InvesTalk MAMI Bersama Blogger Banjarmasin

, , 2 comments

Sudah baca tulisan gue tentang “Teruntuk Kalian Yang Sulit Menabung” belum? Kalau belum baca aja dulu ya, kali aja bisa bermanfaat untuk kalian yang lagi belajar nabung. Dan tulisan kali ini bisa dibilang salah satu cara menabung atau tambahan dari tulisan sebelumnya.

Jadi ceritanya sabtu kemarin komunitas blogger dari Banjarmasin yaitu Blogger Banua dan Pena Blogger Banua diundang dalam acara Manulife untuk berkenalan dengan MAMI. Etsss... Bukan mami mami yang itu ya haha. MAMI disini adalah Manulife Aset Manajemen Indonesia yang merupakan bagian dari Manulife.

Kebetulan kemarin gue yang ngurus untuk bawa teman-teman blogger ikut diacara itu. Oiya, sebelumnya gue minta maaf ya buat temen-temen blogger, acara kemarin sebenarnya kan mulai jam satu lewat, tuh. Tapi gue bilang acara dimulai pukul dua belas siang. Dan gue sendiri datang baru jam satu hahaha... Maap kan saya.

Acara dibuka oleh mba-mba MC yang gue berasa kenal tapi lupa pernah ketemu dimana, kami diminta untuk ngetwiit acara tersebut dengan hashtag #KlikMAMI dan #SekarangAja. Gue kira setelah acara dibuka langsung ngebahas MAMI tapi ternyata kami dapat hiburan stand up comedy oleh Paris Fatiah.


Ngerti aja nih Manulfe kalau siang-siang kami butuh hiburan yang bisa bikin mata melek haha.

Setelah cukup puas dengan jokes kampret dan pecah dari Paris, mba-mba MC memanggil pembicara utama dalam acara tersebut yaitu Pak Putut.

Mungkin kalian yang baca ini sepakat, kalau denger nama Manulife pasti yang terpikir adalah asuransi, bener? Yap, gue juga mikir gitu kemarin. Tapi ternyata acara dari Manulife ini bukan membahas soal asuransi tapi disini kami para blogger belajar tentang investasi dan bagaimana cara berinvestasi lewat Reksa Dana Manulife melalui 3 langkah sadar(Insyaf, Irit, Invest).


Dan kali ini gue akan coba ngasih tau kalian tentang 3 poin tersebut, biar kalian sadar betapa pentingan memiliki investasi untuk masa mendatang.

Sadar Bahwa Grafik Kebutuhan Hidup Semakin Meningkat

Gue masih ingat banget, dulu waktu masih sekolah dasar sekitar dua puluh tahun lalu gue dikasih uang jajan cuman Rp 3.000 dan itu sudah cukup banyak banget, gue bisa jajan apa aja sampai kenyang. Tapi itu udah dua puluh tahun lalu.

Lalu adik gue si Nanda sekarang aja dia sehari disekolah bisa ngabisin uang sampai Rp 30.000 kampret! Selisihnya 100% bro. Mau nggak mau, sadar nggak sadar, semakin lama kita berpijar di dunia maka semakin tinggi juga biaya hidup kita.

Bertambahnya usia kita tentu berbanding terbalik dengan sisa usia produktif yang kita miliki. Jadi untuk mempersiapkan kebutuhan dimasa mendatang kita wajib banget untuk sadar (insyaf) dan mempersiapkan dari sekarang.

Sama Kayak Hubungan Harus Tahu: Mana Yang Kamu Cuman Ingin Dan Yang Mana Kamu Butuhkan

Kita pasti pernah liat satu barang lalu pengen punya, lalu dengan berbagai cara seperti menabung atau minjem uang untuk membeli barang tersebut pun dilakukan. Pas itu barang udah ada, malah nggak terlalu digunakan dalam sehari-hari, lalu pelan-pelan ditinggalkan tanpa kepastian. Sakit tau... sakit...

Oleh sebab itu kata Pak Putut hidup irit penting banget untuk mempersipkan masa depan. Gue bener-bener kesentil ketika beliau kasih contoh soal nongkrong di cafe sambil ngopi-ngopi ganteng. Anggap aja ngopi sehari Rp 30.000 terus dalam seminggu ngopi 5x disana, dan jumlah uang kalau ditotal Rp 150.000 kalikan lagi 4 minggu, Rp 600.000 bro! Buset...

Kata mantan gue sih kemarin ngasih tau “kakak kalau mau ngopi di cafe boleh-boleh aja, tapi jangan keseringan. Kan ngopi di rumah juga bisa.” Ya Allah baek banget punya mantan yang perhatian kayak gini. Uhuk... Irit adalah harga mati!

Memanfaatkan Dana Yang Lain Untuk Menabung di Masa Mendatang

Untuk memperispkan masa depan atau masa tua kita, menggunakan uang tabungan atau memanfaatkan uang pensiun mungkin bisa aja kali ya. Tapi gue berani jamin, pasti ada-ada aja pengeluaran dadakan diluar itu semua. Nggak usah mikir terlalu jauh, kita yang masih muda gini aja sering banget ada pengeluaran dadakan. Hedeh...

Nah acara kemarin gue dapat sedikit pencerahan. Jadi salah satu cara untuk mempersiapkan hari tua bisa dimulai dari sekarang dengan cara investasi bro. Memang sih kalau udah main invest kadang ada untung ruginya, tapi kalau kita tahu cara mengelola dan nggak salah tempat hal kayak gitu pasti bisa banget diminimalisir.

Di mana ya tempat berinvestasi yang mudah, aman, dan lengkap? Reksa Dana Manulife jawabannya. Kalian yang mau belajar investasi bisa banget, bahkan untuk pemula kayak kita-kita ini bisa dimulai dari Rp 100.000 saja. Reksa Dana Manulife dikelola oleh para orang yang ahli dibidangnya, jadi kita nggak harus memantau setiap saat.


Acara Manulife kemarin membuat kita-kita para blogger jadi tahu banget harus gimana mempersipkan masa tua, biar nggak ngerepotin anak juga. Jadi, apa kalian sudah mempersipkan masa depan?

2 comments:

  1. Keren dah bisa kumpul-kumpul blogger kece. Bahasnya mami lagi. hihihi

    ReplyDelete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D