informasi ke pada mereka atau menjual sebuah prodak. Kalau dapat respon yang kurang bagus solusinya ada dua.

Pertama balas dengan tanggapan yang santai dan nggak bikin follower’s yang lain jadi ilfil. Atau cara kedua paling aman, nggak usah di tanggepin.

Penggunaan Hashtag Yang Tidak Tepat

via jeffbullas.com

Hashtag walau sepel tapi dia punya pengaruh cukup besar dalam sebuah pencarian. Jadi dengan penggunaan hashtag yang tepat dan nggak asal-asalan, sesuatu yang kita posting jadi lebih mudah ditemukan oleh orang.

Sebagai contoh kasus kita akan menjual sebuah mobil, cara menggunakan hashtag yang tepat sebenarnya nggak terlalu susah. Dengan hanya memposisikan diri kita sebagai orang yang mencari mobil tersebut.

Contoh dijual mobil baru dari kata itu bisa dibikin hashtag semisal #dijualmobilbaru #jualmobilbaru #jualmobil #mobilbaru #carimobilbaru dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu contoh Cara gampang menentukan hashtag yang tepat. Selamat mencoba!

Jangan Cuman Jual Iklan

via socialmediatoday.com

Ya... mungkin kalau kalian jadi admin online shop hal ini tidak masalah, sih. Karena emang harus menjual sebuah prodak dan kalian juga mempunyai followe’s yang memang butuh jualan kalian. Tapi nih menurut gue harus tetap berimbang.

Ada baik nya sesekali diselipkan info atau tips yang berhubungan dengan iklan. Misalkan jadi admin sosial media dibidang fashion, jangan cuman jual brand tapi juga kasih info atau tips bermanfaat buat follower’s kalian.

Kasih info seputar fashion yang isi nya sederhana aja, kayak bagaimana proses atau bahan-bahan prodak tersebut dibuat, atau contooh lain kayak tips melipat baju dari brand fashion tersebut agar nggak kumal dan lain sebagainya.

Hindari Posting Sembarangan Waktu

via marketingdigest.com

Kadang nggak setiap orang bisa mainin smartphone sesukanya, kadang ada waktu tertentu agar bisa sekedar ngescroll time line. Jadi sebagai admin sosmed kalian kudu pintar membaca waktu, kira-kira follower’s kalian banyak menggunakan smartphone pada pukul berapa.

Beberapa akun sosmed kayak twitter memang masih menggunakan real time sehingga masih mudah untuk mengatur waktu promosi. Berbeda sekarang kayak facebook dan instagram yang sudah nggak menggunakan real time lagi.

Kalau sudah kayak gini kalian kudu benar-benar bisa memperkirakan, kira-kira pukul berapa kalian harus berpromosi atau sekedar menyapa followe’s.


Sebenarnya ada banyak lagi kesalah-kesalah yang harus dihindari saat menjadi seorang admin sosmed, tapi 4 Kesalah Yang Harus Dihindari Admin Sosmed yang sudah gue bagikan di atas, setidaknya harus kalian perhatikan.

Jangan sampai karena merasa fine aja sama brief yang sudah dikasih atasan, kalian bisa santai. Nggak kayak gitu. Tugas admin sosmed bukan cuman sekedar posting dan posting prodak saja, tapi juga harus memberikan manfaat buat follower’s dan bisa menjaga nama baik sosmed yang kalian pegang.
Bagai mana, ada yang punya pengalaman jadi admin sosmed?

1 comment:

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D