Tentang Aceh


Pada kesempata kali ini gue lagi ikut giveaway yang di adain sama ka’meutia. Kalian masih ingen kan sama kaka cewe nan manis dari jembatan ancol ini, eh maksud gue dari Aceh. Nah Ka’meutia lagi ngadain giveaway hadiahnya yang bikin gue kaga nah makannya mau ikutan hhe. Dari pada gue ngomong panjang lebar, lebih baik langsung mulai sekarang oke.

Bismillilahhirohmannirohom…


"Apa yang kamu ketahui tentang Aceh?" saya yakin Semua dunia kenal dengan Aceh, apalagi selepas kejadian yang mengerikan beberapa tahun lalu, yang telah membuat dunia menangis. Ya gempa bumi yang berkekuatan 8,5 SR itu mengguncang Aceh dan mengakibatkan tsunami, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004 Aceh mengalami kiamat sugro (kiamat kecil), bayangkan itu hanyalah kiamat kecil bagaimana kiamat yang sebenarnya nanti? Gelombang yang sangat tinggi dengan cepatnya menyapu bersih kota serambi mekah itu, dengan tiada ampun tsunami mengobrak-abrik Aceh.

Bukan hanya tsunami yang saya tahu dari Aceh. Tapi dibalik kejadian mengerikan itu terdapat sesuatu yang tidak bisa dijawab dengan akal sehat, diantaranya yang saya tahu. Tentang sebuh masjid yang masih berdiri kokoh saat tsunami menghancurkan Banda Aceh, namun apa yang terjadi masjid Baiturrahman tetap berdiri dengan kokoh  dan masjid itu menyelamatkan banyak korban dalam keganasan tsunami.

Dan hal kedua yang tidak bisa dijawab dengan akal yang saya tahu adalah tentang seorang anak bernama martunis seorang anak SD yang menjadi korban keganasan tsunami namu yang membuat saya bingung, dia sempat terapung-apung dan akhirnya terdapar dirawa-rawa dekat makan Teuk syiah kuala. Selama 19hari bocah itu terdampar lemas baru saat itu martunis ditemukan oleh warga, meski kondisinya yang kurang baik namun yang membuat saya tidak habis piker dia selamat dari amukan ombak itu. Lalu wargapun menyerahkan martunis  ke awak televise Inggris yang kebetulan meliput disitu, dan menyiarkannya ke stasiun TV Eropa pada saat itu martinis mengenakan baju sepak bola Negara Portugal.


Nah sebenarnya hanya itu yang saya tahu tentang Aceh, namu saat saya berkunjung ke blognya ka’meutia saya jadi lebih tahu lagi tentang Aceh diantarannya.


1.Samalaga


 Kampung kediaman Ayah ka’meutia, Kota yang terletak di Kabupaten Bireuen ini masih sangat hijau, sawah membentang luas dan suasana kampuangnya masih sangat kental dan tentunya bebas dari polusi, sangat berbeda jauh dengan Banjarmasin kota saya sendiri dimana suhu dan tingkat polusinya hampir sama dengan Ibu kota Jakarta waklau saya belum pernah ke Jakarta, tapi mendengar dari pembicaraan teman-teman saya yang pernah kesana. Banjarmasin ibarat adinknya Jakarta.

2.Batee iLiek


Batee iLiek adalah tempat wisata alam masyarakat, tempat ini menyediakan hamparan sungai yang sangat panjang, airnya yang bersih, suasana yang sangat sejuk membuat pengunjung dimanjakan oleh alam. Yang unik dari Batee iLiek ini, disempanjang sungi tersusun batu-batu besar yang menghiasi pinggiran sungai. Air yang mengalir disungai ini bukan hanya dimanfaat kan sebagai tempat berwisata air, tapi juga digunakan untuk mengaliri sawah-sawah warga dan selokan rumah warga sekitar, walaupun selokan air yang mengalir masih sangat bersih dan biasannya dipakai mandi dan bermain bagi anak-anak sekitar.

3.Jeunieb


Kali ini tempatnya nenek ka’meutia, Jeunieb adalah kampung yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Lhokseumawe dengan hanya menempuh waktu 1,5jam sudah bisa sampai di Jeunieb.  Tempat ini tidak berbeda jauh dengan Samalaga, namun bedannya Jeunieb ini lebih banyak tambak ikan dan udang sebagai mata pencaharian utama warganya dan juga ditempat ini banyak terdapat pohon kelapa karna jaraknya tidak jauh dari bibir pantai/laut.

