Tips Foto Makanan Pakai Smartphone Ala Adittya Regas

, , 7 comments

Kenal sama temen blogger gue Ubi? Errgg... maksudnya bukan Ubi ungu, ubi jalar, atau ubi ubian, panggilannya emang Ubi tapi nama aslinya Audrey Subrata. Ya, emang gak terkenal sih *Maapin Gue Bii* *Peace*. Dia adalah temen blogger gue dari zaman tulisan gue masih cengeng banget dan saat itu rambut gue poni alay. Nggak tau juga gimana ceritanya anak yang hobi makan ini bisa nyangkut ke Blog gue.

Jadi Lebih dari setahun lalu, gue sempet ngechat Ubi minta dibikin tutorial buat foto makanan biar kece. Soalnya foto-foto di feed instagram Ubi keren abis! Dan isi nya makanan semua. Gue jadi penasaran lalu memohon dan nyembah minta dibikin tutorial sama Ubi, dan setelah SEKIAN LAMA akhirnya dibikinin sama Ubi. Gue nungu tutorialnya SETAHUN! IYA SETAHUN, KAMBING! KURANG LAMA BII KURANG LAMAAA!!!

Gue mulai belajar dari tips yang dikasih Ubi, gue peraktikin dan gue upload ke instagram juga hasil-hasilnya. Lalu si Inggit – sama dia temen blog gue dari zaman tulisan gue masih cengeng dan poni alay nutupin separo dari muka– Inggit chat gue dan minta dibikin tutorial foto gara-gara gue sering upload foto di instagram dengan gaya foto dari atas.

Padahal di Blog nya Ubi ada, tapi sengajak nggak gue kasih tau. Biar gue ada bahan tulisan aja, gitu. *Maapin gue lagi ya, Bii* *Sembah Ubi* *Jalar* #Halah

Tapi tips foto makanan kali ini agak berbeda sama punyanya sense Ubi ya. Gue coba lebih sederhanain lagi dan tetep makai cara yang biasa gue pakai, nggak pakai kamera SLR atau miroles juga, cukup pakai smartphone aja untuk pengambilan foto nya.

Sebelum memulai tips dari gue, pastiin dulu kalian hentikan fikiran untuk mikirin mantan yang nggak penting itu, biar kalian bisa fokus ya. Cukup gue aja yang mikirin.

Tips Foto Makanan Pakai Smartphone


Wajib Kenal Sama Gadget Sendiri

Image result for samsung galaxy J5 camera
via dailymotion.com

Gini, gue kadang suka heran sama orang-orang yang suka beli smartphone mahal tapi cuman dipakai buat chatting, update dia lagi dimana, atau cuman buat foto selfie. Gue kasihan sama smartphone yang harganya mahal tapi cuman dipakai buat gitu-gitu doang.

Nggak harus update smartphone yang kameranya setara SLR, karena yang penting adalah siapa orang di balik kamera itu. Lo juga harus paham seluk beluk kamera smartphone lo, kayak hal simpel berapa pixels sampai hal detail kayak soal fitur-fitur manualnya. Atau kalian yang bingung mau pakai smartphone apa buat foto makan yang oke, kalian bisa pakai Samsung Galaxy J terutama seri J5 untuk mendukung aktifitas foto gue sehari-hari, dengan kamera belakang 13MP bisa kebayangkan gimana ketajaman hasilnya? Kalau soal harga samsung J jangan takut, harganya cukup terjangkau sesuai dengan kualitas yang dikasih.

Manfaatkan Cahaya Matahari dan Usahakan Banget Jangan Pakai Flash


Karena cuman pakai kamera dari smartphone maka pencahayaan sangat penting dalam pengambilan foto makanan. Foto makanan kalian dekat jendela yag punya cahaya banyak dan ingat jangan pernah membelakangi cahaya kalau mau hasil foto kalian Oke.

Gue sendiri paling seneng ambil foto pada pukul simbilan pagi sampai duabelas siang dan pukul tigas sore sampai lima sore. Menurut gue itu adalah waktu yang paling cocok untuk menganbil foto dengan cahaya alami dari matahari, karena biasanya kalau kita memoto dalam keadaan malam hari, warna asli dari makanan sudah bisa dipastikan kurang jelas. Mau pakai flash? Ahh, gak usah deh. Jelek hasilnya bro.

Ambil Foto dari Berbagai Posisi Termasuk Dari Atas

via audreysubrata.blogspot.co.id

Jangan cuman ambil foto dari satu posisi saja, kalian harus coba posisi lain juga. Misalkan kalian biasa ambil foto dari samping dengan jarak agak jauh, nah kalian wajib coba ambil yang detail, deketin kamera kalian pada makanan, apa lagi kalau foto nasi goreng spesial yang ada telur setengah matanya, pecahin telurnya biar keluar lumer-lumernya gitu. Duh bisa goyah iman.

Atau ambil foto dari atas, ala ala instagram gitu pasti sering liat dong. Tapi kalau mau dapet foto kayak gitu kalian wajib berdiri, bahkan kalau perlu naik ke atas kursi biar makin maksimal hasilnya. Malu sih pasti, apa lagi kalau cuman sendirian. Jadi coba ajak temen kalian aja. Hihii.

