Mau Blog Kalian di Halaman Satu Google?

, , 8 comments

Ketika tahun 2010 yang gue tau tentang blog hanyalah tempat untuk menulis, tempat untuk berbagi tulisan apa saja yang ingin disampaikan, dan yang paling gue tau blog adalah tempat untuk curhat media pengganti buku diary. Ya, karena cuman itu yang gue lakukan hhe. Namun akhirnya setelah hampir enam tahun berkelut di dunia blog, gue jadi tau banyak hal, gue jadi banyak tau istilah-istilah di dunia blog. Dan hal yang paling menarik buat gue dalam blog adalah bagaimana cara agar blog di page one Google.

Gue masih ingat, beberapa waktu lalu coba baca-baca lagi postingan zaman purba di blog ini yaitu saat gue masih jadi siswa SMK. Apa yang gue tulis adalah apa yang gue rasakan, nggak di filter, nggak peduli juga apa orang baca tulisan gue atau nggak. Karena saat itu yang ada di pikiran gue, udah bisa nulis dan mengutarakan isi hati aja udah seneng banget, tapi makin kesini gue jadi sadar. Tulisan galau nggak karuan sekali pun bisa menghasilkan. Ngerti lah yang gue maksud hhe.

Sesungguhnya patah hati adalah royalti.

Lalu muncul pertanyaan di kepala gue “Kalau tulisan galau bisa jadi duit, kira-kira bisa nggak ya tulisan galau agar muncul di page one Google?” Setelah banyak bertanya kesana kemari mencari pokemon akhirnya gue mendapatkan pencerahan. Tulisan galau sekalipun bisa muncul di halaman pertama Google atau istilah kerennya SEO.

Apa itu SEO?

SEO singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencarian adalah teknik yang digunakan agar web atau blog muncul di halaman pertama Google. Gampangnya SEO ini adalah cara agar tulisan yang kalian buat bisa ditemukan orang (dengan keyword tertentu).

Kalau mau belajar soal SEO kata salah satu teman blog gue kira-kira ada 250 cara tekhnik untuk SEO. Nginget nomer telepon satu RT aja bisa bocor kepala, apa lagi ngingetin 250 cara teknik SEO. Jadi kali ini gue cuman mau share sedikit teknik SEO yang biasa gue terapkan di blog ini saja, karena jujur untuk ngebahas SEO dan memperaktekannya butuh waktu lama banget, kayak ngelupain kenangan manis sama mantan pacar. Hiks.


Agar Blog di Page One Google

Untuk mendapatkan posisi satu di halaman pencarian Google tentu bukan hal yang gampang, tapi paling nggak kalian bisa coba menerapankan beberapa cara agar blog di page one Google dengan trik yang sederhana. Gue akan kasih tau empat trik nya ke kalian yang biasa gue terapkan.


Pilih Kata Kunci

Girl writing on a black keyboard

Untuk membuat blog menjadi SEO hal pertama yang harus kalian pikirkan adalah pilih kata kunci yang ingin di “Tembak”. Maksudnya kalian harus melakukan riset kecil-kecilan. Kira-kira dalam artikel yang kalian buat kalian ingin artikel kalian ditemukan orang dalam kata kunci apa.

Cara paling gampang untuk mendapatkan kata kunci adalah posisikan diri kalian sebagai orang yang mencari artikel tersebut. Misalkan kalian ingin membuat tulisan tentang move on dari mantan pacar maka posisikan diri kalian sebagai orang yang ingin mencari artikel tersebut. Kira-kira apa yang akan kalian tulis di Google? Coba tulis di kolom komentar.


Pastikan Kata Kunci Ada Pada URL

Free stock photo of marketing, woman, apple, desk

Apa bila kalian sudah menemukan kata kunci yang ingin kalian tembah, langkah selanjutnya adalah membuat URL yang sama dengan kata kunci tersebut. Biasanya URL akan mengikuti judul artikel yang kita tulis saat memposting sebut artikel, namun hal ini bisa kalian ubah kok.

Kalian bisa mengedit URL yang kalian inginkan. Untuk pengguna blogspot pengeditan artikel terdapat di sebelah kanan saat kita menulis di blog yaitu pada menu Setelan Entri nanti akan ada menu link lalu pilih Tautan Permanen Khusus. Sedangkan untuk pengguna wordpress pengeditan link bisa langsung di bawah judul tinggal klik edit.


Gunakan H2 atau Subheading

Free stock photo of macbook pro, computer, coding, programming

Waktu awal belajar main koding HTML gue ketemu sama koding H1, H2 sampai H6 yang gue tau dari koding itu fungsinya membuat tulisan dengan ukuran dari besar ke kecil (H1 palin besar dan H6 paling kecil) tapi setelah makin lama ngeblog H atau artinya heading ini punya fungsi sangat berpengaruh untuk SEO.

