Wisata Tradisional di Bandung

, , 4 comments

Berlibur ke Bandung merupakan keinginan banyak orang terutama setelah ada Trans Studio ke dua setelah Makassar. Tak heran di akhir pekan jumlah pengunjung penginapan di Bandung juga mengalami kenaikan.

Ada banyak penginapan di Bandung mulai dari level atas, menengah, hingga bawah dengan harga jujur dan termurah. Pengunjung tinggal memilih penginapan yang cocok dengan rencana liburan. Selain mengunjungi tempat-tempat wisata terkenal maupun bersejarah di Bandung sebagian pengunjung biasanya juga memiliki agenda tersendiri yang bersifat rekreatif di hotel.

via youtube.com

Beberapa pengunjung, misalnya, lebih suka menghabiskan sebagian besar waktunya di hotel untuk bersantai, melakukan body spa, berenang, ataupun sengaja menikmati sajian kuliner di resto yang tersedia. Oleh sebab itu, biasanya pengunjung akan memilih hotel dengan melihat fasilitas. Hotel Horison Bandung yang bisa Anda pesan langsung melalui aplikasi traveloka, bisa menjadi alternatif tempat bersantai dengan fasilitas yang mendukung, pelayanan prima, serta harga yang cukup bersahabat.

Kalau kebetulan Anda sudah merencanakan menginap di Hotel Horison Bandung, Anda mungkin sudah tahu bahwa jarak hotel dengan Trans Studio Bandung hanya sekitar 2,4 km saja dan beberapa kilo menuju pusat keramaian kota Bandung di Jl. Asia-Afrika maupun Jl. Braga.

Namun selain tempat-tempat wisata modern itu, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang memiliki kepedulian tinggi untuk melestarikan seni dan budaya kota Bandung seperti Saung Angklung Udjo. Terletak di Jl. Padasuka nomor 118 Saung Angklung Udjo akan membawa Anda untuk berwisata dengan cara yang unik, berbeda, menghibur, sekaligus mendidik.

via horizon-bandung.com

Dengan harga tiket yang cukup terjangkau dan berbeda antara warga negara Indonesia dengan asing, Anda akan mendapatkan souvenir gantungan kunci berbentuk angklung dan juga minuman yang bisa dipilih. Anda tidak perlu heran dengan adanya warga negara asing yang juga antusias berwisata di Saung Angklung Udjo karena Angklung Udjo memang sudah terbiasa melakukan pertunjukan di luar negeri sebagai perwakilan dari promosi seni dan budaya Indonesia.

Tidak hanya menikmati pertunjukan angklung yang menyajikan harmoni nada yang begitu indah dan menenangkan, di Saung Angklung Udjo Anda bisa mempelajari kebudayaan tradisional ini secara langsung. Pengunjung akan diberi kesempatan untuk memainkan angklung.

Saung Angklung Udjo akan meminjamkan angklung kepada para pengunjung dengan berbagai nomor. Kemudian melalui instruksi-instruksi, para pengunjung akan mulai memainkan angklungnya menghasilkan nada-nada harmoni yang membentuk sebuah lagu. Nah, Anda pun bisa dengan cepat memahami bagaimana cara memainkan sebuah angklung. Anda juga bisa membeli alat musik tradisional dari bambu yang memang telah disedikan di Saung Angklung Udjo.

via pariwisatabandung.info

Pertunjukan di Saung Angklung Udjo berlangsung dari pukul 15.30 hingga 17.30 WIB. Selain pertunjukan angklung, Anda juga bisa melihat aneka tarian tradisional dan wayang golek. Semua pertunjukan seni Saung Angklung Udjo juga bisa dinikmati di tempat-tempat yang sengaja mengundang personilnya untuk perform di pergelaran-pergelaran tertentu baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, di Saung Angklung Udjo Anda bisa melihat pertunjukan wayang golek yang sarat akan pesan moral. Wayang golek sendiri adalah pementasan sebuah cerita yang dibawakan oleh boneka manusia khas Sunda yang terbuat dari kayu lengkap dengan pakaian yang sesuai dengan karakter masing-masing.

Selain pementasan wayang golek, Anda juga bisa menyaksikan Tari Topeng yang berasal dari Cirebon. Penarinya adalah seorang wanita yang pada mulanya tidak mengenakan topeng dan sesuai dengan alur cerita dalam tari tersebut si penari kemudian memasang topengnya dengan beberapa warna yang melambangkan karakter. Seorang penari dengan topeng berwarna merah berarti sedang melakonkan karakter yang temperamental.

via commons.wikimedia.org

Pertunjukan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya adalah Helaran yang merupakan sajian nada-nada pentatonis dari sebuah angklung yang menghasilkan alunan nada yang ceria. Helaran lebih bersifat tradisional daripada sajian Orkesra Angklung yang menyajikan aneka alunan nada dan jenis musik baik pop sampai dangdut, lagu Indonesia hingga mancanegara.

Selain pertunjukan, Anda bisa mengunjungi Buruan Sari Asih yang merupakan tempat bersantai dengan suasana Sunda yang sangat khas, Pusat Produksi Angklung di mana Anda bisa menyaksikan pembuatan angklung dengan kualitas terbaik, Sentra Penyuluhan Kehutanan yang akan memberikan arahan mengenai pemeliharaan pohon demi keseimbangan lingkungan, dan tak lupa tentu saja Saung Dapur Udjo. Di Dapur Udjo, Anda akan menikmati wisata kuliner khas Sunda dengan harga yang relatif terjangkau. 

4 comments:

  1. duh jadi pengen ke bandung

    budy | Travelling Addict
    blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  2. Aku jugak kalo ada duit sukak hunting hotel. Ada perasaan seneng kalok pas traveling nemu hotel bagus. Tapi kalok gak ada duit ngemper di masjid pun oke :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, gue mah mending ke cafe aja dari pada hunting hotel :v

      Delete

Tinggalin komentar sesuai dengan isi tulisan ya. Happy Blogging!!! :D