4.Pulau Semadu



Pulau Semadu ini terletak di Rancing, Batuphat timur Lhokseumawe, pulai ini juga berdekata dengan PT.Arun, salah satu perusahaan gas di Aceh yang terkenal. Disekitar pulau Semadu banyak tedapat pohon cemara, sebelum menuju pulau Semadu kita terlebih dahulu harus melalui jembatan panjang setapak yang terbuat dari kayu. Walau pulai ini kecil namu pemandangannya sangat indah, laut yang biru dan tenang memuat siapa saja yang berada disana akan merasakan ketenangan bebas dari kebisingan motor-motor dan tentunya bebas polusi.

5.Aceh Tsunami Museum

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa ini adalah sebuah musium. Aceh Tsunami Museum tempat ini dibangun oleh pemerintah setempat untuk mengenang para korban-korban yang terkena keganasan tsunami 7tahun yang lalu. Nama lain dari museum ini adalah Rumoh Aceh Escape Building dan luas lahan yang diperlukan untuk membangun musium ini adalah 10.000meter persegi.


Diantara semua ruangan yang diceritakan ka’meutia diblognya, ada satu ruangan yang sempat membuat bulukuduk saya merinding yaitu “The light of God” ruangan yang berbentuk sumur silinder  yang menyorotkan cahaya dari atas, dipaling atasnya terdapat sebuah lubang yang bertuliskan arab “Allah” Ruangan yang mengandung nilai-nilai religi cerminan dari Hablumminallah (konsep hubungan manusia dan Allah). Didinding-dinding ruangan itu terdapat tulisan nama-nama korban tsunami sampai ke atasnya, banyangkan seandannya ada sanak keluarga kita yang namanya tertuliskan disitu bagaimana perasaan kita, tentunnya hati akan bergetar dan mungkin akan meneteskan air mata.

6. Lhok Nga Beach

Lhok Nga Beach adalah sebuah pantai yang terdapaat di Barat Sumatra, Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar. Ombak dipantai ini sangatlah ganas dan menantang hamparan pasir putih disepanjang pantai dan ombak laut setinggih 3meter sangat cocok melakukan olah laga air yaiut berseluncur. Dipatai ini pengunjung tidak bisa sembarangan berenang ini dikarenakan banyaknya pusaran air yang terdapat dipantai ini, namun pihak setempat membuatkan area khusus untuk berenang dengan dibuatnya kolam kecil yang dibatasi oleh batu-batu dipesisir pantai Lhok Nga Beach tersebut.


Jujur saja hanya sedikit pengetahun saya tentang Aceh, namun setelah ka’Meutia bercerita tentang kampungnya tersebut saya jadi lebih tahu banyak tentang Aceh. Dan mungkin seandanya ada pihak sponsor travel atau sejenisnya yang berani untuk menyewa saya untuk menceritakan lebih jauh lagi tentang Aceh atau kota mana saja insyaallah saya akan bersedia, menulis menceritakan semua pengalaman itu diblog saya ini. 

Tulisan ini diikut sertakan dalam giveaway yang di adakan oleh Ka'Meutia.

 .::oOo::.

 

Comments

  1. Adiiittttt, ini lengkap sekaliiii. Terima kasi banyak ya dit. Btw, itu bukan mesjid baiturrahman yg ada di foto. Tp memang subhanallah, kekuasaan Allah yg membuat mesjid kokoh berdiri. Ada saksi mata mengatakan kalau sewaktu sampai di mesjid, air tsunami membelah dan menghindari mesjid.

    Makasi udah ikut mempromosikan wisata Aceh. Link kamu akan saya tweet dan saya suruh @iloveaceh utk me-RT. Goodluck dit!

    ReplyDelete
  2. @Meutia Halida Khairani hahaha salah ya ka jadi malu xD

    subhannawlahh airnya membelah!!!

    Makasih ka udah dipromosiin juga :D

    ReplyDelete
  3. wah.. semoga menang giveaway-nya :)
    aceh itu sejuta cerita keunikan ya. jadi pengen coba ke sana. dan Tsunami itu adalah kejadian luar biasa yang sangat memilukan.

    ReplyDelete
  4. gua baru tau tuh yang museum itu. Keren juga desainnya.
    Ada poto aslinya nggak?

    ReplyDelete
  5. gimana kabar martunis sekarang? katanaya dia anak angkat ronaldo. main bolanya sudah sjago ronaldo belum :D

    ReplyDelete
  6. wiw. lengkap bangeeet. pengetahuan baru tentang aceh :D :D :D
    semoga menang kamu yess :D

    ReplyDelete
  7. @irma amin aminnn.... saya juga pengen banget kesana :D

    @[L]ain wahh nggak tau ya hhe itu juga ngambil dari blognya ka meutia :p

    @r10 WEEW beneerraannnn!!!