Taruh Hiasan Tapi Jangan Terlalu Penuh


Kalau cuman makanan keliatan flat banget, coba tambahin tisu, serbet, atau tangan. Foto makanan juga perlu pendukung, nggak cuman makanan yang jadi objek utama dalam foto lo nanti tapi hiasan juga perlu biar objek nya gak sendiri. Kan kasian dia ngejomblo. :(

Contohnya kayak foto gue di atas, gue ambil foto itu pas International Coffee Day gue foto kopi tubruk dengan alasan buku tentang kopi. Selain itu gue juga sengaja pakai baju dengan bahan kain Sasirangan (khas Banjarmasin) Berhubung International Coffee day gue juga tetep nggak meninggalkan Nasionalisme. *Alesan* *Padahal emang kemarin nggak sengaja aja* Kalau hiasan yang kalian tata dalam foto kurang bagus, kalian harus coba ganti-ganti terus posisi hiasan sampai kalian merasa cukup.

Poles Hasil Foto Dengan Aplikasi Editting

Image result for editing vsco
via kellypurkey.com

Langkah terakhir kalau sudah foto yang diinginkan didapat maka proses yang satu ini nggak boleh kelewat, biar hasil jepretan makin maksimal. Waktunya editi foto lo! Gue sendiri biasanya cuman menggunakan dua jenis editting foto pada smartphone, yaitu VSCO dan Snapseed, udah dua doang.

Gue bisa pakai salah satu editing atau keduanya sekaligus pada satu foto. Edit di VSCO kalau udah pindah dan edit ke Snapseed, kalau dirasa ada yang kurang pindahkan lagi ke VSCO gitu terus sampai dapat hasil yang diinginkan.

~(^^~)(~^^~)(~^^)~

Ada juga beberapa masukan yang bagus nih dari para master sense nya Ubi, kayak: Jangan taroh makanan di lantai entar bisa kesepak kan mubazir sayang makanannya kalau hancur dan kotor. Jangan rusak properti walau kadang di cafe tertentu ngasih hiasan bunga asli di atas meja tangan tetep nggak boleh jahil ngehamburn bungannya ya, apa lagi bawa pulang. Resepek sama karyawan ada beberapa cafe yang nggak ngebolehin pelanggan foto makanan pakai SLR, kalau udah gitu tolong dipatuhi ya sebagai warga negara Indonesia yang baik dan saling menghormati.

Dannn.... kalau hasil foto kalian masih jelek, JANGAN MENYERAH!!! Kalian harus coba terus menerus dan lahitan yang banyak yee. Karena tanpa mencoba terus menerus dan salah, kita nggak bakalan bisa jadi lebih bagus lagi. Eaaa~

Udah deh, gue cuman bisa kasih Tips Foto Makanan Pakai Smartphone segitu doang, ilmu gue masih seketek, udah pendek, kejepit pula. Gue yakin yang baca ini juga pasti ada yang lebih expert dibidang foto memoto, jadi yuk tinggalin tips ala kalian di kolom komentar di bawah ya!

7 comments:

  1. Wah, tipsnya pas banget buat aku yang demen foto makanan sebelum makanannya masuk ke perut xD
    Sip dah! Jadi nggak ada alasan lagi buat foto-foto cukup pakai smartphone, biarpun pakai kamera hasilnya lebih bagus.

    ReplyDelete
  2. Pantas ai kak lah bagus2 foto pian nih, mkasih tipsnya pak. Kena umpt bljr hihi..

    ReplyDelete
  3. Kenal tapi kenal gitu aja. Hahah.

    Wah iya kalok pencahayaannya bagus, foto kita jugak kemungkinan jadi bagus lebih besar. Wkwkwk. Paling seneng dapet tempat di deket jendela. :D

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata ini alasan kenapa mau pinjam smartphone semalam. Jadi smarrphone siapa tuh? wkwk

    Ihiy di gantung ubi setahun ? kayapa rasanya? pasti dah jawaban "UDAH BIASA" kwkwk

    ReplyDelete
  5. Uhm, love ur phone emang penting banget :D karena sekarang ponsel itu udah mirip DSLR saja fitur-fiturnya.
    Saya suka pakai cahaya alami, pokoknya the best lah kalo pakai natural light. Biasanya waktu yang baik, pukul 8-10 pagi, lanjut 2-4 sore.
    Kalau saya tidak suka pakai efek dari VSCO atau afterlight, kurang apa ya hmmm lebih cenderung edit ke bright, saturasi, kontras, exposure, shadow, highlight ^^
    Untuk styling, gak masalah kalo cuma foto makanan thok or makanan dgn serbet. Less is more kata para FP'ers hehehe mungkin saya pengusung tema itu juga.
    Agle foto pakai ponsel emang BEV msh the best :( bisa juga dengan sudut foto lain.
    Styling ini, saya masih terus belajar sih..

    Barangkali tips tambahan, untuk styling coba sering lihat pinterest dan food photographer di IG. Banyak inspirasi di sana. Kadang ada yang suka share BTS.
    Dan terus praktek, praktek, praktek hehehhe

    ReplyDelete
  6. lupa, i love ur sasirangan ;) cakeeepppp... *OOT gpp yes, ya ya hehehhe

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D