Lima Lobang One Lesson (Part 2)

, , 28 comments
Gue lanjutin cerita dari part 1 ya. Kali ini gue nulis dengan penuh perjuangan, kaliat tau kenapa? Mata gue merah, bukan karna sakit mata, bukan karna gue habis nangis, atau masukin zat pewarna buatan ke dalam mata. Tapi karna gue kurang tidur malem tadi. Gue tidur jam 00.00WITA terus mendadak bangun jam 02.20, terus jam 02.45, jam 3.15 itu karna HP nenek gue alaram nya engga bisa diem. Sampai akhir nya bagun pukul 04.30 buat sahur, gue berasa kaya anak ingusan habis ngelem. Jalan sempoyongan. #teragis

Nah gue lanjutin ya cerita dari Lima Lobang One Lesson (part 1).

"DERITA ANAK MAGANG"

. . . . . . . . dalam perjalanan gue berasa ada yang engga enak, dan emang bener pas lagi naik jembatan motor metik yang gue bawa ban nya bocor. Aaaaaarrrrrggggg..... Untuk yang pertama kali nya dalam sejah hidup gue, dua kali ban bocor dalam sehari dengan motor yang berbeda ini perlu di catet. Kalau perlu masukin biografi hidup gue huah... Gue sempet bingung mau nambal di mana itu motor, untung nya ada mas mas pake baju koko bedua ngasih tahu di mana ada tumbels di deket sini. Gaak bakalan terluapakan jasa mas mas itu baik banget, jangan-jangan mereka malaikat malam yang sengaja di kirim buat ngasih gue pencerahan.

Alhasil gue dorong tu motoer metik pake satu tangan, dan tangan gue yang satu nya buat pegangin frame supaya kaga jatoh. Gaak jauh gue dorong ada secerca cahaya silaw memanggil gue dan itu adalah tukang tambal ban.

"Kenapa kamu de.." tanya paman tumbles itu "ban motornya bocor ya?" sudah tau bocor pake tanya lagi. "Iya nih man, tolong di tambal ya." gue ngasih motor sambil ngambil frame nya "Mudah-mudahan cuman tusuk gigi yang nyangkut".

Tukang tambal ban nya berotot banget man!!!. Aja gile lebih mirip atlit nasional Indonesia yang suka angkat berat karung beras dan tepung di pasar. Pas ucus ban nya udah keluar dan di masukkin ke dalem baskom berisi air yang udah pasti engga bersih lagi tiba-tiba...

"Lubang nya ada satu mas." kata tukang tambal ban "ohh iya tambal aja langsung man" jawab gue remeh "Eh tunggu dulu lubang nya ada dua." gaswattt... "Loh koe nambah lagi jadi tiga ini mas." kata si tambal ban nunjukin lubang nya ke lubang hidung gue. Gue syok. Baru kali ini gue kebocoran ban dan dapet 3 lubang sekaligus. Ya tuhan gue salah apa, cuman bisa menyesali dan terpojokkan di pinggi jamban.

"Mau di ganti aja ucus nya mas, soal nya ban ini udah banyak banget tambelan nya." tawar si tukang tambal ban. "Ogah ahh lagian ini kan bukan motor gue juga." batin gue "Di tambal aja deh mas, uang nya engga cukup mau ganti ucus ban nya." kata gue sambil garuk-garung pantat. Akhir nya ban teragis itu di tambal dengan tiga lubang. Mata gue memperhatikan di sekitar warung itu ternyata warung ini juga di gunakan sebagai rumah oleh si paman tukang tambal ban. Depan nya buat warung dan sisanya buat tempat tinggal. Gue perhatiin si paman tambal ban sedang ngobrol sama istri nya yang lagi jagain warung, mereka kelihatan sangat bahagian tinggal di rumah sederhana ini. Apa lagi pas gue liat si Paman tukang tambal ban, nyium pipi anak cowo nya. Hemm... Ayah gue pernah kaya gitu gaak ya waktu gue masih ingusan. Waktu kecil aja seingat gue jarang ngomong sama ayah, bahkan sampai sekarang pun.

Pas gue lagi asik nonton atraksi tambal ban, tiba tiba sebuah gerobak muncul di tarik oleh sepeda. Ajagile.... kuat banget tu anak bisa narik gerobak yang berisi barang bekas pake sepeda. Eh ternyata di belakang nya ada yang dorong. Yang dorong grobak orang nya tua banget, gue bisa nebak karna keriput yang lumanyun banyak di wajah nya.

"Amat" sapa paman penunjul gerobak kepada paman tukang tambal ban "buatin dua teh hangat ya, buat saya dan keponakan saya ini" ternyata nama paman tambal ban itu 'amat' dan anak yang ngenjot sepeda narik gerobak itu 'keponakan nya'. "Ohh iya mas tunggu sebentar ya" amat berdiri "udah bapa kerjain aja tu tambelan ban nya biar aku yang buatin teh hangat nya" kata istri tukang tambal ban. Soswit bangettt.... *bener gaak tulisannya* Dan akhir nya gue juga pesen satu teh hangat beserta satu roti, karna perut gue udah sakit banget kaya di tusuk-tusuk pulpen.