    @ka pungky wahh lama nggak nongol dimari xD aminnn kaa aminnn.... semoga :D

    ReplyDelete
  8. Hebat deh, belum pernah ke sana tapi bisa tahu sedemikian banyak tentang Aceh. :)

    ReplyDelete
  9. @Asop hhe iya nih om mantep banget dah pokonya buat nambah wawasan kita yang nggak pernah sama sekali ke aceh :D

    ReplyDelete
  10. waw aku sambil baca blog ini juga lagi baca blognya meutia..:)

    ReplyDelete
  11. @TUKANG CoLoNG weew hha sama aja donk hihi... ini cuman cuplikan nya aja mas hhe

    ReplyDelete
  12. Wow...Tempat Batee iliek keren banget...Batu kalinya segede apa tuh?
    Trus Pulau Semadu nya bikin betah, serasa pulau milik sendiri kalau berlama-lama di situ.

    Btw tanya font yg di pakai pada blog font nya apa ya? Keren.

    Semoga menang lombanya ya. Salam kenal.

    ReplyDelete
  13. komplit mplit deh ulasannya dit.. jadi bikin p-engen ke aceh kaan hehehe.. hayuk kapan yuuk kita kesanaa #plaak.
    sorry baru sempet mampir dimari... lagi sakiit :(

    ReplyDelete
  14. @arqu3fiq hhe saya juga kurang tau nggak pernah kesono...

    ohh nama font nya ini ya "Segoe Print" namanya :D

    Salam kenal. makasih doanya ya...!!!

    @om gaphe wihh hhe oke deh mas kita kesana, kalau ada yg bayarin tiket PP & akomodasi gaji, dan uang saku oke deh aku mau #ngereptingkatdewa

    iya mas aku tau koe lagi sakit... cepet sebuhhh ya mass biar bisa berceritaa lagiii hoke

    ReplyDelete
  15. SBY *sesuatu banget ya*
    subhanallah ya bang...meski saya belum pernah ke aceh tapi ngerasanya mantabs bener ni kota...
    *berharapadayangkasihfoundationbuatkesana*

    ReplyDelete
  16. itu beach terakhir,,,
    loh gak beach ya?

    ReplyDelete
  17. selamat ya gas...
    semoga menang....
    jangan lupa hadiahnya klo lebih saya terima kalo mau dibagi dengan saya....
    :)

    ReplyDelete
  18. Ikbal Rizki <------ orang aceh... hehehe...

    btw. mantap ni postingannya mas.. ^_^

    ReplyDelete
  19. @anugrha13 haha ngarep juga ya sama aje kite... :p

    @rezky maksudnya???

    @zone amin aminn makasih doannya bro :)

    @ikbal hha makasih banyak ya bro... kalau mau ngasih aku tiket PP + hotel + uang saku, dan buat berita artikel wisata tentang aceh gue siap !!! #sumpeh

    ReplyDelete
  20. keren sob, rancangan museumya futuristik banget... salam kenal dari medan

    ReplyDelete
  21. @pri iya nih, keren banget musiumnya ngegambarin tsunami banget dehh... salam kenal bro dari blogger banjarmasin juga... HORASSS!!! :D

    ReplyDelete
  22. ga kebayang kalo gue juga ada di the light of gosd itu ya... :')

    ngomong2 pantai lhok nga itu kok sekilas mirip pantai batu karas di ciamis-jabar ya? :D

    ReplyDelete
  23. pensaran sama ruangan the light of God.. kapan yaa bisa ke Aceh.. :nohope

    ReplyDelete
  24. Lumayan nih, menambah pengetahuan. Ternyata Indonesia itu indah ya...
    Dari sabang sampai merauke.
    Memang sih, saya belum pernah kemana-mana, cuma di pulau jawa aja. Tapi dari monitor lepi saya mensyukuri punya negeri seindah ini. :)

    Salam kenal ya bro...

    ReplyDelete
  25. selamat gas....
    kamu menang lho....
    :)

    ReplyDelete
  26. @fiscus sama gue juga pengen banget kesana...

    ohh ya hha sayang gue nggak pernah ke Ciamis apalagi Aceh. mau beliin tiket PP hhe

    @dhenok asal penasarannya jgn jadi setan aja ye.

    @harmony emm setujuuu... saya juga demikian, bersyukur punya negara yg indah walau hanya bisa saya lihat lewat foto2.

    salam kenal juga :D

    @zane hhe iya nih allhamdullilah ya sesuaut banget...

    ReplyDelete
  27. @mas iman @mas sukron sudah menang mas :p

    ReplyDelete
  28. Terima kasih sudah di jawab, tentang font yang saya tanyakan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah membaca dan berkunjung, mari berkenalan : Profile Penulis