Remaja dan Internet

, , 2 comments

Walau kita kenal sama internet tapi gue tetap nggak yakin, pasti ada aja diantara kita yang nggak terlalu tahu pengertian lengkap tentang internet. Jadi kali ini mari kita berkenalan dulu sedikit tentang internet. Internet merupakan jaringan global komputer dunia, dan cakupannya sangat luas sekali, dimana komputer kamu mampu tersambung ke komputer yang lainnya di seluruh dunia.

Internet ini berisi apa saja yang kamu inginkan, dari mulai text, gambar, audio,video dan masih banyak yang lainnya, Cuma satu yang nggak bisa kalian temuin di internet.

Sebagai generasi muda tahun 2016 ini merasakan keberadan internet ini menjadi media informasi yang cepet banget, dan internet ini ngasih kemudahan buat gue dan pastinya lu juga dalam mennjalankan pekerjaan dimana ajah, dan ngasih kemudahan untuk mengakes informasi apa ajah, selain itu nih bro, internet itu bisa jadi media telekomunikasi loh, dari mulai panggilan suara, voice chat, chat, video call dan banyak jenisnya, dan lagi biaya internet sangat murah untuk melakukan telekomunikasi baik didalam negeri maupun diluar negeri. 

Perkembangan Internet Pada Saat Ini

office work business workspace table desk gadgets macbook laptop computer report statistics journal notebook pen internet

ICT/ Information and Communication Technology adalah salah satu pembangun dari web 2.0, internet adalah yang menjadi generasi kedua dari layanan berbasis web dalam dunia komputer yang dijalankan langsung diatas internet sebagai platformnya.. dan membuatnya menjadi lintas komunikasi social media yang terus berlanjut sampai sekarang ini.

Untuk memenuhi hajat kita akan keperluan informasi, sekarang elu bisa tuh pilih layanan layanan yang sesuai dengan kebutuhan, elu mungkin bisa pilih Internet Provider dari swasta atau BUMN yang pasti bakalan ngasih lu pelayanan ekstra dalam menjalani kehidupan di internet.

Tapi kalo kamu orangnya nggak bisa diem di rumah, dan nggak bisa selalu megandalkan koneksi internet di dalam rumah, kalian bisa juga mengganakan smartphone kalian untuk menjelajah keseruan internet, dengan mengunakan akses gelombang eletromagtenik yang cukup cepat seperti jaringan 4G yang sekarang sudah banyak digunakan atau kalian bisa mencoba menggunakan sinyal Hostpot dimana kalian sekarang bisa punya sendiri hostpot dengan beli wireless portable.


Remaja dan Internet

WordPress blogging writing typing macbook laptop computer technology business creative office desk working internet

Sekarang semua orang kenal sama internet karena aktivitas kita sehari-hari sedikit banyaknya sudah harus menggunakan internet. Apa lagi untuk para pelajar, sekarang mereka harus kenal dan menggunakan yang namanya email, browsing, chatting, website, blog dan sebagainya untuk membantu proses belajar. Menurut analisis data nih bro, hampir 30 % pengguna Internet di Indonesia itu adalah kalang remaja umuran 15-24 tahun, yahh semuuran kita ini lah bro. Tahun 2016 ini internet nggak Cuma buat ngirim email dan terima email atau buat main friendster doang. Iya, friendsters pasti udah banyak yang gak tau. Dan satu lagi yang gak luput dari remaja dan internet kalian tahu apa itu? Game online yang bikin candu udah kayak rindu aku ke kamu... #eaaa Ada banyak banget game jenis dan model game yang diciptakan untuk dimainkan, mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, mulai dari game untuk anak-anak sampai untuk dewasa kayak M88 dan sebagainya.

Dampak Positif dan Negatif

people crowd women restaurants blur camera mobile phone hand smile happy

Positif nya internet adalah tentu saja kita dipermudah dalam menjalankan roda kehidupan, dengan banyaknya informasi tentang ini itu atau informasi tentang itu ini, yang membuat kita jadi mengerti apa yang menjadi bahasan utama disekolah, atau kita jadi tahu apa sih yang temen-temen kita bicarakan, dan sekarang sedang update banget. Tapi nih bro, dibalik manfaat internet ada saja orang-orang yang nggak bertanggung jawab untuk merusak manfaatnya tersebut, atau kita nggak bisa menyalahkan orang nggak bertanggung jawab itu, kita sendiri lah yang harus bertanggung jawab untuk tidak tergiur oleh tawaran itu. 

Tawaran apa sih yang negative? Banyak orang-orang yang nggak bertanggung jawab memasukan segala seuatu yang seharusnya menjadi urusan pribadi dan tidak patut dicontohkan. Kebebasan berinternet untuk segala usia dan tidak adanya pengawasan dari orangtua yang anak nya baru sebesar biji kacang misalanya. Udah banyak banget kan kasus nya di facebook sering kita temui. 

Apa nggak miris? Ini akibat dari orang-orang nggak bertanggung jawab juga dan tidak ada pengawasan dari orangtua, tugas kita sekarang sih kudunya menjaga anak-anak untuk tidak membuka situs dimana Barbie dan pacarnya lagi berduaan. 

Kelamaan di depan komputer dan menghabiskan waktu kita bermain komputer juga akan membuat kita lupa bagaimana bersosialisasi di dunia nyata. Jadi kita sebagai remaja yang kece badai ini, harus bisa menjaga hati dan pikiran agar bisa seimbang, antara di dunia nyata dan dunia maya. Carilah yang bermanfaat tinggalkan yang tidak bermanfaat, jadilah warga dunia maya yang kece tapi sopan dan mengerti batasan-batasan diri.

2 comments:

  1. "Walau kita kenal sama internet tapi gue tetap nggak yakin pasti ada aja yang tahu pengertian lengkap tentang internet"

    agak kurang mudeng sama kalimat pertamamu, mz.

    dampak penggunaan intenet baik itu negatif ataupun positif, mungkin tergantung dari kita aja yang yang make.

    ReplyDelete
  2. "Cuma satu yang nggak bisa kalian temuin di internet."
    Yang satu itu apa bang?

    Dimana ada positif disitulah juga ada negatif.
    Tinggal orgnya aja mau pilih yg mana.
    Harusnya ada aplikasi yg khusus memantau HP anak2 dibawah umur biar ngga bisa mengakses situs2 dewasa.
    Atau ngga ada HP khusus utk anak2. Hp jadul mungkin bisa jd alternatif. Haha

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D