Gue liat si keponakan paman yang nunjul gerobaik itu dengan lahap nya menyantap roti dan teh hangat begitu juga paman nya. Terus gaak sengaja gue liat kaki anak itu, gue liat kaki nya kucel banget hitam, berdebu, berpasir. Entah kenapa batin gue tiba-tiba tersentuh pas ngeliat ke adaan itu. Rasa nya mau nangis, melihat perjuangan paman dan keponakan nya itu narik gerobak, demi mendapatkan barang-barang rongsokkan. Dan mungkin untuk sebungkus roti dan teh hangat. Jujur ini engga main-main gue mendadak galau pas liat mereka. Nah gue tinggal minta duit aja sama bonyok kalau mau beli roti atau semacam nya, beda sama paman dan keponakan nya.

Roti dan teh hangat udah gue abisin dan ban juga udah kelar. Di jalan gue selalu kebayang sama paman dan keponakan nya itu, ini hikham bagi gue di balik kejadian yang menimpa. Gue mendapatkan pengalaman yang engga bakalan terluapakan dan gue yakin engga bakalan gue dapat di buku kewarganegaraan. Gue udah nyampe di kantor dan bilang kalau gue engga nemu rumah nya. Gue bilang aja tadi ban motor bocor makanya telat balik. Ehh gue malah di ketawaain sama istri bos.

Istri bos : "hahaha. kasian banget kamu dit, berapa tambelan." ketawa kaya setan berhasil menjerumuskan gue.
Gue : "tiga tadi" gue jawab datar dan pasang muka asem, se'asem-asem nya.
Istri bos : "Emang tu motor, liap kali di bawa sama orang pasti bocor mulu." WHAT....!!! 'BOCOR MULUUU' pantesan tadi ban nya banyak banget bekas tambelan nya di mana-mana waktu di periksa.

Satu hal lagi yang masih gue inget sampai sekarang... 'UANG TAMBEL BAN NYA BELUM DI GANTI' huah... padahal itu kan bukan motor gue. #ngenes

~(^^~)(~'.'~)(~^^)~

Upss.... gue baru nyadar kalau besok nya udah 17an aduh aduh kalau aja gue tau udah gue posting pas tanggal 17 deh. Jadi ini gue edit lagi deh tanggal nya gue ganti 16 jadi 17 hhe. Gue harap para almarhum dan almarummah para pejuang Indonesia kaga marah sama gue, gara-gara gue lupa sama hari kemerdekaan sendiri. Dan gue harap mereka engga gentayangan nemuin gue nanti.

Marilah sejenak kita menundukkan kepala, untuk mengenang dan mendoa'kan para pejuang Indonesia yang telah menggorbankan segala nya untuk kemerdekaan negara kita ini. Berdoa mulai....

T. Prawit Mengheningkan Cipta Lyrics
Dengan seluruh angkasa raya memuji
Pahlawan negara
Nan gugur remaja diribaan bendera
Bela nusa bangsa
*courtesy of LirikLaguIndonesia.net
Kau kukenang wahai bunga putra bangsa
Harga jasa
Kau Cahya pelita
Bagi Indonesia merdeka

Dan sekarang siapa ayo yang mau jadi pengirik benderannya hihi #serius yang ada bakat buat naikin bendera gue harap lu yang naikin benderannya ya oke.

W.R. Supratman Indonesia Raya Lyrics
Indonesia tanah airku
Tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri
Jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku
Bangsa dan Tanah Airku
Marilah kita berseru
Indonesia bersatu
Hiduplah tanahku
Hiduplah negriku
Bangsaku Rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya
Bangunlah badannya
Untuk Indonesia Raya
Indonesia Raya

H. Mutahar Hari Merdeka (17 Agustus 1945) Lyrics
Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka
*courtesy of LirikLaguIndonesia.net
Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Jujur aja setiap kali upacara gue kaga pernah jadi penggirik bendera, gue biasa nya kalau ada upacara berdiri di belakang para peserta upacara atau di dalem UKS. hihi Ya tau sendirikan gue anak PMR

Oya nih bertepatan dengan hari kemerdekaan gue mau ngucapin HBD sekalian sama temen gue yang kenal entah dari kapan. HBD yo Lida merrrdeekkaaa.....!!!
Dan gue juga mau ngucapin terimakasih yang sebesar-besar nya kepada hamba Allah yang udah ngaish gue domain hhe sekarang nama blog gue bukan adittyaregas.blsgspot.com lagi tapi udah berubah jadi www.adittyaregas.com .  Gue beruntung banget bisa dapet domain .com geratisan hhe.

