Pasar Wadai Banjarmasin



Marhaban ya Ramadhan... Alhamdullilah banget bulan puasa tahun ini bener-bener gak berasa di tempat gue Banjarmasin.  Cuacanya gak terlalu panas, bahkan sering hujan, membuat puasa semakin afdol ditemani sama bantal dan selimut, bikin waktu puasa gak berasa.

Ngomong-ngomong bulan Ramadhan nih, pasti identik dengan Pasar Kue dadakan ya kan?  Di tempat gue Banjarmasin juga punya Pasar Kue dadakan, namanya “Pasar Wadai”.  Wadai dalam bahasa Banjarmasin artinya kue, pasti sebagian pada gak tau kan hhe

Beberapa waktu lalu, sebagai anak Kota Seribu Sungai yang mencoba untuk gaul, gue pergi ke Pasar Wadai, yang terletak di samping Masjid terkenal di Banjarmasin yaitu Sabilla Muhtadin atau kalau kalian pernah liat video tugas akhir gue waktu SMK kemarin yang berjudul Pidio TA (Tugas Akhir), nah disitu Pasar Wadai nya berdiri.  Kebetulan hari itu cuaca gak hujan dan gak mendung, karena belakangan sore hari di Banjarmasin suka hujan.  Bikin galau.

Pasar Wadai di Banjarmasin ini, biasanya sudah mulai buka sebelum sholat Ashar sampai tengah malam.  Ngomongin soal wadai atau kue, di Banjarmasin sendiri wadai favorit masyarakat Banjar adalah Bingka.  Bentuknya seperti bunga, warna agak kecoklatan tapi ada juga yang berwarna hijau kalau gak salah namanya Bingka Tapai, dan yang pasti teksturnya lembut dan manis banget.  Semanis muka gue. *muntah*



Selain itu ada juga namanya Binga Berandam.  Berandam itu bahasa Banjar, kalau Indonesianya Berendem, beda “A” sama “E” doang.  Nah kalau bingka berandam ini bentuknya lebih kecil dan bulat, lalu nantinya disiram pakai semacam kuah khusus yang berwarna kuning seperti minyak dan manis rasanya, bikin ngiler.  Sayang gue lupa foto kemarin.

Bukan cuman Wadai bingka yang jadi favorit, di Pasar Wadai ini juga menjual berbagai wadai atau kue khas bulan puasa lainnya yang selalu jadi incaran, seperti putri selat, lapis india, dll.  Bukan cuman kue khas ramadhan tapi ada juga kue-kue khas Banjarmasin yang sering dijual, seperti kue cincin, nasi ketan, roti pisang, cucur, dll.






Keramaian pengunjung di Pasar Wadai Banjarmasin, bukan cuman dimanfaatkan sama pedagang kue, tapi ada juga pedagang yang jualan ikan untuk berbuka, sampai jualan peliharaan, mainan dan aksesoris.  Dan harganya murah-murah.


Ngabuburit gue ke Pasar Wadai kemarin cukup seru dan bisa membuat waktu gak kerasa, pas gue udah mau pulang eh gak lama bakalan buka puasa, jadi kemarin itu gue pergi aja ke Masjid Sabilal Muhtadin buat berbuka puasa disana, ya itung-itung nyari gratisan lah haha.

Tips
Nah gue punya tips buat warga Banjarmasin yang mau belanja di Pasar Wadai biar MURAH.  Biasanya nih ya kalau sore hujan, itu pasti pasar wadai sepi, yaiyalah mana ada orang belanja sambil hujan-hujanan.  Nah moment hujan itu malam hari biasanya harga makanan bakalan murah, terutama ikan-ikan yang di panggang.  Karena ikan yang dipanggang biasanya kan gak tahan lama, gak kayak kalian yang betah lama-lama ngejomblo. *eh


Oke ini cerita pendek aja tentang Pasar Wadai di tempat gue Banjarmasin.  Ngomong-ngomong di tempat kaian apa makanan khas ramadhan?  Boleh dong kasih komen di bawah.