Hal Masa Kecil Yang Menyenangkan

, , 2 comments

Kemarin gue baru aja baca tulisan temen gue si Radhian yang berjudul Merindukan Minggu Pagi Yang Dulu. Dalam tulisan itu dia bahas soal kartun-kartun favoritnya zaman dulu yang selalu ditonton dan beberapa kenangan masa kecil yang menyenangkan yang hanya terjadi disetiap akhir pekan. Oke mungkin biar lebih kompels gue tambahkan “Hanya dirasakan anak generasi 90’an”. Setuju?

Setelah membaca itu gue jadi ingat moment-moment tahun 2000’an dimana saat gue masih berseragam putih-merah, Lalu gue coba membandingkan kenyataan dulu dan sekarang yang gue rasakan sebagai generasi 90’an. Seperti yang sudah kita tahu hal simpel yang bisa dirasakan perbandingan zaman dulu dan sekarang adalah tayangan film kartun yang sudah hampir tidak ada lagi pada zaman sekarang di hari minggu.

Gue merasa tipi malah merenggut kebahagiaan anak-anak dengan meniadakan film-film kartun dan diganti dengan tayangan tidak sesuai dengan  usia mereka. Contoh kayak yang jalan-jalan menjelajah gitu, efeknya banyak bocah ingusan termotivasi mau menjelajah alam bebas, padahal seperti yang kita tahu hal seperti itu cuman setingan dan kalau pun benar perjalanannya gak semudah yang kita tonton saat di tipi. Sok mau ke hutan, ke komplek sebelah aja bisa gak dibolehin emak.

Selain tayangan kartun yang sudah nggak ada lagi sebenarnya ada beberapa hal lain yang mulai menghilang pada generasi sekarang, yang harusnya menurut gue dirasakan oleh anak-anak sekarang.
Kali ini gue akan coba mengingat-ngingat lagi kenangan masa kecil yang pernah gue lalui sebagai generasi 90’an. Kira-kira ada yang sama kaya kalian gak ya?

Koleksi Majalah Bobo

Image result for koleksi majalah bobo
via dzikrinaililazkiya.blogspot.co.id

Hal wajib yang harus gue beli tiap minggu saat masih menjadi siswa sekolah dasar adalah majalah anak-anak, ada yang masih ingat sama majalah Bobo? Gue dulu seneng banget beli dan hampir gak pernah ketinggalan. Kebetulan rumah gue nggak jauh sama toko buku, jadi setiap hari bisa ngecek kalau ada majalah baru.

Gue juga masih ingat banget di halaman awal majalah Bobo biasanya pembaca akan diceritakan langsung cerita singkat Bobo atau kadang juga Bona dan Rongsong – cerita si kucing dan gajah berwarna pink – yang lucu dan penuh inspirasi. Oiya ada juga cerita dongen anak dari Oki dan Nirmala, ada yang masih ingat mereka gak sih hahaha. Boca-boca sekarang? jangankan beli majalah Bobo kenal juga nggak, yang dibeli tiap minggu cuman kuota internet. Hmm...


Menonton Kartun Sampai Siang di Rumah Tetangga

Image result for menonton kartun anak 90
via kukuhandriansah.blogspot.co.id

Sama kayak apa yang ditulis Radhian di blog nya, kami punya masa kecil yang sama. Ergg... tapi untung kami nggak jodoh. Maksud gue kami sama-sama kerjaannya tiap minggu nonton film kartun dan haram hukumnya kalau minggu bangun kesiangan Hahahaa.

Gue waktu SD masih tinggal di Muara Teweh disana susah banget nyari sinyal buat nonton tipi lokal dan baru bisa kalau makai parabola, dan parabola adalah alat yang paling langka bin mahal. Jadinya kalau gue mau nonton kartu di tipi gue numpang nonton ke rumah temen, wajib banget juga hukumnya harus mandi dulu.

Ya lu bayangin aja kalau gue nggak mandi, bangun-bangun dengan sisa air liur basi yang masih nempel di pipi terus tai mata masih nempel kayak biji durian pergi ke rumah orang. Walau ribet dan kadang harus nonton desak-desakan sama temen yang senasip, justru disana asiknya.