28 comments:

  1. ucus tuh apaan sih ?
    secara gg langsung menurut gw ada sindiran di posting-an ini "... gw yakin gg bakalan gw dapet di buku kewarganegaraan" :D

    ReplyDelete
  2. Ban bocor itu emang kerasa banget ya...
    Apalagi kalo ban belakang yang bocor... rasanya motor goyang-goyang gitu, meskipun di jalan mulus. :|

    ReplyDelete
  3. wah... emang bagus ceritamu dit, saya terharu akan perjuanganmu yg membawa speda motor... hiks hiks...

    sabar aja, walaupun duitnya ga diganti moga dapat pahala. aamiin

    ReplyDelete
  4. hahaha...''mudah-mudahan cuma tusuk gigi yang nyangkut''....
    ngakak pas baca tulisan ini ... :D

    ReplyDelete
  5. ya Allah..
    kasian bgt kamu..
    ambil hikmahnya
    karena setiap musibah pasti ada hikmahnya hehehe

    udah apes bayar sendiri lagi tambel bannya.. hahaha *ikhlasin aja daah*

    ReplyDelete
  6. @fiction's world itu loe di dalem nya ban yg karet itu....
    hahaha tapi emang bener kan ka enga ada di pelajaran kewarganegaraan kaya gitu. :D

    @asop iya untung nya engga jatuh kemaren, karna goyang2 motornya.

    @uzanks hihi iya ikhlas aja koe bro...

    @ikbal rizki hihi makasih mas :D

    @saiaenno sip dehhh....

    ReplyDelete
  7. ini niih.. kalo Adit yang kena ban bocor, yang diliatin bukan bocornya ban dimana eeh malah lengennya si tukang tambal ban yang keker kayak atlit. eahahahaha...

    yoi deh, anggep aja ngerasain detik2 pergantian hari kemerdekaan dengan cerita si tukang tambal ban.

    betewe, habis berapa tuh tagihan tambal bannya?

    ReplyDelete
  8. perasaan waktu baca kemaren via hape, ga ada deh yang bagian bawah? :p

    ReplyDelete
  9. @mas Gaphe sorry mas biayanya engga bisa di sebutin. rahasia perusahaan :P

    @mas iman hha emang bener hihi :D

    ReplyDelete
  10. aku dulu malah pernah hampir tumburan ma truck gara2 ban motor bocor mendadak, taruma sama ban bocor jadinya.. huuuhh..

    hehe, aku mo ngaku Dit.. tadi sempat lupa nada mengheningkan cipta, dah lama banget soalnya kagak upacara.. hahahahhaa #semoga guru2ku gk ada yang nyasar ke sini trus baca komen aku

    ReplyDelete
  11. ban motor pecah itu netaka banget dah..amit! kamu ga jadi paskibra karena tinggi yg ga memadai kaleeee..akakakak (gue juga,haha)..

    salam ama lida ya :)

    ReplyDelete
  12. @dhenok waduh itu lebih teragis lgi. truk kenapa cuman 'hampir' ketabrak hihi...

    gue juga mau ngaku nih sama loe, gue ini ganteng uppss maksud gue. gue juga kaga hapal lagu nya hha :p

    @mas sukron huah itu aip mas plis deh -____-!

    ReplyDelete
  13. Apes banget, udah gant motor bannya tetep bocor. Cobaan bulan puasa emang berat nak...

    ReplyDelete
  14. si amat kasian amat .

    asik bgt dapet domain gretongan >,<

    ReplyDelete
  15. @dodot wkwkwk... minta sama ema lu kali aja di kasih domain hihi

    ReplyDelete
  16. uang tambel bannya mending buat beli roko ajja kang :(

    ReplyDelete
  17. ban bocor mending di tinggal aja motornya.

    ReplyDelete
  18. kak guee udh psg banner lu di blog guee~ pasang banner gue juga dong , sekalian followback blog gue ya kak :) http://lovechangesmydestiny.blogspot.com thanks beforeeee

    ReplyDelete
  19. Duh cacian kau bro.. Sabar sabar :D
    Salam kenal bro,

    ReplyDelete
  20. @belajar photoshop hha nggak bisa roko

    @said arsyad hha gue pulang pake apa...

    @mei oke deh...

    @indra permana salam kenal juga...

    ReplyDelete
  21. kak~followback blog aku dong :) http://lovechangesmydestiny.blogspot.com thanks before

    ReplyDelete
  22. emang bisa yah tusuk gigi ngebocorin ban motor *ga tau apa2*

    ReplyDelete
  23. @mei iya udah koe...

    @Audrey hahaha nggak tau juga hii :D

    ReplyDelete
  24. huahahahahahaha
    gila yah.. tiga tambelan dalam satu ban?
    kalo saya jadi kamu, dan itu motor saya, saya ganti deh tuh ban dalamnya. tapi berhubung itu motor orang, mendingan saya tinggal aja trus naek angkot trus tidur deh dirumah #nahlo

    ReplyDelete
  25. wkwkwk... sayang nya kaga ada angkot yang liwat mana bisa di tinggalin.

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D