5 Komponen Penting dalam CPU Komputer

, , 1 comment

Guna menunjang kebutuhan bekerja dan juga belajar, perangkat komputer menjadi bagian penting yang harus dimiliki saat ini. Era modern memang sangat menggantungkan keberadaan dari perangkat teknologi tersebut. Serinya sendiri beragam, mulai dari yang paling lama hingga baru sekarang ini sudah ada. termasuk diantaranya dalam bentuk yang lebih praktis yaitu laptop tau notebook. 

Sedangkan bagi kebutuhan perusahaan umumnya mereka lebih menekankan pada penggunaan PC atau komputer, dengan berbagai pertimbangan mulai dari kualitas dan keamanan. Salah satu bagian yang berperan penting disini tentunya tak lepas dari CPU komputer. 

CPU sendiri bisa dikatakan sebagai otak komputer, karena semua perintah diproses dari sini, keberadaannya sangat penting dan perangkat juga tak akan bisa bekerja tanpa diimbangi dengan alat yang satu ini. Jadi misalnya ia mengalami kerusakan wajib untuk langsung diganti, hal ini diutamakan untuk menghindari kerusakan bagian lainnya agar tak bertambah parah. Dalam 1 unit CPU ini sendiri nantinya juga akan dibagi lagi dalam berbagai komponen penting. 

Bagi Anda yang akan membeli perangkat atau komponen dari CPU computer ini sendiri tentunya tak boleh sembarangan, agar tak salah pilih maka berikut ini sedikit cara untuk memiliki beberapa komponen dukungannya, diantaranya adalah: 

Motherboard

Kerusakan pada bagian ini menyebabkan kerusakan yang sangat vital, hal ini tak hanya berlaku pada laptop Ada saja, melainkan juga PC. Namun dukungan pemilihan motherboard juga tak boleh sembarangan. Setidaknya Anda harus menyesuaikan apakah ia kompatibel digunakan untuk perangkat komputer tersebut atau tidak. Agar soket yang dipasang pada prosesor tersebut nantinya pas. Biasanya Anda harus konsultasi terlebih dahulu pada yang lebih ahli. 

Harddisk

Ini sebagai alat simpan data-data Anda dalam perangkat komputer. Perannya tentu sangatlah penting, khususnya adalah untuk Anda yang gemar dalam koleksi beragam jenis film maupun gambar. Tanpa keberadaannya komputer tak akan mampu menyimpan apapun. Tak menjamin bahwa semakin tinggi memory yang tertera akan semakin bagus bagi komputer. Daya simpannya bisa jadi memang lebih, namun tak jarang pula menyebabkan perangkat Anda mengalami shock. 

RAM

Kurang lebih sama dengan harddisk ia juga dimanfaatkan sebagai daya tampung aplikasi dan juga file-file penting. Hanya saja ukurannya atau kapasitas jauh lebih kecil. Jenisnya ada cukup banyak, sebaiknya hindari juga memilih ukuran RAM yang terlalu besar agar kinerja komputer tak bertambah lemot. Batasi isinya sehingga komputer Anda tak mengalami shock. 

Power supply

Ia difungsikan sebagai tempat mengaliri listrik kedalam perangkat komputer. Tentunya termasuk bagian yang sangat vital, karena komputer memiliki ketergantungan yang sangat terhadap aliran listrik langsung, berbeda dengan laptop yang sudah dibekali dengan baterai. 


Prosesor

Terakhir adalah pemilihan yang sangat penting yaitu prosesor. Nyatanya tak semua seri CPU akan langsung kompatibel digunakan pada perangkat ini, begitu juga untuk mempengaruhi kinerjanya. Untuk kebutuhan pekerjaan umumnya seri dual core lebih dianjurkan. Kinerjanya sudah cukup cepat tanpa sering macet. Namun agak berbeda lagi bagi yang kebutuhannya lebih tinggi untuk gaming dan sejenisnya. 

Itulah setidaknya ada 5 bagian penting dari CPU komputer yang wajib untuk Anda pilah-pilih guna mendukung performa PC lebih baik lagi. Bagi yang belum terlalu mengerti mengenai perangkat ini, alangkah baiknya menanyakan secara langsung ke keempat pembelian. Atau mungkin membawa teman yang lebih tau agar tak salah pilih.

1 comment:

  1. hati-hati ya jangan terlalu sering berada di depan komputer.. maksimal setelah 3 jam sekali anDA istirahat dulu selama 20 mnit-tan. :)

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D