Agar menjadi nomer satu di mata mertua Google H2 perlu di berikan pada keyword yang sudah kita tentukan. Pada blogspot H2 digunakan istilah lain yaitu subheading sedangkan pada wordpress ditulis Heading 2 langsung pada menu bagian atas artikel.


Konten yang Berkualitas

Free stock photo of businessman, sign, pen, writing

Poin terakhir ini yang paling penting, seperti apapun kalian mencoba untuk SEO tetap artikel terbaik adalah konten yang berkualitas. Content is the king broh! Karena abadinya konten yang ditulis dengan baik, rapi, dan terstruktur akan disenangi siapa saja.

Ibaranya kayak membeli novel pertama kali, kita nggak kenal sama penulis nya tapi saat membaca tulisannya kita merasa terhipnolis, terbawa dalam tulisannya, dan kita senang dengan tulisannya. Dan jangan lupa untuk menulis keyword di akhir tulisan agar makin teroptimasi oleh mesin pencarian.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Perlu kalian tau juga nih, Keperluan agar blog di page one Google untuk sekarang ini bukan hanya dibutuhkan oleh para blogger kayak kita, tapi juga sudah menjadi lirikan untuk usaha-usaha online agar website mereka menjadi nomer satu di pencarian Google. Buat lo pada yang sedang punya usaha dan mengandalkan website sebagai media promosi utama jasa seo profesioanl Jakarta bisa jadi pilihan agar website kalian menjadi nomer satu dan teroptimasi dengan baik.

Tehnik SEO yang biasa gue pakai untuk blog ini cuman empat itu, masih banyak lagi sebenarnya tehnik SEO semisal memanfaatkan template blog untuk menjadi SEO. Iya, kalian nggak salah baca template blog pun juga bisa jadi SEO asal ngerti gimana menanam koding di dalam nya.

Kalau kalian mau coba mengoptimasi template blog agar jadi SEO silahkan saja, tapi sebelum melakukannya coba dulu buka blog kalian lalu klik CTRL+U Kira-kira gejala apa yang kalian alami setelahnya?

8 comments:

  1. Di blog gue gak terlalu gue porsir untuk SEO bang, yang penting di blog apapun yang gue rasain dan pantas buat di tulis, gue tulis di blog. Namun gue udah coba-coba belajar ngeletakin keyword di posisi yang benar.

    Soal royalti sih pasti bakalan ngikut, yang penting tulis dulu haha :D

    ReplyDelete
  2. Hal terpenting lainnya adalah relevansi konten. Mau sebagus apa kontennya tapi kalo gak relevan ya bisa aja SERPnya bagus. Tapi, gak lama kemudian akan disalip blog lain yang emang bener-bener bikin konten yang well-prepared.

    Contoh yang paling mudah untuk meningkatkan kualitas konten adalah meminimalisir typo, sebab, siapa yang mau cari kata 'move on' kalo typo jadi 'mov on'? Ahahahaha....

    ReplyDelete
  3. Kalau saya pribadi gan,saya enulis apa yang jadi kesukaan saja tapi tetap dengan jalur diatas. entah baalan page one atau tidaknya setidaknya tulisanyang disampaikan bi ke detect sama google sudah bersyukur.

    Makasih infonya gan, ini jadi referensi saya untuk membuat lebih bagus lagi soal tulisan saya di blog

    ReplyDelete
  4. Kalau di wordpress tuh kebantu banget dengan pluginnya yang udah bisa mengukur seberapa kuat sih artikel kita ketika udah dipasangin keywordnya. Sayangnya si blogger ini gak ada, jadi harus mengira-ngira. Itu pun kalau udah pernah main wordpress.

    Samaan, baru ngerti SEO segala macamnya ketika udah bertahun-tahun jalanin. Dan itu pun dibenerin temen yang jago dan sampe sekarang terus memahaminya pelan-pelan. Tips trik lagi dongsss :3

    ReplyDelete
  5. Jujur, walaupun udah ngeblog dari 2009, saya gak terlalu ngerti soal SEO haha. Oiya Btw mau nanya nih, cees. Ini pengaruhnya cuma buat pencarian Google doang kan?

    ReplyDelete
  6. Sebagian di atas yang paling banyak dilakukan untuk menduduki peringkat satu di Google. Untuk keyword, sebaiknya tidak terlalu banyak menargetkan. Maksimal tiga dengan beberapa varian.
    Thank you artikelnya :)

    ReplyDelete
  7. semenjak ngeblog tahun 2011 ane belajar SEO tapi gak paham-paham, hehe, maklum, yang penting hobi nulis tersalurkan, dapet tambahan duit dari iklan ya sukur, kalo gak ya gak papa, yang penting yang dateng ke blog dapet ilmu baru aja sudah sukur

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D