Main Sepak Bola Plastik Bareng Temen Sore Hari

Image result for ada zaman dulu main sepak bola hujan
via brilio.net

Setiap sore biasanya kalau udah selesai sholat ashar jam empat lewat, anak-anak di gang zaman dulu udah pada keluar abis tidur siang. Hayo siapa yang gitu? Hahaa. Dan biasanya nih tiap bulan kayak ada musimnya giut. Lagi musim layang-layang anak zaman dulu bakalan ngisi langit-langit penuh sama layang-layannya sendiri. Kalau musim main lempar gambar pada beli gambar di pasar atau Paman pedagang mainan yang biasnaya ada di sekolah.

Gue sendiri bukan tipe anak yang suka ikut musiman, gak ikut tren anak-anak seper’gang’an #halah Pernah gue coba mainin layang-layang punya temen bukanya terbang ke atas malah nukik ke bawah dan nyangkut ke rumah orang.

Tapi yang paling seru sih sore gue zaman dulu main sepak bola plastik di lapangan gang, sampai-sampai kami bikin tiang gawang sendiri dan di sekeliling lapangan dikasih jaring biar gak masuk rumah orang. Main bola plastik dengan alas kaki telanjang wkwk. Hayo siapa yang sama?

Yang paling bikin bahagia main bola plastik sore hari itu pas turun hujan! Bener-bener masa kecil yang bahagia. Sekarang udah gede kalau hujan yang ada galau, ingat kenangan manis sama mantan, nangis. Hih dasar payah!

Dan adzan magrip menjadi peluit panjang berakhirnya pertandingan. Sumpah kangen banget moment gini. :')

//

Ada lagi sebenarnya yaitu main PS 1 Bahaha. Entar deh ditulisan lain kita bahas lagi game PS 1 yang paling seru dimainin hihi. Sebenarnya ada banyak hal menyenangkan lainnya yang gue rasakan waktu masih kecil, kebahagiaan kecil yang jarang banget dirasakan anak zaman sekarang.

Waktu kadang memang kejam banget ya.

Kalau kalian punya hal masa kecil menyenangkan apa? Share di kolom komentar biar kita saling memetik ridu akan masa kecil yang idah ya.

Yaelah mau bikin tulisan penutup aja puitis banget. :v

header: informasitips.com

2 comments:

  1. Masa kecil memang menyenangkan.. semua yang ditulis Mas Aditt ini aku ngalamin semua :)

    Majalah bobo, dulu setiap pulang kerja satu bulan sekali bapaku selalu bawain majalah bobo..

    Tayangan film dulu itu membuat hari Minggu cerah mas..haha
    Mandi dulu tentu harus, dan habis itu maen ke rumah teman, kumpul dengan teman-teman yang lainnya untuk nonton bareng.. hehe

    Bisa lah seharian full cuma buat nonton gitu, gak pulang-pulang dicariin emak..wkwk

    Main sepak bola plastik itu hal yang menyenangkan, betul kalau tidak sehabis ashar ya habis subuh pagi. Kaki telanjang jelas mas aku ngerasain seperti itu.. Gak ada gawang terkadang cukup dengan batu atau sendal..wkwk

    Dan karena kaki telanjang juga, aku sempat ngalamin luka hingga berdarah, entah itu terkeda tanah yang keras ataupun batu yang tidak sengaja ketendang..

    Wah seru banget deh zaman dulu itu, untuk kumpul itu cukup bilang besok kumpul jam segini, dan bsoknya kumpul. Dengan mudahnya ya :)

    ReplyDelete
  2. Lebih enak masa kecil dl dibandingkan sekarang permainannya walau masih dibilang kuno ttpi kebersamaan dalam permainan tersebutlah yang sangat menyenangkan.

    Sekarang jamannya sudah pada digital, permainan pada canggih tetapi kebanyakan sendiri2 dalam memainkannya.

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D